04Jan

16 Bisnis Sampingan Karyawan Terbaru Tanpa Modal Untung Besar dengan KUDO

Menjadi karyawan tetap apalagi di sebuah perusahaan besar kerap jadi impian banyak orang. Gaji besar dan tunjangan hidup tentu jadi hal yang bisa menjamin masa depan kelak. Namun, walau telah jadi karyawan tetap, kadang beberapa kondisi membuat seseorang tetap melakukan pekerjaan ganda. Ada banyak jenis pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan di tengah-tengah kesibukan kantor menjadi karyawan. Alasan melakukan pekerjaan sampingan ini juga beragam. Mulai dari menambah penghasilan, hingga iseng untuk mengisi waktu luang. Dalam beberapa kasus, pekerjaan sampingan dilakukan sebagai persiapan menjelang resign. Hal ini bukan tidak mungkin, mengingat beberapa orang sebenarnya memiliki bakat dan minat di bidang wiraswasta.

Sebagai , tentunya ragam pekerjaan di bawah ini tidak terlalu menyita waktu sehari-hari. Bahkan, bisnis-bisnis berikut dapat dilakukan secara fleksibel dari dalam rumah atau kantor saja. Banyak bisnis yang dilakukan dengan bantuan internet dan memanfaatkan kemampuan kita dalam melakukan suatu hal, seperti fotografi, editing, bahasa pemrograman dan lain-lain. Bisnis sampingan juga rata-rata tidak butuh modal besar, bahkan ada yang nyaris sama sekali. Inilah yang membuat bisnis sampingan banyak diminati, yaitu karena keuntungannya yang cukup menjanjikan walau modal yang dikeluarkan cukup kecil. Jam kerja fleksibel membuat bisnis sampingan ini bisa tetap dijalankan tanpa mengganggu jam kerja sebagai karyawan di kantor.

Berikut adalah beberapa bisnis sampingan yang dapat kita lakoni dengan modal kecil, jam kerja fleksibel, serta keuntungan cukup menjanjikan.

  1. Menjual Foto di Internet
    Siapa sangka bisnis jual beli foto bisa sangat menjanjikan? Foto yang dijual tentu harus memiliki kualitas baik, bukan foto asal jepret saja. Kita bisa menjualnya di website khusus seperti iStockPhoto. Pembeli biasanya adalah mereka yang memiliki blog dan hendak mengisinya dengan konten foto sesuai artikel yang ada. Modal yang harus dikeluarkan untuk bisnis ini nyaris tidak ada. Yang dibutuhkan adalah kemampuan membidik objek secara fokus dan kamera mumpuni. Baik kamera ponsel maupun kamera profesional. Pehobi fotografi biasanya sudah memiliki kamera sendiri dan bisa mulai menjual karya-karyanya.
  2. Desain Grafis
    Karyawan kantor dapat pula menjadi desainer grafis di luar pekerjaan hariannya. Apalagi jika si karyawan memang memiliki kemampuan dalam bidang tersebut. Pemasaran jasa desain grafis bisa dilakukan melalui media online. Sama seperti bisnis menjual foto, bisnis desain grafis nyaris tak membutuhkan modal. Yang penting, kita punya bakat dalam bidang desain grafis.
  3. Membuka Toko Online
    Bisnis toko online bisa jadi adalah yang paling mudah ditemukan dan jadi pilihan pertama untuk dilakoni. Pasalnya, cara kerja bisnis ini memang sangat sederhana. Kita menjual barang secara online, baik barang sendiri, barang orang lain yang dibeli secara grosir lalu dijual lagi secara ecer atau reseller, hingga membantu menjual barang orang lain agar kita mendapat komisi alias dropshipper. Membuka toko online dipermudah dengan banyaknya marketplace yang kian menjamur sekarang ini. Kita bisa menjalankan bisnis ini dari mana saja melalui smartphone masing-masing.
  4. Membuat Blog Atau Website
    Blog atau website tidak hanya menjadi sebatas hobi namun juga . Karyawan yang memang hobi nge-blog bisa memanfaatkannya sebagai ladang mencari rupiah. Modalnya tidak terlalu besar dan bahkan nyaris tanpa modal. Yang dibutuhkan adalah kemampuan serta sistem pemasaran. Blog yang aktif dan berisi konten menarik akan dapat dipasangi adsense di mana pemiliknya akan mendapat bayaran dari tiap klik pengunjung. Keuntungan adsense yang dipasang di blog atau website ini bisa sangat menguntungkan.
  5. Penulis Lepas
    Karyawan dengan hobi dan minat menulis bisa menyalurkannya dengan cara menjadi penulis lepas. Banyak pemilik blog atau website yang membayar penulis lepas agar dapat mengisi konten di laman mereka. Selain itu, beberapa portal berita besar seringkali merekrut kontributor penulis. Sebagai kontributor, jam kerjanya tentu tidak mengikat dan hanya harus mengirim artikel sekali-sekali. Keuntungan dari menulis lepas ini cukup besar apabila artikel dimuat di website yang sudah cukup memiliki nama. Karyawan juga bisa menggunakannya sebagai penyaluran hobi semata.
  6. Menjual Pulsa
    Menjual pulsa termasuk dalam meriah karena modal awal minimalnya adalah Rp50.000,- saja. Selain itu, bisnis ini juga bisa dijalankan dari mana saja dan kapan saja dengan hanya berbekal ponsel dalam genggaman. Karyawan terutama bisa menjualnya pada rekan-rekan kerja. Keuntungannya bisa cukup besar mengingat banyaknya orang yang memiliki ponsel di sekitar kita sehingga mereka akan bisa jadi konsumen potensial.
  7. Jasa Penerjemah
    Terjemahan bahasa tidak semudah menggunakan Google Translate. Untuk bisa menghasilkan terjemahan yang layak baca, banyak orang rela mengeluarkan uang lebih untuk membayar jasa penerjemah alias translator. Peluang ini bisa diambil karyawan yang memiliki kemampuan bahasa asing mumpuni, terutama Bahasa Inggris. Modalnya nyaris tidak ada, karena yang terpenting adalah kemampuan bahasa asing, smartphone, laptop dan juga koneksi internet.

Demikian adalah beberapa bisnis sampingan yang dapat dilakoni karyawan. Ragam bisnis tersebut tidak akan mengganggu jam kerja harian. Sebaliknya, adanya bisnis sampingan akan dapat menyalurkan hobi serta pastinya menjadi ladang rezeki lain. Ada yang tertarik mencoba?

Bisnis Sampingan Karyawan Bersama Kudo

Menjalankan bisnis sampingan dapat pula dijadikan cara untuk mengurangi kebosanan di tempat kerja. Apalagi jika kita menganggap pekerjaan sehari-hari cukup monoton serta tidak terlalu menantang. Banyaknya bisnis sampingan yang bisa dilakukan dengan modal kecil dan jam fleksibel membuatnya layak dijalani. Terlebih, ada keuntungan yang pasti didapat dari bisnis ini. Kecanggihan teknologi membuat bisnis sampingan tidak harus dijalani dengan cara membuka toko fisik di rumah. Kini, ragam bisnis sampingan justru dapat dijalankan dari genggaman tangan saja alias melalui smartphone. Bisnis online telah jadi salah satu bentuk bisnis sampingan yang populer, baik oleh mereka yang baru mulai berbisnis ataupun sudah lama melakoni usaha.

Cara termudah dalam menjalankan bisnis online adalah jual beli dengan sistem reseller atau dropship. Dalam reseller, kita membeli produk secara grosir dari produsen atau supplier kemudian menjualnya kembali secara ecer. Metode ini mengharuskan kita memiliki modal besar di awal. Selain itu, kita juga harus melakukan proses pengemasan dan pengiriman barang sendiri. Sementara sistem dropship hanya mengharuskan kita meneruskan pesanan dari pembeli ke supplier. Pihak supplier yang akan mengirim barang pesanan ke pembeli atas nama kita sebagai penjual. Sistem dropship tidak mewajibkan kita melakukan stok barang, pengemasan maupun pengiriman. Dropship belakangan banyak dipilih terutama oleh mereka yang masih pemula di bidang jual beli online.

Salah satu hal yang penting jadi perhatian baik dalam sistem reseller maupun dropship adalah supplier-nya. Kita harus pintar-pintar memilih supplier yang menyediakan barang berkualitas dengan harga terjangkau. Salah satu rekomendasi supplier yang terpercaya adalah Kudo alias Kios Untuk Dagang Online. Ada beberapa keunggulan Kudo yang membuatnya layak untuk dipilih sebagai supplier dalam bisnis kita.

  1. Kudo menyediakan ragam produk berkualitas dengan harga terjangkau. Ini karena Kudo tidak sembarangan dalam memilih distributor, namun sangat selektif dengan hanya memilih distributor tertentu yang sudah teruji kualitasnya. Kita tidak perlu meragukan kualitas barang yang dijual di Kudo. Bisnis Kudo akan sangat cocok baik bagi pemula maupun mereka yang sudah berpengalaman.
  2. Pembagian komisi yang dilakukan di Kudo terbilang aman serta akurat. Semua kegiatan transaksi akan terekam Kudo sehingga meminimalisir resiko penipuan. Komisi juga akan dibayarkan sesuai apa yang sudah tertera dalam peraturan. Biasanya, besaran komisi akan dipaparkan secara transparan di bagian bawah produk yang dijual. Sistem bagi hasil di Kudo tidak dilakukan secara manual melainkan menggunakan sistem. Kecanggihan ini membuatnya tak mungkin terjadi penipuan sehingga bisnis ini sangat aman.
  3. Ada banyak pilihan bisnis yang tersedia melalui Kudo. Kita bisa memilih sendiri apakah hendak menjalankan bisnis pakaian, pulsa internet, token PLN dan PDAM, tiket pesawat dan lain-lain. Semuanya terangkum dalam satu aplikasi. Ini artinya, kegiatan penjual akan berjalan secara mudah dan juga sederhana.
  4. Kudo tidak mematok besaran modal awal, hanya saja kita diharuskan memiliki saldo minimal Rp10.000,-. Nominal ini tentu terbilang kecil agar kita bisa mulai berjualan ragam produk yang ada. Jika dibandingkan dengan supplier lain, ada yang mematok saldo awal hingga puluhan juta. Tentu tidak semua orang memiliki biaya sebesar ini. Bisnis bersama Kudo terbilang nyaris tanpa modal.
  5. Kita juga tidak direpotkan dengan kegiatan pengiriman barang. Kita hanya perlu melakukan pemasaran saja. Pengiriman barang akan dilakukan oleh Kudo. Cara ini tentu mudah serta tidak merepotkan.
  6. Bergabung menjadi agen Kudo tidak dikenakan biaya alias gratis. Kita bisa mendaftar sekarang juga karena tidak ada biaya pendaftaran yang dibebankan.
  7. Sistem transaksi yang disediakan sangat aman serta dapat dipercaya. Produk yang telah dipesan dapat segera dikirim apabila konfirmasi pembayaran telah diterima. Jika belum, maka barang yang dipesan akan hangus dan tidak bisa dipesan lagi.
  8. Fitur dalam aplikasinya sangat mudah dipahami khalayak umum. Ada banyak menu yang familiar dan sederhana untuk digunakan. Siapapun akan bisa menjalani bisnis ini dan cepat paham sistem yang digunakan Kudo.

Apabila kita tertarik menjalankan bisnis sampingan bersama Kudo, maka berikut adalah beberapa tips yang bisa dijalankan agar bisnis berjalan sukses.

  1. Pahami terlebih dahulu sistem komisi dalam Kudo. Jika dirasa masih kurang jelas, tanyakan langsung pada Customer Service. Pandai-pandailah dalam memilih barang serta komisi. Pastikan kita sudah tahu bagaimana cara kerja berbisnis di Kudo sebelum menjalankannya.
  2. Pilih barang yang memiliki target konsumen umum. Kita juga bisa menggunakan produk yang sesuai lingkungan sekitar atau komunitas. Tujuan terjualnya produk akan mudah tercapai.
  3. Pisahkan uang untuk bisnis dengan uang pribadi. Jangan sampai mencampuradukkan keduanya agar bisa diketahui berapa besaran komisi yang telah berhasil didapat dari bisnis Kudo.
  4. Jangan buru-buru merasa puas dan teruslah berkembang agar dapat naik menuju level berikutnya.
  5. Jangan menyerah apabila sudah menjalankan usaha semaksimal mungkin namun besaran komisi belum juga terbilang cukup. Terus jalankan usaha dengan semangat dan pantang menyerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *