11Nov

Peluang Bisnis Rumahan Tanpa Modal 2017 untuk Pemula Gratis

Peluang modal kecil bisa menjadi penting bagi Anda jika memang hasil dari gaji yang didapatkan tempat kerja masih belum bisa mencukupi kebutuhan keluarga. Atau untuk tetap mempertahankan setelah wanita karir berhenti bekerja karena memutuskan menjadi ibu . Tapi, seringkali untuk memutuskan jenis ini juga menjadi problem tersendiri.

Secara umum saat ini bisnis  yang bisa dijalankan ada dua pola, atau offline? Jika Anda bingung memutuskan yang mana, maka bisa dibandingkan keuntungan dan resiko masing-masing dari pola tersebut.

Bisnis Rumahan Modal Kecil Menjanjikan Untung Besar | KUDO

Peluang saat ini sudah sangat menjanjikan. Hal ini karena perkembangan pemakai internet di yang terus bertambah. Lihat data statistik berikikut.

Dan menariknya, dari data jumlah pengguna internet tersebut, pada tahun 2016 aktivitas belanja onlinenya hingga mencapai $8.70 Miliar. Lihat pertumbuhan transaksinya dari tahun 2011-2016 berikut. Pertumbuhannya menunjukkan kenaikan yang sangat signifikan.

Dan berikut ini adalah demografi pengguna internet di Indonesia.

Menariknya, bisnis online tidak membatasi Anda berada di desa atau kota besar. Selama jaringan internet di daerah Anda baik, maka Anda bisa menjaring pasar di seluruh Indonesia dan bahkan dunia.

Bisnis Rumahan Online

Memang ideal untuk seorang ibu rumah tangga, karena selain aman, juga bisa memberikan waktu lebih banyak dengan anak dan keluarga. Dan menariknya lagi, saat ini banyak bisnis yang menjanjikan, hasilnya bahkan bisa melebihi gaji menjadi seorang karyawan di perusahaan besar. Jadi, tidaklah mengherankan jika saat ini banyak sekali para wanita karir yang kemudian memutuskan berhenti bekerja dan memilih menjalankannya karena peluang itu.

Saat ini bentuknya di Indonesia pun mengalami perubahan trend. Jika dulu umumnya bisnis rumahan mengacu kepada jenis usaha seperti warung makan, katering, bimbel, laundry, kos-kosan, dan lain sebagainya, yang umum dilakukan oleh ibu-ibu yang sudah berumur. Sekarang sudah beralih ke bisnis online dan dilakukan oleh ibu-ibu yang usianya masih relatif muda dan produktif. Memang jenis bisnis yang dijalankan masih ada yang sama seperti jasa katering atau bimbel, namun mereka memaksimalkan roda bisnisnya melalui online—baik promosi dan pemesanan dilakukan melalui berbagai media online, seperti Facebook, Twitter, maupun Instagram. Umumnya hasil yang diperoleh pun juga lebih besar—karena ceruk pasarnya lebih luas bisa terjangkau di mana-mana.

Ada banyak jenis yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga, di antaranya yaitu:

  1. Toko online
    Cara membuat saat ini sudah sangat mudah. Pasalnya banyak tools media online yang memfasilitasi untuk kegiatan toko online, misalnya Facebook, Instagram, Twitter, atau marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan juga . Tinggal pilih mau memakai tools yang mana untuk kegiatan toko online Anda. Bahkan, jika Anda mempunyai modal, bisa juga langsung membuat website untuk toko online sendiri.Tentunya memakai tools media yang ada atau marketplace dan membuat toko sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, dengan memakai fasilitas tools toko online di , seperti Facebook, Instagram, atau Twitter, pasarnya sudah jelas dan besar, yakni semua pengguna media sosial tersebut. Tentunya kemungkinan terjualnya produk Anda akan sangat besar. Terlebih jika memanfaatkan iklan resmi berbayar di media sosial tersebut. Atau menggunakan marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan juga KUDO. Kelebihannya adalah nama-nama marketplace tersebut sudah sangat populer dan memiliki reputasi baik di mata pelanggan. Tentunya itu menjadi kelebihan tersendiri untuk dasar kepercayaan seseorang membeli produk Anda. Selain itu pengguna marketplace tersebut juga banyak dan semua bisa menjadi target pasar Anda. Namun kekurangannya Anda akan terikat dengan kebijakan-kebijakan yang ditentukan oleh tools medianya.Kelebihan membuat website toko online sendiri salah satunya Anda bebas mengelola sesuai dengan keinginan. Anda tidak terikat dengan siapa pun. Anda bebas mau posting apa saja di laman website. Anda juga bebas menentukan harga, strategi marketing, dan brandingnya. Namun, Anda harus membangun brand dari nol dan berjuang keras untuk meramaikan website toko online itu sendiri, karena tidak ada yang membantu Anda, dan itu menjadi salah satu kekurangannya.
  2. Agen toko online
    Alternatif lain bisnis rumahan yang menguntungkan dan mudah dijalankan bagi ibu rumah tangga adalah menjadi toko online. Ada banyak toko online yang menawarkan kerjasama menjadi agennya dengan berbagai macam persyaratan. Umumnya persyaratannya tidak terlalu rumit, sehingga siapa saja bisa untuk menjadi agennya. Mulai dari toko online yang dimiliki oleh perseorangan atau toko online besar semacam marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, dan juga KUDO.Di toko-toko online milik perseorangan umumnya untuk menjadi agen harus membeli produk mereka, meski ada yang tidak mengharuskan. Namun untuk marketplace secara umum menawarkan kerjasama menjadi agen secara gratis, misalnya seperti KUDO. Menjadi tidak dipungut biaya dan bahkan KUDO menawarkan keuntungan komisi hingga 70%. Cara mendaftar menjadi agen KUDO pun sangat mudah. Semua dijelaskan di website www.kudo.co.idMenariknya lagi, koleksi produk yang dijual di KUDO jenisnya bermacam-macam dan sangat banyak. Mulai dari kupon dan voucher, aksesoris HP, aksesoris kamera, baterai dan charger, kamera dan video, komputer, makanan ringan, perlengkapan bayi dan balita, fesyen wanita, fesyen pria, fesyen muslim, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  3. Reseller produk
    Peluang untuk menjadi reseller saat ini terbuka sangat lebar. Karena banyak sekali toko online yang membuka kerjasama menjadi reseller. Di website toko online umumnya memberikan informasi bagaimana cara untuk menjadi resellernya.Hampir semua toko online membuka kesempatan kerjasama untuk menjadi reseller karena bagi pemilik toko online itu cukup menguntungkan bagi mereka. Produknya akan bisa lebih banyak terjual dan terpromosikan. Selain itu dengan adanya banyak reseller, pola sirkulasi keuangan mereka juga lebih cepat dan mudah mencapai target.Bagi Anda yang menjadi reseller produk toko online tertentu pun juga mendapatkan banyak keuntungan. Di antaranya yaitu, Anda sudah tidak perlu pusing lagi memikirkan produk, tentu mendapatkan keuntungan selisih harga dari pernjualan, dan Anda juga tidak perlu repot membangun brand produknya. Terlebih jika Anda menjadi reseller produk brandnya yang sudah ternama peluang menjualnya akan semakin mudah, keuntungan pun jadi banyak. Satu lagi kelebihan dari bisnis reseller adalah bisnis ini tergolong bisnis rumahan modal kecil. Jadi jangan khawatir jika modal Anda terbatas, karena peluang Anda bisa melakukannya terbuka lebar.
  4. Dropshipper
    Sistem dropshiper berbeda dengan sistem reseller. Jika menjadi reseller diharuskan penjual atau pengecer membeli produk kepada si supplier (pemilik barang) untuk stok, lalu kemudian dijual ke konsumen dengan mengambil keuntungan dari selisih harga barang. Menjadi dropshiper tidak diharuskan membeli produk kepada si supplier (pemilik barang) untuk stok. Anda sebagai dropshiper juga tidak perlu repot mengerjakan proses pengiriman barang kepada si pembeli, karena supplier yang akan melakukannya. Bisa dikatakan Sistem dropshiper adalah bisnis rumahan tanpa modal yang menarik dan memberikan banyak keuntungan. Karena Anda hanya bertugas sebagai penjual barang supplier, pengurusan barang dari supplier, namun pada kemasan (bungkus barang) yang dikirim ke pembeli akan ditulis bahwa barang dikirim oleh Anda sebagai penjual. Dan selain nama baik ke pembeli, Anda juga mendapatkan imbalan dari proses itu.
  5. Distributor
    Kalau Anda mempunyai modal agak cukup namun belum terpikir memiliki produk sendiri, Anda bisa mulai bisnis rumahan dengan menjadi distributor toko online yang ada. Saat ini juga sudah banyak toko online yang memberikan kesempatan kerjasama menjadi distributor selain menjadi agen, reseller, dan juga dropshipper. Keuntungan menjadi distributor tentu saja lebih besar karena diskon yang ditawarkan umumnya lebih besar dibandingkan bentuk kerjasama lain. Namun, memang untuk menjadi distributor Anda pun juga perlu mengeluarkan uang sedikit lebih besar.Jenis bisnis rumahan online lain sebenarnya masih banyak yang bisa dijalankan di samping semua yang telah dibahas. Seperti peluang menjadi publisher adsense, affiliasi, penulisan artikel, pembuatan website, menjadi buzzer, pengelola media sosial, jasa pengetikan dan penerjemah, dan masih banyak lagi. Namun semua bisnis itu membutuhkan skill lebih dalam mengoperasikan media sosial dan internet. Selain itu, proses bisnisnya juga cenderung lebih kompleks dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang disebutkan sebelumnya.

Ada banyak faktor yang membuat bisnis berjalan sukses dan mendapatkan keuntungan besar. Baik mulai dari awal memulai bisnisnya, pengelolaan bisnisnya, hingga pengembangan bisnisnya. Untuk mempermudah membahasnya, berikut akan dibagi ke dalam tiga bagian, yaitu:

  1. Merintis bisnis
    Dari awal perintisan, terkadang sudah bisa terlihat sebuah bisnis yang didirikan akan sukses dan berkembang besar atau akan tutup di tengah jalan.Umumnya seorang wirausahawan pemula merintis sebuah bisnis lebih banyak dikuasai oleh semangat yang menggebu-gebu ingin memiliki bisnis sendiri, mendapatkan keuntungan besar, dan menjadi kaya. Hal semacam ini banyak dialami oleh pemula. Tidak ada yang salah, namun jika hanya mengandalkan semangat dan obsesi sukses yang menggebu-gebu, hal itu bisa menjadi bumerang dalam menjalankan bisnis tersebut.Merintis bisnis yang pada akhirnya sukses, umumnya adalah yang diawali dengan perencanaan matang. Pemilihan bisnis yang dijalankan pun juga dipertimbangkan dengan baik. Biasanya dimulai dari bidang yang disukai, dikuasai, dan yang dijalani dengan penuh penjiwaan—atau seringkali disebut sebagai passion-nya. Jadi bukan karena hanya sekadar latah mengikuti trend bisnis yang sedang booming.Selanjutnya dalam memulai bisnis tidak hanya sekadar mengandalkan modal uang besar. Namun merintisnya dari kecil terlebih dahulu dan mengutamakan membangun sistem, membentuk brand yang unik dan menjual, menanamkan reputasi ke masyarakat, dan menata positioning di antara pemain bisnis yang sama, mulai dari kualitas produk, harga, strategi promosi, menetapkan segmen pasar, dan juga service yang diberikan. Di samping itu, ada tekad yang kuat untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan penuh kedisiplinan untuk kesuksesan bisnis tersebut.
  2. Mengelola bisnis
    Banyak pengusaha pemula berhasil merintis sebuah usaha, namun tidak sukses dalam mengelola bisnisnya, akhirnya bisnis pun tidak berumur panjang. Merintis bisnis memang lebih mudah dibandingkan mengelola bisnis dan membuatnya terus bertahan dan menguntungkan. Umumnya kegagalan pengelolaan bisnis yang dilakukan oleh para pengusaha pemula adalah dalam manajemen keuangan. Kesalahan jamak yang sering dilakukan dalam keuangan adalah mencampur-adukkan uang pribadi dengan uang usaha, antara gaya hidup dengan pendapatan ibarat pasak daripada tiang—jadi lebih besar pengeluaran dari pendapatan, tidak melakukan pembukuan dengan baik dan disiplin uang usahanya.Selain itu kesalahan umum yang sering dilakukan juga terletak dalam pengelolaan karyawan. Terlalu permisif terhadap kesalahan karyawan, tidak tegas dalam mendisiplinkan karyawan, dan tidak bisa memposisikan diri antara sebagai pemilik usaha saat jam kerja dengan karyawan, maupun saat di luar kerja. Karyawan harus bekerja sesuai dengan tugasnya dan tegas dalam mendisiplinkan aturan, adalah kunci dari kesuksesan usaha.Terkadang kesalahan yang juga mengakibatkan gagalnya sebuah usaha adalah karena tidak merawat pelanggan dengan baik. Pelanggan harus dikelola dengan service yang memuaskan, karena pelanggan sejatinya adalah roda utama yang menjalankan perputaran usaha.
  3. Mengembangkan bisnis
    Bisnis ibarat sebuah tanaman. Tanaman yang baik adalah yang terus tumbuh, berkembang, berbuah, dan menjadi lebih banyak bisa dimanfaatkan. Jadi jiwa seorang pengusaha seharusnya tidak boleh mudah berpuas diri dengan keberhasilan yang didapatkan. Seorang pasti adalah pribadi yang ingin terus mengembangkan usahanya dan terus berinovasi. Namun, dalam mengembangkan bisnis seorang pengusaha sukses tidak gegabah. Mereka benar-benar berhitung, menimbang, dan menetapkan waktu yang tepat ketika akan dikembangkan usahanya. Seringkali kegagalan pengusaha pemula dalam mengembangkan usaha karena gagal menetapkan waktu yang tepat untuk pengembangan. Terkadang terlalu tergesa-gesa karena ingin melipat-gandakan penghasilan—sebelum usaha pertamanya sudah benar-benar mapan, sudah memutuskan mengembangkan usaha baru atau membuka cabang.

KUDO Bisnis Online Menjanjikan Untung Besar

Kabar gembira untuk Anda yang baru akan membangun bisnis rumahan, karena ada peluang besar bisnis online yang bisa dijalankan menjadi  peluang menjanjikan dan . Selain itu, bisnis ini juga menawarkan sebagai modal kecil untung besar. Benar-benar sesuai dengan prinsip ekonomi, yaitu modal sekecil-kecilnya untuk mendapatkan untung sebesar-besarnya.

Anda penasaran?

Yang dimaksud adalah KUDO. Mungkin bagi sebagian orang mendengar kata KUDO masih terasa asing. Itu sangatlah wajar, karena perusahaan ini baru didirikan pada bulan Juli 2014 sebagai startup dibidang e-commerce atau toko online di Indonesia, oleh dua pemuda, yaitu Albert Lucius dan Agung Nugroho. KUDO adalah singkatan dari ‘Kios Untuk Dagang Online’. Secara garis besar, tidak jauh berbeda dengan marketplace lain seperti; Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan semacamnya. Namun, KUDO memiliki beberapa diferensiasi dalam menjalankan bisnisnya.

Slogan KUDO adalah “Now Everyone Can Shop Online”, jadi tujuan utama didirikannya KUDO tidak lain untuk membuat lebih banyak orang terjangkau oleh e-commerce atau toko online. KUDO mulai memasarkan produknya sekitar bulan Januari 2015. Namun dengan tenaga sekitar 350 pemuda KUDO hingga saat ini sudah mulai menjadi salah satu toko online yang diperhitungkan di Indonesia.

KUDO memiliki kredibilitas yang cukup tinggi, meski terbilang masih muda. Terbukti, dari modal atau investasi KUDO yang disupport oleh banyak investor lokal hingga global. Jadi, jangan khawatir dengan pertumbuhan bisnis ini jika bergabung menjadi agen. Semakin lama, bisnis ini akan terus mengumpulkan banyak costumer yang siap belanja produk-produk yang Anda pasarkan.

Bagaimana, Anda tertarik bisnis dengan KUDO?

Berikut ini akan dijelaskan bagaimana langkah-langkah bisnis di KUDO.

Pertama, daftar menjadi agen.

Jika ingin berbisnis dengan KUDO maka mutlak Anda harus bergabung dulu menjadi agen KUDO.

Langkah untuk menjadi agen KUDO sangat mudah, Anda tinggal download di Google Play Store. Lalu tinggal Anda install dan setelah itu bisa langsung daftar dengan mengisi semua formulir sesuai dengan petunjuk. Anda pun setelah melalui semua tahapan itu, akan mendapatkan SMS dari KUDO yang menyatakan bahwa Anda telah resmi menjadi agen KUDO. Selanjutnya, tinggal menjalankan bisnisnya.

Kedua, menjalankan bisnis sebagai agen KUDO

Menjadi agen KUDO tidak rumit dan bahkan sangat simpel. Jadi bisa dipastikan siapa saja bisa menjalankan bisnis ini meski tidak berlatar belakang sarjana atau berpendidikan tinggi.

Sederhananya—setelah Anda terdaftar menjadi agen KUDO bisa langsung jualan dengan akun yang Anda miliki. Anda tinggal menunjukkan produk-produk yang dijual di aplikasi KUDO kepada calon costumer. Jika memang mereka tertarik, bisa langsung melakukan transaksi. Pembayaran bisa langsung secara cash kepada Anda, atau bisa via transfer.

Contoh skema transaksi di KUDO


Contoh produk yang dijual di KUDO

Contoh produk yang dijual di KUDO

Selain itu, bisa juga penjualan melalui online, yaitu dengan membagikan produk-produk yang ingin Anda jual ke media sosial seperti facebook, twitter, atau pun instagram. Ada pun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:

Setelah itu, akan keluar gambar berikut:

Anda tinggal pilih mau dijual ke mana, apakah facebook, twitter, atau lainnya, seperti instagram. Jika ada yang beli, maka gambar keranjang di akun KUDO Anda akan berwarna merah dan menunjukkan angka berapa jumlah pembeli.

Selanjutnya, Anda tinggal mengirimkan memproses pembelian costumer. Dan transaksi Anda akan terekam di akun. Seperti gambar berikut:

Ketiga, keuntungan melimpah

Bukanlah berlebihan jika KUDO dikatakan sebagai bisnis rumahan modal kecil menjanjikan untung besar. Karena dengan menjadi agen KUDO maka peluang keuntungan komisi hingga 70%. Komisi KUDO untuk agen pun juga sangat transparan dan akuntabel. Jadi jangan khawatir ada salah hitung atau keuntungan Anda tidak bisa dicairkan.

Komisi dari setiap transaksi agen KUDO, sesuai dengan jumlah komisi yang tertera di bawah harga. Perhatikan gambar berikut.

Misalkan, jika Anda berhasil menjual produk Men Tony Short Jeans, seharga Rp.169.950,- maka Anda langsung mendapatkan komisi sebesar Rp. 25.492,-.

Jika Anda berhasil melakukan transaksi harian lebih banyak, maka akan mendapatkan komisi besar. Sebagaimana prinsip bisnis ritel, bukan hanya dihitung keuntungan dari terjualnya satu produk. Namun, memakai prinsip kali banyak, kali sering. Jadi transaksi haru banyak, dan juga sering transaksi. Sedikit-sedikit lama-lama akan menjadi banyak. Jika Anda berhasil setiap hari transaksi empat produk saja, dengan komisi Rp.25.000-an, selama satu bulan, Anda sudah bisa mendapatkan penghasilan Rp.3.000.000,- Lumayan, bukan? Bagaimana jika Anda bisa berhasil melakukan transaksi sampai 10 atau seratus dalam sehari? Anda bisa menjumlahnya sendiri.

Selain keuntungan dari komisi penjualan, KUDO juga memberikan berbagai macam keuntungan dari bonus. Seperti referral mendapatkan bonus sebesar Rp.30.000,-.

Dan selain bonus-bonus itu, KUDO sering juga memberikan cashback untuk beberapa produk pilihan.

Kudo juga banyak sekali memberikan Promo salah satu contohnya “Beli Pulsa Dapat Voucher Belanja Hingga 100 Ribu!”

Bagaimana, sudah mantap pilih bisnis dengan KUDO? Silakan langsung download aplikaisnya di https://play.google.com/store/apps/details?id=kudo.mobile.app.

Semoga sukses! (*)

Sumber gambar: http://www.freepik.com/

Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_kecil
https://id.wikipedia.org/wiki/Bisnis

Oleh Tim Media Reputasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *