Belajar Affiliate Marketing Untuk Pemula
03Sep

Belajar Affiliate Marketing Untuk Pemula

Belajar affiliate marketing biasa dilakukan sebagai bagian dari internet marketer. Ini karena program afiliasi termasuk dalam bagian internet marketer yang paling sederhana. Umumnya, orang yang menghasilkan uang melalui affiliate marketing akan disebut affiliate ataupun affiliate marketer. Ada pula yang menyebutnya sebagai program mitra atau asosiasi. Jika kita mendaftar di merchant yang memiliki program afiliasi, maka sama saja kita mendaftar sebagai anggota dalam jajaran penjualan online merchant tersebut. Istilah lain yang sering digunakan adalah program mitra, asosiasi atau sharing program. Semua istilah tersebut di atas adalah sama, hanya berbeda pada kata-katanya saja.

Dalam bisnis ini, semua affiliate marketer akan melakukan penjualan melalui sebuah link khusus. Istilah yang digunakan adalah affiliate link. Dalam mempelajari cara menjadi affiliate yang sukses, kita perlu memahami link afiliasi yang disediakan pemilik barang. Cara kerjanya adalah kita harus mempromosikan link afiliasi khusus yang didapat dari penyedia produk. Jika ada orang yang membeli produk dari link tersebut, maka kita akan mendapat komisi karena berhasil menjual barang. Teknisnya memang berbeda dari jualan produk secara online yang umum dilakukan melalui KUDO atau marketplace lainnya. Besaran komisi yang didapat affiliate marketer sendiri beragam, mulai dari 30% hingga 75% dari tiap penjualan yang didapat.

Cara memulai affiliate marketing biasanya adalah dengan mengisi formulir. Isi formulir di antaranya adalah syarat serta kondisi yang sudah ditetapkan oleh merchant. Termasuk di antaranya adalah tidak diperbolehkan mengirim spam ataupun email komersial yang tidak diinginkan pemilik email tersebut. Perjanjian afiliasi ini penting karena apabila kita melanggarnya, maka pihak merchant akan dapat mengeluarkan kita dari program afiliasi tersebut. Setelah kita menyatakan diri bersedia untuk mematuhi perjanjian afiliasi, berikutnya kita akan mendapat link afiliasi yang harus dipromosikan sesuai kebutuhan. Kita bisa menempatkan link afiliasi di website atau blog kita. Jika ada orang yang melakukan transaksi di merchant melalui link afiliasi kita, maka kita akan mendapat komisi dari transaksi yang dilakukan tersebut.

Link afiliiasi biasanya akan terdiri dari serangkaian huruf serta angka unik dan disertai afiiliate ID kita. Fungsinya adalah untuk mengidentifikasi serta sebagai satu-satunya orang yang memiliki tanggung jawab atas penjualan melalui link afiliasi tersebut. Program affiliate marketing ini bisa dibilang sangat mudah dan sederhana. Siapa saja bisa melakukannya. Affiliate marketing akan cocok diterapkan apabila kita telah memiliki blog atau website dengan trafik pengunjung tinggi, sehingga tidak akan sulit lagi dalam mencari calon pembeli potensial yang sekiranya akan mengklik link tersebut dan melakukan transaksi di merchant terkait. Akan lebih baik lagi jika affiliate marketing kita memiliki keterkaitan dengan blog atau website yang kita buat.

Sebagai contoh apabila kita memiliki blog khusus review buku, maka bergabunglah di program affilate marketing terpercaya yang diadakan oleh toko buku terkemuka. Pengunjung blog kita pastilah adalah orang-orang yang suka membaca dan membeli buku, sehingga besar kemungkinan mereka akan tertarik untuk membeli buku melalui link afiliasi yang kita sediakan. Bisnis online lain yang tak kalah menguntungkan dibanding link afiliasi adalah bergabung menjadi agen KUDO. Melalui KUDO, kita dapat berjualan hingga jutaan produk dari perusahaan rekanan KUDO yang telah diseleksi terlebih dahulu. Dari tiap transaksi yang terjadi, kita juga akan memperoleh komisi dengan skema yang menarik, yaitu hingga 70%.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *