09Sep

Kiat-kiat Memulai Bisnis Fashion yang Dipasarkan Online

Salah satu jenis bisnis yang tidak ada matinya adalah bisnis sandang alias clothing. Semua manusia membutuhkan pakaian, karena itulah banyak orang yang mengadu peruntungan di bisnis ini dengan menjadi pembuat, perancang, penjual, pengecer, penjahit, hingga distributornya. Anda juga bisa mulai terjun ke bisnis ini. Bisnis fashion tak selalu butuh tempat usaha atau modal besar karena sekarang Anda bisa berbisnis langsung dari rumah dengan modal kecil.

Ada banyak pilihan bisnis fashion untuk Anda. Anda bisa memikirkan mana yang paling prospektif untuk Anda. Sebelum memulai berbisnis, ada beberapa tips dan saran berharga yang harus Anda ketahui.

  1. Persiapkan modal

Untuk mulai berdagang pakaian, siapkan modal dulu. Untuk awal tak perlu banyak-banyak, di bawah 500 ribu pun sudah cukup. Siapkan hal-hal dasar yang Anda butuhkan, seperti gadget dan aplikasi chatting untuk berkomunikasi dengan supplier dan calon pembeli. Jangan lupa untuk membuat profil toko Anda di media sosial lengkap dengan kontak Anda (nomor HP, WA, alamat sosmed).

  1. Tentukan jenis bisnisnya

Berdagang pakaian tidak harus menyetok barang, Anda bisa menjadi reseller yang hanya menjualkan item sesuai permintaan. Jika demikian, Anda harus mencari relasi supplier, agen, atau pedagang menengah/besar yang bisa memberi harga grosir. Anda tak butuh tempat usaha khusus jika menjadi reseller. Perlahan, Anda bisa bertransformasi menjadi reseller besar lho.

  1. Pilih jenis pakaian yang akan didagangkan

Berikutnya pilihlah jenis pakaian yang paling laris dan cepat laku untuk dijual. Beberapa jenis clothing yang mudah dijual antara lain:

a) Pakaian wanita

Ini adalah komoditas clothing yang paling laris. Wanita sangat memperhatikan penampilan, karena itulah pakaian selalu menjadi kebutuhan utama mereka. Banyak sekali jenis pakaian wanita yang bisa Anda jual, mulai dari kaos, blazer, daster, rok, terusan, kemeja, sweater, celana panjang, celana pendek, hoodie, bolero, dan lainnya. Bahannya pun bermacam, mulai dari yang berbahan katun, spandex, linen, rayon, twiscone, sampai bahan rajutan.

b) Hijab

Pakaian Muslim atau hijab juga merupakan komoditas yang paling banyak dicari. Anda harus selalu update dengan perkembangan model hijab terbaru termasuk warna dan bahannya. Apalagi, hijab fashion kini semakin naik daun, jadi Anda harus bisa memanfaatkan peluang ini.

c) Pakaian sport

Ada banyak pilihan produk fashion untuk kategori sport, mulai dari jersey (kaos tim olahraga), jaket, pakaian olahraga, dan berbagai atribut olahraga lainnya. Pasarnya tak cuma wanita, tapi juga pria dan bahkan anak-anak serta remaja.

d) Pakaian distro

Ada banyak penggemar pakaian khas distro yang memiliki pangsa pasar anak muda. Dengan mengandalkan desain yang kekinian dan warna-warna yang cenderung gelap, pakaian distro seperti kaos dan hoodie telah bertahan selama sekian tahun dalam industri fashion.

e) Pakaian bayi dan anak-anak

Pilihan lainnya adalah pakaian bayi dan anak-anak. Jenis pakaian ini sangat tinggi pembelinya karena orangtua selalu mencari harga terbaik dengan kualitas bagus untuk anak-anaknya. Alih-alih ke pasar atau mall, banyak orang tua milenial kini yang lebih suka hunting pakaian anak di internet.

f) Pakaian casual

Jenis ini luas sekali cakupannya dan umumnya adalah jenis pakaian yang dipakai untuk keperluan sehari-hari seperti kemeja, kaos, dan celana. Pakaian casual ada yang khusus untuk wanita, pria, atau unisex. Ukurannya biasanya sudah standar pabrik.

  1. Berani bersaing

Setelah menentukan jenis pakaian yang akan Anda bisniskan, mulailah menghitung berapa kira-kira modal dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Untuk mencari sebanyak-banyaknya pembeli, jangan ragu untuk bersaing harga dan utamakan pelayanan. Aneka diskon juga bisa menarik minat banyak orang. Banyak pedagang yang lebih memilih mengambil untung sedikit tapi memiliki banyak pelanggan setia, alih-alih membandrol barangnya mahal tapi jarang laku.

  1. Tentukan pangsa pasar yang jelas

Anda tentunya akan sulit menjual pakaian wanita di komunitas pria kan? Karena itu, tentukan target pasar Anda yang jelas. Penentuan target pasar ini juga berpengaruh terhadap cara Anda berpromosi nantinya. Bergabunglah dengan grup-grup fashion online, ikuti para trendsetter lokal, dan pelajari lebih lanjut seperti apa target pasar Anda dan bagaimana kebiasaan mereka dalam berbelanja pakaian.

  1. Start selling!

Dan Anda pun bisa mulai berdagang. Di toko online, Anda perlu membuat nama toko, logo toko, dan kontak untuk dihubungi calon pembeli. Foto dengan baik barang-barang Anda dan berikan deskripsi yang jelas tentang jenis, ukuran, warna, motif, dan detail pakaian lainnya. Ini penting karena saat membeli pakaian online, seseorang tidak bisa melihat, menyentuh, atau mencoba langsung barang dagangan Anda, jadi deskripsi sangat penting. Anda bisa membuka toko online di media sosial atau e-commerce. Semuanya gratis.

Jangan lupa untuk selalu responsif. Orang sewaktu-waktu bisa menghubungi Anda untuk menanyakan spesifikasi dagangan tertentu dan ketersediaan stoknya. Entah mereka berencana membeli atau hanya sekedar bertanya-tanya, Anda harus melayani mereka dengan baik, ramah, dan sabar. Ini adalah salah satu cara untuk membangun imej positif dari brand Anda sendiri.

  1. Promosikan bisnis Anda

Bagian yang tak kalah pentingnya adalah promosi. Anda perlu mengenalkan produk fashion Anda ke sebanyak-banyaknya orang. Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh, dari rajin berpromosi di media sosial hingga menggunakan iklan. Bila modal Anda terbatas, Anda bisa memakai promosi yang gratis saja seperti promosi di akun Instagram. Rajin-rajinlah mengupdate konten, perbaiki tagging dan deskripsi, lalu rutin memfollow target pasar Anda, maka lambat laun toko online Anda akan semakin dikenali orang.

Bila toko Anda sudah semakin pesat, Anda bisa membuat alokasi anggaran rutin untuk beriklan. Dengan mengatur geotarget dan gender target yang benar, maka akan semakin banyak orang yang melirik dagangan Anda. Semua ini harus Anda lakukan secara teratur sampai pasar Anda benar-benar terbentuk sepenuhnya.

Untuk semakin mempermudah usaha Anda, Anda bisa bergabung dengan Kudo (Kios Untuk Dagang Online), baik sebagai agen atau reseller. Di marketplace besar ini Anda bisa bertemu dengan banyak agen grosiran dari berbagai kota yang menjual bermacam produk, tak terkecuali pakaian. Anda bisa memulai usaha Anda dari Kudo.

Perluas jaringan bisnis Anda dan nikmati segala kemudahan yang ditawarkan Kudo secara cuma-cuma. Daftarkan diri Anda dan lakukan verifikasi, maka Anda bisa mulai berbisnis melalui Kudo. Mencari pelanggan di Kudo juga akan lebih mudah karena platform ini sangat aman dan terpercaya. Keamanan transaksi di Kudo adalah yang paling utama. Kudo bahkan akan memberi ganti rugi pada konsumen yang tidak puas dengan barang yang dimintanya.

Tak sulit menjadi anggota Kudo. Anda hanya cukup mengunduh aplikasinya dari Google PlayStore, menginstal, dan mendaftar. Setelah itu, Anda bisa menjadikan Kudo sebagai salah satu moda berbisnis Anda selain media sosial lainnya. Kudo mengedepankan kemudahan dan keamanan, jadi jangan ragu lagi untuk berbisnis di Kudo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *