Bisnis Sampingan untuk Karyawan Swasta dari Kerupuk
12Nov

3 Bisnis Sampingan untuk Karyawan Swasta dari Kerupuk

Kerupuk adalah kuliner yang tidak bisa dilepaskan dari budaya Indonesia. Kerupuk merupakan makanan ringan dengan bahan dasar tepung tapioka yang dicampur dengan perasa seperti udang atau ikan. Proses pembuatannya dimulai dengan mencampur bahan-bahan kemudian dipipihkan dan dikeringkan. Kerupuk pun siap untuk digoreng sampai mengembang. Makanan ringan ini juga memiliki beragam varian seperti kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk kulit, kerupuk mi kuning, kerupuk kemplang dan lain-lain. Kerupuk bisa menjadi makanan pelengkap untuk aneka kudapan seperti gado-gado, ketoprak, soto atau diolah menjadi seblak. Peminat kerupuk yang tidak mengenal usia, gender, ras dan golongan menjadikan kerupuk menjadi komoditi untuk bisnis sampingan karyawan swasta, pelajar, mahasiswa, PNS sampai ibu rumah tangga. Dan, di bawah ini ada beberapa jenis kerupuk yang memiliki peluang pasar yang menjanjikan untuk usaha sampingan karyawan pabrik.

Kerupuk Rambak

Kerupuk rambak adalah salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari olahan kulit hewan mamalia seperti kerbau, sapi dan kambing. Oleh karena itu, harga kerupuk rambak yang terbuat dari kulit kerbau, sapi dan kambing serta proses pembuatannya yang memakan waktu lama membuat lebih mahal daripada harga kerupuk yang biasanya. Meski begitu kerupuk rambak yang terbuat dari kulit tetap memiliki banyak peminat karena rasanya yang renyah dan gurih sekaligus ada aroma kerbau, sapi dan kambing dari kulit tersebut. Sehingga, kerupuk rambak bisa menjadi usaha sampingan di rumah yang menguntungkan. Proses pembuatan kerupuk rambak dimulai dari merendam kulit hewan pada air yang sudah dicampur bumbu yaitu penyedap rasa, bawang dan garam. Setelah direndam selama lima menit, kulit hewan dicelupkan ke cairan soda kue dan bleng. Proses selanjutnya adalah pengeringan di bawah terik matahari sampai benar-benar kering. Namun, ada cara lain untuk mengeringkannya yaitu dengan oven. Oven sendiri bisa didapat dengan mudah secara online di KUDO yang menyediakan jutaan perabotan rumah tangga, perangkat elektronik hingga pakaian berkualitas dengan harga yang bersahabat. Kerupuk yang sudah dijemur siap digoreng agar mengembang atau langsung dikemas dalam plastik.

Kerupuk Tenggiri

Kerupuk tenggiri adalah kerupuk yang berbahan dasar ikan tenggiri. Kerupuk tenggiri ini merupakan oleh-oleh khas Jepara dan Cilacap yang ada di provinsi Jawa Tengah. Untuk membuat kerupuk tenggiri bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain daging ikan tenggiri yang sudah dihancurkan dan tepung beras. Proses pembuatannya tergolong mudah, cukup dengan mencampur daging ikan tenggiri yang sudah dihancurkan dengan tepung beras dan uleni sampai kalis. Adonan yang sudah kalis kemudian dibentuk panjang seperti lontong untuk dipotong-potong. Potongan ini kemudian digoreng sampai warna keemasan dan dikemas dalam plastik kedap suara. Anda bisa menjual kerupuk tenggiri tanpa harus memproduksi sendiri. Anda bisa membeli dari produsen besar kemudian menjualnya kembali. Istilah kerennya, Anda bisa menjual dengan sistem reseller yang termasuk salah satu usaha sampingan tanpa modal.

Kerupuk Kemplang

Kerupuk kemplang adalah salah satu jenis kerupuk ikan yang berasal dari Palembang. Kerupuk kemplang menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli ketika berkunjung di Palembang. Kerupuk ini terbuat dari daging ikan tenggiri atau makarel yang dicampur dengan tepung tapioka. Proses pembuatannya sama seperti kerupuk pada umumnya. Hal yang membedakan kerupuk kemplang dengan kerupuk lain adalah sambal pedas dengan rasa terasi yang kuat. Kerupuk kemplang tidak hanya dipasarkan secara langsung lewat toko oleh-oleh khas Palembang, tetapi bisa juga dipasarkan secara online melalui KUDO yang menjadi wadah bagi pengusaha digital di Indonesia untuk memasarkan produk mereka.

Sumber gambar: http://www.freepik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *