21Jul

Bisnis Makanan Rumahan Online Modal Kecil Menguntungkan & Menjanjikan 2017

Jumlah populasi manusia yang semakin bertambah membuat lapangan yang tersedia semakin sempit. Padahal semua orang membutuhkan pekerjaan untuk dan menyambung hidup. Sehingga untuk menyiasati sempitnya lapangan pekerjaan, orang yang memutar otak dan menemukan solusi berupa menjalankan sendiri atau menjadi seorang . Menjadi wirausaha, termasuk dalam memang tidak mudah. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh para wirausaha mulai dari merancang barang yang akan diproduksi, memproduksi barang, merancang strategi untuk pemasaran produk, dan mengelola operasi bisnis. Akan tetapi, tantangan yang besar itu setimpal dengan keuntungan yang didapatkan oleh para wirausaha.

Berikut ini adalah keuntungan yang bisa didapatkan dengan menjadi wirausaha:

  • Memiliki Kebebasan
    Semua orang pasti menginginkan kebebasan. Mereka tidak ingin dihalang-halangi dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Kebebasan yang mutlak akan didapatkan oleh para wirausaha. Mereka memiliki kebebasan dalam mengelola sumber daya, waktu, alat, dan bahan. Tujuan dalam usaha bisa dicapai sesuka hati mereka. Namun, kebebasan yang dimiliki oleh para wirausaha masih memiliki batasan yang logis. Dalam hal ini, para wirausaha tidak boleh sewenang-wenang dalam menggunakan kebebasannya.
  • Mendapatkan Pengakuan
    Setiap orang pasti ingin mendapatkan pengakuan atas kemampuannya. Para wirausaha pasti mendapatkan pengakuan dari masyarakat sekitar. Pengakuan dari masyarakat didapatkan dalam bentuk pemberian peran strategis atau posisi yang disegani dalam lingkungan sosialnya. Masyarakat memandang para wirausaha sebagai sosok yang memiliki karakter baik karena dalam membangun usahanya hingga mereka membutuhkan perjuangan yang panjang, sulit, dan rumit untuk dapat dikenal dan bersaing dengan usaha lain pada bidang serupa.
  • Menciptakan Lapangan Pekerjaan
    Keuntungan yang pasti didapatkan oleh para wirausaha adalah menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain. Walau usahanya hanya menyerap satu atau dua orang , tetapi hal itu sangat membantu orang-orang yang sedang membutuhkan lapangan pekerjaan. Oleh karena itu, menjadi wirausaha adalah pekerjaan yang mulia karena mereka membantu orang lain mendapatkan pekerjaan dan turut berperan dalam mengurangi pengangguran di masyarakat. Pengangguran yang sekain berkurang akan berimbas pada bidang yang lain, seperti di bidang kriminal. Tingkat kriminalitas di masyarakat semakin berkurang karena orang-orang sudah mendapatkan pekerjaan yang layak. Mereka tidak lagi menghalalkan segala macam cara untuk dan bertahan hidup.
  • Tidak Terikat Waktu dan Aturan
    Salah satu keuntungan yang membuat orang-orang menjadi para wirausaha adalah tidak adanya jam dan aturan yang mengikat. Para wirausaha melakukan tugas-tugas mereka sendiri, tidak bergantung pada aturan atau jam kerja yang sudah ditetapkan. Sehingga, kemampuan untuk mengatur manajemen waktu adalah hal yang penting untuk para wirausaha. Mereka dituntut untuk bisa memaksimalkan waktu yang tersedia untuk menghasilkan keuntungan yang sebesar-besarnya.
  • Mendapatkan Keuntungan yang Maksimal
    Para wirausaha adalah pemegang keputusan yang mutlak. Dalam menjalankan usahanya, mereka berhak menentukan berapa besar modal yang harus diinvestasikan dan berapa banyak keuntungan yang ingin diraih. Keuntungan sebesar apapun bisa didapat tanpa harus memikirkan pembagian ke orang lain. Namun, perlu diingat bahwa keuntungan tersebut harus bisa dialokasikan untuk menambah modal investasi agar usaha semakin berkembang.
  • Mengembangkan Potensi Diri
    Dengan merintis sebuah usaha, para wirausaha telah menyampaikan gagasan yang selama ini tertanam di dalam otak mereka. Secara tidak langsung mereka telah memberikan kekuasaan secara penuh pada diri sendiri. Para wirausaha yang sukses adalah orang yang mampu merintis sebuah usaha dari awal hingga menjadi besar. Proses inilah yang menjadi pembuktian kepada masyarakat bahwa ada sebuah perjuangan untuk mengembangkan usaha yang kecil menjadi usaha yang besar. Secara tidak langsung, para wirausaha memotivasi masyarakat agar bisa menghargai sebuah proses.

Bisnis Makanan Online Modal Kecil Menguntungkan & Menjanjikan 2017

Dari enam keuntungan menjadi wirausaha yang dijabarkan di atas menunjukkan bahwa menjadi wirausaha merupakan pekerjaan yang tidak bisa disepelekan. Banyak orang-orang di dunia ini yang mengawali kesuksesannya dengan menjadi wirausaha. Sebut saja, Bill Gates, Steve Jobs, Warren Buffet, Bob Sadino, dan masih banyak lagi. Sehingga, tidak perlu bersedih jika sampai saat ini belum memiliki pekerjaan yang tetap. Kembangkan saja kemampuan berpikir untuk menemukan ide unik dari sebuah usaha. Salah satu usaha yang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan dalam waktu yang relatif cepat adalah bisnis . Hal ini dikarenakan makanan adalah kebutuhan hidup pokok bagi semua manusia. Tanpa adanya makanan mereka tidak bisa bertahan hidup. Selain sebagai kebutuhan hidup yang pokok, di bawah ini ada beberapa alasan yang menjadikan bisnis makanan adalah bisnis yang direkomendasikan untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

  • Keuntungan yang Menjanjikan
    Bisnis di bidang makanan adalah bisnis yang memiliki potensi untuk meraup keuntungan dalam jumlah yang besar setiap hari. Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian bahwa tingkat kesuksesan dari bisnis makanan mencapai 90%. Hal ini dibuktikan dengan banyak orang yang menjadi kaya raya setelah merintis bisnis makanan dengan yang . Sebut saja, Hendi Setiono yang pendapatan hariannya mencapai puluhan juta Rupiah dari bisnis makanan kebab Turki Baba Rafi. Ada juga usaha Sambel Layah, Keripik Maicih, Brownies Amanda, Caphuchino Cincau Bloom, dan masih banyak lagi. Bahkan di luar negeri bisnis makanan merupakan bisnis yang menjanjikan. Ada banyak bisnis makanan yang outlet-nya tersebar ke seluruh dunia seperti KFC, McDonalds, Pizza Hut, Starbucks, J.Co, dan masih banyak lagi.Namun, perlu diingat bahwa keuntungan dari usaha makanan unik kreatif tidak bisa dipisahkan dari kerja keras, keuletan, kesabaran, dan para perintisnya dari nol hingga sukses seperti sekarang. Banyak bisnis makanan yang awalnya tidak dilirik oleh pasar seperti bisnis makanan Lele Lela. Tetapi, kegigihan dan semangat pantang menyerah dari pemilik usaha Lele Lela telah menjadikan Lele Lela ke dalam salah satu rumah makan terbaik di .
  • Konsumen yang Banyak
    Tidak perlu bingung mencari konsumen untuk bisnis makanan. Makanan merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya primer dan harus dipenuhi. Apalagi beberapa tahun terakhir ada kegiatan kuliner yang menjadi tren di kalangan masyarakat. Orang-orang melancong bukan untuk mengagumi keindahan alam, tetapi menyantap berbagai macam makanan yang lezat. Orang-orang yang melakukan wisata kuliner tidak hanya menyantap makanan dan langsung pergi. Mereka akan memotret makanan tersebut, mengunggahnya di dengan menuliskan review dari makanan tersebut. Tren wisata kuliner yang sedang menjamur menumbuhkan potensi yang besar dalam bisnis makanan.
  • Mudah Dijalankan
    Dibandingkan bisnis yang lain, bisnis makanan termasuk bisnis yang mudah dijalankan, bahkan orang-orang dengan kemampuan memasak yang masih amatir berani menjajal peruntungan di bisnis ini. Kemudahan yang dirasakan oleh para makanan terletak pada proses produksi yang tidak memerlukan bahan baku yang rumit. Semua bahan baku usaha makanan bisa ditemukan dengan mudah di lingkungan sekitar. Proses pendistribusian produk makanan tergolong mudah dibandingkan usaha lain karena minat pasar yang tinggi terhadap usaha makanan unik dan kreatif.
  • Inovatif
    Tidak pernah ada kata kreativitas yang mati dalam berbisnis di bidang kuliner. Ada banyak ide unik dan kreatif untuk bisnis makanan. Misalnya, melakukan inovasi pada makanan yang terkesan biasa-biasa saja menjadi makanan unik dan lain daripada yang lain. Keunikan dari makanan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen sekaligus kunci kesuksesan dari bisnis makanan. Sebut saja, bisnis es krim goreng yang telah memberikan sensasi baru menyantap es krim. Begitu pula dengan usaha martabak yang biasanya terdiri dari dua varian yaitu martabak asin dan martabak manis. Sekarang martabak sudah memiliki berbagai macam varian seperti martabak red velvet, martabak pandan, martabak green tea, dan lain sebagainya. Satu lagi contoh bisnis makanan yang meraup keuntungan besar berkat ide kreatifnya adalah bisnis makanan Keripik Maicih. Pendiri Keripik Maicih berhasil menciptakan keripik singkong yang unik dengan level kepedasan yang berbeda-beda.
  • Tidak Perlu Lokasi Usaha yang Strategis
    Biasanya membuka sebuah usaha harus didirikan di tempat yang strategis sehingga mudah ditemukan orang. Hal ini tidak berlaku dalam bisnis makanan karena bisnis ini bisa tetap beroperasi meski hanya di dalam rumah. Sementara itu, sistem pemasarannya bisa memanfaatkan internet seperti mempromosikannya ke media sosial atau situs jual beli online.

Keuntungan dari bisnis makanan yang sudah dijelaskan di atas membuktikan bahwa usaha makanan unik dan kreatif adalah bisnis yang memiliki potensi besar untuk menghasilkan banyak . Tidak perlu bingung dan berpikir lama untuk membuka usaha di bidang makanan. Usaha di dalam bidang makanan bisa dirintis dengan mudah. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuka bisnis di bidang makanan.

Seperti apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Tentukan Produk
    Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuka usaha makanan ringan yang menguntungkan yang menguntungkan adalah menentukan jenis kuliner apa yang akan diproduksi. Ada banyak sekali jenis kuliner yang bisa dijualbelikan, mulai dari makanan sampai minuman. Akan tetapi, lebih baik untuk memilih jenis makanan yang sesuai dengan passion atau minat sehingga tidak ada beban saat menjalankan bisnis makanan tersebut. Bahkan usaha yang dijalankan sesuai dengan minat akan menjadi sesuatu yang menyenangkan. Rintangan yang akan dihadapi saat usaha berjalan bisa teratasi dengan kepala yang dingin, pikiran yang tenang, dan hati yang bijak.
  • Pilih Konsep yang Menarik
    Setelah menentukan produk makanan apa yang akan dijajakan, biasanya calon wirausaha di bidang makan tersendat pada langkah kedua. Langkah kedua dalam merintis usaha makanan ringan yang menguntungkan adalah menentukan konsep usaha. Sebab konsep dari usaha akan menentukan besarnya minat pasar dan keuntungan yang akan diraih. Tidak perlu bingung mencari seperti apa makanan yang berbeda. Lakukan saja inovasi pada bisnis makanan yang sudah ada. Sehingga, makanan tersebut menjadi produk kuliner memiliki konsep yang menarik dan unik. Keunikan inilah yang menjadi daya tarik tersendiri untuk para pembeli.Apalagi konsumen di era ini lebih senang mengejar sesuatu yang baru dan unik. Jika ada yang baru dirintis dan memiliki keunikan tersendiri maka langsung laris manis diserbu pembeli. Misalnya, produk minuman capuchino cincau yang menjadi tren baru meminum capuchino ala kafe dengan sentuhan lokal yaitu cincau hitam. Hal ini membuktikan bahwa konsumen rentan bosan dengan jenis kuliner yang sudah ada sebelumnya. Sehingga, janganlah berinovasi dalam merintis bisnis makanan.
  • Tentukan Target Pasar
    Memang benar jika semua orang dari semua kalangan dan umur membutuhkan makanan. Akan tetapi, dalam bisnis makanan sangatlah penting menentukan target pasar yang spesifik. Sehingga, arah dari usaha makanan unik dan kreatif yang dirintis memiliki tujuan pemasaran yang jelas. Tujuan usaha yang sudah jelas akan memudahkan manajemen usaha seperti menentukan strategi pemasaran, bagaimana melakukan inovasi produk, dan berapa harga yang dipatok untuk produk kuliner yang dijual.
  • Jaga Kualitas Produk
    Langkah terakhir dari membuka sering kali diabaikan oleh para pengusaha di bidang makanan. Padahal langkah terakhir ini sangatlah penting untuk mempertahankan usaha makanan agar selalu menghasilkan keuntungan yang besar. Langkah terakhir dari merintis usaha kuliner adalah menjaga kualitas dari produk kuliner yang dipasarkan. Banyak usaha makanan yang produknya hanya memiliki kualitas di awal usaha dirintis demi menarik banyak konsumen. Saat usaha makanan tersebut menjadi terkenal dan memiliki banyak konsumen maka terjadi penurunan kualitas seperti harga yang semakin mahal, porsi makanan yang semakin kecil, hingga kehigienisan yang berkurang. Oleh karena itu, perlu diingat bahwa usaha kuliner yang sukses adalah usaha yang konsisten, termasuk konsisten dalam menjaga kualitas produk makanan seperti harga, porsi, pelayanan, kehigienisan, dan lain sebagainya.Setelah mengetahui bagaimana cara untuk merintis bisnis makanan yang sukses, maka di bawah ini ada beberapa jenis kuliner apa saja yang bisa menjadi referensi untuk orang-orang yang ingin menjadi di bidang makanan.
  • Jus Buah Segar
    Membuka usaha jus buah segar adalah usaha yang mudah dijalankan. Tidak perlu keterampilan khusus untuk merintis usaha kuliner berupa jus buah segar. Siapa saja bisa mempelajari cara membuat jus buah yang segar dan nikmat dengan berbagai variasi melalui yang bertebaran di internet. Untuk membuka usaha jus buah tidak diperlukan modal yang banyak. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha jus buah segar adalah blender, gelas plastik, sedotan, dan aneka buah-buahan segar. Agar usaha jus buah segar laris manis diserbu pembeli maka bukalah usaha tersebut pada waktu yang tepat. Waktu yang paling efektif untuk berjualan jus buah segar adalah saat siang hari hingga sore hari. Berjualan jus buah di pagi hari juga bisa dilakukan karena banyak orang yang meminum jus buah sebagai pengganti sarapan. Sedangkan, pada malam hari konsumen untuk jus buah cenderung sepi.
  • Roti Bakar
    Usaha roti bakar adalah usaha makanan yang banyak digeluti oleh orang-orang. Biasanya usaha roti bakar bisa ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan pada saat malam hari. Usaha roti bakar termasuk bisnis makanan dengan modal kecil yang bisa dijalankan oleh siapa saja, termasuk kalangan . Kemampuan yang dibutuhkan dalam usaha roti bakar adalah kreativitas dalam memberikan topping pada roti bakar. Lokasi yang direkomendasikan untuk berjualan roti bakar adalah di pinggir jalan, taman, dan tempat yang menjadi pusat keramaian. Modal yang dibutuhkan untuk membuka usaha roti bakar meliputi gerobak, alat pemanggang, roti tawar, dan aneka topping seperti selai buah, meises, keju, dan masih banyak lagi.
  • Keripik
    Keripik adalah camilan sejuta umat. Semua orang pasti menyukai camilan yang renyah dengan berbagai varian rasa ini. Tidak heran jika menjalankan usaha kuliner keripik menjanjikan keuntungan yang besar. Lihat saja Keripik Maicih yang omzetnya mencapai ratusan juta Rupiah bahwa pemasarannya sudah sampai ke luar negeri. Agar usaha keripik bisa menjadi bisnis yang menjanjikan maka lakukanlah inovasi. Di sekitar kita ada banyak sekali bahan makanan yang bisa diolah menjadi keripik, seperti singkong, kentang, pisang, talas, ubi, bahkan beberapa tahun terakhir keripik yang berasal dari buah-buahan laris manis di pasaran.
  • Singkong Keju
    Singkong rebus sering diasosiasikan sebagai camilan orang-orang desa sehingga generasi masa kini tidak tertarik menyantap kudapan singkong keju. Padahal singkong rebus bisa menjadi bisnis makanan yang menguntungkan jika diberi sentuhan kreativitas. Sebut saja, singkong keju. Usaha singkong keju tergolong usaha kuliner yang masih jarang dilakoni, terutama di kawasan perkotaan. Selain itu, untuk merintis usaha singkong keju sangatlah mudah. Tidak butuh keterampilan khusus untuk mengolah singkong mentah menjadi kudapan nikmat bernama singkong keju. Yang dibutuhkan dalam membuat singkong keju adalah merebus singkong sampai matang dan menaburkan topping berupa parutan keju di atasnya. Agar pelanggan tidak bosan dengan singkong keju maka lakukanlah inovasi seperti mengombinasikan topping lain seperti cokelat, selai buah, dan varian lain sesuai dengan kreativitas penggiat usaha.
  • Gorengan
    Gorengan adalah camilan yang disukai semua orang di Indonesia. Walau sudah ada penelitian yang mengatakan bahwa gorengan mengandung banyak lemak dan kolesterol yang berbahaya bagi , penjual gorengan tetap laris manis diserbu para pembeli. Tidak heran jika gorengan adalah produk kuliner yang memiliki potensi besar menghasilkan keuntungan yang berlipat-lipat ganda. Untuk merintis bisnis gorengan, perlu diketahui ada berbagai macam jenis gorengan yang bisa dijual seperti tahu isi, tahu aci, tempe goreng, singkong goreng, cireng, pisang goreng, pisang molen, bakwan, risoles, kentang goreng, dan masih banyak varian gorengan yang lain.
  • Kedai Kopi
    Beberapa tahun terakhir, usaha kedai kopi masuk ke dalam jajaran usaha kuliner yang laris manis diserbu kalangan . Kepopuleran kedai kopi semakin tinggi semenjak rilisnya film Filosofi Kopi. Sejak film tersebut dirilis banyak orang yang membanting setir dengan membuka usaha kedai kopi dengan berbagai macam konsep yang diusung mulai dari klasik, vintage, retro, hingga modern. Akan tetapi, untuk menjalankan usaha kopi dibutuhkan kemampuan khusus meracik kopi yang bisa dipelajari di kelas barista. Usaha kedai kopi bisa berjalan sukses bukan karena peran kopi racikan yang nikmat saja. Ada fasilitas di kedai kopi yang membuat orang-orang selalu singgah ke kedai kopi. Fasilitas pendukung yang biasanya ada di kedai kopi meliputi wi-fi , buku bacaan, pertunjukan musik secara live, hingga menonton film atau pertandingan bersama.
  • Angkringan
    Salah satu bisnis makanan yang memiliki potensi sukses yang besar adalah usaha angkringan. Banyak orang-orang yang menjadikan angkringan sebagai tempat mengisi perut karena harga makanan di angkringan yang dan varian makanannya yang beragam. Beberapa menu yang selalu ada di angkringan meliputi nasi kucing, gorengan, aneka macam sate, jahe susu, teh hangat, dan masih banyak lagi. Waktu yang paling cocok untuk membuka usaha angkringan adalah saat malam hari hingga dini hari. Selain itu, angkringan tidak hanya menjadi tempat yang cocok untuk mengenyangkan perut dengan harga yang terjangkau, tetapi juga tempat yang asyik untuk mengobrol sampai larut malam.

Agar keuntungan usaha semakin bertambah, ada baiknya para pengusaha di bidang makanan membuka . Bisnis sampingan yang direkomendasikan dan sudah terbukti memberikan hingga jutaan Rupiah adalah menjadi .

KUDO merupakan singkatan dari Kios Untuk . Pada dasarnya, adalah situs jual beli online yang bisa diakses melalui aplikasi yang diunduh di Google Play Store atau dikunjungi situs resminya di www.KUDO.co.id. KUDO memberikan kesempatan yang besar kepada seluruh pengusaha digital di Indonesia untuk mempromosikan produk yang dijualnya di lapak berjualan online yang gratis di KUDO. Selain itu, KUDO membuka peluang untuk orang-orang yang ingin mempunyai penghasilan tambahan hingga jutaan Rupiah setiap bulan dengan menjadikannya .

Ada banyak tugas yang bisa dilakukan oleh agen KUDO. Salah satunya, menerima pembayaran secara offline untuk online yang dilakukan di KUDO. Dengan adanya sistem pembayaran offline, orang-orang yang berbelanja secara online dimudahkan dalam proses pembayarannya. Mereka tidak perlu pergi ke bank untuk mentransfer uang melalui teller atau mentransfer uang melalui mesin ATM. Selain itu, keamanan dari transaksi pembayaran yang dilakukan secara offline melalui agen KUDO juga terjamin.

Kehadiran agen KUDO sangat membantu orang-orang yang tinggal di kawasan pedesaan dan jauh dari pusat perkotaan. Hal ini disebabkan agen KUDO memiliki tugas lain untuk melayani pembayaran beraneka ragam seperti tagihan , , dan internet. Cicilan untuk kredit motor dan KPR bisa juga dibayarkan melalui agen KUDO. Agen KUDO juga membantu orang-orang yang ingin membeli kendaraan umum seperti kereta api, terbang, dan kapal laut. Tiket untuk kendaraan umum tersebut bisa dibeli ke agen KUDO dengan harga yang spesial. Pembelian untuk isi ulang listrik dan seluler bisa dilakukan di agen KUDO yang selalu siap sedia melayani segala macam transaksi pembayaran kapan saja dan di mana saja.

Ada lagi satu tugas yang bisa dilakukan oleh agen KUDO yaitu menjualkan kembali barang-barang yang dijual secara online pada situs KUDO. Tidak perlu ragu untuk menjualkan kembali barang-barang yang dijual di KUDO karena keuntungan yang diberikan sangatlah besar. Hal ini dikarenakan KUDO menjalin dengan banyak perusahaan besar di Indonesia. Sehingga, barang-barang yang dijual di KUDO adalah barang-barang first hand yang dikirim langsung dari pabrik tanpa ada perantara. Tentu saja harga barang yang dijual langsung dari pabrik jauh lebih murah dibandingkan harga pasaran sehingga keuntungan agen KUDO menjadi semakin bsar.

Menjadi agen KUDO sudah terbukti mudah dijalankan dan menguntungkan. Tidak perlu bingung mencari tahu bagaimana tata cara mendaftar sebagai agen KUDO. Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mendaftar menjadi agen KUDO adalah mengunduh melalui Google Play Store. Selanjutnya, lakukan pendaftaran sesuai instruksi yang ada. Setelah pendaftaran berhasil dilakukan maka lakukan pengisian saldo agar agen KUDO bisa beroperasi. Tidak ada batasan besarnya saldo yang harus diinvestasikan oleh agen KUDO. Hanya dengan Rp 10.000,-,agen KUDO sudah bisa melakukan tugas-tugasnya dan meraup keuntungan yang berlipat ganda.