23Feb

Peluang Bisnis Dropship 2017 Tanpa Modal & Terpercaya bersama Kudo

Peluang tahun 2017 bersama . orang beranggapan bahwa kebutuhan ekonomi yang terpenuhi atau bahkan berlebih merupakan salah satu faktor penentu kebahagiaan seseorang. Apakah Anda sependapat dengan hal ini? Kebanyakan mungkin beranggapan sama. Tak heran, untuk dapat mewujudkan hal tersebut setiap orang kemudian saling berlomba untuk mendapatkan apa pun dengan pendapatan sebanyak-banyaknya. Jika pekerjaan utama masih belum dapat menutupi kebutuhan ekonominya, akhirnya jadi cara alternatif yang dilakukan untuk mendapatkan , seperti membuka resto, , menjadi part timer, dan jenis bisnis lainnya.

Lantas, apakah Anda salah satu dari sekian orang yang sedang bingung mencari usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Anda berada tempat yang tepat karena kali ini kita akan mengupas tuntas tentang solusi mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang menjanjikan di era modern ini adalah melalui . Hal ini berangkat dari semakin meningkatnya jumlah pengguna internet setiap tahunnya, sehingga bisnis pun kian berkembang.

Pilihan Bisnis Online Menjanjikan

Tertarik untuk terjun di bisnis online? Nah sebagai referensi, pilihan jenis pekerjaan dibawah ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda dalam memilih bisnis online yang menguntungkan:

  • Blogger. Siapa sangka, berawal dari nulis iseng di blog pribadi dan berhasil menarik banyak visitors, hal ini ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan melalui space iklan. Jika semakin banyak jumlah orang yang berkunjung ke suatu blog, maka hal ini juga bisa mengundang pengiklan untuk beriklan di blog tersebut.
  • Youtuber. Hobi upload video di Youtube?  Sama halnya dengan , Youtuber juga berpotensi untuk menjadi wadah mendapatkan penghasilan tambahan. Semakin banyak viewers dan subscribers, maka akan menjadi daya tarik di mata pengiklan. Selain itu, keuntungan juga bisa didapatkan melalui space iklan atau ad sense.
  • Buzzer online. Bagi pengguna pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah ini. Buzzer merupakan seseorang atau kelompok di social media yang memiliki banyak followers. Semakin banyak followers yang dimiliki, maka hal ini akan menarik perusahaan untuk beriklan di akun tersebut, misalnya di akun selebgram, selebtweet, atau yang lainnya.
  • Penulis artikel atau content writer. Tidak hanya jadi blogger, hobi nulis juga bisa disalurkan menjadi kegiatan yang mendatangkan profit seperti artikel, atau menjadi konten writer. Dewasa ini banyak perusahaan yang sangat membutuhkan content writer untuk website, di mana imbalan yang ditawarkan juga cukup menggiurkan.
  • Kursus online. Adanya media internet membuat orang jadi malas untuk keluar rumah. Misalnya saja untuk kursus. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan sebagai sebuah di mana Anda bisa jadi pengajar kursus melalui media online. Bisa lewat skype, atau mengupload materi-materi untuk kursus.
  • Translator. Kebutuhan akan ketersedian informasi dan yang aktual, membuat banyak perusahaan yang mencari translator atau penerjemah untuk menerjemahkan informasi dari bahasa asing. Bahkan banyak perusahaan yang memberikan fee fantastis untuk translator.
  • Jual E-book. Punya tulisan yang ingin dibukukan namun tidak punya modal? Solusinya Anda bisa coba menerbitkan E-book sendiri, atau dengan kata lain menjadi self-publisher berbayar.
  • Jual beli web atau buka jasa web development. Punya bakat di bidang ini tentunya sangat profitable, melihat kebutuhan akan penetrasi internet terutama website yang kian meningkat.
  • Desainer kaos. Hobi desain grafis tentunya menjadi suatu bakat yang ternyata bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan. Sebagai contoh yakni menjual desain untuk kebutuhan desain kaos. Banyak penjual kaos yang membutuhkan jasa desainer grafis, sehingga tentu pekerjaan ini layak untuk dicoba bagi yang hobi desain.
  • Menjual . Suka masak cookie atau aneka lainnya juga bisa dimanfaatkan untuk jadi peluang yang menjanjikan. Dengan memanfaatkan media online, bisnis cookies ini bahkan bisa mengakses pelanggan yang jauh sekalipun.
  • Menjual handicraft atau kerajinan tangan. Aksesoris merupakan item yang banyak dicari oleh netizen di . Untuk itu jika Anda hobi membuat aksesoris lucu dari manik-manik, atau hobi membuat kerajinan tangan yang unik, maka sangat berpotensi untuk dikembangkan menjadi sebuah bisnis di online shop. Tidak hanya untuk jadi koleksi pribadi, handicraft lucu di online shop juga banyak dicari untuk kebutuhan kado spesial.
  • Reseller. Jenis bisnis satu ini merupakan bisnis yang paling populer di dunia . Dengan menjadi , Anda bisa menjual beragam produk. Beberapa jenis reseller yang paling laris di antaranya adalah , , kosmetik, perabotan rumah, makanan, dan yang lainnya.
  • Dropshipper. Sama halnya dengan reseller, dropshipper juga merupakan bisnis online yang menjanjikan dan memungkinkan penjualnya bisa menjual banyak produk sekaligus, seperti , makanan, perabot rumah, dan lain-lain. Bedanya, dropshiper merupakan jenis usaha yang lebih mudah dan cocok untuk pebisnis . Ingin tahu lebih detail tentang dropship?

Bisnis Online dengan Cara Dropship

bisnis dropship

Pernah dengar bisnis online dengan cara dropship? Salah satu jenis bisnis yang satu ini sebenarnya sudah ada sejak lama, namun gaungnya baru didengar setelah perkembangan internet kian marak seperti sekarang. Melihat masyarakat semakin ramai beraktivitas di dunia maya, potensi akan kesuksesan dunia e-commerce atau bisnis online juga semakin meningkat. Hal inilah yang menjadikan dropship sebagai bagian dari bisnis online menjadi semakin banyak diminati. Lantas, apakah berbisnis dengan ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah pro di dunia bisnis? Jawabannya tentu saja tidak. Bisnis cara dropship justru hadir sebagai solusi bagi orang-orang yang ingin mencoba bergelut di dunia bisnis tetapi tidak memiliki bekal materi maupun skill bisnis yang mumpuni. Benarkah demikian?

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita pahami terlebih dahulu definisi dari sistem dropship itu sendiri. Dropship merupakan salah satu bentuk metode jual beli barang dengan berbasis online, di mana dengan menggunakan metode ini dapat memungkinkan pebisnisnya tidak perlu memiliki modal sepeser pun. Sistem yang diterapkan pada bisnis dengan metode dropship ini adalah yang kemudian disebut dropshipper bertugas untuk menjual barang yang tersedia pada melalui media online atau bisa juga media offline. Jika Anda masih belum memahami bisnis metode dropship, mari kita coba ambil contoh kasusnya.

Misalnya sebut saja si A yang ingin berbisnis dengan dropship terpercaya. Sayangnya, si A tidak memiliki modal untuk . Yang ia miliki hanyalah dan koneksi internet di rumahnya. Dengan modal tersebut, bisakah si A terjun ke dunia bisnis?  dropship adalah jawabannya. Langkah awal yang harus dilakukan dalam memulai bisnis berbasis dropship adalah mencari supplier atau produsen barang yang berkualitas dan terpercaya. Setelah browsing, si A menemukan beberapa pilihan marketplace yang bisa jadi supplier dropship pakaian yang ingin ia rintis, salah satunya adalah . Di aplikasi ini tersedia banyak pilihan produk yang bisa dijual, ada pakaian, gadget, perabot rumah, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selanjutnya, sebut saja supplier Kudo ini sebagai si B, si A kemudian melakukan promosi produk-produk yang ada pada katalog produk si B. Promosi yang dilakukan si A adalah melalui media sosialnya. Tak berapa lama kemudian ada konsumen yang berikutnya disebut si C yang tertarik dengan produk yang dijual oleh si A. Setelah itu, si A langsung memesan produk yang diinginkan oleh si C kepada si B selaku supplier, di mana supplier lah yang kemudian mengirimkan langsung barang yang dibeli si C ke alamat rumahnya. Setiap yang dilakukan oleh si A, maka akan ada menarik yang otomatis ditambahkan ke rekeningnya.

Nah itulah ilustrasi sistem metode dropship.Bagaimana? Sudah paham dengan cara metode dropship? Singkatnya, cara bisnis ini melibatkan 3 elemen di dalamnya, yakni supplier, dropshipper dan konsumen. Dalam hal ini tugas dari dropshipper hanyalah melakukan penjualan di media online maupun offline dari barang yang tersedia di supplier. Dengan metode bisnis yang satu ini maka memungkinkan pebisnisnya bisa melakukan usaha tanpa perlu punya modal seperti halnya bisnis pada umumnya.

Untuk mengenal lebih dalam tentang sistem yang diterapkan dalam dropship, baiknya kita ketahui lebih dulu kelebihan-kelebihan dari dropship itu sendiri. Apa saja sih kelebihannya?

  • Tidak perlu stok barang sendiri. Dengan kata lain, dropshipper bisa menjual barang meskipun ia tidak memiliki barangnya sendiri. Hal ini karena seorang dropshiper yang bertugas menjual barang, di mana barangnya sendiri sudah tersedia di supplier.
  • Tidak ada biaya operasional seperti halnya bisnis pada umumnya. Bisanya sebuah bisnis yang dijalankan secara offline membutuhkan biaya operasional seperti biaya , biaya , biaya sewa toko, dan yang lainnya.
  • Praktis dan efisien. Dropship ini tergolong dalam bisnis online paling mudah. Tetapi jangan salah, peluang bisnis ini juga sangat . Dengan menjadi seorang dropshiper, modal yang diperlukan hanyalah modal internet dan gadget untuk mengaksesnya. Melalui internet inilah seorang dropshiper bergerilya mencari konsumen, sementara ia tidak perlu khawatir harus membeli barang untuk stok karena stoknya sudah ada di supplier. Jika ada konsumen yang ingin beli, dropshipper tinggal memesan ke supplier, dan supplier akan mengirim barang langsung ke alamat konsumen. Praktis dan efisien bukan? Pekerjaan ini juga bisa dilakukan di mana saja. Cukup stand by di depan layar, Anda bisa mendapatkan pendapatan tambahan yang lumayan.
  • Bisa dilakukan oleh pebisnis pemula, maupun pebisnis yang sudah profesional. Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, dropship ini merupakan bisnis yang praktis, efisien, dan mudah dilakukan. Tak heran menjadi seorang dropshipper bisa dilakukan oleh siapa saja, bisa oleh pebisnis pro, , , hingga .
  • Bisnisnya mudah, untungnya melimpah. Bicara tentang keuntungan yang banyak, tentunya harus melibatkan konsumen yang tidak sedikit. Untuk itulah agar bisa mendapatkan banyak profit dari dropship ini, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan promosi seluas-luasnya, dan perluas jaringan pertemanan di media sosial yang digunakan sebagai media promosi. Semakin banyak jaringan pertemanan yang dimiliki, maka akan semakin meningkatkan jumlah konsumen yang berimbas pada kenaikan pendapatan.
  • Tidak hanya bisa jual satu macam produk, tapi banyak produk sekaligus pun bisa. Seorang dropshipper tidak perlu membeli barang dagangan untuk stok , karena yang dilakukannya hanyalah sebagai jembatan antara supplier ke konsumen. Dengan kata lain, seorang dropshipper juga memungkinkan untuk bisa jual lebih dari satu macam produk. Misalnya bisa jualan pakaian, barang , hingga furnitur sekaligus, atau bisa juga barang lainnya.

Tips Agar Dropship Berjalan Lancar

Dari beberapa poin kelebihan dropship tersebut diatas, dapat dilihat bahwa bisnis satu ini memang layak untuk dicoba. Tetapi yang perlu diperhatikan, dropship juga punya beberapa kelemahan. Salah satunya adalah seorang dropshipper tidak bisa mengetahui kondisi barang yang ia jual. Hal ini menjadi alasan mengapa dropshipper rentan terkena dari konsumen ketika barang yang dibeli tidak sesuai dengan apa yang diinginkan konsumen. Selain itu, kelemahan lainnya dari bisnis cara dropship ini adalah keuntungan yang tidak seberapa. Jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar, maka transaksi yang dilakukan juga harus banyak. Lantas, adakah cara untuk meminimalisir kelemahan-kelemahan tersebut? Untuk menjawabnya, dibawah ini ada beberapa ketika dropship:

  • Pilihlah supplier yang tepat. Salah satu kunci suksesnya sebuah dropship adalah supplier yang terpercaya. Untuk itulah dalam memulai bisnis ini, penting bagi dropshipper agar bisa sama dengan supplier yang jujur dan punya barang-barang berkualitas. Dengan demikian, hal ini akan berimbas pada kepuasan pelanggan dan dropshipper pun akan terhindar dari komplain konsumen.
  • Jadilah dropshipper yang jujur. Sebagai dropshiper yang notabene tidak mengetahui kondisi fisik dari barang yang dijual, maka modal promosi yang ia lakukan adalah berdasarkan gambar produk yang diberikan supplier. Untuk itu agar konsumen dapat mengetahui dengan detail kondisi fisik barang yang dibeli, maka dropshiper harus bisa menjelaskan kondisi fisik barang sesuai dengan apa yang tertera pada deskripsi barang di katalog supplier. Sebisa mungkin jangan melebih-lebihkan keuntungan produk, karena dropshipper sendiri tidak tahu kondisi barang yang sebenarnya. Dalam beberapa kasus, ada dropshipper yang mempromosikan sebuah barang dengan caption yang dilebih-lebihkan. Ketika konsumen mendapatkan barang dari supplier, namun hasilnya tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan dropshiper, hal ini akan berimbas pada hilangnya kepercayaan dari konsumen. Untuk itu ketika akan melakukan promosi produk sebaiknya minta gambar dan deskripsi produk sedetail mungkin pada supplier, agar ketika konsumen bertanya, dropshipper pun bisa menjawab dengan sebenar-benarnya.
  • Pilihlah gambar produk yang jelas, atau sebisa mungkin ada gambar dari berbagai angle. Seorang dropshipper menjual barang dalam bentuk gambar atau foto produk supplier kepada konsumennya. Untuk itu agar dapat menarik perhatian dari calon pelanggan, maka pemilihan gambar produk yang tepat adalah hal utama yang harus diperhatikan. Coba mintalah pada supplier agar memberikan gambar dengan kualitas terbaik guna menarik minat pembeli.
  • Ingin keuntungan berlipat? Lakukan promosi di banyak media. Meskipun dropship ini merupakan bisnis berbasis online, namun dalam promosinya seorang dropshipper bisa melakukan promosi secara online melalui berbagai media virtual, atau via offline. Cara promosi offline ini misalnya ke tetangga rumah, rekan , teman-teman, atau kerabat lainnya. Ketika melakukan promosi offline, jangan lupa untuk cetak katalog produk yang dijual agar memudahkan calon pelanggan untuk melihat-lihat produk. Sementara itu ketika promosi online, jangan lupa share di semua media sosial yang Anda miliki. Kuncinya, semakin banyak media yang digunakan tentunya akan semakin melipatgandakan jumlah calon pelanggan sehingga keuntungan akan semakin berlipat ganda.

Cara Mendapatkan Supplier yang Tepat

Bagaimana? Sudah tertarik untuk memulai dropship? Jika iya, sudahkan Anda menemukan supplier yang tepat dan terpercaya?Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kunci utama yang dapat menentukan keberhasilan dropshipping online adalah ketepatan dalam memilih supplier. Supplier yang memberikan produk terbaik, berkualitas, dan , merupakan supplier yang tepat untuk Anda pilih. Dengan barang yang berkualitas ini tentunya dapat membantu mempertahankan loyalitas dan menciptakan kepuasan pelanggan. Jika Anda masih kebingungan dalam menentukan supplier yang sesuai, coba pilih salah satu marketplace terpercaya yakni Kudo. Kudo merupakan singkatan dari Kios Untuk , di mana Kudo menyediakan jawaban untuk calon pebisnis yang ingin coba terjun ke dunia bisnis dan mendapat penghasilan tambahan, tetapi merasa tidak memiliki modal apa-apa. Selain itu, Kudo juga bisa jadi pilihan tepat bagi pebisnis pro yang ingin coba cari pengalaman baru untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Anda tentunya sudah familiar dengan nama bukalapak.com, tokopedia.com, dan beberapa marketplace ternama lainnya yang menyediakan pakaian, makanan, dan lain-lain. Nah Kudo adalah salah satu di antaranya. Kudo merupakan sebuah perusahaan online bussines yang punya kepedulian besar terhadap orang-orang yang bercita-cita menjadi pebisnis namun terkendala pemodalan. Lantas, mengapa sih harus memilih Kudo dibandingkan dengan marketplace yang lain? Ini beberapa poin keuntungan bergabung dengan Kudo:

  • Menjual banyak jenis produk yang jumlahnya mencapai jutaan item. Kudo menyediakan berbagai jenis produk seperti pakaian, barang elektronik, , transportasi, hingga layanan bulanan. Dengan bergabung menjadi , maka bisa menjual beragam jenis produk tersebut sekaligus.
  • Bekerjasama dengan merchant ternama dan berkualitas. Produk-produk yang tersedia di Kudo berasal dari perusahaan-perusahaan terpilih dan ternama yang menjual barang-barang berkualitas baik. Dengan produk yang berkualitas ini tentunya akan semakin memudahkan agen dalam proses dropshiping.
  • Menawarkan skema komisi yang besar dan menguntungkan. Agen akan mendapatkan komisi yang menguntungkan bahkan mencapai 70% untuk setiap transaksi yang berhasil dilakukan. Selain komisi, ada pula bonus-bonus menarik yang bisa di dapatkan oleh agen.
  • Transaksi terjamin aman. Sudah menjadi rahasia umum memang, semakin berkembangnya bisnis online maka semakin besar pula kemungkinan cyber crime yang terjadi di dalamnya. Tidak sedikit orang-orang yang mengalami kerugian karena berhadapan dengan oknum pebisnis online palsu yang melakukan penipuan. Untuk agen yang tergabung dalam Kudo, tidak perlu khawatir dengan hal ini karena Kudo menjamin  keamanan transaksi 100%.
  • Terdapat menu pengelolaan bisnis yang tartata rapi. Beberapa menu tersebut misalnya ada catatan pelanggan, hingga catatan transaksi agen yang membuat pengelolaan bisnis di Kudo menjadi semakin tertata rapi dan profesional. Dengan demikian menjadi agen Kudo akan sekaligus mengajarkan cara-cara menjadi pebisnis yang sesungguhnya.
  • Tidak ada pungutan biaya untuk menjadi agen. Ini adalah salah satu keuntungan paling utama yang ditawarkan Kudo, karena untuk menjadi agen Kudo dengan segala keuntungannya bisa dilakukan secara . Tak heran, jumlah agen Kudo setiap harinya terus bertambah dan tersebar di seluruh penjuru .

Cara Daftar Menjadi Agen

Dari beberapa kelebihan marketplace Kudo, sudahkah Anda tertarik untuk jadi agen dropship bisnis di Kudo? Jika iya, Ini dia beberapa langkah mudah yang harus Anda lalui untuk menjadi agen:

  • Lakukan registrasi awal untuk menjadi agen. Registrasi ini bisa dilakukan melalui aplikasi Kudo. Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, maka segera download aplikasi yang dapat diunduh di PlayStore, atau bisa juga klik di kudo.co.id/shop melalui browser.
  • Setelah diunduh, buka aplikasi lalu lakukan registrasi dengan mengklik tulisan ‘daftar sebagai agen’.
  • Isikan data diri lengkap yang sesuai dengan aslinya. Tak perlu khawatir karena data pribadi agen terjamin aman.
  • Isi saldo. Untuk jadi agen, salah satu syaratnya adalah melakukan pengisian saldo rekening virtual Kudo. Cukup isikan minimal 10 ribu Rupiah, maka Anda sudah bisa langsung menjadi agen dropshipper Kudo dan siap menjual beragam produk di Kudo.

Nah itulah langkah mudah mendaftar sebagai agen di Kudo. Setelah menjadi agen, maka tahap selanjutnya adalah Anda bisa langsung melakukan penjualan produk. Perlu diketahui, tahapan-tahapan dalam proses penjualan produk oleh agen di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Log in sebagai agen di aplikasi Kudo
  • Pilih produk yang akan Anda jual, lalu tawarkan secara langsung atau bisa juga melalui media sosial seperti Line, Facebook, Instagram, atau media lainnya. Pilihlah produk yang paling laris. Dalam memilih produk yang akan dijual ini, jangan lupa pula untuk melakukan analisis pasar terlebih dahulu. Tentukan kira-kira barang seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh banyak orang.
  • Jika ada pelanggan yang ingin membeli produk yang dijual tersebut, selanjutnya agen bisa langsung melakukan pemesanan produk kepada Kudo. Saat memesan, jangan lupa untuk mengisikan data pembelian dan konfirmasi pembayarannya.
  • Pelanggan melakukan pembayaran
  • Selanjutnya barang dari Kudo akan langsung dikirim ke alamat pelanggan
  • Transaksi berhasil dilakukan, dan komisi akan langsung otomatis masuk ke saldo agen.

Demikianlah tahapan untuk menjadi seorang pebisnis online di Kudo. Dengan bergabung di Kudo, tentunya menjadi solusi tepat untuk bisnis yang menguntungkan. Agar dapat berhasil dalam menjalankan bisnis di Kudo, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Selain diperlukan keseriusan dalam menjalankan bisnis di Kudo, sebagai agen Anda juga harus dapat menguasai teknis penjualan dan sistem yang diterapkan di Kudo.

Tentunya Anda juga perlu tahu tentang bagaimana caranya deposit saldo, referral, cara jual melalui sosial media, dan sebagainya. Selain itu penting pula bagi agen untuk dapat melakukan pengelolaan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai uang pribadi tercampur dengan uang yang akan digunakan untuk modal dan saldo. Supaya keuntungan dapat semakin berlipat, maka deposit saldo juga harus semakin besar nominalnya. lain yang juga tak kalah penting adalah teruslah belajar. Bergabung di Kudo meskipun terdapat tawaran mekanisme bisnis yang mudah, namun bukan berarti semua bisa dilakukan seenaknya. Diperlukan pengetahuan yang cukup agar bisnis yang dijalankan bisa sukses. Untuk itu teruslah update diri Anda dengan ilmu-ilmu baru, atau bisa juga dengan bergabung dalam komunitas agen Kudo untuk bisa saling sharing pengalaman berbisnis sesama agen. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca ya. Salam sukses!

sumber gambar : freepik