Bisnis Sampingan Tanpa Modal Besar untuk Orang dengan Hobi Menulis
16Oct

Bisnis Sampingan Tanpa Modal Besar untuk Orang dengan Hobi Menulis

Menulis merupakan kemampuan motorik dasar yang pasti dimiliki semua orang. pun sudah menjadi kebiasaan sehari-hari kita, entah menulis status di jejaring sosial, menulis buku harian atau dalam tahap yang lebih serius yaitu menulis tulisan fiksi seperti cerpen, puisi dan novel atau tulisan non fiksi seperti jurnal ilmiah. Ada banyak manfaat yang diperoleh dari menulis selain melatih kemampuan otak dan bahasa, menulis menjadi salah satu cara untuk mencapai keabadian karena tulisan kita tidak akan pernah hilang meski kita sudah meninggal dunia. Sekarang pun menulis tidak hanya dijadikan sebagai hobi, menulis bisa menghasilkan uang dengan menjadikannya bisnis sampingan besar. Banyak cara agar menjadikan hobi menulis menjadi pekerjaan sampingan tanpa modal karena yang dibutuhkan dari seorang penulis adalah tekad yang kuat untuk menulis, disiplin dalam menulis juga perlu agar kita tidak bermalas-malasan dan terganggu oleh kehadiran internet dan kemampuan menulis yang bisa diasah dengan seringnya intensitas berlatih.

Ada beberapa contoh yang bisa dijadikan alternatif memulai bagi mereka yang memiliki hobi menulis. Pertama, mereka bisa bekerja sebagai penulis artikel secara online atau untuk SEO atau Search Engine Optimization. Untuk mencari jasa penulisan artikel online untuk SEO pun tidak sulit. Sekarang banyak sekali yang mencari penulis artikel online yang setiap harinya diberi tugas untuk membuat artikel dengan keyword atau kata kunci tertentu untuk meningkatkan tingkat pencarian di mesin pencari. Nantinya artikel itu bermanfaat untuk mempromosikan produk-produk yang dipromosikan secara online atau mempromosikan website, seperti Kudo yang merupakan perusahaan teknologi yang menyediakan lapak untuk berjualan kepada pengusaha online di Indonesia secara online.

Selain itu, bagi mereka yang memiliki bakat menulis fiksi seperti cerpen, puisi mau pun novel bisa memulai tanpa modal seperti mengirimkan karyanya ke penerbit-penerbit yang begitu menjamur di Indonesia, baik penerbit yang berlabel mayor seperti Gramedia, Grasindo, Elexmedia, Haru, Gagas Media, dan lain sebagainya, atau penerbit berlabel indie seperti Leutika Prio, Lokamedia, Arsha Teen, Bitread, dan lain-lain. Karya kita pun tidak melulu harus dikirimkan ke penerbit, bisa juga dikirimkan ke surat kabar atau majalah seperti Nova atau Femina atau situs-situs penyedia lapak sastra secara online. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan mengirimkan karya kita ke media, sudah pasti karya kita diketahui banyak orang, mendapat apresiasi dan mendapat honor sehingga mengirimkan karya ke media bisa menjadi pekerjaan sampingan tanpa modal yang menguntungkan mereka yang memiliki menulis di bidang fiksi.

Dan bagi mereka yang memiliki kemampuan untuk menulis fiksi bisa menyalurkannya dengan menulis jurnal atau karya tulis ilmiah kemudian mengunggahnya ke situs-situs jurnal ilmiah baik yang berskala nasional dari universitas-universitas di Indonesia atau jurnal yang bertaraf internasional. Tetapi jika menulis jurnal ilmiah dirasa terlalu berat, ada alternatif lain bagi penulis non fiksi seperti menulis ulasan produk-produk yang dipromosikan secara online seperti produk-produk yang dijual di Kudo, yang merupakan sebuah situs penyedia platform berjualan secara online beragam produk, seperti kosmetik, perabotan rumah tangga, barang-barang elektronik, pakaian hingga pulsa. Dengan banyaknya produk yang dijual di Kudo sudah pasti kalimat promosi yang menarik dibutuhkan untuk menarik pembeli, karena itu jasa penulis sangat dibutuhkan dalam pemasaran karena semakin menarik tulisan promosi maka semakin menarik pula produk yang dijual di mata calon pembeli.

Sumber gambar: http://www.freepik.com/