11Nov

Cara Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru Terpercaya 2017

Berbicara cara selalu menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) pengguna internet hingga saat ini telah mencapai 82 juta orang, dan Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia. Bahkan menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) sudah mencapai 88.1 juta orang pengguna internetnya. Belum lagi untuk pengguna facebook, Indonesia di peringkat ke-4 besar dunia. Tentunya itu menunjukkan betapa besar ceruk pasar akan hal ini di Indonesia. Karena itulah, tidak mengherankan jika kini hal tersebut kemudian mulai menjamur karena begitu banyaknya, baik yang langsung menjalankan bisnis online sendiri, maupun join di marketplace seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, atau .

Berikut data yang dirilis oleh APJII terkait pengguna internet di Indonesia

Sumber: APJII

Sumber: APJII

Sumber: APJII

Beberapa Hal yang Menarik dari Bisnis Online

Selain dari peluang suksesnya yang begitu besar, setidaknya ada beberapa hal yang menjadi daya tarik dan kelebihan nya dibanding offline, yaitu:

  1. Bisa dikerjakan oleh siapa saja, tidak perlu harus lulusan sarjana, bahkan tanpa pernah mengenal bangku sekolahan pun jika mau belajar bisa menjalankan bisnis ini.
  2. Memiliki keuntungan tidak terikat oleh waktu. Jadi yang mengatur jam kerja adalah diri sendiri.
  3. Modal relatif kecil, dan bahkan bisa juga tanpa . Tapi hasilnya sangat menjanjikan.
  4. Bisa menjadi aktivitas sampingan yang menghasilkan.
  5. Cara mendirikan atau menjalankannya relatif mudah, bagi siapa saja.
  6. Perputaran keuangan sangat cepat.
  7. Menjalankan bisa dikatakan minim resiko.
  8. Anti bangkrut. Logikanya, jika bisnisnya saja tanpa modal, bagaimana bisa bangkrut?
  9. Tidak membutuhkan karyawan. Jadi bisa langsung dijalankan sendiri. Namun, kalau sudah besar tentunya lebih baik memakai karyawan agar bisa terus berkembang menjadi bisnis yang lebih besar lagi.
  10. Tidak membutuhkan tempat, jadi tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat. Bisa dialamatkan langsung di rumah atau kos tempat tinggal. Meski tentunya jika sudah besar, memakai alamat kios atau kantornya sendiri akan jauh lebih baik untuk meyakinkan pembeli atau pengguna jasa.
  11. Produk bisa apa saja, baik produk barang maupun jasa.

Bisa disimpulkan dari penjelasan di atas bahwa peluang suksesnya memang sangat besar dan juga sangat menguntungkan. Dan barangkali setelah membaca penjelasan di atas Anda jadi tertarik untuk membuatnya. Lalu Anda bertanya-tanya, tapi bagaimana caranya?

Cara Membuat Bisnis Online

Pertama-tama, caranya untuk pemula, tentu saja Anda harus menguasai internet dulu. Setidaknya, jika Anda termasuk gaptek alias benar-benar pemula, harus punya email, ; seperti facebook, twitter, instagram, BBM, Whatsapp, dan lain sebagainya. Dan sebenarnya, tidak harus bisa membuat sendiri, yang penting Anda harus bisa menguasai bagaimana cara mengoperasikannya. Untuk membuatnya bisa saja minta bantuan orang, atau tukang counter HP tempat Anda beli gadget atau pulsa. Setelah itu minta dijelaskan bagaimana cara memakainya.

Atau pun, ada langkah yang cukup mudah lagi jika tidak mau berurusan dengan media sosial. Anda bisa langsung gabung di marketplace, seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, atau KUDO, klik saja di alamat websitenya. Di sana dijelaskan semua bagaimana cara menjual produk Anda.

Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Terbaru Terpercaya

Sumber: https://kudo.co.id/

Kedua, online

Bagaimana cara mencari ide? Mungkin itu juga menjadi salah satu pertanyaan Anda setelah tertarik untuk memulai nya. Cara mencari ide sebenarnya sangat mudah. Ide ada dimana-mana. Jadi jangan khawatir tidak mendapat ide. Bisa dikatakan semua bisnis offline, bisa dijalankan. Tinggal Anda mau menjual produk atau jasa?

Misal Anda ingin menjual produk, namun tidak ada ide produk apa yang ingin Anda jual? Tidak perlu bingung. Sederhananya, semua yang Anda pakai saat ini bisa menjadi produk Anda. Anda bisa menjual baju, sandal, sepatu, gelang, make up, parfum, bahkan pakaian dalam sekalipun.

Tapi tidak punya produk itu untuk dijual? Anda tidak perlu risau, itu bukan berarti harapan Anda untuk memulai telah pupus. Kesempatan untuk menjalankannya masih terbuka luas. Lalu, bagaimana caranya? Anda tinggal jalan ke toko atau mall, lalu foto produk yang menurut Anda menarik. Apa saja. Itu bisa menjadi produk yang Anda jual. Simpel kan?

Ada pun untuk menjual jasa, bisa juga menjual jasa apa saja. Anda punya keahlian apa, semua itu bisa dijual. Misal, keahlian memasak, Anda bisa catering via . Keahlian menulis, Anda bisa jualan jasa menulis konten web. Keahlian public speaking, Anda bisa jualan jasa training atau konsultasi public speaking, dan lain sebagainya.

Atau untuk lebih profesional lagi dengan modal kecil, Anda bisa ikut menjadi toko-toko online yang ada, atau menjadi , dropshiper, distributor, dan bisa juga membuat website sendiri.

Contoh toko online yang menawarkan kerjasama

Ketiga, memulai
Setelah Anda tetapkan akan berjualan apa dan seperti apa, langkah selanjutnya tinggal memulainya.

Tips Memulai Bisnis Online

Sebagaimana bisnis pada umumnya, untuk memulainya harus dipersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan untuk bisnis tersebut. Misalnya, ide bisnis, produk, modal, tempat, dan bagaimana menjalankannya.

Setelah dijelaskan di atas, barangkali ide yang akan Anda jalankan sudah tergambar, begitu pun juga dengan produknya. Jadi tinggal menuju langkah selanjutnya, yaitu pertimbangan modal, tempat untuk bisnis, dan bagaimana menjalankannya.

Pertimbangan modal ini penting. Kira-kira Anda akan menjalankan bisnis online tanpa modal atau dengan modal besar?

Bisnis online gratis tanpa modal

Langkah untuk memulainya gratis tanpa modal bisa dilakukan dengan memfoto produk dari sebuah toko—lalu dijual di media sosial seperti facebook atau instagram. Lantas kalau ada yang beli, baru dibeli produknya ke toko dan dikirim ke alamat pembeli. Selain itu bisa juga sistem kerjasama dengan toko secara langsung minta izin untuk membantu penjualan via online, lantas minta komisi untuk setiap pisc penjualannya.

Langkah lain cara memulainya tanpa modal yang bisa juga dilakukan adalah menjadi reseller dari toko online. Memang untuk menjadi reseller ada yang berbayar—harus membeli beberapa produk dari tokonya. Namun, ada juga yang gratis. Jika ingin tanpa modal, cari saja yang gratis. Tinggal di-searching google banyak toko-toko yang menawarkan menjadi reseller. Jadi, untuk produk, Anda benar-benar tidak mengeluarkan modal untuk menjalankannya.

Setelah urusan produk sudah beres, selanjutnya masalah tempat. Tempat di sini bisa memiliki makna dua, yaitu tempat berbisnis (tempat jualan) dan tempat menjalankan bisnis (kantor).

Jika Anda memang benar-benar menginginkannya gratis tanpa modal sama sekali, maka tempat untuk bisnisnya alias kantor atau toko, bisa dialamatkan rumah saja. Ada pun untuk tempat berbisnis (tempat jualan) bisa menggunakan media sosial (instagram, facebook, twitter, BBM, Whatsapp, dan lain sebagainya), atau gabung di marketplace, seperti KUDO yang menyediakan lapak jualan gratis, namun sudah menjadikannya tanpa modal dan terpercaya karena sudah popular di masyarakat.

Tentu saja dengan fasilitas tempat gratis ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya jelas, di antaranya adalah gratis tidak perlu mengeluarkan uang, selain itu untuk gabung di marketplace, seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, atau KUDO, nama mereka sudah sangat familiar di kalangan calon pembeli—yang mengakses marketplace pun sangat banyak, jadi probability produk kita pun juga besar untuk bisa dibeli. Namun dalam hal ini juga memiliki kekurangan, salah satu di antaranya adalah, Anda akan terikat dengan kebijakan pemiliknya, apapun kebijakannya dari media sosial atau marketplace yang Anda pakai, Anda harus mengikuti. Pasalnya Anda disana ibarat menumpang jualan.

Bisnis online modal kecil

Peluang Anda dengan modal kecil, dari sisi produk bisa menjadi .

Dropship adalah sebuah sistem penjualan sebuah produk secara online di mana si penjual atau pengecer tidak harus memiliki modal besar atau produk sendiri. Sistem dropship berbeda dengan sistem reseller yang mengharuskan penjual atau pengecer untuk membeli produk kepada si supplier (pemilik barang) untuk stok, lalu kemudian dijual ke konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Selain itu, Anda sebagai penjual tidak perlu repot untuk mengerjakan proses pengiriman barang kepada si pembeli, karena supplier yang akan melakukannya. Dan keuntungan menjadi dropship, pada kemasan (bungkus barang) yang dikirim ke pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim oleh Anda sebagai penjual, jadi kredibilitas Anda sebagai dropshipper tetap terjaga dengan baik.

Selain itu, bisa menjadi reseller, agen, atau distributor dari toko online yang sudah ada. Banyak di antara toko online yang mencari agen, reseller, atau distributor di berbagai daerah untuk memaksimalkan penjualan. Anda bisa mengambil kesempatan itu. Namun, umumnya setiap toko online memberikan syarat yang berbeda-beda untuk bekerjasama dengan mereka menjadi reseller, agen, atau distributor.

Bahkan, jika Anda mampu membuat sebuah produk sendiri akan jauh lebih munguntungkan. Misalnya, karena Anda ahli dalam merangkai bunga, maka produk yang Anda jual rangkaian bunga produksi sendiri. Tentu saja harga yang menentukan Anda dan Anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar. Atau jika Anda ahli dalam mengerjakan kerajinan songket, melukis, membuat jajanan, dan semacamnya juga bisa dijadikan produk sebagaimana dijelaskan seperti merangkai bunga.

Ada pun jika Anda memiliki modal meski kecil, bisa menjualnya di toko online pribadi dengan membuat website. Hanya saja memang akan mengeluarkan biaya untuk membuat website, untuk beli doman, hosting, dan desain web. Namun Anda akan lebih leluasa untuk mengelolanya. Anda pun bisa memposting produk sepuasnya, dan bisa memaksimalkan marketing dengan ditautkan juga ke media sosial seperti facebook, twitter, atau pun instagram. Membuat website pribadi juga menjadikannya terpercaya. Umumnya pembeli akan lebih yakin bertransaksi dengan toko online yang memiliki website. Dan dengan website pribadi, jangan khawatir keterikatan kebijakan dengan pihak lain, asal konten yang disuguhkan tidak menyalahi aturan jurnalistik dan tidak mengandung SARA (Suku, Ras, dan Agama), maka tidak akan diblokir.

Bisnis online dengan modal besar

Jika Anda memiliki modal besar, bisa langsung membuat marketplace, seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, atau KUDO. Keuntungannya akan jauh lebih besar karena selain bisa mendapatkan profit dari sistem kerjasama penjualan, bisa juga mendapatkan iklan dari berbagai produk. Atau bisa juga membuat aplikasi seperti yang dilakukan oleh GO JEK, Grab Bike, Uber, dan lain sebagainya.

Selanjutnya, cara menjalankannya tak mululu hanya sekadar mempersiapkan ide bisnis, produk, dan modal. Namun ada hal-hal lain yang penting juga perlu dipersiapkan agar sukses dan lancar jalannya sesuai yang diharapkan, di antaranya yaitu;

  1. Brand
    Brand atau merek, adalah salah satu hal penting bisa menentukan Anda akan sukses atau tidak. Brand bisa berarti mencakup nama brand Anda, logo , dan juga target segmentasi, serta motto atau tagline.Nama brand usahakan menarik, mudah diingat, kalau bisa hanya satu kata, atau kalau terdiri dari beberapa kata bisa disingkat menjadi satu kata, misalnya seperti KUDO singkatan dari ‘Kios Untuk Dagang Online’. Agar mudah diingat, selain kata yang unik biasanya nama bisa terdiri dari pengulangan kata, misalnya, seperti BukuKU, dan lain sebagainya. Satu hal penting juga yang perlu dipertimbangkan saat membuat nama brand adalah harus mudah diucapkan.
  2. Marketing
    Komponen marketing atau pemasaran biasa dikenal dengan 4P, yaitu PRODUCT, PRICE, PLACE dan PROMOTION. Strategi produk yang dijual baik barang maupun jasa harus bagus, atau inovasi baru, atau produk umum yang sudah banyak dijual namun memiliki kelebihan dibandingkan yang sudah ada, dan yang pasti produk yang dibutuhkan dan diinginkan pembeli—atau dalam kata lain berorientasi kepada pembeli. Jika produk berupa barang kemasan juga menjadi salah satu faktor penting dalam marketing.Price atau harga ditentukan sesuai dengan produk yang dijual. Ditentukan harga mahal jika barang atau jasa memang bagus dan untuk segmentasi kelas menengah ke atas. Jika memang yang disasar segmentasinya kelas bawah, maka harga harus murah. Ada pun pertimbangan harga selain ditentukan dari kualitas produk dan segmentasi yang disasar, juga bisa dikaitkan dengan modal produksi, tingkat kesulitan, keunikan, kelangkaan, jumlah permintaan dan harga pembanding dari kompetitor yang ada. Penentuan harga harus benar-benar cermat.Place dalam bisnis offline biasa dimaknai sebagai saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industri pemakai. Adapun bisa berarti chanel atau media yang digunakan untuk berjualan. Misalnya seperti di media sosial, marketplace, atau membuat website toko online pribadi.Di bisnis offline yang juga menentukan penjualan adalah tempat harus strategis, seperti di depan jalan raya, dekat dengan pusat keramaian, dan lain sebagainya. Strategisnya, bisa diartikan yang sering atau banyak dikunjungi oleh pengguna media. Misalnya facebook, yang memiliki follower jutaan atau bahkan ribuan akan lebih strategis untuk dibandingkan dengan yang followernya sedikit. Jika jualan di marketplace, semakin toko onlinenya popular dan banyak dikunjungi, lebih strategis dibandingkan dengan yang masih baru dan belum banyak dikenal. Ada pun jika membuka website toko online sendiri, harus memaksimalkan SEO (search engine optimization). Strategi promosi bisa dengan berbagai macam cara. Bisa dengan memasang iklan di media sosial seperti facebook, twitter, instagram, atau di media-media online. Selain itu bahkan bisa juga memaksimalkan promosi offline, dengan berbagai materi, seperti stiker, kalender, selebaran, pamphlet, leaflet, dan lain sebagainya.
  3. Selling
    Bisa dikatakan selling atau penjualan ujung tombak sukses . Karena disinilah transaksi jual beli itu ada dan menghasilkan profit. Strategi penjualan bisa dengan berbagai macam cara. Bisa sistem penjualan langsung dengan menampilkan foto produk yang dijual, lalu diberi keterangan harga dan cara pembelian. Atau terkadang bisa ditambah dengan gimmick iklan yang berdaya persuasive sehingga menarik pembeli. Ada juga yang memainkan diskon untuk menarik pembeli di keterangan harga. Dan yang juga banyak digunakan karena menunjukkan sangat efektif untuk menarik pembeli adalah dengan memakai copywriting.

    Contoh Iklan Persuasif

    Copywriting adalah jenis soft selling, sebuah cerita yang dibuat dengan memainkan emosional dan menyelipkan produk di dalamnya, sehingga tanpa sadar menarik pembaca untuk menelusuri produk tersebut dan bahkan kemudian membelinya.

Kiat sukses bisnis online di media sosial

Ada beberapa kiat sukses di media sosial seperti facebook, twitter, dan juga instagram.

  1. Perbanyak follower atau friends
    Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan follower atau friend jutaan bahkan hingga ratusan juta. Diantaranya yaitu dengan memasang iklan resmi dari media sosial berbayar, dengan menggunakan jasa buzzer menambah follower atau friend, selain itu dengan memaksimalkan konten media sosial yang diposting unik, menarik, dan sehingga banyak yang tertarik untuk memfollow dan menjadi friend.
  2. Maksimalkan konten
    Buat konten yang menarik follower maupun friend. Bisa dengan status-status motivasi, copywriting, storytelling, artikel, cerpen, puisi, meme lucu, video, dan juga info-info up to date. Selain itu bisa juga dengan berbagai foto menarik dan diberi coption yang lucu-lucu atau kata-kata inspiratif. Jadi tidak hanya sekadar posting jualan produk saja. Semakin variatif kontennya akan semakin menarik untuk dikunjungi, follower tidak merasa dijadikan target penjualan karena mendapat benefit, dan itu artinya memperbanyak kesempatan transaksi. Selain kualitas isi konten, trik di media sosial agar sukses adalah dengan menjaga konsistensi dalam mengupdate konten. Semakin banyak dan sering update, terutama di jam-jam sibuk pengguna media sosial seperti pagi, siang, sore, malam dari jam pulang kerja sampai menjelang tidur, maka akan semakin menarik para friend untuk mengikuti postingan Anda.
  3. Buat calon pembeli nyaman
    Umumnya jika hanya diisi dengan konten-konten jualan saja, follower jadi tidak nyaman. Selain itu, jangan sembarangan tag foto, artikel, dan semacamnya di beranda friend yang belum benar-benar dikenal secara emosional atau dekat, karena seringkali hal itu membuat tidak nyaman.
  4. Service pembeli dengan maksimal
    Pastinya service harus memuaskan. Buat produk sesuai yang diiklankan, pengiriman harus sesuai dengan dedline, dan sapa dengan ramah pembeli atau yang baru tanya-tanya saja. Dengan memuaskan service kepada pembeli juga menjadi salah satu cara sukses.
  5. Salah satu tips untuk Anda agar lebih menarik dan membuat semakin terpercaya, para pembeli bisa diminta testimoni terkait kepuasan pelayanan dan juga produk yang Anda jual. Lalu diposting di media sosial.


    Contoh Testimoni

KUDO: bisnis online terbaru terpercaya

Salah satu yang terbaru di Indonesia adalah KUDO. KUDO merupakan sebuah singkatan dari ‘Kios Untuk Dagang Online’, sebuah perusahaan starup yang berdiri sejak tahun 2014, yang berkeinginan membantu semua masyarakat Indonesia untuk bisa menjadi pengusaha. Meski terbilang usianya masih sangat muda, namun KUDO sudah menjadi salah satu marketplace terpercaya. Pasalnya dari pendirinya adalah Sarjana dan Master dalam ilmu komputer Universitas Illinois Urbana-Champaign dan juga gelar MBA dari Haas School of Business di Barkeley. Jadi memang ahli dibidangnya. Begitu pun juga , ia adalah sarjana cumlaude di Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung, yang berpengalaman kerja selama 5 tahun di Boston Consulting Group di Asia Tenggara.

Bisa dikatakan KUDO juga menjadi salah satu starup terbaik saat ini. KUDO menawarkan berbagai produk; Kupon & Voucher, Aksesoris HP, Aksesoris Kamera, Baterai & Charger, Kamera & Video, Komputer, Makanan Ringan, Perlengkapan bayi & balita, Fesyen Wanita, Fesyen Pria, Fesyen Muslim, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu KUDO juga menawarkan kerjasama sebagai . Ada beberapa keuntungan yang ditawarkan dengan menjadi agen KUDO, diantaranya;

  1. Agen KUDO mempunyai jutaan produk yang bisa ditawarkan kepada calon pembeli
  2. KUDO memberikan komisi dari setiap produk terjual
  3. KUDO memberikan bonus kejutan bagi agen aktif promosi
  4. Agen KUDO diwajibkan saling membantu
  5. Pekerjaan menjadi agen KUDO tidak terikat waktu
  6. Menjadi agen KUDO bisa menjadi bisnis sampingan atau utama
  7. KUDO tidak mematok modal wajib, bahkan bisa hanya bermodalkan uang Rp 10.000
  8. Pengelolaan usaha di KUDO relatif mudah

Cara menjadi agen KUDO

Untuk menjadi agen KUDO Anda bisa melakukan pendaftaran dengan mengakses website www.kudo.co.id.

Lalu klik “DAFTAR JADI AGEN”.

Maka akan keluar formulir untuk mendaftar jadi agen seperti sebagai berikut. Anda tinggal mengisinya sesuai dengan yang diperintahkan. Lalu, setelah selasai maka Anda akan mendapatkan SMS dari KUDO sebagai tanda bahwa Anda telah terdaftar menjadi agen.

Pendaftaran bisa juga dilakukan melalui HP Android, dengan mendownload di Google Play Store .

Setelah itu tinggal Anda install, dan kemudian langsung bisa daftar dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Seperti gambar berikut.

Isi data dengan sebenar-benarnya, karena data tersebut juga berfungsi untuk calon pembeli melacak keberadaan agen.

Selanjutnya, tunggu hingga pihak KUDO mengirimkan pesan yang berisi password KUDO.

Jika sudah mendaftar tunggu hingga menerima pesan seperti ini, dan kemudian silahkan login di aplikasi KUDO. Anda telah berhasil terdaftar menjadi agen KUDO.

Selamat mendaftar. (*)

Sumber gambar: http://www.freepik.com/

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Perdagangan_elektronik
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_Internet
https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

Oleh Tim Media Reputasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *