22Sep

17 Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda Terbaru 2017 dengan Modal Kecil Untung Besar

Bisnis yang cocok untuk anak muda terbaru 2017 dengan modal kecil untung besar. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk produktif yang sangat tinggi. Oleh karena itu, di Indonesia kebutuhan akan pekerjaan sangat tinggi. Namun sayangnya, jumlah angkatan kerja yang tinggi di Indonesia tidak diimbangi dengan ketersediaan lapangan dan kesempatan kerja yang luas, khususnya dalam bidang pekerjaan yang formal. Padahal pekerjaan di sektor formal ini menjadi primadona di kalangan para anak muda ataupun usia-usia produktif lainnya, karena dianggap memiliki gaji yang tinggi dan jaminan kehidupan yang lebih baik. Sayangnya, banyak anak muda di Indonesia yang tidak mendapatkan kesempatan untuk tertampung dalam pekerjaan sektor formal, karena tingginya persaingan untuk masuk ke perusahaan-perusahaan yang menawarkan pekerjaan di sektor formal. Banyak anak muda yang kemudian menganggur dan menunggu hingga datangnya kesempatan hingga dapat diterima di pekerjaan sektor formal, karena banyak anak muda yang menganggap bahwa suksesnya seseorang denga bisa bekerja di sektor formal. Padahal, ada banyak kesempatan yang tersedia bagi anak muda untuk sukses, tidak harus bekerja di sektor formla seperti bekerja sebagai karyawan perusahaan atau menjadi PNS. Kesuksesan juga dapat dicapai dengan membangun sebuah usaha, sayangnya tak banyak anak muda yang tidak melihat kesempatan tersebut sebagai .

Bisnis anak muda sebenarnya ada banyak sekali. Namun, hal tersebut tergantung dari individu itu sendiri, apakah bisa menemukan kesempatan dan memanfaatkannya untuk meraih kesuksesan. Banyak anak muda yang justru membuang-buang waktu dengan terus menunggu sampai bisa diterima bekerja di sektor formal, tanpa mau melihat kesempatan yang ada di sektor informal. Sektor informal adalah jenis sektor dalam bidang ekonomi dan yang bergerak dalam dunia bisnis atau usaha. Dapat berupa bisnis berskala kecil maupun bisnis berskala besar. Namun, untuk bisnis anak muda, karena anak muda biasanya mengalami keterbatasan pada modal, maka bisnis yang dijalankan dapat berupa bisnis anak muda dengan modal kecil. Lalu kira-kira, bagaimanakah cara untuk menjalankan bisnis anak muda dengan modal kecil? Bisnis apa saja yang bisa ditekuni oleh anak muda?

17 Bisnis yang Cocok untuk Anak Muda Terbaru 2017 dengan Modal Kecil Untung Besar

Bisnis Makanan

Salah satu bisnis anak muda modal kecil berpeluang sukses yang pertama adalah . Bisnis makanan memang menjadi salah satu bisnis yang cukup populer di kalangan masyarakat, terutama anak muda. Sudah banyak orang yang sukses menjalankan bisnis makanan walaupun dengan modal yang terbatas pada awalnya. Mengapa bisnis makanan bisa menjadi salah satu bisnis yang direkomendasikan untuk anak muda? Makanan adalah jenis barang konsumsi yang selalu dicari orang, apalagi bila rasanya enak dan bentuknya yang unik. Bahkan saat ini, banyak artis Indonesia yang mulai merambah bisnis makanan ini. Sebut saja Laudya Cintya Bella dengan Kue Makuta-nya yang berada di Bandung, dan selalu laris diburu masyarakat. Rasanya yang enak, bentuknya yang unik dan ditambah dengan nama Laudya yang terkenal semakin membuat bisnis Kue Makuta ini menjadi laris manis. Selain Laudya Cyntia Bella, ada juga artis lain seperti Nagita Slavina dan Irwansyah yang sama-sama menggeluti bisnis makanan. Yang menjadi kesamaan dari ketiga bisnis makanan artis tersebut adalah mereka sama-sama menjual makanan yang unik dari segi bentuknya dan enak dari segi rasanya. Selain itu juga didongkrak dengan kepopuleran dari ketiganya.

Lalu, kira-kira usaha makanan apa yang bisa menjadi bisnis anak muda dengan modal kecil? Yuk simak informasi berikut ini.

  • Martabak Manis
    Martabak manis adalah jenis makanan yang sedang populer belakangan ini. Sebenarnya, martabak bukanlah makanan baru, tetapi sudah ada sejak dulu dan lebih dikenal dengan nama roti terang bulan. Saat ini, martabak lebih populer karena topping yang digunakan lebih inovatif. Selain itu, martabak manis juga hadir dengan berbagai rasa seperti green tea maupun red velvet yang di era-era sebelumnya belum ada. Nah, untuk anak muda, bisnis martabak manis ini dapat menjadi salah satu bisnis anak muda dengan modal kecil yang menguntungkan. Mengapa? Karena martabak manis tidak membutuhkan banyak bahan dan bahan-bahannya pun tergolong murah dan mudah didapatkan, seperti tepung, telur, baking powder, keju, cokelat, kacang, berbagai macam selai buah, dan lain-lain. Martabak dapat dijual di pinggir jalan. Namun, agar martabak yang dijual laris diburu pembeli, maka sebaiknya melalukan inovasi, baik dari rasa, kemasan dan juga brand agar lebih dikenal orang dan lebih menarik perhatian banyak orang.
  • Kue kering
    Bisnis anak muda dengan modal kecil yang kedua adalah bisnis kue kering. Bila banyak orang yang menganggap bahwa bisnis ini hanya cocok untuk ibu-ibu, di era yang sudah serba modern ini pemahaman tersebut salah besar. Bisnis kue kering bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak muda baik perempuan maupun laki-laki. Tak ada kekhususan jenis kelamin maupun umur untuk bisa sukses dengan menekuni bisnis kue kering ini. Kuncinya adalah tidak mudah menyerah dan tidak mau berhenti untuk berinovasi. Kue kering adalah salah satu kue yang selalu laku, terutama ketiak momen-momen tertentu seperti hari raya. Nah, bila sudah tiba bulan ramadhan, anak muda bisa memanfaatkan kue kering ini untuk mendapatkan keuntungan. Bila belum terlalu ahli, bisa belajar dahulu melalui ibu ataupun sanak saudara. Atau bisa juga melihat tutorial di internet. Ada banyak cara bukan untuk belajar membuat kue kering? Di hari raya, kue kering menjadi sajian yang tak boleh ketinggalan untuk menjamu tamu di rumah atau untuk menjadi bingkisan dan parcel. Modal yang dibutuhkan untuk usaha kue kering juga tidak besar, karena hanya membutuhkan bahan-bahan kue yang mudah ditemui di pasaran. Namun, supaya usaha kue kering ini menarik perhatian pembeli, maka harus berinovasi baik dari rasa, bentuk dan juga packagingnya. Gunakan juga sosial media sebagai media untul promosi agar lebih dikenal orang. Ada berbagai jenis kue kering yang bisa dibuat menjadi bisnis, antara lain kue nastar, kue putri salju, kue kacang, dan lain-lain. Kue-kue kering tersebut biasanya selalu dicari ketika menjelang hari raya dan pasti akan laku bila dijual.
  • Catering
    Bisnis anak muda dalam bidang makanan yang selanjutnya adalah bisnis catering. Bisnis catering adalah bisnis makanan besar dengan skala yang lebih besar atau menggunakan sistem borongan. Usaha catering ini biasanya menyasar pada acara-acara skala sedang hingga besar seperti seminar, ulang tahun, dan acara-acara lainnya. Untuk menjalankan usaha catering ini bisa dilakukan dengan cara patungan dengan teman karena mengingat usaha ini membutuhkan tenaga yang cukup untuk membuat makanan berat. Usaha catering saat ini sedang banyak dibidik oleh anak-anak muda untuk dijadikan sebagai salah satu usaha patungan. Bahwa putera Presiden Joko Widodo juga diketahui menjadi pemilik dari sebuah catering yang namanya sudah sangat dikenal di Solo Jawa Tengah. Dengan menggunakan semangat anak muda dan kreativitas anak muda, usaha catering dapat menjadi bisnis anak muda yang menjanjikan dan menarik perhatian banyak orang. Hal ini karena akan banyak terobosan yang inovatif dalam bisnis catering ini, mulai dari jenis makanannya, packaging hingga promosinya.
  • Makanan Serba Pedas
    Makanan pedas saat ini menjadi trend di kalangan masyarakat. Walaupun makanan bercita rasa pedas bukanlah makanan yang baru di Indonesia, namun makanan pedas memiliki penggemar setianya. Oleh karena memiliki penggemar yang cukup pedas, makanan serba pedas ini bisa dijadikan sebagai bisnis anak muda. Ada berbagai jenis makanan yang bisa dijadikan sebagai makanan serba pedas, seperti ayam tepung dengan sambal pedas, mie instan dengan kepedasan berbagai level dari yang tidak pedas sampai yang paling pedas, dan lain-lain. Sasarannya lebih diutamakan anak muda, karena anak muda masih suka mencoba berbagai hal yang baru dan anak muda masih memiliki perut yang kuat untuk memakan makanan pedas.

Bisnis Jasa

Selain bisnis makanan, bisnis lainnya yang bisa dijadikan bisnis anak muda yang menguntungkan dan berpeluang sukses selanjutnya adalah bisnis dalam bidang jasa. Mengapa bisnis dalam bidang jasa ini bisa menjadi salah satu bisnis yang berpeluang sukses? Saat ini banyak orang yang mencari penyedia jasa dalam berbagai jenis. Hal ini karena keterbatasan waktu yang dimiliki oleh banyak orang untuk melakukan hal-hal lainnya selain pekerjaan utama. Apa saja kira-kira yang bisa dijadikan sebagai bisnis anak muda yang menguntungkan dengan modal kecil? Berikut ulasannya.

  • Bisnis laundry
    Punya mesin cuci di rumah dan ingin memiliki uang saku tambahan? Nah, dari pada mesin cuci menganggur ketika tidak digunakan, maka gunakanlah mesin cuci dan juga setrika untuk membuka usaha laundry. Usaha ini bisa menjadi salah satu alternatif bisnis yang mudah, tidak membutuhkan modal yang banyak dan dapat dilakukan di waktu luang. Bisnis laundry di kalang para mahasiswa dan karyawan yang belum berkeluarga adalah jasa yang laku dan banyak dicari. Mengapa? Karena mahasiswa biasanya malas mencuci sendiri, sedangkan karyawan biasanya tidak memiliki waktu untuk mencuci sedangkan setiap hari harus berganti-ganti pakaian. Nah, alasan-alasan seperti itu bisa menjadi salah satu motivasi untuk membuka bisnis laundry di rumah. Dengan menggunakan mesin cuci, tak perlu berlelah-lelah mengucek pakaian, hanya tinggal menyetrika saja. Cukup sediakan detergen dan pengharum baju yang wangi. Untuk biayanya, bisa ditentukan dari berat cucian yang di laundry, dan jenis servicenya apakah cuci setrika atau setrika saja. Modal yang dikeluarkan pun tak banyak karena hanya membeli detergen saja dan juga pewangi pakaian yang bisa dibeli dalam takaran yang banyak. Apabila memiliki waktu luang, dapat juga menambahkan service yang lain yaitu delivery cucian yang sudah jadi ke alamat pelanggan. Pasti akan sangat menarik perhatian pelanggan dan pelanggan akan betah menggunakan jasa laundry ini, terutama bagi mereka yang sibuk dan tak punya waktu banyak. Ada beberapa hal penting yang patut diingat ketika menjalankan bisnis anak muda dalam bisnis jasa laundry ini.

    1. Yang pertama, jangan sampai baju pelanggan tertukar-tukar. Baju yang tertukar bisa mengurangi kesenangan pelanggan pada service yang diberikan. Oleh karena itu, diperlukan trik yang tepat dalam mengelompokkan baju agar tidak tertukar antar pelanggan. Salah satu caranya yang bisa digunakan adalah dengan menempatkan baju pelanggan yang belum dicuci dan setelah dicuci pada keranjang-keranjang yang berbeda antara pelanggan yang satu dengan pelanggan yang lain. Agar tidak tertukar, maka tempelkan nama pada masing-masing ember atau keranjang.
    2. Pakailah pengharum pakaian yang wangi. Salah satu tujuan orang melaundry pakaiannya adalah agar pakaiannya wangi ketika dikenakan. Nah, untuk itu sebagai pelaku bisnis laundry maka gunakanlah pewangi pakaian laundry yang wangi.
    3. Sediakan juga sampel beberapa pilihan pewangi untuk pelanggan dan pelanggan dapat memilih sesuai wangi kesukaannya. Mengingat, setiap pelanggan memiliki kesenangan pada wangi yang berbeda-beda.
    4. Usahakan hasil setrika serapi mungkin. Untuk menjaga baju tetap terjaga kerapiannya, gunakan plastik krep atau plastik kedap udara yang dapat membuat tumpukan pakaian yang sudah selesai di laundry dapat terjaga kerapiannya.
    5. Untuk menghemat anggaran, belilah pewangi dan detergen yang berukuran banyak atau grosir karena biasanya semakin banyak maka semakin murah harganya.
  • Bisnis desain grafis
    Di era yang serba digital ini, visual adalah salah satu aspek penting. Visual di sini diartikan sebagai sesuatu yang dilihat oleh mata. Nah, di era yang sudah sangat digital ini, salah satu bisnis anak muda yang berpeluang berhasil adalah bisnis desain grafis. Apa itu bisnis desain grafis? Bisnis desain grafis adalah bisnis yang menggunakan software komputer seperti Corel Draw, Photoshop, Adobe Illustrator, dan lain-lain untuk membuat berbagai bentuk desain, seperti desain kalender, desain undangan, desain leaflet, desain sticker, desain packaging, dan masih banyak lagi. Berhubung saat ini segala aspek dapat dihubungkan dengan desain grafis, maka akan sangat berpeluang untuk dijadikan usaha atau bisnis tertentu.
  • Bisnis Jasa Photography
    Di era digital ini, selain jasa desain grafis, jasa lain yang dapat dijadikan sebagai bisnis anak muda adalah bisnis jasa photography. Anak muda yang memiliki hobi photography biasanya memiliki camera yang kapabel untuk photography. Photography selain dapat menjadi hobi juga bisa membuka jasa photography, dari pada camera menganggur apabila tidak digunakan. Jasa photography yang bisa dilakukan adalah foto prewedding, foto buku tahunan dan lain-lain. Saat ini, orang banyak yang menggunakan jasa photography untuk mengabadikan berbagai momen. Selain dapat menambah skill photography, dapat juga menambah penghasilan tambahan.
  • Bisnis Jasa Menulis Artikel
    Di era digital, pekerjaan menulis artikel banyak dicari karena banyak perusahaan yang mencari orang-orang yang bersedia menulis artikel tentang produk mereka. Jasa menulis artikel ini dapat menjadi peluang bisnis anak muda dengan modal yang kecil. Biasanya sebagai anak muda memiliki laptop maupun komputer sebagai sarana untuk mengerjakan tugas kampus. Nah, tak perlu modal tambahan lain, dengan berbekal niat serta ketekunan dalam menulis, menulis artikel dapat menjadi salah satu bisnis anak muda dalam bidang jasa di era digital yang dapat mendatangkan keuntungan. Selain mendapatkan uang saku tambahan, juga dapat melatih skill menulis menjadi lebih baik lagi. Selain itu, wawasan juga akan bertambah luas. Pekerjaan menulis artikel ini bisa dibagi dengan waktu kuliah, sehingga tidak akan mengganggu waktu kuliah, dapat dikerjakan ketika sedang tidak ada jam kuliah. Tidak perlu pergi kemana-mana, dengan membuka jasa pembuatan artikel akan bisa mendapatkan uang.
  • Jasa reseller
    Jenis jas yang saat ini sedang sangat trend di dunia bisnis dalam era digital ini adalah jasa reseller. Apakah jasa reseller itu? Reseller adalah menjual kembali produk miliki orang lain dengan basis bagi untung. Nah, sebagai anak muda yang melek teknologi, sistem reseller ini bisa menggunakan media sosial seperti Facebook dan juga Instagram untuk menjual kembali produk dari suatu brand. Bisnis anak muda dalam bidang reseller produk ini dapat sangat menguntungkan dan menghemat modal karena hanya dengan gadget atau laptop, sudah bisa mendapatkan keuntungan. Apalagi saat ini, sudah banyak brand yang memberikan kesempatan cukup besar kepada siapa saja yang ingin menjadi reseller produknya. Untuk anak-anak muda, bisnis jasa reseller ini sangat sesuai karena tidak membutuhkan modal yang besar dan hanya memerlukan gadget dan kemahiran dalam berkomunikasi di media sosial.

Bisnis Pakaian

Selain bisnis makanan dan jasa, bisnis lainnya yang dapat dilakukan oleh anak muda adalah bisnis pakaian. Bisnis pakaian dapat menjadi salah satu bisnis anak muda yang mendatangkan keuntungan, karena kebutuhan orang pada pakaian tidak pernah habis. Selain sebagai kebutuhan primer, pakaian selalu dicari dan dibeli orang karena modelnya yang selalu berkembang. Banyak orang yang tidak ingin ketinggalan zaman dalam hal mengenakan pakaian. Oleh karena itu, tak aneh bila bisnis pakaian ini dapat menjadi bisnis anak muda yang mendatangkan keuntungan. Kira-kira bisnis pakaian pakaian apa saja ya yang bisa menjadi bisnis anak muda yang menguntungkan? Yuk simak ulasannya.

  • Bisnis pakaian perempuan online
    Perempuan dikenal sebagai pengamat fashion terbaik dan tak bisa menyepelekan masalah fashion. Tak aneh apabila, fashion menjadi salah satu hal yang paling sering diurus oleh perempuan, terutama masalah pakaian. Pakaian bagi perempuan bukan saja sekadar menjadi pakaian yang dikenakan untuk menutup aurat atau menutupi anggota badan, tapi pakaian juga merupakan simbol kepercayaan diri. Oleh karena itu, bagi perempuan pakaian sangat penting. Saat ini model pakaian sangat cepat berkembang dan konsumennya semakin bertambah. Hal inilah yang bisa dijadikan sebagai peluang bisnis bagi anak muda, yaitu bisnis berjualan pakaian perempuan. Dalam menjalankan bisnis anak muda ini, sebaiknya gunakanlah media sosial sebagai media promosi atau toko online. beberapa media sosial yang bisa digunakan adalah Facebook dan Instagram. Dalam kedua media sosial tersebut, dapat menampilkan foto-foto pakaian yang dijual beserta harga dan spesifikasinya. Menggunakan media sosial untuk berjualan pakaian akan mengirit waktu dan juga modal karena tidak lagi perlu membuka kios terlebih dahulu. Selain itu, cakupan jangkauan promosinya juga lebih luas, dari pada berjualan secara langsung.
  • Bisnis pakaian bayi online
    Bayi walaupun belum mengerti soal fashion dan gaya berpakaian, terkadang para ibu ingin anak-anaknya bisa mengenakan pakaian yang lucu sehingga enak dilihat dan menggemaskan. Hal ini yang dapat dijadikan peluang bisnis bagi anak muda yaitu bisnis pakaian bayi. Bisnis ini dapat menjual pakaian bayi laki-laki maupun perempuan, dengan segala pernak-pernik seperti boneka, dot bayi, stoller dan lain-lain. Saat ini, banyak ibu-ibu yang sudah menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mencari konsumen, yaitu menawarkan atau mempromosikan baju bayi yang dijual melalui akun-akun ibu-ibu. Selain lebih mudah, juga tidak memerlukan modal besar untuk membuka toko.
  • Bisnis hijab dan pakaian muslim online
    Saat ini, hijab dan pakaian muslim menjadi salah satu trend dalam dunia fashion wanita. Hijab dan pakaian muslim tidak lagi sekadar pakaian penutup aurat bagi perempuan muslim, namun dalam pemakaiannya perempuan juga memperhatikan model, warna dan lain-lain. Saat ini, perempuan yang memakai hijab dan pakaian muslim sudah sangat banyak, bahkan banyak perempuan yang dahulu tidak berhijab kini banyak yang memutuskan untuk berhijab. Hal ini karena trend hijab dan pakaian muslim semakin berkembang setiap harinya, sehingga mengenakan hijab dan pakaian muslim tidak lagi dianggap tidak modis dan modelnya tidak lagi monoton. Nah, karena banyak perempuan yang sudah mengenakan hijab dan memperhatikan penampilan syar’i, maka dapat dijadikan sebagai peluang untuk membuka bisnis anak muda hijab dan pakaian muslim. Untuk menjualnya, saat ini tak perlu memerlukan toko secara fisik. Sebagai anak muda, tentu saja keterbatasan modal adalah permasalahan utama yang banyak dirasakan oleh anak-anak muda yang ingin membuka sebuah bisnis. Untuk memiliki bisnis hijab dan pakaian muslim ini dengan modal yang terbatas, anak-anak muda dapat memanfaatkan kemampuannya dalam bidang teknologi, dapat memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Sebut saja Facebook dan Instagram, dua media sosial yang sangat sesuai untuk dijadikan sebagai media berjualan hijab dan pakaian muslim. Dengan menggunakan Facebook dan Instagram, maka dapat mengupload foto produk yang dijual.
  • Bisnis tas dan sepatu online
    Anak muda memang tak pernah jauh dari segala hal yang bersinggungan dengan fashion. Selain baju, aspek lain yang begitu diperhatikan dalam dunia fashion adalah tas dan juga sepatu. Anak-anak muda biasanya lebih mengetahui sepatu dan tas apa saja yang sedang trend. Nah, pengetahuan anak muda mengenai tas dan sepatu yang sedang trend ini, maka dapat dimanfaatkan sebagai peluang bisnis anak muda. Dalam penjualannya bisa menggunakan media sosial seperti Facebook dan Instagram untuk media promosi.

Aspek Utama dalam Berbisnis untuk Anak Muda

Dalam menjalankan suatu bisnis, ada beberapa kunci yang harus dipegang teguh apabila ingin bisnisnya maju. Sebagai anak muda yang belum memiliki pengalaman cukup banyak dalam dunia bisnis, maka ada berbagai hal yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis anak muda.

  1. Jangan mudah menyerah
    Anak muda dikenal sebagai generasi-generasi yang masih memiliki potensi sangat besar untuk memulai hal-hal baru dan sering kali minim pengalaman. Dalam dunia bisnis akan banyak sekali kendala yang ditemui. Oleh karena itu, anak muda tak boleh mudah menyerah apabila ingin bisnisnya berkembang.
  2. Jangan terpatok pada modal
    Menjadi anak muda memang minim modal, terutama modal uang. Namun jangan sampai hal ini menjadi penghalang untuk menjalani suatu usaha.
  3. Gunakan teknologi dan media sosial
    Sebagai anak muda yang tumbuh di era milenial, maka tak akan aneh pada teknologi. manfaatkan kemampuan sebagai anak muda milenial yang menguasai teknologi dan media sosial untuk menjalankan bisnis.

Bisnis Usaha Apa Ya? Daftar KUDO Dapatkan Untung Jutaan Rupiah Per Bulan

Saat ini sudah ada begitu banyak cara dalam menjalankan bisnis. Salah satu bisnis yang dapat digeluti anak muda adalah dengan menggunakan teknologi yang sudah ada. Salah satu cara untuk jual beli adalah jual beli secara online. KUDO merupakan kios dagang online yang akan memudahkan anak-anak muda untuk menjadi pebisnis sukses. KUDO merupakan perusahaan teknologi yang bergerak dalam bidang dagang online memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk bisa memiliki usahanya sendiri. KUDO menggunakan sistem toko online dengan sistem penjualan sebagai reseller. KUDO telah terhubung dengan jutaan produk berkualitas dengan harga terbaik. Dibuat oleh anak bangsa, KUDO memberikan kesempatan bagi generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri dalam ekonomi, yaitu dengan mengelola bisnisnya sendiri. KUDO memiliki sistem pembayaran yang aman dan menguntungkan. Ada berbagai bisnis yang bisa dilakukan melalui KUDO seperti jual beli pulsa elektronik, pulsa token listrik, reseller berbagai produk dan lain-lain. Sebagai anak muda yang progresif, ayo bergabung bersama KUDO agar bisnis anak muda menjadi lebih maju dan dapat membuat anak muda Indonesia menjadi mandiri secara ekonomi.