22Jul

11 Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa Terbaru Kreatif di Kampus Tanpa Modal 5 Juta

Pada zaman sekarang, terdapat beragam tempat perkuliahan yang ada di Indonesia, seperti universitas, politeknik dan sekolah tinggi. Hal ini menyebabkan masyarakat yang berstatus sebagai mahasiswa di Indonesia menduduki persentase yang cukup besar.

Tidak bisa kita elak bahwa mahasiswa adalah usia yang sudah masuk dalam fase produktif. Mahasiswa sudah memiliki pemikiran sendiri dan cukup dewasa untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan, salah satunya di bidang ekonomi.

Jauh dari orang tua dan kampung halaman, mahasiswa harus tahan banting dan survive di kota lain demi menimba ilmu di tempat perkuliahan. Tidak hanya itu, mahasiswa dituntut untuk menjadi sosok yang kreatif. Apabila kiriman dari orang tua dirasa kurang, mahasiswa tidak boleh manja dan harus memutar otak sendiri untuk memenuhi kebutuhannya.

Maka dari itu, muncullah beragam ide bisnis yang cukup kreatif dan cocok dilakukan oleh mahasiswa jaman sekarang. Dengan kreativitas, kemampuan melihat peluang, keberanian mahasiswa ambil resiko, mahasiswa sebenarnya bisa membuka bisnis untuk menambah uang saku mereka.

Selain itu, dengan menjalankan bisnis semenjak menjadi mahasiswa, akan melatih otak mereka untuk persiapan di dunia kerja nantinya. Alhasil, begitu mereka lulus, mereka sudah mempunyai pengalaman dan akan menjadi nilai plus dalam interview kerja di perusahaan besar nantinya.

Bisnis yang Cocok Untuk Mahasiswa Terbaru dan Kreatif

Berikut ini kami akan membeberkan sebelas bisnis yang cocok untuk mahasiswa, yang terbaru dan kreatif. Apabila Anda seorang mahasiswa yang membutuhkan uang saku tambahan, maka disarankan untuk membaca artikel ini untuk mengetahui bisnis-bisnis apa yang cocok untuk Anda jalankan selagi menimba ilmu di tempat perkuliahan Anda.

  • Bisnis Pulsa Elektrik dan Paket Internet

Berjualan pulsa Elektrik dan paket internet adalah salah satu contoh bisnis mahasiswa tanpa modal besar. Selain modalnya kecil, bisnis pulsa dan paket internet cukup menjanjikan karena permintaan akan pulsa saat ini sangat tinggi.

Untuk menjalankan bisnis berjualan pulsa, tentunya Anda harus punya target market yang tepat. Teman-teman di kampus adalah target market yang sudah ada di depan mata, tinggal bagaimana cara Anda memasarkan kepada mereka.

  • Bisnis Jasa Pengetikan dan Printing

Jasa print dan pengetikan memang menjadi salah satu bisnis mahasiswa yang menjanjikan bila dikerjakan dengan serius. Terlebih untuk Anda yang tinggal atau kost di sekitar lingkungan kampus, usaha yang satu ini sangat menguntungkan meskipun hanya dilakukan sebagai sampingan.

Tugas dari dosen, makalah, hingga skripsi semuanya membutuhkan bantuan jasa ini. Kenyataannya, dibanding mencetak tugas sendiri, masih lebih banyak mahasiswa yang memilih menggunakan jasa print dan pengetikan untuk memenuhi kebutuhan mereka.

  • Menjadi Penulis Artikel

Bisnis mahasiswa yang satu ini mudah dilakukan dan tidak butuh modal yang besar, bahkan nyaris tanpa modal. Namun, Anda harus memiliki peralatan standar untuk menjalankannya, diantaranya adalah perangkat laptop dan koneksi internet yang cukup stabil.

Selain itu, bagi seseorang yang suka menulis tentu bisnis ini menjadi ajang kreativitas yang menyenangkan. Dengan kreativitas dan imajinasi menulis, Anda bisa menjalankan bisnis ini kapan saja dan di mana saja.

  • Jasa Desain Grafis

Untuk bisa menjalankan bisnis ini, tentunya Anda harus punya skill dalam pengolahan gambar dan perangkat yang memadai. Anda juga perlu menguasai penggunaan software editing gambar seperti Photoshop, Adobe Illustrator, atau Corel Draw.

  • Jasa Penerjemah

Selain tidak membutuhkan peralatan banyak selain perangkat ketik, peluang jasa penerjemah juga masih cukup potensial melihat makin banyak penerapan bahan berbahasa asing dalam materi-materi kuliah berbagai macam bidang.

  • Menjalankan Bisnis Travel Online

Untuk mengawali bisnis mahasiswa ini, mereka yang ingin berbisnis travel online bisa memulainya dengan bergabung dengan salah satu agen bisnis travel, misalnya Fastravel.co.id, atau Klikmbc.co.id.

Bisnis ini sangat cocok untuk mahasiswa yang suka traveling, baik di dalam negeri ataupun ke luar negeri. Selain punya bisnis yang menguntungkan, Anda juga berkesempatan untuk traveling ke banyak tempat.

  • Usaha Makanan Ringan

Kalau Anda jeli, ada banyak sekali jenis bisnis makanan yang menguntungkan, baik itu makanan ringan ataupun makanan utama. Namun Anda harus memilih salah satu jenis kuliner yang paling sesuai dengan target market yang Anda bidik.

Di lingkungan mahasiswa, biasanya yang paling diminati adalah jajanan kering. Camilan-camilan seperti chiki banyak disukai para mahasiswa sekitar Anda untuk dijadikan makanan penunda lapar.

  • Blogger

Menjadi blogger adalah salah satu bisnis untuk mahasiswa yang cukup populer saat ini, dan mungkin untuk jangka waktu beberapa tahun ke depan. Namun, untuk bisa menjadi blogger profesional dibutuhkan skill yang tidak sembarang dalam hal menulis.

Bagi mahasiswa yang punya hobi menulis dan ingin mengembangkan sebuah blog, maka bisnis ini terbilang sangat menjanjikan. Tentu saja Anda harus didukung oleh pengetahuan yang memadai tentang dunia blogging dan juga dasar internet marketing.

  • Menjadi YouTuber

Mungkin sudah banyak yang tahu bahwa kita bisa menghasilkan uang dari YouTube. Menjadi YouTuber bisa menjadi salah satu opsi bisnis untuk mahasiswa yang kreatif dalam menciptakan konten-konten video.

Di Indonesia sudah ada banyak sekali yang menghasilkan uang dari YouTube. Tujuan mereka menjadi YouTuber pun beragam, ada yang ingin menghasilkan uang, ada juga yang hanya ingin bersenang-senang. Dalam hal ini tentunya Anda ingin menghasilkan uang.

  • Buka Les Privat

Bisnis bimbingan belajar atau memberikan les privat cukup jamak dijalankan oleh para mahasiswa. Biasanya target market terbaik adalah siswa SMA yang ingin lulus SBMPTN, atau pelajar SMP dan SD yang kesulitan mata pelajaran tertentu.

Menjalankan bisnis bimbingan belajar ini termasuk bisnis mahasiswa tanpa modal. Usaha les privat ini merupakan bisnis mahasiswa yang cukup menguntungkan. Anda bisa mendirikan usaha les privat sendiri atau bergabung dengan franchise tempat les yang sudah terkenal.

  • Usaha Dropshipper atau Reseller Online

Bisnis dropshipper adalah salah satu model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tanpa harus membelinya terlebih dahulu. Jadi, kita tidak perlu modal untuk beli barang dulu tapi lebih fokus pada proses pemasaran.

Sedangkan reseller adalah model bisnis online dimana kita bisa menjual produk orang lain tapi harus membelinya terlebih dahulu dengan harga yang lebih murah. Jadi, selain butuh modal untuk beli barang, Anda juga harus siapkan tempat untuk menyimpannya.

Menjadi dropshipper atau reseller adalah bisnis online yang cocok untuk mahasiswa yang punya cukup banyak waktu senggang. Alasannya, karena Anda akan sering berkomunikasi dengan konsumen dan supplier.

Menjadi Agen yang Menguntungkan Bersama KUDO

Demikianlah artikel mengenai 11 bisnis yang cocok untuk mahasiswa, yang terbaru dan kreatif. Anda bisa melakukannya di lingkungan kampus Anda, bahkan di kamar kos sekalipun tanpa harus susah-susah keluar.

Salah satu bisnis yang paling menguntungkan di antara bisnis yang kita jelaskan di atas adalah dengan menjadi reseller. Anda sebagai mahasiswa tentunya memiliki banyak waktu senggang di antara pergantian kelas maupun di hari libur, bukan? Maka dari itu reseller ini sebenarnya bisnis yang paling cocok untuk mahasiswa.

Apabila anda berminat untuk menjadi reseller, maka kami sarankan Anda untuk bergabung dengan KUDO. KUDO menawarkan berbagai macam barang yang murah namun kualitasnya tidak murahan. Tentu saja hal ini akan menarik perhatian banyak pelanggan yang nantinya akan menjadi pelanggan setia Anda.

KUDO juga memberikan komisi yang cukup menggiurkan apabila Anda berhasil menjual barang-barang dari KUDO. Komisi ini tentu saja akan menambah uang saku tambahan Anda selama belajar di kampus.

Karena berstatus mahasiswa, Anda bisa menawarkan produk-produk ini di kalangan teman kelas Anda, dosen-dosen bahkan para staff di kampus Anda. Masa-masa mahasiswa adalah masa di mana koneksi masih terjaga dan Anda dapat memanfaatkan hal tersebut.

Mudah, murah dan mendapatkan keuntungan besar, adalah hal yang akan Anda dapatkan ketika Anda bergabung menjadi agen KUDO. Apabila Anda menginginkan hal tersebut, maka segeralah bergabung dengan KUDO dan menjadi mitra yang menguntungkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *