19Dec

Bisnis untuk Ibu Rumah Tangga Terbaru Online Tanpa Modal Kecil

Menjadi ibu rumah tangga tidak sama dengan tidak memiliki penghasilan. Ada banyak jenis bisnis ibu rumah tangga yang dapat dilakoni di sela-sela kegiatan mengurus rumah tangga. Bisnis ini dapat menjadi sampingan yang menguntungkan guna menambah penghasilan bulanan. Bahkan jika dikerjakan secara serius, bisa jadi bisnis ini akan jadi sumber penghasilan yang utama. Pilih bisnis yang didasarkan pada minat, hobi atau kemampuan yang dimiliki. Selain itu apabila ibu rumah tangga masih memiliki anak kecil, pilih pekerjaan yang dapat dilakukan secara fleksibel dan tidak menyita banyak waktu. Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan sampingan bagi ibu rumah tangga yang tak kalah menjanjikan.

Jenis-jenis Bisnis Ibu Rumah Tangga

  1. Toko Kelontong

Pilihan bisnis ibu rumah tangga pertama ialah dengan membuka toko kelontong atau toko sembako. Tidak hanya makanan pokok, ibu juga dapat menjual aneka barang lain yang masih seputar kebutuhan sehari-hari, seperti sabun, pasta gigi, sikat gigi, LPG hingga aneka peralatan memasak. Bisnis ini cocok bagi ibu-ibu di rumah karena tidak butuh keahlian khusus serta dapat dengan mudah dikerjakan. Jam bukanya bisa diatur sesuai kesibukan rumah tangga, sehingga tidak terlalu mengganggu waktu dalam mengatur keluarga. Kelebihan lainnya adalah modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar namun potensi keuntungannya cukup menjanjikan, terutama karena sembako akan terus dicari orang.

  1. Warung Makan

Bisnis ibu rumah tangga berikutnya adalah dengan membuka warung makan. Makanan ialah salah satu kebutuhan pokok manusia. Selain itu, memasak juga adalah salah satu kemampuan yang dimiliki ibu rumah tangga. Bisnis ini akan dapat dijalankan sebagai pilihan yang tepat. Modal yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu banyak, kecuali apabila kita hendak membangun tempat makan skala besar. Untuk pemula, cukup siapkan modal bahan masakan dan manfaatkan tempat kosong di depan rumah sebagai tempat berjualan. Menu masakan harus disesuaikan kemampuan memasak, waktu jualan, lokasi sampai dengan target pasar. Misalkan kita ingin membuka warung makan di pagi hari, maka pilih menu makanan yang biasa disantap untuk sarapan.

  1. Bisnis Katering

Masih seputar bisnis kuliner, namun kali ini bisnis ibu rumah tangga yang berikutnya adalah usaha katering. Usaha ini bisa jadi pilihan jika ibu rumah tangga gemar memasak namun tidak begitu tertarik mendirikan tempat makan. Usaha katering sendiri terbilang menjanjikan. Layanan utamanya adalah menyediakan makanan untuk berbagai acara tertentu, seperti aqiqah, seminar, pernikahan hingga makan siang karyawan kantor. Jika tinggal di sekitar wilayah kampus, maka tawarkan katering ini ke mahasiswa. Bisnis ini terbilang menguntungkan karena seringkali dicari oleh orang-orang yang tidak sempat memasak. Terutama sekali mahasiswa yang kadang malas kelua rmencari makanan.

  1. Menjual Pulsa

Menjual pulsa termasuk dalam bisnis ibu rumah tangga yang sangat fleksibel dan modal awalnya rendah. Yang diperlukan hanya ponsel dalam genggaman tangan saja. Pulsa bisa dipromosikan ke keluarga, teman-teman maupun tetangga. Untuk deposit awalnya mulai dari Rp50.000 saja. Bisnis ini bisa dijalankan siapa saja, kapan saja dan di mana saja asal memiliki ponsel serta telah mengisi deposit. Banyak orang menjalankan bisnis ini sebagai bisnis sampingan sehari-harinya. Bahkan, menjual pulsa pun dapat dilakoni oleh pelajar maupun mereka yang baru merintis usaha dari bawah. Kemudahan dan kepraktisan dalam menjalani usaha ini membuatnya banyak disukai sebagai bisnis sampingan.

  1. Bisnis Kerajinan Tangan

Usaha satu ini terbilang cocok bagi ibu rumah tangga dengan hobi pada bidang kerajinan tangan. Tingkat kreativitas juga akan sangat diuji jika menjalankan bisnis ini. Ibu rumah tangga dapat bereksperimen dengan aneka bahan-bahan kerajinan tangan, bahkan barang-barang bekas dan limbah rumah tangga, untuk kemudian dijual lagi ke pasaran. Jenis-jenis barang yang dibuat pun beragam, mulai dari bros hijab, gelang, kalung maupun jenis perhiasan lainnya. Limbah rumah tangga yang masih dapat didaur ulang di antaranya adalah kertas, kayu, bambu, botol plastik dan masih banyak lagi. Bisnis ibu rumah tangga ini akan sangat cocok dengan ibu-ibu yang kreatif dan memiliki banyak waktu luang di rumah.

  1. Bisnis Pakaian Muslim

Peluang usaha yang terbilang menggiurkan lainnya ialah pakaian muslim. Pakaian ialah salah satu kebutuhan pokok manusia, dan mengingat sebagian besar penduduk Indonesia beragama Islam, maka bisnis ini terbilang berpotensi mendatangkan keuntungan besar. Apalagi jika kita menjalankannya berdekatan dengan hari raya. Apalagi sekarang makin banyak orang yang cenderung bergaya tertutup dengan menggunakan baju panjang dan hijab. Jenis barang yang dapat dijual di antaranya adalah hijab, rok, gamis, blus atau tunik lengan panjang, hingga jaket dan kaos kaki. Bisnis ibu rumah tangga ini bisa dijalankan secara offline maupun online agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

  1. Bisnis Kue Kering dan Roti

Hampir sama seperti bisnis kuliner, hanya saja di sini ada spesialisasi yaitu khusus kue dan roti. Ibu rumah tangga yang gemar memasak kue dan roti bisa mencoba bisnis satu ini. Jangan sia-siakan kemampuan yang dimiliki dalam membuat kue maupun roti. Bisnis ibu rumah tangga ini bisa dijalankan dengan cara memasarkannya dari rumah ke rumah secara berkeliling atau dengan membuka pesanan. Bisnis satu ini terutama akan sangat diminati menjelang hari raya Idul Fitri. Banyak orang yang menyajikan kue-kue kering di hari raya sehingga peminatnya akan membludak dibanding hari biasa. Kemas kue atau roti yang dibuat semenarik mungkin agar bisa membuat konsumen jatuh hati.

  1. Bisnis Jus dan Minuman

Bisnis kuliner memang tidak pernah ada habisnya. Salah satunya adalah bisnis minuman. Ibu rumah tangga yang memiliki waktu luang bisa memilih bisnis ini. Selain mudah untuk dijalankan, bisnis satu ini juga tidak butuh banyak modal. Bisnis ibu rumah tangga ini bisa dijalankan dengan memanfaatkan gerobak khusus jualan. Lokasi jualan bisa di depan rumah maupun di lokasi tertentu yang berpotensi mendatangkan pembeli, seperti di pinggir jalan atau di tempat yang banyak dilewati orang. Produknya termasuk jus buah serta minuman kekinian seperti Thai tea, cheese tea, es kepal milo dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis bisnis ibu rumah tangga yang bisa dijalankan dengan modal kecil namun potensi keuntungan tinggi. Ibu rumah tangga bisa memilih hendak menjalankan bisnis apa yang sesuai hobi, minat dan bakat mereka masing-masing. Dengan menjalankan bisnis sampingan itu, bisa membantu perekonomian keluarga. Jenis usaha lain yang tak kalah menjanjikan ialah bergabung menjadi agen Kudo. Kudo merupakan salah satu marketplace populer di Indonesia. Salah satu program unggulan Kudo ialah Majuin Warung. Untuk bisa mengikutinya, download terlebih dahulu aplikasi Kudo, daftarkan diri, lalu kunjungi warung terdekat dan daftarkan pemilik warung dalam aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *