27Jul

Asyiknya Menjadi Orang yang Melek Teknologi

Hai Sobat Kudo! Jika kamu memiliki tujuan mulia untuk memudahkan hidup umat manusia, sangat dianjurkan untuk menyimak pembahasan berikut ini. Diawali dengan Perkembangan yang bergerak cepat, Orang-orang dari semua kalangan, baik dari perusahaan besar maupun , berlomba-lomba untuk menciptakan inovasi yang belum pernah kita bayangkan sebelumnya. Seiring perkembangan teknologi yang pesat, ternyata tidak selalu diimbangi dengan kemampuan manusianya. Kenyataannya, masih orang yang gaptek alias gagap teknologi. Padahal melek teknologi memiliki andil yang cukup besar, terutama buat yang masih .

Jadi, apa aja sih keuntungannya jadi orang yang melek teknologi? Simak sama-sama yuk!

1. Kesempatan lebih terbuka lebar

Pekerjaan zaman sekarang tentu sangat berkaitan erat dengan teknologi. Setidaknya kamu harus paham bagaimana cara untuk mengoperasikan komputer beserta program-programnya. Yang paling dasar adalah mengoprasikan perangkat lunak pengolah office seperti Microsoft Word, Excel, dan internet. Nah, kalo kamu mengerti seluk beluk software komputer dengan baik, itu bisa jadi nilai plus yang kamu jual saat kamu melamar di suatu kerjaan, meskipun latar belakang pendidikanmu bukan dari jurusan komputer.

2. Lebih efisien dalam bekerja

Orang yang melek teknologi biasanya paham shortcut dalam program-program yang digunakannya untuk . Contohnya, kalau kamu bikin kalimatmu jadi huruf bold semua, kamu bisa menekan CTRL+B di keyboard, atau CTRL+S untuk menyimpan (save) dokumen kerjaan. Pintasan ini sangat beraneka ragam dan bisa berbeda fungsi untuk program yang berbeda. Tapi, ini bisa membantu kita lebih efisien dalam bekerja, daripada kamu menggerakkan panah mouse kesana kemari.

3. Berpotensi tambahan atau bisa membuka lapangan kerja sendiri

Di era globalisasi seperti sekarang, dan menjadi lepas atau freelance bisa menjadi kegiatan yang menjanjikan pemasukan tambahan, karena bisnismu itu bisa merambah sampai ke mancanegara. Kalau kamu berniat serius, ini bahkan bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan utama kamu loh.

4. Berpotensi jadi orang kaya!

Perusahaan besar yang berdiri sekarang banyak yang dibangun oleh orang-orang penggila teknologi, contoh saja Bill Gates, Steve Jobs, Tim Cook, dan Mark Zuckenberg. Kina banyak anak-anak muda yang berlomba-lomba mengejar mereka dengan menghasilkan inovasi baru lewat perusahaan startup mereka, yang berangkat dari kecintaan mereka terhadap teknologi.

5. Kamu memahami kebutuhanmu terhadap perangkat elektronik

Dengan memperhitungkan kebutuhanmu, kamu bisa menghemat banyak lewat perbandingan spesifikasi dan harga suatu produk. Misalnya, laptop merk A dengan spesifikasi tertentu harganya 10 juta. Karena kamu paham dengan kebutuhanmu. Kamu akhirnya menjatuhkan pilihan pada laptop merk B yang punya spesifikasi sama tetapi dengan harganya yang hanya 8,5 juta. Yang jelas, kamu gak akan membeli barang yang overspec (spesifikasi melebihi kebutuhan) atau overpriced (harga terlalu mahal untuk spesifikasi dan yang diberikan), kecuali kamu adalah pemberi review pada perangkat .

6. Ngerakit PC sendiri? Kecil!

Karena kamu paham seluk-beluk perangkat keras computer, merakit PC bukan hal yang luar biasa buat kamu. Kamu tahu PC kamu akan digunakan untuk apa (biasanya untuk sih) dan kamu tahu kemana harus mencari komponen-komponen yang kamu butuhkan, seperti CPU, GPU, Hardisk, RAM, dan lain-lain. Omong-omong, ngerakit PC sendiri lebih dan lebih puas loh.

7. Kamu tahu gimana caranya merawat gadget-mu

Semua perangkat elektronikmu tetap dalam kondisi baik meski sudah digunakan selama bertahun-tahun. Kalau mau dijual lagi pun, harganya lumayan tinggi. Semua karena kamu bisa memperlakukan dan merawatnya dengan baik.

8. Kamu mengerti mana barang yang bagus dan mana yang kurang bagus

Karena kamu sudah sering berkutat sama perangkat elektronik, kamu jadi tahu mana yang kualitasnya bagus dan mana yang gampang rusak. Kamu pun menjadi lebih dipercaya orang-orang untuk membantu menentukan mana yang sebaiknya dibeli dan tidak dibeli.

9. Pastinya, kamu jadi gak bakal gampang ditipu

Melek teknologi berarti melindungi diri dari bentuk-bentuk penipuan yang kini marak terjadi. Kamu tahu bedanya mana penjual yang jujur dan mana yang memang niatnya menipu. Kamu juga tahu apa itu perangkat copy, supercopy, dan rekondisi, serta bagaimana membedakannya.

10. Gak perlu keluar untuk servis

Gadgetmu bermasalah? Laptop-mu tiba-tiba tak bisa menyala? Kamu gak akan panic dan terburu-buru membawanya ke tempat servis. Karena kamu mengerti seluk beluknya, kamu bisa memperbaiki sendiri deh. Memang sih, ada beberapa hal yang mungkin tidak bisa kamu perbaiki sendiri karena keterbatasan alat atau suku cadang,. Tetapi kamu tetap bisa memangkas biaya servis daripada orang yang tidak mengerti teknologi sama sekali

11. Dan gak bikin repot orang lain

Kamu gak perlu bingung-bingung cari bantuan ke temanmu atau rekan kerja yang sedang dalam urusan yang menyibukkan.

12. Kamu malah bisa membantu orang dan jadi kelihatan keren di mata mereka

Ups, komputer temanmu ngadat, kamu pun dapat segera memberikan pertolongan pertama. Masalahnya ternyata cukup simple dan kamu paham sepenuhnya. Hanya dengan beberapa teknik pertolongan pertama , kamu mengembalikannya ke keadaan normal. Sederhana, tapi bikin orang merasa tertolong dan takjub. Siapa tahu kamu bisa bikin gebetanmu terkesan.

13. Bisa belajar banyak hal

Lupakan cara belajar yang konvensional lewat kursus keterampilan. Kamu bisa belajar banyak hal secara kalau kamu paham bagaimana caranya memanfaatkan teknologi dan internet. Tinggal daftar kursus saja, atau cari bermacam lewat video-video di Youtube. Memahami teknologi berarti membuka kesempatan seluas-luasnya untuk mempelajari banyak hal tanpa batasan ruang dan waktu.

14. Jadi orang pertama yang tahu tentang perkembangan teknologi

Apa inovasi yang disematkan pada iPhone 6? Spesifikasi seperti apa yang akan dibangun di perangkat terbaru Samsung? Apa terobosan teknologi terbaru hari ini? Kamu tahu lebih dulu dari teman-temanmu.

15. Kemampuanmu memecahkan masalah bisa terasah

Mereka yang suka dengan teknologi banyak yang suka memainkan game. Menurut penelitian, game punya beragam dampak positif, salah satunya adalah membantu pemainnya memproses informasi lebih dan meningkatkan kemampuan mereka dalam berpikir dan memcahkan masalah.

Nah, udah tahu kan kalau ternyata melek teknologi itu punya banyak manfaat, yakin masih betah jadi orang yang gaptek? Yuk belajar melek teknologi bareng-bareng! Salam KudoTech!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *