18Dec

5 Cara Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru Terpercaya

Menjalankan bisnis kini tidak lagi sulit. Pasalnya, sudah ada beragam bisnis online yang bisa dijalankan secara mudah dan juga murah. Jenis bisnis ini juga terbilang cocok bagi pemula. Bisnis yang dijalankan secara online akan bersifat fleksibel. Kita bisa menjalankannya di mana saja dan kapan saja selama masih terhubung dengan internet. Modal yang dikeluarkan juga terbilang kecil sehingga resiko kerugian juga tak terlalu tinggi. Bisnis ini dapat dijalankan oleh siapa saja, mulai dari pelajar hingga karyawan kantoran. Pilihannya sangat beragam, mulai dari jualan online sampai bergabung dalam program afiliasi serta menjadi agen toko. Berikut adalah pilihan bisnis secara online yang bisa kita jalankan.

Pilihan Bisnis Online Dari Rumah

1. Dropship
Berjualan online jadi salah satu bisnis online yang paling sering ditemukan. Namun, seringkali kita merasa bingung sebelum berjualan karena tidak ada barang yang bisa dijual. Solusinya adalah berjualan secara dropship, yaitu menjadi perantara antara produsen atau penjual dengan konsumen. Kita cukup memajang barang-barang dari produsen di toko online masing-masing. Jika ada konsumen yang ingin membeli, maka kita meneruskan data-data pembeli dan uang pembayaran pada produsen. Keuntungan akan didapat dari selisih antara harga beli ke produsen dan harga jual ke konsumen. Ada banyak keuntungan bisnis ini yang menjadikannya banyak dijadikan pilihan oleh pebisnis pemula.

Keuntungan utama dari bisnis online ini ialah kepraktisannya. Kita tidak perlu melakukan stok barang ataupun mengemas dan mengirim barang. Semua itu adalah tanggung jawab produsen. Tugas kita hanyalah meneruskan pesanan dari konsumen ke produsen. Selain itu, bisnis ini juga sangat sederhana dan fleksibel. Kita bisa melakukannya dari rumah saja, tanpa harus membuka toko. Namun, kerugiannya adalah keuntungan yang relatif kecil. Selain itu, karena tidak melakukan stok barang, maka kita tidak bisa memastikan ketersediaan stok. Sangat mungkin stok barang tengah habis setelah pembayaran dari konsumen diterima, sehingga kita tidak jadi mendapat keuntungan.

2. Reseller
Masih dari bisnis online seputar jual beli, kali ini adalah reseller. Bisnis ini juga cukup sederhana dan seringkali disalahartikan sebagai dropship. Padahal, dropship dan reseller adalah dua jenis bisnis yang berbeda. Dalam reseller, kita membeli barang dari produsen secara grosir lalu menjualnya kembali secara ecer. Keuntungan utamanya ialah laba yang lebih besar karena kita bisa menentukan harga jual sendiri. Namun kerugiannya adalah modal yang diperlukan cukup besar karena kita harus melakukan pembelian terlebih dahulu dalam jumlah tertentu. Reseller biasanya akan dilakukan apabila seseorang sudah cukup sukses dengan bisnis dropship dan memiliki cukup modal untuk bisnis lain yang lebih besar.

3. Program Afiliasi
Bisnis online yang terbilang sangat mudah dilakukan ialah program afiliasi. Jika kita memiliki blog atau website aktif, maka kita bisa memanfaatkannya untuk mendapat keuntungan. Salah satunya adalah mendaftar program afiliasi. Yang harus kita lakukan adalah menaruh link toko online atau sebuah produk. Apabila pengunjung blog kita mengeklik link tersebut dan melakukan pembelian, maka kita akan mendapat komisi sekian persen. Bisnis ini nyaris tanpa modal dan yang harus kita lakukan hanyalah terus mengupdate blog agar tetap aktif dan menarik pengunjung. Besaran komisinya juga bervariasi dan terbilang cukup menguntungkan apabila berhasil menarik banyak pembeli.

Jika ingin sukses dalam bisnis online afiliasi, maka pilihlah program afiliasi yang sesuai dengan konten blog. Sebagai contoh apabila blog kita membahas tentang make up, maka kita bisa menaruh link toko online khusus make up. Dengan demikian maka potensi keuntungan akan meningkat, karena pengunjung blog pastilah orang-orang yang hendak mencari tahu seputar make up sebelum berbelanja. Bisnis ini hanya dapat dijalankan apabila kita memiliki blog aktif. Lebih bagus lagi apabila blog tersebut sudah ramai dikunjungi dan memiliki banyak follower. Jika belum, maka potensi keuntungan akan semakin kecil atau bahkan tidak ada sama sekali. Bisnis afiliasi rata-rata tidak dipungut biaya dan banyak toko-toko online yang menawarkan program ini pada para blogger.

4. Pay Per Click
Cara menguangkan blog tak sebatas pada program afiliasi. Bisnis online lain yang sama-sama cocok dijalankan oleh para blogger ialah memasang iklan pay per click atau yang biasa dikenal sebagai PPC. Jika dalam program afiliasi, pengunjung blog harus melakukan transaksi pembelian di toko terkait agar kita bisa mendapat komisi, maka cara kerja PPC lebih sederhana. Kita akan mendapat komisi dari tiap klik yang dilakukan pengunjung blog pada banner iklan yang dipajang di laman blog. Pengunjung tidak harus melakukan transaksi apapun pada halaman iklan terkait agar kita mendapat komisi. Besaran komisi PPC memang kecil, sehingga bisnis ini lebih cocok bagi mereka yang sudah memiliki blog besar.

5. Menjadi YouTuber
Belakangan, menjadi YouTuber tampaknya tengah jadi bisnis online yang begitu menggiurkan. Banyak YouTuber sukses yang meraup keuntungan hingga ratusan juta per bulan, bahkan mencapai miliaran rupiah. Kita bisa memulai bisnis di bidang ini juga. Tidak harus menggunakan kamera mahal dan lighting memadai, karena faktanya ada beberapa YouTuber yang sukses dan viral bermodalkan kamera ponsel saja. Yang penting adalah kualitas konten yang dibagikan. Jika kita bisa membuat konten yang original, unik dan menghibur, maka kita akan bisa menarik banyak subscriber serta viewers. Akun YouTube dengan banyak subscriber akan mendatangkan keuntungan.

Ada banyak jenis konten YouTube yang menjamin kesuksesan bisnis online. Kita bisa menyesuaikannya dengan hobi masing-masing. Mulai dari akun khusus gamer, tutorial make up, tutorial edit foto atau video, membahas buku, unboxing album dan lain-lain. Kita juga bisa membuat travel vlog maupun vlog tentang kehidupan sehari-hari. Yang terpenting, pastikan konten yang dibagikan itu unik dan original. Penyampaian konten juga harus menarik agar orang-orang tertarik menonton dan mau untuk subscribe channel kita. Sukses melalui YouTube memang butuh waktu dan kreativitas, sehingga kita harus menjalani serta menikmati semua tahapan prosesnya.

Selain beragam bisnis online di atas, kita juga bisa memanfaatkan aplikasi online untuk memulai bisnis. Salah satunya adalah KUDO, Kios Untuk Dagang Online yang membuka kesempatan bagi kita untuk menjadi agen. Kini, KUDO bahkan telah membuat sebuah program baru yang bertujuan untuk memajukan pengusaha warung, yaitu Majuin Warung. Pemilik warung akan mendapat banyak keuntungan dari program ini, di antaranya membantu jualan aneka produk di warung seperti pulsa dan token listrik menggunakan aplikasi. Stok barang juga bisa dilakukan dengan mudah. Beragam produk bisa dijual dan pemilik akan mendapat diskon khusus untuk transaksi pertama. Langkah-langkah bergabungnya juga mudah. Download terlebih dahulu aplikasi KUDO lalu datanglah ke warung terdekat yang belum menjadi agen KUDO. Daftarkan pemilik warung untuk jadi agen KUDO lalu ikuti semua langkah yang diinstruksikan.

image credit : freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *