Cara Mentransfer Bagi Pulsa Kartu 3 Ke Xl Mudah dan Gak Ribet
24Jan

Bisnis Pembayaran Tagihan PLN dan Beberapa Kendala yang Menyebabkan Kerugian

Kenapa banyak orang yang membuka bisnis pembayaran tagihan PLN kemudian gulung tikar? Ada beberapa alasan yang bisa menjadi penyebab tutupnya sebuah bisnis loket pembayaran. Jangan jadikan hal ini sebagai patokan sehingga Anda pun khawatir dan takut untuk membuka bisnis seperti ini karena dengan menghindari beberapa penyebab kerugian Anda bisa membuat bisnis lebih sukses. Oleh karena itu pelajarilah beberapa hal berikut ini yang dapat menyebabkan kerugian sebelum memutuskan membuka loket PPOB.

Modal Kurang

Mendirikan bisnis pembayaran online terbaik memang tidak mudah karena Anda memiliki banyak saingan di bidang yang sama terlebih lagi jika saingan Anda punya banyak modal untuk melakukan deposit. Seringkali sebagai pemilik bisnis Anda harus terlebih dahulu melakukan deposit sebesar uang tertentu baru kemudian transaksi bisa dilakukan. Tanpa modal yang cukup tentu deposit yang Anda simpan menjadi terbatas. Masalahnya apabila konsumen Anda hendak membayar listrik senilai jutaan Rupiah maka Anda pun terpaksa menolaknya mengingat deposit Anda di sana tidak mencukupi. Secara otomatis hal ini akan mempengaruhi reputasi Anda dan mengurangi kepuasan pelanggan. Belum lagi jika vendor Anda mengharuskan deposit senilai uang tertentu dan Anda tidak memilikinya, hal ini bisa jadi masalah yang cukup besar. KUDO sebagai salah satu website yang memberikan wadah bagi agen untuk berjualan tidak mensyaratkan deposit senilai uang tertentu, hanya saja Anda perlu mengisi saldo minimal 10.000 Rupiah. Berjualan melalui KUDO bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang terkendala modal.

Lokasi Tidak Tepat

Meskipun target konsumen Anda cukup luas, namun perlu dipahami bahwa pemilihan lokasi pembukaan loket tetaplah penting. Pada beberapa daerah tertentu yang proses pembayaran listriknya sangat mudah dan dekat mereka tidak memerlukan adanya loket pembayaran terlebih lagi jika lokasinya ramai dan sudah dipenuhi dengan beberapa loket. Anda yang baru saja membuka bisnis harus memilih lokasi yang loket pembayarannya masih terbatas dan penduduknya benar-benar memerlukan tempat yang dekat untuk membayar tagihan. Membuka loket pembayaran listrik di rumah bisa menjadi solusi jika lokasi rumah Anda cukup potensial. Cara membuka loket pembayaran listrik di rumah pun sangat mudah karena Anda tidak memerlukan kios, cukup pasang banner untuk memberitahukan bahwa Anda menerima jasa pembayaran listrik.

Pelanggan Sedikit

Keuntungan bisnis PPOB memang cukup menjanjikan jika jumlah pelanggan Anda banyak, namun komisinya akan semakin sedikit seiring dengan jumlah pelanggan yang sedikit. Komisi yang didapatkan oleh pemilik loket bergantung dari jumlah transaksi, Hal ini dikarenakan komisi hanya bisa didapatkan apabila Anda mendapatkan transaksi. Tidak peduli seberapa sedikit atau banyaknya pembayaran listrik konsumen, Anda kan tetap mendapatkan komisi yang sama. Konsumen yang membayar listrik 100.000 Rupiah dengan 1.000.000 Rupiah sama-sama memberikan komisi sebesar 2.000 Rupiah, begitulah perumpamaannya. Hal ini menjadi faktor utama kerugian sebuah loket pembayaran karena biaya listrik dan kuota internet harus dipenuhi sedangkan komisi menipis.

Untuk menghindari kerugian beberapa kendala harus diatasi dan hal ini bisa dimulai dari pemilihan vendor yang tepat agar Anda bisa memulai bisnis tanpa harus melakukan deposit yang banyak. Jika Anda masih bingung mencari vendor yang tepat, kunjungi website KUDO untuk mendaftar menjadi agen. KUDO menyediakan jutaan produk termasuk pembayaran tagihan listrik. Syarat menjadi agen yang mudah tidak akan menyulitkan Anda bahkan Anda bisa mulai berbisnis dengan hanya bermodalkan ponsel android.

Sumber gambar: http://www.freepik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *