24Mar

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Tahun 2017

Kaum sering diidentikkan sebagai makhluk yang super sibuk. Aktivitas mereka tidak hanya seputar belajar dalam ruang kelas. Mereka juga sering melakukan praktikum di laboratorium, penelitian lapangan dan rapat organisasi atau unit kegiatan mahasiswa. Namun, aktivitas itu akan semakin berkurang ketika mahasiswa mencapai semester tua. Jadwal kuliah mahasiswa yang sudah mencapai semester tua tidaklah sepadat jadwal kuliah saat mereka masih semester muda. Kesibukan mereka saat semester tua adalah menyelesaikan tugas akhir alias skripsi. Jadwal mengerjakan skripsi pun dinamis, tergantung pada niat mahasiswa dan bimbingan dosen. Sehingga, alangkah baiknya yang dimiliki mahasiswa tingkah akhir diisi dengan mahasiswa. Selain mengisi waktu luang di sela-sela menyelesaikan skripsi, bisnis bagi mahasiswa akan memberikan pemasukan tambahan untuk mahasiswa. Tentu saja tambahan uang dari sangat bermanfaat mengingat kebutuhan mahasiswa tingkat akhir untuk menyelesaikan skripsi sangatlah banyak.

Manfaat Bisnis untuk Mahasiswa

Meski pun kewajiban utama dari seorang mahasiswa adalah menyelesaikan pendidikannya dengan baik. Tidak ada salahnya mahasiswa memiliki bisnis. Ada banyak manfaat bisnis buat mahasiswa yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Mahasiswa memahami arti kerja keras
    Mahasiswa yang menempuh pendidikan sembari melakukan bagi mahasiswa lebih memahami arti kerja keras. Mereka bisa menempatkan posisi mereka sebagai pencari uang layaknya yang orang tua mereka lakukan. Mereka mengerti bagaimana susahnya mencari uang sehingga mereka bisa lebih menghargai uang yang mereka dapat. Proses yang memerlukan kerja keras membuat mereka akan berpikir seribu kali untuk menghamburkan uang untuk hal-hal yang tidak diperlukan.
  • Mahasiswa menjadi lebih disiplin
    Anggapan bahwa mahasiswa yang berbisnis maka pendidikannya akan terbengkalai tidak selamanya benar. Justru bisnis sampingan mahasiswa bisa meningkatkan kesadaran mahasiswa akan waktu. Mereka menyadari bahwa kesibukan mereka tidak hanya berkuliah saja. Mereka memiliki tanggung jawab yang tidak boleh dilupakan. Mereka jadi lebih bisa disiplin terhadap waktu dan tidak bisa semena-mena memanfaatkan waktu mereka untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.
  • Mahasiswa menjadi lebih kreatif
    Dunia kuliah merupakan dunia di mana para mahasiswa mencari pengalaman sebanyak mungkin, terutama pengalaman di luar ruang perkuliahan. Pengalaman tersebut akan menjadi bekal pengetahuan mereka ketika berada di tengah masyarakat. Dan, cara terbaik untuk mengasah tingkat kreativitas mahasiswa adalah dengan berbisnis. Mereka bisa menemukan mahasiswa di lingkungan sekitar yang kemudian diolah menjadi sebuah kreatif mahasiswa yang menguntungkan.
  • Mahasiswa bisa meringankan beban orang tua
    Mencari pengalaman tidak hanya menjadi alasan mahasiswa untuk menjalankan bisnis. Bisnis bagi mahasiswa merupakan cara bagi mereka meringankan beban keuangan orang tua dalam membiayai mereka. Bisnis kecil kecilan mahasiswa bisa berubah menjadi bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa asal dijalani dengan tekun dan pantang menyerah. Alhasil, mereka bisa menghasilkan uang untuk membiayai hidup mereka sendiri.
  • Mahasiswa tidak menjadi pengangguran setelah lulus kuliah
    Tahukah? Saat para mahasiswa diwisuda secara langsung mereka telah diresmikan sebagai pengangguran. Mereka akan berjuang di dunia kerja yang memiliki persaingan yang sangat kompetitif. Persaingan sengit di dunia kerja tidak akan dialami oleh mereka yang memiliki untuk mahasiswa. Mahasiswa yang sudah miliki bisnis tidak perlu pusing melamar pekerjaan ke berbagai perusahaan. Mereka tidak perlu mengalami cemasnya menanti panggilan kerja. Mereka hanya perlu menekuni bisnis yang sudah dijalankan semasa kuliah dengan lebih serius. Mereka berharap bahwa bisnis mereka berkembang pesat dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain.
  • Mahasiswa menjadi lebih percaya diri
    Percayakah bahwa bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa membawa pengauh yang signifikan untuk kepercayaan diri mereka? Ya. Hal itu memang benar adanya. Mahasiswa yang menjalankan bisnis semasa kuliah memiliki tingkat kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan yang lain. Dalam dunia bisnis mereka selalu bertemu dengan orang-orang baru yang berasal dari latar belakang yang berbeda. Hal itu membuat mereka lebih percaya diri dan mudah beradaptasi ketika berada di lingkungan baru.
  • Mahasiswa memiliki banyak relasi
    Mencari pekerjaan di zaman sekarang susah-susah gampang. Hal yang dibutuhkan untuk mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang tidak hanya mengandalkan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang tinggi saja. Relasi yang kita miliki memiliki pengaruh penting agar kita bisa mendapatkan pekerjaan. Mahasiswa yang menjalani bisnis semasa kuliah akan memiliki banyak relasi karena mereka selalu berinteraksi dengan orang-orang baru dengan latar belakang yang beragam. Mereka memiliki lebih banyak relasi yang membantu mengembangkan bisnis yang dijalankan.

Tips Agar Mahasiswa Sukses dalam Bisnis dan Kuliah

Seperti yang sudah yang sudah dijelaskan di atas bahwa merintis bisnis yang cocok untuk mahasiswa itu susah-susah gampang. Ada saja hambatan yang mempersempit peluang bisnis untuk mahasiswa. Hambatan itu mulai dari kurang percaya dirinya mahasiswa bahwa mereka bisa merintis sebuah bisnis menjanjikan untuk mahasiswa sampai stigma dari orang-orang yang ada di sekitar mereka bahwa menjalankan bisnis sembari kuliah akan membuat studi mereka terbengkalai. Padahal bisnis yang dirintis oleh mahasiswa semasa kuliah memiliki banyak dampak positif yang sudah dijelaskan di atas. Untuk mendapatkan manfaat dari bisnis yang dijalankan mahasiswa, ada beberapa tips yang perlu dilakukan di bawah ini.

  • Mulailah dengan mencari ide bisnis yang mudah dilakukan
    Mahasiswa cenderung ragu-ragu untuk memulai bisnis karena mereka terlalu banyak berpikir. Mereka memiliki ekspektasi yang tinggi mengenai bisnis yang akan mereka jalankan tanpa ada aksi sama sekali. Terkadang mereka terlalu idealis yang mana mereka menginginkan ide bisnis yang “wah” dan lain daripada yang lain. Padahal ide bisnis untuk mahasiswa pemula tidak perlu ide yang terlalu kompleks. Carilah ide bisnis yang mudah dijalankan sehingga kita tidak terlalu pusing memikirkan apa saja yang harus disiapkan untuk memulai bisnis. Pastikan juga bahwa untuk mahasiswa akan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.
  • Bangunlah mental seorang pebisnis di dalam diri kita
    Bisnis sampingan untuk mahasiswa sering kali berhenti di tengah jalan karena mahasiswa tidak mempunyai mental seorang pebisnis. Padahal memiliki kekuatan mental layaknya seorang pebisnis profesional adalah hal penting yang perlu diterapkan dalam bisnis bagi mahasiswa. Mentalitas yang wajib dimiliki oleh mahasiswa yang merangkap sebagai pebisnis adalah keberanian dalam mengambil keputusan dan mengambil risiko dan kepercayaan diri dalam menghadapi tantangan selama berbisnis.
  • Seimbangkan kuliah dan bisnis
    Bisnis yang dijalankan oleh mahasiswa sering kali terhambat karena mahasiswa masih dilema antara pendidikan dan bisnis. Mereka masih bingung menentukan mana yang lebih diprioritaskan antara pendidikan dan bisnis. Jika mereka lebih memprioritaskan pendidikan maka bisnis sampingan yang mereka rintis tidak akan berkembang. Di sisi lain, jika mereka lebih fokus mengurusi bisnis yang dijalankan akan berimbas pada terbengkalainya pendidikan. Tugas-tugas kuliah terabaikan, nilai kuliah yang merosot tajam sampai kelulusan yang terus tertunda.Oleh karena itu, mahasiswa harus bisa menyeimbangkan dua prioritas tersebut. Jangan sampai bisnis membuat kuliah terbengkalai atau kuliah membuat bisnis terhambat. Keduanya bisa berjalan dengan lancar asalkan kita bisa disiplin dalam mengatur waktu.
  • Jangan bermalas-malasan
    Menjalankan sebuah bisnis sampingan sembari menyelesaikan studi artinya membuat mahasiswa menjadi lebih sibuk. Waktu mereka harus dibagi dengan baik agar dua kegiatan penting itu bisa berjalan dengan lancar. Cara terbaik agar semua kegiatan kita bisa terlaksana dengan lancar adalah dengan mengurangi kebiasaan bermalas-malasan. Jangan pernah menunda-nunda urusan kuliah mau pun bisnis. Bermalas-malasan sama saja membuat menghambat bisnis mau pun kuliah. Dampak dari bermalas-malasan pun banyak, mulai dari pekerjaan yang tidak kunjung selesai sampai waktu istirahat yang berkurang.
  • Jangan pernah menyerah
    Kegagalan pasti selalu menyertai setiap langkah kehidupan manusia, termasuk dalam menjalankan bisnis sambil menyelesaikan pendidikan. Bisnis yang dijalankan sembari kuliah bisa saja mengalami kegagalan ketika mahasiswa terlalu memprioritaskan pendidikan mereka atau mahasiswa yang belum memiliki kemampuan berbisnis yang mumpuni. Kegagalan yang terjadi dalam berbisnis selama kuliah harus dijadikan cambuk agar kita lebih keras lagi dalam berusaha mengembangkan bisnis. Selalu tanamkan keyakinan bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Kesuksesan akan selalu datang kepada mereka asalkan mereka selalu gigih dalam mengembangkan usaha.

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Tahun 2017
Cara Memulai Bisnis untuk Mahasiswa

Pada bagian sebelumnya sudah dijelaskan mengenai manfaat yang akan didapatkan bagi mahasiswa yang memiliki bisnis dan tips agar bisnis yang dijalankan mahasiswa bisa menjadi sukses. Maka pada bagian ini akan dijelaskan bagaimana cara memulai bisnis mudah untuk mahasiswa yang menjanjikan keuntungan besar.

  • Pilihlah jenis usaha yang sesuai dengan disiplin ilmu
    Ide yang kreatif adalah landasan penting dalam mendirikan bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan. Tidak perlu berpikiran bahwa untuk menemukan ide yang kreatif dan unik itu sulit. Ide yang kreatif bisa ditemukan dengan mudah dari hal-hal yang paling dekat dengan kehidupan para mahasiswa. Ide kreatif untuk bisnis bagi mahasiswa bisa ditemukan dari disiplin ilmu yang mereka tekuni selama di perguruan tinggi. Misalnya, mahasiswa dengan konsentrasi ilmu bahasa asing seperti Sastra Inggris, Sastra Mandarin, Sastra Korea, Sastra Jepang, Sastra Arab, dan bahasa asing lainnya bisa memanfaatkan kemampuan bahasa asing mereka untuk menjadi tutor bahasa asing, interpreter dan penerjemah lepas. Mahasiswa dari jurusan perikanan bisa memanfaatkan ilmu pengetahuan yang mereka miliki dengan mendirikan tambak ikan yang sekaligus berfungsi sebagai objek penelitian. Intinya, ide kreatif bisa ditemukan dengan mudah asal kepekaan terhadap keadaan sekitar ditingkatkan.
  • Pilihlah jenis usaha yang dicari oleh mahasiswa
    Target pasar dari bisnis sampingan yang dijalankan oleh mahasiswa sudahlah jelas. Target pasar dari bisnis bagi mahasiswa tidak lain adalah rekan sesama mahasiswa. Oleh karena itu, agar bisnis sampingan yang dijalankan dapat berjalan dengan lancar maka jenis usaha yang dijalankan haruslah jenis usaha yang dibutuhkan oleh mahasiswa. Misalnya, jasa delivery order makanan selama 24 jam pasti akan sangat laris, terutama di tengah malam ketika jam malam sudah berlaku di rumah kos dan asrama mahasiswa. Jasa delivery order makanan selama 24 jam sangatlah dibutuhkan untuk menyuplai kebutuhan makan mahasiswa di tengah malam atau mahasiswa yang terlalu malas keluar mencari makan sendiri.
  • Rajinlah ikut seminar mengenai bisnis atau kewirausahaan
    Tidak ada salahnya membuang uang beberapa ratus ribu Rupiah untuk menghadiri seminar atau konferensi tentang bisnis mau pun kewirausahaan. Melalui seminar itu para pemilik bisnis sampingan mahasiswa bisa mendapatkan ilmu mengenai bisnis langsung dari pembicara yang sudah ahli pada bidangnya. Jika mahasiswa pemilik usaha memiliki masalah atau pertanyaan mengenai bisnis sampingan yang dijalankan bisa ditanyakan langsung kepada ahlinya. Di dalam seminar mengenai bisnis dan kewirausahaan, mereka akan bertemu dengan orang-orang baru yang memiliki minat yang sama. Sehingga, tidak hanya ilmu pengetahuan saja yang didapatkan, relasi bisnis juga bisa diperluas melalui seminar.
  • Manfaatkan media sosial
    Mahasiswa saat ini sudah dipermudah hidupnya dengan adanya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu bentuk wujud kemajuan teknologi informasi dan komunikasi adalah adanya seperti Facebook, Twitter, LINE, Instagram dan masih banyak lagi. Media sosial membantu orang-orang yang berada di tempat yang berjauhan bisa berkomunikasi secara langsung. Media sosial bisa dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbisnis bagi mahasiswa. Contohnya, mahasiswa bisa membuka toko online atau online shop yang mana pembelinya tidak hanya berasal dari orang-orang sekitar, tetapi bisa berasal dari daerah lain bahwa luar negeri. Pemasaran bisnis sampingan mahasiswa melalui media sosial juga gratis, tidak seperti pemasaran secara konvensional melalui iklan di koran, spanduk, banner mau pun brosur. Sehingga, menggunakan media sosial untuk menjalankan bisnis sampingan mahasiswa bagaikan peribahasa “sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui”. Media sosial bisa menjadi sarana untuk membuka bisnis sampingan mahasiswa sekaligus sarana untuk pemasaran.

Macam-Macam Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa

Di atas sudah dijelaskan panjang lebar mengenai manfaat bagi mahasiswa yang memiliki bisnis, tips agar bisnis sampingan mahasiswa berjalan lancar sampai cara untuk memulai bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa. Maka di bawah ini ada beberapa jenis bisnis untuk mahasiswa yang menguntungkan yang bisa menjadi referensi untuk merintis bisnis selagi berjuang meraih gelar sarjana.

  • Reseller
    Reseller terdiri dari kata “re” dan “seller” yang artinya menjual kembali. Reseller merupakan orang yang membeli produk pada agen besar atau produsen dengan jumlah besar dan harga yang lebih murah dari harga jual di pasaran. Nantinya produk tersebut tidak akan digunakan melainkan untuk dijual kembali sesuai dengan harga jual di pasaran. Reseller bisa memasarkan berbagai macam produk seperti pakaian, kosmetik, makanan dan masih banyak lagi.
  • Dropshipper
    Dropshipper berbeda dari reseller meski pun pekerjaan seorang dropshipper adalah menjualkan barang. Dropshipper merupakan orang yang menjual suatu produk, tetapi tanpa perlu membeli produk tersebut terlebih dahulu. Produk tersebut ada di tangan produsen atau agen besar. Tugas seorang dropshipper hanya mempromosikan produk ke pembeli, menerima order pembeli dan mengirimkan data orderkan ke produsen atau agen. Produk yang dikirim dari agen akan dikirim langsung ke rumah pembeli di bawah nama pemilik bisnis, bukan nama produsen atau agen.
  • Jual dan kuota
    elektrik memang tidak ada matinya. Bisnis ini sudah dijalankan oleh banyak mahasiswa sejak adanya telepon seluler mulai populer. Bisnis tersebut bisa dijalankan oleh siapa saja dengan modal yang sedikit. Hanya dengan Rp 100.000,-, mereka bisa melakukan deposit untuk pulsa dan mendapatkan keuntungan hingga Rp 20.000,-. Namun, telepon seluler yang sudah semakin canggih dan dilengkapi fitur internet, elektrik harus disertai dengan jual kuota internet. Hal ini dikarenakan kebutuhan untuk menjelajahi internet lebih tinggi dibandingkan untuk telepon dan SMS.
  • Menjual kerajinan kain flanel
    Bisnis sudah kerajinan memang menjanjikan keuntungan besar. Bisnis ini bisa dimulai dengan model yang sedikit dan menghasilkan keuntungan yang cukup menjanjikan. Bisnis kerajinan yang banyak ditekuni oleh kaum mahasiswa adalah bisnis kerajinan kain flanel. Dengan mengandalkan kreativitas, mereka bisa menyulap lembaran kain flanel beraneka warna menjadi kerajinan yang unik dan cantik seperti bros, jepit rambut dan bunga flanel. Kerajinan dari flanel bisa dijual sebagai asesoris atau suvenir untuk acara-acara tertentu. Kerajinan dari bunga flanel bisa dijual sebagai hadiah untuk momen seperti seminar proposal skripsi, seminar hasil skripsi, wisuda dan ulang tahun. Tentu saja bunga flanel menjadi pilihan terbaik untuk memberikan hadiah berupa bunga karena tidak akan pernah layu.
  • Menjual buket jajan
    Mahasiswa tingkat akhir akan melalui beberapa fase sebelum diwisuda seperti seminar proposal skripsi, seminar hasil skripsi, ujian pendadaran hingga wisuda. Setiap momen tersebut pasti mereka akan mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi karena mereka sudah melalui satu demi satu tahapan untuk menjadi seorang sarjana. Buket merupakan hadiah yang paling umum diberikan, namun buket tidak melulu berisi bunga. Buket yang berisi jajan menjadi tren untuk memberikan hadiah kepada teman seperjuangan. Hal ini dikarenakan buket jajan lebih bermanfaat yang mana jajan di dalam buket bisa dimakan sebagai camilan. Sedangkan, buket bunga hanya akan menjadi pajangan saja di kamar kos.
  • Menjual jilbab
    Hampir seluruh mahasiswi yang beragama Islam sudah memakai jilbab. Oleh karena itu, menjual jilbab bisa menjadi bisnis sampingan mahasiswa yang menguntungkan. Apalagi jika jilbab yang kita jual adalah jilbab yang sedang menjadi tren di kalangan mahasiswa. Tentu saja permintaan pasar akan jilbab tersebut pasti meningkat. Beberapa jilbab yang direkomendasikan untuk menjadi komoditi bisnis sampingan mahasiswa adalah jilbab dari bahan katun, satin, diamond italiono dan chiffon.
  • Menjual makanan
    Makanan memang tidak diragukan lagi sebagai komoditi bisnis yang memberikan keuntungan berlipat ganda. Berbisnis makanan bisa dimulai dengan cara mengolah makanan yang sudah biasa dijual di pasaran menjadi jajanan yang unik. Misalnya, kue cubit. Kue cubit yang biasanya dijual dengan rasa manis bisa diinovasi dengan berbagai rasa seperti cokelat, keju, matcha atau teh hijau dan masih banyak lagi. Makanan lain yang bisa menjadi bisnis sampingan mahasiswa dengan omzet yang menggiurkan adalah makaroni dan mi lidi. Dua makanan tersebut merupakan jajanan yang dulunya dijual ketika mereka masih duduk di sekolah dasar. Jajanan tersebut bisa menjadi komoditi bisnis jika diinovasi dengan berbagai macam varian rasa seperti jagung bakar, balado, keju manis, rumput laut atau pun pedas dengan berbagai macam level kepedasan.
  • Menjual cheese cake
    Makanan atau minuman yang mengandung keju sedang menjadi tren di kalangan mahasiswa. Makanan yang dulunya biasa-biasa saja bisa menjadi makanan yang “hits” setelah ditambahkan keju. Oleh karena itu, cheese cake bisa menjadi bisnis sampingan mahasiswa yang sudah pasti banyak dicari. Mahasiswa bisa menjual cheese cake buatan sendiri dengan menggunakan peralatan seadanya seperti rice cooker atau panci kukus untuk mengukus cheese cake. Resep cheese cake yang paling mudah dipraktekkan oleh kalangan mahasiswa juga mudah ditemukan di situs memasak di internet seperti Cookpad. Nantinya cheese cake bisa dijual sebagai camilan di kalangan mahasiswa atau sebagai snack untuk dosen ketika seminar proposal skripsi, seminar hasil skripsi mau pun ujian pendadaran.
  • Menjadi tutor
    Kalangan mahasiswa tidak boleh menyia-nyiakan ilmu yang mereka miliki. Mereka bisa memanfaatkan ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah dengan membaginya kepada orang lain. Oleh karena itu, menjadi tutor belajar menjadi pekerjaan sampingan yang paling banyak digeluti oleh kalangan mahasiswa. Mereka bisa menjadi tutor belajar di lembaga bimbingan belajar atau secara privat dengan mendatangi rumah muridnya satu per satu. Tidak perlu pusing mencari murid, para mahasiswa bisa mendekati dosen mereka yang memiliki anak usia sekolah. Dosen cenderung memilih mahasiswanya sebagai tutor untuk anak-anak mereka karena mereka sudah mengenal karakter mahasiswa mereka melalui proses belajar mengajar di dalam kelas. Kalangan mahasiswa juga memiliki rentang usia yang tidak terlalu jauh dari anak sekolah sehingga mahasiswa cenderung menjadi sosok teman atau kakak bukan sebagai sosok guru atau tutor.
  • Menjadi penyanyi di kafe
    Fenomena hangout di kafe sudah menjadi fenomena yang umum di Indonesia. Mereka yang suka hangout di kafe biasanya ingin mencari hiburan dan melepas penat. Orang-orang yang memiliki kafe biasanya membuka kesempatan untuk penyanyi di luar kafe untuk melakukan pertunjukan di kafe mereka. Oleh karena itu, untuk mahasiswa yang memiliki bakat dalam bidang musik, baik itu tarik suara mau pun memainkan instrumen bisa memanfaatkan peluang tersebut. Mereka bisa tampil di kafe setiap akhir pekan saat jadwal kuliah sedang tidak padat. Selain itu, banyak penyanyi terkenal yang mengawali kariernya sebagai penyanyi kafe. Siapa tahu di kafe tersebut ada produser yang tertarik dengan kemampuan musik mereka dan merekrutnya untuk menjadi penyanyi profesional.
  • Menjadi agen KUDO
    Apa itu KUDO?KUDO adalah singkatan dari Kios Untuk . merupakan platform bisnis untuk melakukan jual beli secara online layaknya lapak berjualan online yang bertebaran di internet seperti Tokopedia, Lazada, Bukapalak, OLX, Blibli dan masih banyak lainnya.Mengapa harus KUDO?KUDO menjadi pilihan tepat untuk bisnis sampingan mahasiswa karena KUDO telah menjalin kerja sama dengan ratusan perusahaan ternama di Indonesia. Sehingga, barang-barang yang dijual di KUDO merupakan barang “first hand” alias barang yang dikirimkan langsung dari perusahaan untuk dijual oleh para . Harga jual barang yang dijual melalui KUDO jauh lebih murah dari harga jual di pasar sehingga keuntungan yang didapat dari jualan jauh lebih besar.Selain itu, di KUDO tidak hanya melakukan bisnis jual beli barang saja. KUDO bisa melakukan transaksi lain seperti penjualan pulsa elektrik, kuota internet, isi ulang token pulsa sampai pemesanan tiket transportasi umum seperti pesawat terbang, kereta api dan kapal laut. Agen KUDO juga melayani pembayaran berbagai macam tagihan seperti tagihan listrik, internet, air, cicilan motor, cicilan KPR sampai cicilan kredit bank.

    Lalu? Bagaimana cara menjadi agen KUDO?

    Untuk menjadi agen KUDO dimulai dengan melakukan registrasi di situs KUDO atau yang diunduh melalui Play Store. Setelah registrasi berhasil para agen KUDO diminta melakukan investasi sebagai modal awal menjadi agen KUDO. Kalangan mahasiswa yang tidak mempunyai uang tidak perlu khawatir karena investasi seorang agen KUDO bisa dilakukan dengan uang Rp 10.000,- saja.

    Mudah bukan?

    Tunggu apa lagi?

    Cepat bergabung menjadi bagian dari KUDO sekarang.