21Aug

27 Bisnis untuk Pemula yang Cocok Menguntungkan & Menjanjikan Terbaru 2017

Bisnis untuk pemula yang cocok menguntungkan & menjanjikan terbaru 2017. Menjadi pengusaha adalah salah satu cara melatih kemandirian dan kreatifitas seseorang. Selain itu dengan membuka usaha, seseorang bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Problematika yang sering terjadi adalah selama ini banyak orang ingin menjadi pengusaha, namun tak kunjung memiliki bisnis. Ternyata ada beberapa alasan mengapa banyak orang takut untuk yaitu karena mereka tidak memiliki modal yang cukup untuk membangun usaha, bingung memulai bisnis dengan usaha apa, dan yang terakhir adalah takut bisnis yang telah dirintis nantinya akan mandeg di tengah jalan. Alasan-alasan itulah yang membuat banyak orang di Indonesia akhirnya lebih memilih menjadi pekerja kantoran saja dari pada memulai dan membuka sebuah usaha.

Namun, Ada juga yang berpikiran bekerja kantoran terlebih dahulu dengan harapan mereka akan menabung dari hasil pendapatannya bekerja kantoran untuk digunakan sebagai modal usaha, tetapi kenyataanya saat sudah memiliki dana yang cukup untuk membuka usaha mereka justru terlalu sibuk bekerja hingga lupa memulai bisnis. Nah, mungkin kejadian seperti itu sedang atau pernah Anda alami. Memulai suatu bisnis atau usaha memang tidak mudah, perlu persiapan dan pertimbangan yang matang untuk memilih bisnis apa yang tepat. Jika Anda masih berkeinginan membuka usaha atau baru akan memulai bisnis, simak penjelasan di bawah ini mengenai bisnis apa saja yang bisa menjadi peluang usaha menguntungkan dan menjanjikan di tahun 2017. Artikel kali ini berisi tips-tips yang bisa dilakukan saat baru akan memulai usaha, strategi pemasaran, hingga bagaimana memulai yang saat ini banyak dilakukan orang.

Sebenarnya banyak bisnis yang bisa Anda coba di zaman sekarang ini karena kebutuhan masyarakat yang semakin komplek dan beraneka ragam. Macam-macam jenis usaha mulai dari bisnis kuliner, jasa hingga yang berbasis teknologi sekarang sedang trend di kalangan masyarakat Indonesia dan dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Jika Anda mencari ide bisnis apa yang dapat memberikan keuntungan, maka simak informasi berikut mengenai beberapa peluang yang cocok, menguntungkan, dan menjanjikan di Tahun 2017.

27 Bisnis untuk Pemula yang Cocok Menguntungkan & Menjanjikan Terbaru 2017

10 Jenis usaha yang Menguntungkan dan Menjanjikan di Tahun 2017 Cocok Bagi Pemula

  1. Bisnis Waralaba atau Franchise
    Waralaba atau yang sering disebut franchise adalah bisnis yang sedang trend di tahun 2017 dan akan terus berkembang di masa depan. Bisnis ini sangat cocok bagi pemula, karena dengan melakukan kemitraan bersama pemilik modal waralaba Anda tinggal menjalani bisnis saja tanpa merencanakan dahulu produk atau jasa apa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Selain itu untuk bahan baku dan segala perlengkapan usaha sudah disediakan oleh pemilik modal.Berbagai jenis usaha waralaba dari kuliner hingga jasa bisa Anda pilih. Untuk waralaba kuliner ada beberapa jenis usaha franchise yang menguntungkan dan menjanjikan seperti kebab turki, sate taichan, brownies, monster ice blend dan masih banyak lagi. Sedangkan di bidang jasa Anda bisa memilih jasa kurir, jasa pembayaran tagihan listrik, hingga jasa laundry. Modal yang dibutuhkan untuk dapat membeli royalti produk adalah sekitar 2 hingga 80 Juta Rupiah.
  2. Membuka Usaha Warung Makan dan Catering
    Bisnis warung makan dan catering adalah bisnis yang sangat menguntungkan dan menjanjikan karena bisnis ini merupakan usaha yang bagus untuk jangka panjang. Kebutuhan konsumsi makanan membuat warung makan dan catering selalu dicari dan dibutuhkan orang setiap hari. Anda juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain untuk tenaga bantu memasak dan packaging.
  3. Membuka Usaha Makanan Jepang dan Korea
    Makanan Jepang dan Korea saat ini sedang trend di masyarakat Indonesia, khususnya remaja. Hal ini karena para remaja sedang demam K-Pop dan drama Jepang. Sehingga membuka usaha makanan Jepang dan Korea bisa menjadi peluang usaha yang tepat untuk pemula dan merupakan peluang bisnis yang menguntungkan serta menjanjikan di tahun 2017. Untuk proses pembuatan makanan Jepang dan Korea cukup mudah, Anda sudah bisa membeli bahan dasarnya di supermarket-supermarket besar di Indonesia.
  4. Bisnis Makanan Ringan
    Makanan ringan adalah makanan yang sering dikonsumsi karena kebiasaan ngemil masyarakat Indonesia. Anda bisa memilih jenis makanan ringan seperti aneka keripik, kue kering, puding, dan aneka olahan pisang. Pembuatan produknyapun bisa Anda lakukan di dapur rumah Anda. Modalnyapun cukup kecil sehingga bisnis ini juga merupakan bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan di tahun 2017. Selain itu bisnis ini juga merupakan contoh usaha modal kecil yang cocok bagi pemula.
  5. Membuat Produk Handmade
    Produk handmade adalah produk yang dibuat dengan ketrampilan dan kreatifitas seseorang tanpa bantuan mesin-mesin canggih. Keunggulan menjual produk handmade adalah Anda bisa melatih dan mengembangkan skill Anda dalam membuat produk. Selain itu Anda juga bisa langsung memasrkannya sendiri. Saat ini masyarakat modern lebih cenderung menyukai produk handmade karena biasanya produk handmade lebih awet dikenakan dan memilki kualitas bahan yang high quality. Contoh produk handmade sendiri antara lain kue kering,  tas, sepatu, celana, rok, kerudung, taplak meja, baju batik, hingga dompet.Bisnis produk handamade juga merupakan bisnis yang menguntungkan karena biasanya produk handmade dijual dengan harga yang lebih mahal dari produk buatan prabrik, hal ini disebabkan produk handmade tidak pasaran atau limmited edition dan kemungkinan hanya Anda yang memproduksi produk tersebut. Ini akan memberikan keuntungan lebih bagi Anda apabila membuka usaha pembuatan produk handmade.
  6. Jasa Fotografi
    Bisnis ini cocok untuk pemula khususnya anak muda yang memiliki kreativitas tinggi dibidang fotografi. Bisnis ini membutuhkan skill dan keterampilan untuk meenghasilkan foto yang bernilai jual tinggi. Biasanya bisnis ini bermula dari hobi seseorang. Bisnis ini sedang trend di tahun 2017 seiiring dengan berkembangnya sosial media. Target pasarannya cukup luas dari anak sekolahan yang akan membuat year book, pasangan muda yang akan foto pre wedding, ataupun perusahaan tertentu yang membutuhkan jasa fotografer untuk memotret produk-produknya agar lebih menarik saat diiklankan.
  7. Jasa Pembuat Website
    Jasa pembuat website juga merupakan usaha yang menguntungkan dan menjanjikan di tahun 2017. Hal tersebut karena perkembangan teknologi yang sangat pesat, banyak perusahaan dan pelaku usaha yang membutuhkan jasa pembuat website agar mereka memiliki website untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa mereka.Bisnis ini memang harus dilakukan oleh orang yang memiliki keahlian dan pengetahuan mengenai HTML, PHP,  dan database. Walaupun termasuk bisnis yang menguntungkan, namun bisnis ini tidak memerlukan modal yang besar untuk memulainya sehingga cocok bagi pemula yang memilki ketrampilan khusus di bidang ini.
  8. Jasa Desain Grafis
    Jasa Desain Grafis juga menjadi bisnis yang menjanjikan di bidang industri kreatif. Jika Anda memiliki kemampuan desain grafis, maka Anda bisa mencoba jasa desain grafis sebagai peluang bisnis. Di masa sekarang banyak sekali orang, organisasi, dan perusahaan yang membutuhkan jasa desain grafis sebagai alat untuk mempromosikan organisasai atau  perusahaan dan produk dari perusahaan tersebut. Selain itu Anda bisa melakukan bisnis ini di mana saja apabila belum memiliki modal yang cukup untuk menyewa tempat. Anda cukup membuka jasa lewat online dan mengirimkan hasilnya ke email konsumen.
  9. Jasa Desain Kaos
    Bisnis usaha desain kaos merupakan usaha dibidang industri kreatif yang tidak memerlukan modal banyak, namun memberi keuntungan yang menjanjikan. Jika Anda berminat membuka jasa desain kaos, maka Anda cukup mengandalkan skill desain grafis Anda. Biasanya target konsumennya adalah para pelaku usaha dibidang pakaian yang masih kecil seperti butik atau distro.
  10. Bisnis Internet Marketer
    Pengguna internet yang akan terus bertambah membuat marketer sebagai bisnis paling menguntungkan dan menjanjikan di tahun 2017. Untuk memulai bisnis ini cukup mudah sehingga cocok bagi pemula. Hanya mengandalkan akses internet dan skill marketing, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Selain itu bisnis ini merupakan usaha yang bagus untuk masa depan.
  11. Jasa Percetakan
    Industri kreatif selanjutnya yang cocok dicoba pemula adalah jasa percetakan karena bisnis ini sangat menguntungkan dan menjanjikan hingga di masa depan. Hal ini karena hampir setiap orang membutuhkan jasa ini terutama bagi mereka yang sedang dalam masa studi ataupun perusahan-perusahaan besar. Anda perlu mempersiapkan gerai untuk menjalankan jasa percetakan dan alat-alat cetak yang dibutuhkan untuk jasa percetakan.
  12. Reseller Toko Online
    Nah, kalau bisnis yang satu ini tergolong paling mudah. Hanya bermodal minimal Rp 100.000,- dan koneksi internet yang bagus, Anda bisa menjadi reseller suatu produk. Bisnis ini banyak dilakukan oleh anak muda bahkan yang masih menjalani masa pendidikan. Prosesnya yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja membuat bisnis ini menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan, karena Anda tidak perlu dipusingkan dengan membuat produk sendiri. Anda hanya berperan memasarkannya lebih luas.

Beberapa bisnis tersebut sangat cocok bagi Anda yang masih tergolong baru di dunia usaha. Jika Anda sudah memiliki gambaran tentang bisnis apa yang sekiranya cocok dan menguntungkan bagi pemula, maka sebelum menjalankan usaha, Anda juga harus mempelajari tips-tips berikut sehingga saat akan terjun ke pasar Anda sudah lebih siap.

Tips Memulai Bisnis untuk Pemula

  1. Niat
    Niat adalah point utama yang harus dimiliki saat akan memulai bisnis. Karena jika tidak ada niat, maka akan sulit memulai. Niat juga akan memicu motivasi diri agar bisnis yang sudah Anda inginkan bisa berjalan.
  2. Atur Mindset
    Untuk memulai bisnis Anda harus berani mengatur mindset atau pola pikir tentang bisnis. Karena banyak orang yang gagal untuk membangun bisnis disebabkan pola pikir yang salah tentang bisnis. Sebagian besar orang mengira bisnis itu karus memiliki modal yang besar, nyatanya banyak pengusaha sukses yang dulunya memulai bisnis dengan modal pas-pasan. Anda juga harus berifikir bahwa dalam menjalani suatu bisnis yang terpenting adalah prosesnya, bukan hasilnya saja. Hal ini karena untuk mencapai bisnis yang sukses, seorang pebisnis pasti pernah mengalami proses bahwa seseorang harus melewati proses gagal dan harus bekerja dengan keras untuk mengembalikan dan mengembangkan bisnisnya. Pada intinya dalam bisnis tidak ada yang namanya instan langsung sukses. Jadi Anda harus siap gagal dan juga harus siap bangkit kembali.
  3. Tentukan Konsep Bisnis yang tepat
    Mulailah dengan merencanakan dan menentukan konsep bisnis yang tepat. Anda bisa mencoba bisnis sesuai dengan hobi atau passion Anda. Keuntungan membangun bisnis yang sesuai hobi adalah saat bekerja akan lebih senang dan sepenuh hati sehingga pekerjaan yang dilakukan akan terasa lebih mudah. Banyak pengusaha sukses yang membangun bisnis dari hobi dan passion mereka sehingga mereka lebih mudah untuk meraup keuntungan. Selain itu Anda juga bisa mempertimbangkan bisnis atau usaha apa yang bagus untuk jangka panjang sehingga bisnis Anda akan tetap bertahan di masa depan.
  4. Fokus Pada Konsep Bisnis yang Telah Dipilih
    Jika sudah memilih konsep dan jenis bisnis apa yang akan dijalankan, maka Anda tinggal fokus pada bisnis tersebut. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait bisnis tersebut seperti bahan baku dibutuhkan hingga bagaimana strategi pemasarannya Nah, jika sudah memiliki satu konsep bisnis, maka biasanya orang tergiur mencoba konsep bisnis lain dan berfikiran menjalankan dua konsep bisnis yang berbeda secara bersamaa. Cara ini sangat tidak disarankan karena hal ini akan membuat fokus Anda terbagi yang akan mengakibatkan bisnis Anda tidak terorganisir dengan baik dalam perencanaan atau pelaksanaanya.
  5. Berfikir Kreatif
    Berfikir kreatif bisa dilakukan dengan cara mengembangkan konsep yang telah dibuat. Hal ini bermafaat agar bisnis yang akan Anda jalani memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda dengan yang lainnya. Misalnya adalah jika Anda akan mencoba bisnis catering, maka Anda bisa mengkreasikan membuka jasa catering dengan menu untuk orang-orang yang sedang diet. Hal ini akan membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis catering pada umumnya yang menyediakan jasa masakan untuk pertemuan atau acara pesta. Dengan memiliki bisnis yang berbeda, Anda bisa mengurangi saingan bisnis karena jasa catering menu makanan diet masih sedikit.
  6. Pelajari Situasi Pasar
    Mempelajari pasar menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi Anda yang baru akan memulai bisnis. Cara ini dimaksudkan agar Anda tepat mencari target konsumen yang nantinya berpotensi membeli atau memakai produk atau jasa usaha Anda. Misalnya saat akan mencoba , Anda mencari tahu kira-kira makanan apa yang sedang trend di daerah Anda, dan siapa saja yang target konsumennya. Dengan mempelajari situasi pasar saat bisnis Anda sudah berjalan maka akan lebih mudah mencari konsumen.
  7. Mau Belajar
    Teruslah belajar, dan jangan sungkan meminta pendapat orang lain mengenai bisnis Anda. Hal ini untuk memperbaiki kekurangan yang  tidak Anda ketahui ada pada bisnis Anda sehingga segera diperbaiki. Anda juga bisa berkonsultasi dengan pengusaha di bidang yang sama dengan yang anda jalani, jangan gengsi karena setiap manusia tidak ada yang sempurna dan memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing.
  8. Mulai Action
    Setelah semuanya telah direncanakan dan dipersiapkan, Anda harus segera bertindak dan jangan menunda untuk menjalankan bisnis. Mulailah promosikan produk atau jasa usaha Anda kepada rekan-rekan, tetangga, dan keluarga. Kemudian mintalah mereka untuk membantu promosikan produk atau jasa usaha Anda ke rekan-rekan dan keluarga mereka. Jika beberapa orang sudah mencoba produk dan jasa usaha Anda dan mereka merasa senang serta puas, maka mulailah untuk menjual produk Anda ke masyarakat luas. Anda bisa menjual produk Anda secara langsung atau secara online.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat akan memulai bisnis. Seperti yang sudah dijelaskan pada tips-tips di atas bahwa memilih jenis usaha apa yang akan Anda coba adalah hal yang penting. Oleh karena Anda harus mempertimbangkan dengan matang bisnis apa yang akan Anda pilih yang kira-kira bisa bertahan lama sehingga bisa membawa keuntungan kepada Anda.

Setelah usaha sudah dijalankan yang perlu dilakukan adalah mempertahankan eksistensi bisnis agar konsumen tetap membeli produk atau menggunakan jasa kembali dan memperluas target pasar untuk menjaring konsumen baru. Nah, untuk bisa mempertahankan konsumen dan memperluas pasar  Anda perlu memilki strategi pemasaran yang tepat.

Pemasaran produk atau jasa dari usaha yang masih baru sangat penting karena pemasaran sendiri sebenarnya mutlak harus ada bahkan untuk usaha yang telah berjalan lama. Pemasaran bisa dibilang “nyawa” dari sebuat bisnis karena transaksi jual beli tidak akan ada apabila strategi pemasarannya buruk. Strategi pemasaran yang baik adalah yang mampu menarik konsumen untuk terus membeli produk atau memakai jasa usaha. Anda tidak perlu membayangkan bahwa melakukan pemasaran itu sulit dan membutuhkan modal yang besar. Anda bisa mempelajari strategi pemasaran sendiri walaupun dengan modal yang sangat minim. Berikut strategi pemasaran jitu yang dapat Anda coba untuk memasarkan produk usaha atau jasa yang tergolong masih baru.

  1. Terus Lakukan Riset Pasar
    Riset Pasar adalah strategi pemasaran awal yang dilakukan bahkan sebelum bisnis berjalan. Anda bisa melakukan riset pada produk, apakah nantinya produk memiliki pasar dan target sasaran yang jelas. Melakukan riset kompetitor, yaitu sebera banyak pengusaha lain yang sudah terlebih dahulu membuka usaha seperti yang akan Anda jalankan. Dan melakukan riset pasar, yaitu melihat apa yang sedang dibutuhkan pasar.
  2. Perkuat Nama Brand Bisnis
    Setelah melakukan riset pasar dan usaha Anda sudah berjalan yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memperkuat nama brand produk atau jasa. Dengan memperkuat nama brand bisnis akan memperbesar produk atau jasa Anda dapat bersaing di pasaran. Misalnya dengan melakukan packaging yang menarik, membuat logo produk, atau membuat ikon produk hal ini akan memancing konsumen selalu mengingat produk atau jasa Anda.
  3. Jeli Melihat Kebutuhan Konsumen
    Anda harus jeli melihat kebutuhan konsumen, apakah produk Anda layak dan dibutuhkan pasar. Dan yang terpenting adalah mau untuk selalu melakukan inovasi produk ataupun pelayanan usaha Anda karena di zaman yang dinamis ini kebutuhan manusia cepat berubah sehingga Anda jangan ragu untuk mengikuti perkembangan zaman dengan selalu berinovasi pada produk dan pelayanan bisnis Anda. Misalnya jika Anda membuka jasa catering, Anda bisa melayani konsumen dengan membuka orderan lewat online tanpa harus konsumen ke toko Anda. Anda bisa meminta bantuan jasa kurir atau ojek online untuk mengantar pesanan ke konsumen Anda.
  4. Aktif dalam Berpromosi
    Promosi tidak hanya sekedar dilakukan secara tatap muka dengan calon konsumen. Anda bisa melakukan promosi dengan membuat selebaran, spanduk, ataupun melalu sosial media mengenai produk Anda. Jika semakin banyak promosi maka akan semakin besar peluang keuntungan yang akan didapatkan.
  5. Perluas Pasar melalui Bisnis Online
    Nah, strategi pemasaran yang terakhir dapat dilakukan untuk memperluas pasar sehingga konsumen Anda tidak hanya di daerah sekitar Anda tinggal tetapi bisa ke seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Nah, untuk memperluas pasar Anda bisa menjual produk atau jasa di Pasar online. Pasar online memungkinkan Anda mendapatkan keuntungan lebih dengan mendapatkan lebih banyak konsumen, selain itu caranya juga cukup mudah Anda hanya tinggal mengupload produk Anda di pasar online dari smartphone Anda kapan pun dan di mana pun Anda mau.

Nah, itulah beberapa strategi pemasaran untuk mempertahankan eksistensi produk dan jasa usaha Anda dan memperluas pasar bagi pemula. Di zaman yang serba berkaitan dengan teknologi ini, menerapkan strategi pemasaran berbasis online sangat tepat. Karena saat ini orang lebih banyak mencari sesuatu lewat online. Bisnis lewat online juga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan dan menjanjikan di tahun 2017 dan bisnis ini juga akan mengalami perkembangan yang sangat pesat ke depannya. Anda bisa memulai bisnis online murah bersama KUDO.

Memulai Bisnis Bersama KUDO

Apa itu KUDO? KUDO merupakan portal bisnis online terpercaya dan salah satu yang terbesar di Indonesia KUDO membuka kesempatan seluas-luasnya bagi Anda yang ingin memulai bisnis online. Anda bisa memasarkan dan menjual produk atau jasa usaha Anda dengan menjadi Agen KUDO. Atau jika Anda belum memiiki produk sendiri, maka Anda bisa tetap menjadi Agen KUDO dengan menjadi reseller produk atau jasa usaha lain yang sudah ternama. Tidak hanya produk secara fisik yang bisa dijual, KUDO juga satu-satunya platform jual beli online yang memberi kesempatan pada agen KUDO untuk membuka jasa pembayaran tagihan bulanan, asuransi, tagihan leasing, hingga jasa pembelian tiket dan pulsa. Jadi tidak hanya produk saja yang bisa dijual, Anda juga bisa menjadi agen jasa pembayaran berbagai tagihan, jasa jual tiket, dan jasa jual pulsa secara online.

Model bisnis KUDO sangat sederhana, di mana pun Anda berada baik di kota ataupun di desa Anda bisa menjadi Agen KUDO asalkan ada jaringan internet. Jika Anda bergabung menjadi agen KUDO, maka Anda dapat memberi kesempatan bagi konsumen untuk membeli produk secara online. Nah, apabila Anda bukan menjual produk tetapi jasa, Anda juga bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran tagihan listrik, telepon, pembayaran asuransi, hingga pembelian pulsa secara online. Masyarakat bisa langsung melakukan transaksi secara online atau bisa dengan bantuan membayar tunai ke Anda kemudian Anda sebagai agen KUDO membantu transaksi konsumen secara online.

Lalu bagaimana cara mendaftar sebagai agen KUDO? Mendaftar sebagai agen KUDO sangat mudah dan gratis. Anda hanya perlu mengunjungi website KUDO bisa lewat komputer atau lewat smartphone. Kemudian daftarkan diri Anda sebagai agen. Apabila sudah mendapat notifikasi bahwa Anda telah resmi menjadi Agen KUDO, segera isi saldo minimal Rp 10.000,- dan Anda sudah langsung bisa menjual produk dan jasa Anda. Setelah bisa berjualan dan melakukan transaksi, Anda akan mendapat komisi dari transaksi yang sudah dilakukan yang akan masuk otomatis ke dalam saldo Anda. Aplikasi KUDO telah didesain aman untuk agen KUDO dengan merekam semua transaksi sehingga bisa dilacak. Jadi, jangan khawatir nominal komisi Anda tidak dibayarkan. Mudah bukan? Nah, segera daftarkan sebagai agen KUDO. Dengan bergabung bersama KUDO, bisnis Anda akan semakin menguntungkan dan menjanjikan.