23Feb

Apa Itu Bisnis Database? Apakah Menguntungkan?

Bisnis database tahun 2017. Kebutuhan yang semakin meningkat tiap harinya dan kenaikan harga-harga barang kebutuhan pokok membuat kita harus lebih pintar dalam . samping berhemat agar memiliki simpanan uang di saat terdesak, kita juga bisa berusaha memulai usaha lain. Tujuannya tak lain adalah agar kita mendapat tambahan pendapatan guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan tambahan penghasilan ini, kita akan bisa memenuhi kebutuhan serta mendapat banyak sisa uang yang dapat masuk ke dalam tabungan. Salah satu yang bisa kita jalankan adalah . Mungkin banyak dari kita yang sudah pernah atau bahkan sering mendengar tentang bisnis ini. Namun, masih sedikit dari kita yang benar-benar paham akan bisnis ini.

Bisnis ini sendiri termasuk ke dalam . Sesuai namanya, bisnis ini dijalankan secara dan melalui media online seperti group chat, hingga website. Bisnis online sendiri memiliki keuntungan tersendiri apabila dibandingkan dengan bisnis offline.

  1. Pertama, bisnis online lebih menghemat biaya untuk . Ini karena dalam bisnis online, kita tidak membutuhkan ruko, kios, toko atau etalase sebagai tempat menjual barang atau jasa. Kita bisa mengiklankan barang atau jasa melalui media online seperti jejaring sosial, website, blog hingga marketplace.
  2. Kedua, bisnis ini lebih fleksibel. Karena tidak ada toko atau bangunan fisik, kita bisa menjalankan bisnis lewat atau perangkat komputer saja. Dengan begitu, kita tidak perlu menjaga ruko atau kios. Bisnis bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja, bahkan saat kita sedang mengikuti kuliah dalam kelas.
  3. Ketiga, bisnis ini bisa menjangkau konsumen dalam wilayah yang lebih luas. Apabila kita berjualan online, misalnya, kita bisa mendapat pembeli tidak hanya dari wilayah yang sama namun juga dari negara yang berbeda. Ini karena pemasaran dilakukan secara online dan bisa dilihat oleh siapa saja di seluruh belahan dunia. Tentu akan berbeda jika kita berjualan secara offline, pembeli kita hanya akan berasal dari daerah yang sama saja.
  4. Keempat, bisnis online juga mudah dijalankan dengan menggunakan teknologi yang pasti sudah familier dengan kita seperti smartphone dan jejaring sosial. Siapa saja bisa menjalankan bisnis online ini, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan hingga .

Namun, bukan berarti bisnis online bebas dari resiko serta kekurangan. Sebelum mulai mencoba berbisnis secara online, selain mengetahui kelebihannya kita juga harus memahami kekurangan dari bisnis online ini.

  1. Pertama, menjual barang atau jasa secara online sama saja seperti membeli kucing dalam karung. Ini karena pembeli tidak benar-benar tahu kualitas dari barang yang dipesannya. Terutama apabila kita menjual produk lewat internet di mana produk tersebut hanya dapat dilihat konsumen lewat gambar. Warna, bahan serta tekstur asli dari produk tidak benar-benar diketahui pembeli sampai barang tersebut diterima di tangannya.
  2. Kedua, menjual barang secara online berarti kita harus menyediakan waktu lebih untuk proses pengemasan serta pengiriman. Barang harus dikemas secara rapi dan aman. Khusus untuk barang pecah belah, kita sebaiknya menggunakan plastik pembungkus atau bubble wrap ataupun packing kayu dari ekspedisi pengiriman. Biaya untuk plastik pembungkus dan packing kayu ini bisa dimasukkan ke dalam tambahan modal.
  3. Ketiga, barang yang dikirim menggunakan jasa ekspedisi pengiriman juga tidak sepenuhnya dijamin aman. Resiko kerusakan hingga kehilangan barang di tengah jalan adalah tanggung jawab penjual. Ini karena kepuasan konsumen terletak di tangan penjual. Penjual harus bersiap menerima resiko terburuk seperti penggantian barang hingga pengembalian dana atau refund.
  4. Keempat, jual beli online kerap diwarna aksi tidak bertanggung jawab dari sebagian oknum yang melakukan tindak penipuan. Ini akan menjadi PR tersendiri untuk kita dalam meyakinkan konsumen bahwa kita adalah penjual yang jujur serta terpercaya.

Menilik kelebihan serta kekurangan di atas, bisnis online biasanya akan dipilih sebagai bisnis pertama untuk para pemula. Apabila kita belum memiliki cukup pengalaman serta modal dalam berjualan secara offline, maka kita bisa mencoba metode terlebih dahulu. Setelah mengumpulkan cukup keuntungan dan kepercayaan dari pembeli, kita bisa membuka toko sendiri dan berjualan secara offline. Banyak pebisnis offline dan pemilik toko yang mengawali usahanya dari berjualan secara online. Bisnis online menjadi langkah pertama dalam memulai usaha dan mendapat tambahan penghasilan. Dari berjualan online, kita juga bisa mengumpulkan modal untuk bisnis offline serta mendapat banyak pelanggan.

Bisnis online sendiri tidak selalu harus berjualan barang. Kita juga bisa menjajakan jasa secara online. Berikut adalah beberapa contoh barang dan jasa yang bisa kita jual secara online.

  1. Barang yang paling umum ditemukan di internet untuk dijual adalah pakaian. Termasuk di antaranya adalah berbagai fashion item dan aksesoris seperti topi, kacamata, ikat pinggang, bandana dan lain sebagainya.
  2. Selain pakaian, melalui media online juga bisa dengan mudah kita temukan aneka sepatu, tas dan baik untuk pria maupun wanita.
  3. Produk kecantikan dan kesehatan juga bukan hal asing yang bisa kita dapatkan secara online dari internet.
  4. Aneka barang yang sifatnya hobi seperti buku, album, action figure, vinyl dan lain-lain pun banyak tersedia secara online.
  5. Makanan dan minuman pun bisa dibeli secara online.
  6. Bukan hanya barang berukuran kecil, namun barang ukuran besar seperti elektronik juga bisa dibeli secara online.
  7. Perhiasan seperti emas dan perak pun bisa ditemukan di beberapa situs online.
  8. Lewat media online, kita bisa menjual dan membeli foto free royalty, template blog dan aneka kebutuhan terkait blog dan website.
  9. Kita juga bisa menjual aneka jasa secara online. Salah satu di antaranya adalah jasa membuat website premium.
  10. Lewat internet, kita bisa turut menyewakan kamar untuk para wisatawan. Bisnis ini terutama dapat berjalan apabila kita bertempat tinggal di dekat tempat wisata.

Selain bisnis berjualan barang dan jasa online di atas, terdapat bisnis lain yang bisa kita tekuni. Bisnis ini berupa bisnis database server. Kita pasti sudah sering mendengar tentang bisnis ini melalui internet. Terkadang, iklan mengenai bisnis ini akan disertai testimoni dari mereka yang sudah mengikutinya dan mendapatkan banyak keuntungan. Tak tanggung-tanggung, keuntungan yang bisa didapat dari bisnis ini mencapai jutaan Rupiah. Selain itu, uang jutaan Rupiah ini juga bisa didapat dalam waktu singkat. Bahkan, pelajar pun banyak yang bergabung dalam bisnis online satu ini. Tentunya testimoni dari mereka membuat kita penasaran mengenai model bisnis yang dijalankan serta bagaimana cara menjalankan bisnisnya. Sebelum mulai menjalankan bisnis ini, kita harus paham terlebih dahulu mengenai pengertian, cara kerja hingga keuntungan yang bisa didapatkan.

bisnis database

Database sendiri merupakan kumpulan data kontak yang lengkap dari para produsen serta distributor yang secara khusus menjual barang secara first hand atau berasal dari tangan pertama. Software database ini dapat berupa pin BBM, kontak WhatsApp, LINE, website hingga Instagram dari produsen serta distributor. Tercantum pula jenis barang dagangan serta lokasi pabrik. Dengan database ini, kita bisa mendapatkan barang dengan harga murah namun dengan kualitas yang tidak murahan. Seringkali bisnis ini disebut pula sebagai pin konveksi. Pengertian keduanya tidak jauh berbeda, namun untuk pin konveksi ini khusus berisi pin BBM dan bukan kontak dalam bentuk lain.

Aneka barang yang diperjualbelikan oleh para produsen dan distributor yang terdapat dalam database dan pin konveksi juga sangat beragam. Di antaranya adalah baju, sepatu, tas, boneka, gamis, matras, jilbab, celana, wedges, kaos, jam tangan, parfum, kosmetik, smartphone dan lain-lain. Tersedia barang lokal maupun impor dari luar negeri. Dengan adanya pin konveksi ini, kita dapat membeli barang dengan harga sangat terjangkau. Ini karena kita mendapat barang secara langsung dari produsen atau first hand. Kita juga bisa menjual kembali pin tersebut guna mendapat untung. Menjadi reseller pin konveksi serta database ini dijamin tidak membuat rugi karena kita hanya mengeluarkan modal satu kali saja. Sementara itu, keuntungan yang didapat bisa berkali-kali lipat.

Database ini juga tergolong sangat cocok untuk para pebisnis reseller olshop. Harga barang yang ditawarkan sangat murah sehingga akan dapat menekan modal. Kita juga bisa menetapkan margin keuntungan yang tinggi karena kita membelinya dari supplier first hand. Bentuk dari database ini sendiri seperti pin BB dan kontak pada umumnya, yaitu sederet angka serta huruf. Cara kerja dari database ini juga sangat mudah. Kita hanya perlu menjual ulang database yang sudah dibeli. Sebagai contoh apabila kamu membeli file sebesar tiga ratus ribu Rupiah dari seorang admin, maka kita menjualnya kembali sebesar tiga ratus ribu Rupiah pula. Dari satu penjualan saja, kita sudah bisa balik modal.

Setelah balik modal sebesar tiga ratus ribu Rupiah, kita tetap bisa menjual file database tersebut pada pembeli lain. Sehingga, dengan modal tiga ratus ribu Rupiah, kita bisa mendapat untung berkali-kali lipat tergantung banyaknya pembeli yang membeli database dari kita. Ini artinya, kita hanya perlu mengeluarkan satu kali modal untuk berbisnis selamanya. Database dapat digandakan atau di copy paste agar bisa kita jual ke pembeli lain. Pengiriman juga dapat menggunakan email dan bukan menggunakan jasa ekspedisi pengiriman. Inilah yang membuat bisnis ini banyak digemari serta dicoba oleh banyak orang.

Keuntungan yang didapat pun bisa berkali-kali lipat. Jika dalam satu kali penjualan saja kita sudah bisa balik modal, maka dalam dua kali penjualan kita akan mendapat untung sebesar seratus persen. Penjualan ketiga kita akan mendapat untung dua ratus persen, penjualan keempat mendapat untung tiga ratus persen, dan seterusnya. Sebagai contoh, dengan modal tiga ratus ribu Rupiah dan asumsi ada satu orang yang membeli file database tiap harinya, maka dalam satu minggu kita akan mendapat keuntungan sebesar dua juta seratus ribu Rupiah. Dengan asumsi yang sama, maka dalam satu bulan kita bisa mendapat untung sebesar delapan juta empat ratus ribu Rupiah.

Jumlah ini tentu sangat besar dan cukup untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari, baik kebutuhan primer maupun sekunder. Kita juga akan memiliki cukup tabungan untuk memenuhi kebutuhan tersier. Jika tidak yakin dapat mencapai jumlah tersebut di atas, apalagi sebagai pemula dalam bisnis database, taruhlah kita hanya bisa menjual file database satu kali per minggu. Maka dalam satu bulan saja, keuntungan yang kita dapat sudah menyentuh angka satu juta dua ratus ribu Rupiah. Angka ini sudah termasuk besar untuk ukuran pemula. Satu juta dua ratus ribu Rupiah juga dapat kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan primer sehari-hari.

Dengan perhitungan keuntungan terkecil sekalipun, kita masih bisa mendapat untung yang lumayan. Bahkan, apabila kita hanya mendapat satu pembeli dari bisnis database online ini, kita akan tetap balik modal dan tidak merugi. Apabila kita berhasil mendapat satu pembeli per hari, sudah pasti keuntungan kita dalam sebulan akan melebihi delapan juta empat ratus ribu Rupiah. Bisnis ini terutama sangat mudah dan fleksibel untuk dijalankan karena bisa kita lakukan melalui media online saja. Di antaranya adalah media sosial, website, hingga group chat. Bisnis ini cocok untuk pelajar, mahasiswa hingga ibu karena prosesnya sederhana serta bisa dijalankan dari mana saja serta kapan saja.

Kelebihan lain dari bisnis web database ini adalah bisa kita kirimkan filenya melalui email. Sehingga, kita tidak perlu melakukan proses pengemasan hingga pengiriman melalui jasa ekspedisi pengiriman. Pin konveksi atau database ini bisa kita jadikan sebagai bisnis. Kita bisa menjualnya kembali ke rekan kerja, teman, keluarga dan lain-lain. Bisnis tidak akan merugi karena banyak orang yang mencari database ini. Orang-orang yang mencari database ini terutama adalah mereka yang hendak berjualan barang dengan harga terjangkau. Sehingga, database yang berisi data produsen serta distributor akan sangat dicari. Kita bisa menjualnya pada orang-orang yang tengah menginginkan informasi mengenai supplier, produsen hingga distributor barang tangan pertama.

Cara berjualannya juga tergolong sangat mudah. Kita hanya perlu menggunakan media sosial untuk berpromosi. Kita dapat memposting keterangan seputar bisnis ini ataupun foto testimoni dari pebisnis terdahulu yang sudah sukses. Lampirkan juga nomor kontak kita yang bisa dihubungi apabila ada orang yang berminat untuk membelinya. Jika ada peminat, mereka akan menghubungi kita. Biasanya, orang-orang akan bertanya lebih jauh mengenai bisnis ini dan bagaimana cara kerjanya. Inilah mengapa kita harus paham terlebih dahulu mengenai database sebelum mulai menjualnya pada orang lain. Kita juga bisa memberikan panduan singkat mengenai apa itu database, cara kerja, cara menjualnya hingga keuntungan yang bisa didapatkan pada calon pembeli.

Setelah pembeli paham dengan bisnis ini, maka pembeli akan melakukan pembayaran sebesar tiga ratus ribu Rupiah lalu kita mengirim file database ke alamat email mereka. Dengan begini maka kita telah berhasil menjual satu file database. Kita sudah mendapatkan modal kembali dan masih bisa menjual file database pada orang lain. Kembalilah berpromosi lewat media sosial dan tawarkan file database seperti sebelumnya. Cara ini memungkinkan kita untuk mengirim file database ke semua pembeli dengan cara menggandakannya atau copy paste. File yang sudah diterima pembeli juga bisa digunakan untuk dijual kembali pada orang lain.

Kisaran harga database access sendiri ada di angka tiga ratus ribu hingga lima ratus ribu Rupiah. Harga ini sudah termasuk dalam bimbingan penuh hingga berhasil serta masuk ke dalam grup konveksi. Jika kita menemukan penjual database yang mematok harga tersebut namun tidak ada bimbingan, invite grup atau keduanya, maka sebaiknya kita tidak usah bergabung. Biasanya, bisnis ini palsu dan justru kita yang akan merugi. Harga di bawah dua ratus ribu adalah palsu karena terlalu murah untuk harga pasaran database konveksi. Harga tiga ratus ribu Rupiah telah menjadi patokan untuk harga normal dari database konveksi. Harga ini juga menjadi tolak ukur pada saat membeli database.

Harganya cukup mahal karena banyak orang yang mencari database pin konveksi ini. Bisa dibilang bahwa database ini sangat berharga serta bisa dijadikan investasi menguntungkan. Kita hanya perlu mengeluarkan satu kali modal dan uang akan terus mengalir tiap hari. Selain itu, kita juga bisa menaikkan harga jual. Sebagai contoh, apabila kita membeli database sebesar tiga ratus ribu Rupiah, kita tidak harus menjualnya dengan harga sebesar itu pula. Kita bisa naikkan harganya menjadi tiga ratus lima puluh ribu Rupiah atau empat ratus ribu Rupiah. Dengan begini maka keuntungan yang didapat akan semakin besar.

Jangan takut bahwa bisnis database pin konveksi ini akan membuat kita rugi karena tidak laku. Penjual database masih terbilang sedikit sementara peminatnya sangat banyak. Ditambah lagi karena modal yang harus kita keluarkan tidak besar dan hanya dengan satu pembeli saja sudah bisa membuat kita balik modal, maka tak ada salahnya untuk mencoba bisnis ini. Bisnis juga bisa dilakukan secara mudah dan fleksibel dari mana saja serta kapan saja. Selain bermodalkan file database yang dibeli dengan harga tiga ratus ribu Rupiah, kita juga memerlukan smartphone. Di zaman sekarang pasti semua orang sudah memiliki smartphone masing-masing sehingga modal yang satu ini tidak akan susah untuk didapatkan. Bisa dikatakan bahwa bisnis ini memiliki modal yang sangat terjangkau dan dipastikan sukses.

Akhir-akhir ini banyak yang mengatakan bahwa bisnis database sql adalah sebuah bentuk penipuan. Apakah ini benar? Jika diperhatikan secara saksama dari penjelasan di atas, tidak ada celah untuk dilakukannya penipuan dalam bisnis ini. Ketika kita membeli database dari penjual, sudah pasti harganya dan sudah pasti pula kita akan mendapat barang yaitu file database. Tugas kita setelah mendapat file database adalah menjualnya kembali pada pembeli lain. Harganya bisa sama seperti harga beli sebelumnya ataupun lebih tinggi. Barang yang dijual pun jelas yaitu file database tersebut. Sehingga, tidak ada celah untuk melakukan penipuan dalam bisnis ini. Jika kita belum mencobanya sendiri, bagaimana kita bisa tahu bahwa bisnis ini akan berhasil atau tidak?

Dalam bisnis apapun akan sangat dibutuhkan kerja keras serta ketekunan. Ini diperlukan agar kita bisa memperoleh hasil maksimal dalam bisnis nantinya. Tak terkecuali dalam bisnis online terkait database pin konveksi ini. Kita juga harus tekun dalam mempromosikan bisnis agar orang lain tertarik untuk bergabung. Kita dapat menggunakan berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, hingga membuat website sendiri dalam menarik orang lain untuk bergabung. Jika sudah berhasil mendapat banyak pembeli, kita bisa turut memposting testimoni sendiri dengan bukti foto seperti pebisnis database yang sudah sukses lainnya. Dengan begini kita akan lebih meyakinkan pembeli untuk bergabung dalam bisnis ini.

Apabila kita hendak berbisnis online namun terkendala skill serta modal, salah satu solusi yang bisa diambil adalah dengan memanfaatkan . Apa itu Kudo dan bagaimana cara kerjanya? Apakah sama seperti bisnis download database di atas?

Kudo sendiri merupakan singkatan dari Kios Untuk . Kudo hadir sebagai solusi untuk kita yang menginginkan . Siapapun bisa berbisnis bersama Kudo, mulai dari pelajar, mahasiswa, ibu rumah tangga hingga karyawan pun bisa bergabung. Dengan sedikit saja modal yang dibutuhkan, kita sudah bisa berjualan melalui Kudo. Kudo dengan sengaja dikonsep sebagai solusi bagi semua orang. Pendiri Kudo yaitu Agung Nugroho dan Albert Lucius memiliki keinginan lewat Kudo yaitu semua orang bisa menjadi pengusaha serta mendapat penghasilan besar.

Kudo merupakan sebuah marketplace di mana di dalamnya terdapat banyak toko dan merchant ternama. Pastinya dalam marketplace ini juga terdapat penjual serta pembeli. Sebagai sebuah marketplace, Kudo menawarkan beragam keunggulan dibandingkan marketplace lainnya yang sudah lebih dulu ada. Antara lain, Kudo menawarkan keamanan serta keterjaminan dalam bertransaksi. Di saat banyak terjadi kasus penipuan melalui , Kudo menjamin transaksi yang dilakukan aman, baik untuk customer ataupun penjual. Sistem Kudo dikatakan sebagai transaksi online dengan rasa offline yang belum pernah ada di situs e-commerce lain. Transaksi melalui Kudo bisa dilakukan secara online ataupun offline, di mana pembeli dapat langsung melakukan pembayaran dengan cara menyerahkan uang tunai pada .

Bisnis Kudo dilakukan dengan cara bergabung menjadi agen. Kita mendaftar sebagai agen untuk kemudian menjual produk yang berasal dari rekanan Kudo. Produk ini juga telah melalui proses seleksi berdasarkan penawaran harga terbaik serta kualitas terbaik pula.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika kita bergabung menjadi agen Kudo. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Ada jutaan produk yang bisa kita tawarkan tanpa harus memiliki toko fisik sendiri. Kita bisa menjual produk ini dengan mudah.
  2. Modal yang dikeluarkan juga bisa ditentukan sesuai ketersediaan dana masing-masing. Kita sudah bisa mulai berjualan dengan hanya modal minimal sepuluh ribu Rupiah saja.
  3. Skema komisi yang diberikan juga sangat menarik. Tiap penjualan akan langsung mendapat komisi serta bonus menarik lainnya.
  4. Usaha di Kudo dapat dikelola dengan mudah. Mulai dari proses transaksi hingga melacak barang dagangan, semuanya bisa dilakukan lewat smartphone saja.
  5. Kelebihan lain dari Kudo adalah karena marketplace ini turut bekerja sama dengan beragam perusahaan dalam menjual produknya. Kudo menyeleksi sejumlah perusahaan yang memiliki reputasi tinggi serta produk berkualitas.
  6. Aplikasi yang ditawarkan Kudo telah didesain agar aman dan dapat dilacak. Dengan begini tidak akan ada celah untuk tindak penipuan seperti yang biasa terjadi pada toko online konvensional.
  7. Pendaftaran untuk menjadi agen Kudo adalah gratis tanpa biaya. Tentunya ini akan sangat menekan biaya modal yang harus dikeluarkan.

Langkah-langkah dalam menjadi agen Kudo juga cukup mudah. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

  1. Dapatkan dulu melalui Playstore atau cukup klik kudo.co.id/shop.
  2. Mendaftarlah dengan mengisi data diri.
  3. Isi saldo minimal sepuluh ribu Rupiah untuk mulai berjualan.
  4. Setelahnya, kita sudah bisa mulai berjualan dan bertransaksi dengan pelanggan.

Sama seperti bisnis database website, dalam Kudo juga diperlukan ketekunan usaha agar bisnis ini sukses dan memberikan kita tambahan penghasilan yang cukup. Kita harus paham terlebih dahulu bagaimana cara kerja Kudo sebelum menjalankannya. Promosi dapat dilakukan melalui media sosial agar kita bisa menjaring banyak pelanggan. Jangan lupa untuk terus mengikuti update terbaru dari Kudo agar tidak ketinggalan promo terbarunya.

Demikian adalah bisnis online yang bisa kita jalani sebagai sumber penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat.