23Feb

Bisnis Gratis 2017 Tanpa Modal yang Menghasilkan Banyak Uang

Bisnis gratis tahun 2017, identik dengan modal yang besar. Tidak jarang calon pebisnis sudah menyerah terlebih dahulu sebelum mulai mendirikan usaha karena terhalang masalah dana. Padahal, apabila kita cermat mengamati, ada banyak yang terdapat di sekitar kita. Sesuai namanya, dalam ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya sepeserpun sebagai modal awal. Tentunya bisnis semacam ini menjadi angin segar bagi kita yang ingin namun terkendala ketersediaan dana. Dengan hanya sedikit biaya awal atau bahkan sama sekali, kita bisa mendirikan usaha sendiri. Selain itu, keuntungan yang bisa didapatkan juga tidak main-main.

Sebuah bisnis dapat menjadi tanpa modal terutama apabila dijalankan secara online melalui internet. Ini karena, dalam kita tidak memerlukan sewa tempat seperti ruko ataupun kios. Tempat usaha yang digunakan dalam bisnis online adalah jejaring sosial, website, blog serta marketplace. Kita bisa bergabung secara gratis dalam kesemua wadah tersebut. Inilah yang membuat bisnis online dapat berjalan nyaris tanpa modal. Bahkan, bisnis online dapat kita mulai tanpa modal sama sekali, terutama apabila produk yang kita jajakan terkait dengan jasa. Kemampuan kita dalam mengolah sesuatu akan menjadi modal utama dalam usaha ini. Biaya modal yang harus dikeluarkan pun dapat ditekan seminimal mungkin.

Ada banyak macam tanpa modal langsung yang bisa kita kerjakan melalui internet. Beberapa di antaranya terkait dengan . Berikut adalah beberapa contohnya.

  1. Pertama adalah jasa membuat website dengan keanggotaan premium. Website seperti ini biasanya diperlukan oleh para pebisnis . Kita bisa membantu mereka dengan membuatkan website yang cocok untuk berjualan online, lengkap dengan tema yang sesuai dengan produk yang dijual serta fitur yang memudahkan pengguna. Kemampuan kita dalam mendesain serta memahami bahasa HTML adalah modal utama dalam bisnis ini.
  2. Kedua, kita juga bisa berbisnis jual beli foto royalty free. Foto ini biasa dibutuhkan oleh para pemilik blog atau website sebagai ilustrasi gambar guna mendukung konten yang ada pada homepage mereka. Jika kita memiliki kemampuan dan bakat dalam bidang fotografi, maka sudah pasti ini adalah pekerjaan sampingan yang tepat. Foto yang dijual haruslah memiliki kualitas bagus agar nilai jualnya tinggi.
  3. Ketiga, juga bisa dijalankan apabila kita bertempat tinggal di dekat kawasan wisata. Jika kebetulan di rumah kita terdapat kamar kosong yang tidak ditempati, sewakanlah kamar ini untuk para wisatawan. Terutama sekali di musim liburan di mana hotel-hotel terisi penuh, usaha ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar. Modal yang dibutuhkan sangat kecil karena kita hanya harus mempersiapkan kamar sebersih dan sebaik mungkin untuk para wisatawan yang menginap.
  4. Masih seputar desain, kita juga bisa membuat template WordPress berbayar untuk kemudian dijual. WordPress sendiri memang menyediakan beragam template gratis. Namun ternyata banyak pengguna WordPress yang merasa tidak cukup puas dengan template ini dan memilih template berbayar. Peluang ini bisa kita ambil dengan cara membuat template dan menjualnya. Harga per template dapat mencapai belasan hingga puluhan dollar, sehingga usaha ini terbilang menjanjikan.
  5. Menjadi penulis lepas atau freelance content writer juga dapat dijalankan sebagai tanpa modal. Yang kita butuhkan terutama dalam bisnis ini adalah kemampuan dalam menulis artikel. Bayaran yang didapat biasanya adalah per artikel atau per sekian ratus kata yang ditulis.

Keuntungan dari berbisnis online tidak sekedar dari segi modalnya yang terjangkau. Bisnis online kerap dipilih oleh para pemula karena menawarkan beragam kelebihan. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bisnis online dianggap lebih fleksibel daripada bisnis offline. Dalam bisnis online, kita bisa menjalankannya sambil mengerjakan tugas sehari-hari di rumah, sekolah atau kuliah. Ini karena waktu kerja yang bisa menyesuaikan jadwal kegiatan sehari-hari. Tentunya berbeda dengan bisnis offline di mana kita harus menjaga tempat usaha dalam jangka waktu tertentu.
  2. Bisnis online juga memungkinkan kita untuk mendapat konsumen dari berbagai daerah dan bahkan dari luar negeri. Sebagai contoh apabila kita menjual template WordPress, maka pembelinya tidak hanya akan datang dari Indonesia saja. Pengguna WordPress dari negara lain pun bisa membeli template yang kita buat. Ini tentu berbeda dengan bisnis offline di mana kita hanya akan mendapatkan pelanggan dari daerah itu-itu saja.
  3. Bisnis online menggunakan kecanggihan teknologi dalam menghubungkan penjual dan pembeli. Sebut saja seperti jejaring sosial, aplikasi chatting hingga marketplace. Penggunaan teknologi ini yang membuat bisnis sampingan gratis secara online banyak dipilih. Menjalankan bisnis dapat dilakukan secara lebih mudah serta cepat.

Cara bisnis gratis tidak hanya terbatas pada menjual jasa seperti beberapa contoh di atas. Kita juga bisa menjual produk namun tanpa mengeluarkan modal apapun. Bagaimana bisa? Caranya adalah dengan ikut serta dalam program dropship. Menjadi seorang dropshipper juga banyak dipilih oleh para pebisnis online, terutama mereka yang masih pemula. Bisnis ini  memang menawarkan begitu banyak keuntungan, mulai dari modal kecil, waktu yang fleksibel serta margin keuntungan yang bisa diatur sendiri. Banyak pebisnis besar yang berawal dengan menjadi seorang dropshipper. Sebelum mulai menjalankan , mari kita cermati terlebih dahulu seperti apa sebenarnya bisnis dropship ini.

Dropship adalah sebuah bisnis di mana penjual tidak perlu melakukan stok barang ataupun proses pengemasan dan pengiriman barang. Supplier yang bekerjasama dengan penjual akan mengirimkan barang pesanan pembeli atas nama penjual. Secara singkat, alur dalam bisnis dropship serta ilustrasinya adalah sebagai berikut.

  1. Penjual menghubungi supplier untuk mendaftar menjadi dropshipper. Apabila sudah terjalin kesepakatan, penjual akan memajang foto-foto produk dari supplier di website atau akun jejaring sosial sendiri untuk berjualan.
  2. Harga yang dipasang penjual akan lebih tinggi dari harga yang diberikan supplier. Ini karena nantinya selisih antara harga beli dari supplier dan harga jual pada pembeli akan menjadi keuntungan penjual. Kita ambil contoh, sebuah produk dijual supplier sehagra Rp 100.000 dan penjual memajangnya dengan harga Rp 120.000.
  3. Pembeli yang memesan produk pada penjual akan melakukan pembayaran sebesar Rp  120.000 pada penjual. Pembeli juga wajib memberikan data-data seperti nama lengkap, alamat serta nomor telepon untuk pengiriman barang nantinya.
  4. Penjual meneruskan pesanan pembeli pada supplier. Dalam tahap ini, penjual menyerahkan data-data pembeli serta mentransfer uang sejumlah Rp 100.000 sebagai pembayaran akan produk yang dibeli.
  5. Supplier kemudian akan mengirim barang pesanan pembeli atas nama penjual.
  6. Penjual mendapat keuntungan Rp 20.000 dari selisih antara harga beli supplier dengan harga jual yang ditetapkannya sendiri.

Dari ilustrasi di atas, dapat dilihat bahwa dalam bisnis sampingan tanpa modal gratis ini, ada beberapa keuntungan yang bisa didapat oleh penjual. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Penjual akan memiliki waktu yang lebih fleksibel dalam menjalankan bisnisnya. Ini karena penjual tidak perlu melakukan proses pengemasan serta pengiriman barang. Bisnis dropship kerap menjadi bisnis pilihan untuk para pemula yang belum berpengalaman dalam . Termasuk di antaranya adalah pelajar serta mahasiswa.
  2. Penjual dapat menetapkan sendiri margin keuntungan yang diinginkannya. Dalam contoh di atas, dengan harga beli dari supplier sebesar Rp 100.000, penjual bisa menaikkannya menjadi Rp 120.000 atau bahkan Rp 130.000.
  3. Penjual tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Bisnis dropship sama halnya seperti membantu menjualkan produk orang lain, yaitu produk milik supplier. Penjual tidak perlu membeli produk dari supplier sebelum mulai menjadi dropshipper. Yang dibutuhkan hanyalah memajang produk supplier di website penjual sendiri lalu mulai berjualan. Bisa dikatakan bahwa bisnis ini termasuk dalam cara gratis.

Akan tetapi bisnis dropship juga tidak lepas dari beberapa kelemahan. Penting untuk memahami kelemahan apa saja yang dimiliki bisnis ini sebagai bahan pertimbangan sebelum mulai menjalankannya.

  1. Dalam bisnis dropship ini, penjual tidak akan bisa memastikan ketersediaan stok. Ini karena penjual tidak melakukan stok barang dan tidak bisa memastikan apakah barang yang dipesan pembeli masih ada stoknya atau sudah habis.
  2. Karena tidak melakukan pengemasan serta pengiriman produk, penjual juga tidak bisa melakukan quality control terhadap barang yang dijual. Penjual tidak bisa memastikan apakah barang dikirim secara aman dan rapi atau tidak. Terutama sekali untuk produk makanan serta barang pecah belah yang membutuhkan packing khusus.
  3. Walaupun penjual tidak melakukan pengemasan dan pengiriman, namun kepuasan pembeli tetap ada di tangan penjual yang telah menjual barang tersebut. Penjual tetap harus bertanggung jawab apabila terjadi kerusakan atau bahkan kehilangan paket barang di tengah jalan.
  4. Margin keuntungan yang ditetapkan penjual tidak bisa terlalu tinggi karena bisa jadi akan kalah saing dengan penjual yang lain.

Menilik berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum mulai turun tangan dalam hal ini.

  1. Pertama, pilihlah supplier yang tepat dan terpercaya. Beberapa supplier mengharuskan penjual yang hendak mengikuti sistem dropship untuk membayar sejumlah biaya ataupun membeli terlebih dahulu barang yang hendak dijual. Pilihlah supplier yang tidak memberikan persyaratan ini untuk menekan biaya modal. Supplier juga harus bisa dihubungi dengan mudah serta memberikan harga dan pelayanan terbaik.
  2. Penjual bisa membeli terlebih dahulu produk yang hendak dijual. Tujuannya adalah agar kita mengetahui kualitas dari produk yang akan dijual.
  3. Cek ketersediaan stok secara berkala pada supplier. Kita bisa mengupdate stok secara berkala sebagai informasi untuk pembeli.

Dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, bisnis ini memang cocok tanpa modal terpercaya untuk para pemula. Apabila penjual telah mengumpulkan cukup banyak keuntungan dan juga pelanggan, maka penjual dapat mulai beralih menjual barang dengan cara menyetok langsung. Tidak sedikit juga pebisnis dropshipper yang akhirnya beralih menjadi supplier. Tentunya kesukesan ini tidak lepas dari kerja keras serta ketekunan yang dilakukan selama menjalani usaha.

Selain itu menjalankan bisnis dengan modal yang terbatas hingga gratis masih memiliki bentuk lainnya. Di antaranya adalah, kita bisa berjualan pulsa serta bisnis PPOM gratis. Bisnis berjualan pulsa termasuk bisnis yang umum ditemukan di sekitar kita. Ini tidak mengherankan, mengingat pulsa adalah kebutuhan bagi setiap pengguna ponsel. Selain itu, jumlah pengguna ponsel di Indonesia sendiri semakin bertambah dari tahun ke tahun. Kebutuhan akan pulsa elektrik terutama adalah untuk paket internet, SMS, telepon hingga membeli nada sambung. Berjualan pulsa dapat dilakukan di mana saja, mulai dari di rumah saja hingga membuka ruko sendiri di pinggir jalan. Bisnis ini terutama bisa dilaksanakan apabila kita berjualan di tempat yang sering dilalui orang-orang.

Memulai usaha berjualan pulsa sendiri dapat dilakukan dengan modal yang kecil, yakni mulai Rp 50.000 saja. Uang modal ini adalah sebagai deposit awal dalam berjualan. Kita bisa menawarkan pulsa kepada orang-orang terdekat dahulu seperti keluarga, teman-teman dan rekan kerja. Apabila bisnis sudah mulai berkembang, kita bisa menggunakan keuntungan yang didapatkan untuk menambah barang dagangan, seperti kartu perdana, aksesoris handphone dan lain sebagainya. gratis ini juga bisa dijalankan oleh siapa saja, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan kantor hingga ibu rumah tangga. Keuntungan yang didapat bisa cukup besar dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Bisnis lain yang bisa kita jalani dengan modal terjangkau dan bahkan tanpa modal sama sekali adalah bisnis pre order. Dalam bisnis ini, kita menjual barang secara pre order di mana pembeli melakukan pesanan saat barang belum ada di tangan kita. Seperti apa bisnis ini dan mengapa bisa dikatakan sebagai bisnis Rupiah gratis?

Pre order adalah salah satu cara pembelian barang yang biasa diterapkan pada barang impor. Ini karena barang belum sampai di Indonesia atau masih dalam perjalanan. Dapat pula diterapkan untuk barang handmade asli Indonesia. Pemesanan serta pembayaran dari pembeli dilakukan saat barang masih dalam proses produksi atau sebelum proses produksi dimulai. Pembeli yang sudah memesan serta membayar harus menunggu dalam kurun waktu tertentu hingga barang jadi dan siap kirim.

Bagaimana menghasilkan uang lewat berjualan barang secara pre order ini bisa dilihat pada ilustrasi berikut.

  1. Penjual mengiklankan barang yang dijual melalui akun media sosial atau website. Dalam tahap ini, barang belum tersedia dan baru berupa cetak biru yang akan segera dibuat. Kita ambil contoh bahwa barang yang dijual adalah kaos sablon.
  2. Pembeli memesan barang dan melakukan pembayaran. Biasanya agar produk bisa segera naik produksi, dibutuhkan jumlah pemesanan minimal, misalnya dua belas buah.
  3. Setelah pemesan mencapai dua belas orang, maka pre order ditutup. Penjual menggunakan uang pembayaran dari pembeli untuk diserahkan pada pihak konveksi dan proses produksi dimulai.
  4. Kira-kira satu hingga dua minggu kemudian, produksi kaos selesai dan penjual melakukan pengiriman pada pembeli.
  5. Dari mana penjual mendapatkan untung? Tentu dari selisih harga produksi kaos dengan harga jual yang diberikan pada pembeli. Sebagai contoh apabila harga produksi per kaos adalah Rp 70.000, maka penjual akan menjualnya seharga Rp 90.000. Dengan begini, penjual akan mendapat keuntungan Rp 20.000 dari tiap kaos yang terjual.

Sistem pre order memiliki beberapa kelebihan tersendiri yang akan menguntungkan penjual serta pembeli. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Penjual bisa menjual barang tanpa mengeluarkan modal sama sekali untuk pembelian barang. Barang yang dijual baru akan diproduksi setelah pembeli melakukan pembayaran penuh atau DP lima puluh persen. Ini artinya, biaya produksi akan ditanggung terlebih dahulu oleh pembeli.
  2. Resiko kerugian relatif kecil. Apabila jumlah kuota tidak terpenuhi maka uang pembayaran pembeli akan dikembalikan. Penjual tidak menanggung kerugian dari barang yang tidak laku terjual karena barang belum diproduksi.
  3. Beberapa sistem pre order membolehkan pembeli untuk melakukan down payment atau DP sebesar lima puluh persen dari harga barang. Pelunasan akan dilakukan setelah barang jadi dan siap dikirim. Ini artinya, pembeli memiliki tambahan waktu untuk menabung guna melunasi sisa pembayaran.

Namun, sistem pre order juga memiliki kelemahannya sendiri. Penjual harus memahami apa saja kelemahan dari gratis ini sebelum mulai menjalankannya.

  1. Kelemahan utama dari sistem pre order adalah barang yang membutuhkan waktu lama sebelum bisa dikirim ke pembeli. Untuk sampai proses produksi saja harus menunggu sampai kuota penuh. Ini bisa memakan hingga satu minggu lamanya. Kemudian, proses produksi sendiri dapat mencapai satu hingga dua minggu. Ini adalah estimasi waktu apabila kuota cepat terisi dan vendor sedang tidak banyak pesanan produksi. Rata-rata barang pre order membutuhkan waktu satu bulan sebelum bisa dikirim.
  2. Sistem pre order relatif tidak cocok ditetapkan untuk pembeli yang tidak sabaran atau membutuhkan barang dalam waktu cepat. Penjual harus memberitahukan pada pembeli berapa lama estimasi waktu yang dibutuhkan sampai barang siap dikirim.
  3. Seringkali terjadi delay pada proses produksi. Ini bisa disebabkan karena vendor yang sedang banyak pesanan sehingga harus menunggu giliran produksi. Untuk barang impor, proses di bea cukai juga bisa memakan waktu lama.
  4. Jika kuota pre order tidak terpenuhi maka proses produksi tidak akan bisa dijalankan. Penjual memang tidak akan merugi karena tidak mengeluarkan modal, namun tetap tidak mendapat untung sama sekali.

Pre order terutama akan cocok untuk pembeli yang bersabar karena lamanya proses produksi. Pemasaran untuk produk pre order bisa melalui media online seperti jejaring sosial, website, marketplace dan lain-lain. Cantumkan bahwa barang adalah pre order sehingga belum tersedia dan tidak bisa langsung dikirim. Tuliskan juga keterangan prosedur pre order mulai dari batas akhir pemesanan, tahap produksi hingga pengiriman. Ini karena belum semua orang paham mengenai barang pre order dan tahapan di dalamnya. Update secara berkala mengenai tahapan produksi barang, apakah sudah siap dikirim atau belum. Penjual juga bisa menyertakan foto saat barang sudah jadi dan siap dikirim.

Bisnis gratis tanpa modal 2017 lainnya yang bisa dilakukan adalah melalui marketplace Kudo. Seperti apa gerangan bisnis melalui marketplace ini dan kenapa bisa gratis tanpa modal? Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

 

 

logo kudo graph

Kudo adalah singkatan Kios Untuk . Kudo didirikan oleh Albert Lucius serta Agung Nugroho dengan visi dan misi yang mantap, yaitu semua orang bisa menjadi pengusaha. Kudo sendiri dibuat sebagai solusi bagi setiap orang dalam memulai usaha, terutama mereka yang masih terkendala dana. Siapapun bsa bergabung dalam . Sebut saja mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan hingga ibu rumah tangga juga bisa bergabung. Modal yang dibutuhkan sangat kecil sehingga siapa saja bisa turut bergabung. Sementara keuntungan yang didapat bisa cukup besar serta memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Seperti kebanyakan marketplace, dalam Kudo juga terdapat banyak toko serta merchant ternama. Sebagai marketplace, di dalamnya juga terdapat banyak pembeli di samping penjual. Keunggulan Kudo dibanding marketplace lain di antaranya adalah menawrakan keterjaminan transaksi sehingga lebih aman. Sistem Kudo adalah sistem transaksi online aman dan bisa dilakukan baik secara online rasa offline. Sistem seperti ini belum pernah ditemukan di marketplace lainnya di Indonesia. Pembeli bisa langsung melakukan pembayaran melalui uang tunai kepada .

Cara membuat bisnis lewat Kudo ini adalah dengan bergabung menjadi agennya. Kita bisa mendaftar menajdi agennya dan menjual produk dari rekanan Kudo. Tidak perlu khawatir karena produk telah melewati proses seleksi yang didasarkan pada penawaran terbaik dan juga kualitas yang terbaik pula. Ini artinya, kita akan mendapat barang yang terjangkau dengan kualitas yang sepadan.

Ada beragam keuntungan yang kita dapatkan dari bergabung menjadi agen Kudo. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Terdapat jutaan produk yang bisa dipilih dengan bergabung menjadi agen Kudo. Mulai dari produk pakaian, makanan, minuman, buku, elektronik dan lain-lain. Kita bisa menjual semuanya tanpa harus memiliki toko fisik sendiri.
  2. Modal yang harus dikeluarkan mulai dari sepuluh ribu Rupiah saja sehingga sangat terjangkau.
  3. Skema keuntungan disusun secara menarik, di mana penjual akan memperoleh komisi dari tiap barang yang terjual.
  4. Gratis 100% ini dapat kita kelola secara mudah. Transaksi pembelian sampai dengan pelacakan barang bisa dilakukan secara mudah melalui smartphone masing-masing.
  5. Kudo juga menjalin kerjasama dengan beragam perusahaan yang memiliki reputasi tinggi serta menghasilkan produk berkualitas.
  6. Aplikasi gratis Kudo didesain aman dan mudah untuk dilacak. Aplikasi juga dapat dijalankan dengan mudah melalui smartphone masing-masing.
  7. Pendaftaran menjadi agen Kudo juga gratis sehingga tidak akan menambah biaya modal yang harus kita keluarkan.

Langkah-langkah dalam menjalankan bisnis luar negeri gratis ini adalah sebagai berikut.

  1. Pertama kita unduh terlebih dahulu aplikasinya melalui Playstore.
  2. Daftarlah dengan cara mengisi data diri yang diperlukan
  3. Isi saldo agar bisa mulai menjadi agen. Besaran saldo minimal adalah sepuluh ribu Rupiah.
  4. Kita mulai bisa berjualan serta bertransaksi bersama pelanggan.

Belajar bisnis dalam Kudo bisa kita lakukan dengan berbagi ilmu bersama agen Kudo lainnya terutama yang sudah lebih berpengalaman. Pengalaman dalam berjualan juga akan memberikan kita pelajaran berarti mengenai bagaimana seharusnya kita menjual barang dan melayani konsumen. Dengan pelayanan yang baik serta harga yang bersaing, kita akan dapat mengumpulkan banyak pelanggan di samping mendapat lebih banyak keuntungan. Kerja keras serta ketekunan akan membuahkan hasil berupa keuntungan finansial yang lebih banyak.

Menjadi agen Kudo juga bisa membantu kita dalam belajar bisnis internet gratis. Ini karena modal yang dikeluarkan sangat sedikit dan keuntungannya bisa cukup banyak. Jika sudah cukup mengumpulkan keuntungan dan juga pelanggan, kita bisa beralih mendirikan sendiri atau bahkan toko fisik. Pengalaman dalam menjalankan bisnis secara online bersama Kudo akan menjadi pelajaran berharga.
Demikian adalah peluang bisnis secara online yang bisa kita jalankan mulai dari sekarang juga. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat terutama untuk kita yang ingin memulai usaha. Selamat mencoba berbisnis bersama Kudo dan semoga berhasil!