Program Pulsa Gratis Telkomsel Terbaru & Mudah Dapatinnya
15Jul

Bisnis Sembako Online, Begini Cara Mudah Memulainya

Berbisnis adalah hal yang sangat ampuh ketika Anda ingin mendapatkan penghasilan tambahan. keuntungan yang diperoleh dari bisnis pun cukup besar sehingga tak heran jika banyak orang yang beralih menjadi seorang pebisnis. Terlebih lagi model berbisnis saat ini pun tidak perlu harus bertatap muka ataupun pembeli datang ke toko sebab dengan teknologi yang semakin canggih tersebut menjadikan banyak orang yang berbisnis secara online.

Contohnya saja ketika anda ingin berbisnis sembako dengan keuntungan yang memuaskan meskipun dengan cara online. Bagi seorang pemula yang belum pernah berbisnis sembako tentunya akan merasa kesulitan dan kebingungan bagaimana awal untuk membangun toko sembako secara online. Sebetulnya cara membangun bisnis offline atau online pun hampir sama namun berbeda adalah cara promosinya yang melalui media teknologi.

Nah, bagi Anda yang ingin sukses ketika menjalani bisnis sembako maka dapat menyimak ulasan di bawah ini:

Merencanakan Usaha Dengan Matang

Semua bisnis termasuk membuka toko sembako online juga harus direncanakan secara matang. Perencanaan usaha dari toko sembako sendiri memang hampir sama dengan yang lain, seperti adanya riset pasar, berapa modal yang dibutuhkan, siapakah penyuplai dagangan, risiko yang akan dihadapi serta keuntungan yang bisa dicapai ketika bisnis sembako itu berjalan.

Terlebih Dahulu Melakukan Riset Pasar

Riset pasar memang sangat penting untuk dilakukan anda pun harus mencoba mensurvey lebih dari 2 lokasi. Kemudian Anda pun harus memilih toko yang memiliki area ramai pengunjung. Riset pasar seperti ini Anda pun dapat mengetahui produk apa yang diandalkan oleh masyarakat di sekitarnya. Dan dari desa tersebut Anda pun bisa memperoleh gambaran model toko yang seperti apa sehingga Anda pun mampu bersaing dengan bisnis sembako lainnya.

Lokasi dari usaha sembako memang sangat penting, di mana Anda harus mencari lokasi yang strategis sehingga banyak pembeli yang melihat toko anda.

Memperhitungkan Model Yang Tepat

Setelah Anda melakukan perencanaan serta riset pasar maka Anda pun harus memulai perhitungan modal ketika ingin membuka usaha sembako online. Perhitungan modal juga harus bijaksana serta mengikuti perencanaan di awal. Sebetulnya rincian modal dari bisnis sembako online tentunya akan mengikuti seperti apa konsep serta rencana yang Anda gunakan. Namun ada pun tidak boleh terlalu berkata kepada konsep yang telah dibuat terlebih lagi jika budget yang anda miliki terbatas.

Menyiapkan Tempat Usaha

Sebetulnya berbagi sembako dapat dilakukan dirumah terlebih lagi jika rumah yang Anda miliki lokasinya cukup strategis contohnya seperti di pinggir jalan raya atau pun berada di pemukiman padat penduduk. Dengan seperti itu Anda pun dapat membangun toko di lokasi halaman rumah anda ataupun garasi rumah. Ketika Anda ingin bisnis dikenal sampai ke masyarakat luar maka bisa melakukan strategi promosi secara online. Selain itu ketika Anda ingin mengembangkan toko anda maka bisa menyewa lapak yang strategis.

Menyiapkan Peralatan Serta Kelengkapan Toko

Pada saat merintis usaha sembako ada beberapa hal lain yang wajib untuk dipersiapkan seperti halnya peralatan dan juga perlengkapan pendukung toko. Hal ini pun dapat menunjang usaha anda, beberapa peralatan dan perlengkapan penting tersebut ialah etalase, timbangan, buku nota, kalkulator, keranjang belanja, rak telur, meja dan kursi yang digunakan untuk kasir dan masih banyak lagi.

Memperhatikan Kebersihan Serta Tata Letak Barang

Ketika Anda telah menemukan lokasi yang tepat untuk membangun usaha sembako Anda maka anda perlu mendesain toko agar terlihat lebih menarik dengan penataan barang yang sesuai dan juga mudah dijangkau oleh calon konsumen. Contohnya saja, Anda harus memperhatikan tata letak dari meja kasir dan etalase toko sehingga para pembeli pun mudah untuk menjangkaunya. Kebersihan pun perlu untuk diperhatikan dan jangan sampai toko sembako Anda kotor dan bau.

Apabila toko yang Anda buka terbilang kecil maka Anda sebagai pemilik toko yang memegang kendali penuh atas barang yang anda miliki di mana Anda pun harus mengambil barang-barang yang diinginkan oleh konsumen, namun setidaknya hal tersebut mampu memberikan rasa aman dikenakan akses konsumen yang cukup terbatas. Beda lagi jika toko sembako yang anda miliki cukup luas Anda pun dapat menata nya seperti model minimarket di mana para pelanggan dapat mengambil sendiri barang yang diinginkan.

Daftar Barang Apa Saja Yang Dijual

sembako merupakan singkatan dari sembilan bahan pokok yang pastinya barang-barang tersebut memang sangat diperlukan oleh masyarakat setiap harinya. Daftar sembako yang paling umum diperlukan oleh masyarakat Indonesia ialah makanan pokok yakni seperti beras, sagu dan juga jagung. Kemudian adanya aneka macam buah dan juga sayur, gula pasir, telur, susu, minyak goreng dan juga margarin. Kemudian ada garam dengan kandungan iodium, daging sapi, daging ikan, daging ayam, dan juga gas elpiji sebagai bahan bakar kompor.

Meskipun beberapa barang tersebut memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat akan tetapi Anda pun tidak boleh memaksakan diri untuk menjual semuanya Ketika anda tidak menemukan pemasok yang bagus. Kebutuhan pokok dari masyarakat bukan hanya itu saja namun ada juga harus melengkapi seperti peralatan mandi dan juga mencuci, obat-obatan warung, pulsa HP ataupun bagian bahan lainnya, adanya bumbu-bumbu dapur, teh, kopi, rokok, alat tulis dan juga air minum kemasan.

Terdapat satu hal yang sangat wajib untuk diperhatikan ketika menyangkut masalah produk yang Anda jual yakni melihat dari perilaku pelanggan. Sebab banyak pelanggan yang memiliki kebiasaan menggunakan produk tertentu serta tidak mau membeli produk lain yang memang tidak sesuai dengan keinginannya. 

Memilih Agen Atau Supplier Terpercaya

Tips yang berikutnya ialah dengan mencari agen ataupun supplier yang memang tergolong cukup muda dikarenakan banyak agen yang bertebaran di masing-masing kota. Akan tetapi mencari supplier yang mampu memberikan harga murah dan cepat percaya bukan hal yang mudah. Itulah sebabnya anda pun perlu melakukan survei terlebih dahulu terhadap para pemasok yang akan dijadikan sebagai langganan. 

Tak hanya itu saja, Anda pun tidak boleh berpatok pada satu penyuplai Anda pun harus bersikap lebih fleksibel sebab biasanya para supplier ada yang memasang harga yang tinggi kepada produk tertentu akan tetapi produk yang lain memiliki harga yang murah.

Sering Melakukan Promosi

Usaha yang berbasis dagang memang sangat membutuhkan strategi pemasaran sehingga usaha tersebut dapat dikenal oleh masyarakat luas. Begitu pula dengan usaha sembako yang akan dijalankan. Strategi yang dapat dilakukan ialah dengan memasang spanduk yang ada di depan toko ataupun Anda bisa mengiklankan secara online.

Ketika Anda kebingungan membangun usaha, Anda bisa menjadi agen KUDO akan mendapatkan fasilitas seperti gadget atau tablet, spanduk, banner dan juga uang modal. Kemudian dengan menjadi agen KUDO Anda juga akan mendapatkan keuntungan yakni Anda dapat berjualan beragam jenis produk dengan langsung walaupun tidak memiliki toko dan juga stok barang. Semoga ulasan diatas bisa berguna dan membantu Anda yang ingin membangun bisnis dengan mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *