28Feb

11 Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Terbaru 2017 Murah Tanpa Modal Gratis

Cara kereta api online murah tanpa modal gratis. Jumlah pengguna moda transportasi kereta api di Indonesia terus meningkat dari tiap tahun. Ada banyak faktor yang turut mendukung peningkatan itu. Tentunya tidak terlepas juga karena ditunjang oleh penataan kereta api yang sudah semakin membaik. Pengaturan penjual asongan yang tidak boleh masuk ke gerbong kereta api ekonomi lagi, penumpang diharuskan sesuai dengan jumlah tempat duduk, keterjaminan keamanan, dan juga penataan fasilitas sangat berdampak signifikan menaikkan kepercayaan penumpang untuk naik kereta api. Terlebih secara umum harga tiket kereta api relatif lebih murah dibandingkan bus dan juga pesawat.

Tren backpacker dan juga naiknya minat wisatawan nusantara di Indonesia terus meningkat juga turut mempengaruhi melonjaknya penggunaan transportasi kereta api. Sebagaimana menurut data dari Pusdatin Kemenpar berikut.

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Data statistik dari Direktorat Jendral Perhubungan Indonesia moda transportasi Kereta api dari semua stasiun di Pulau Jawa dan Pulau Sumatra setiap bulan rata-rata di tahun 2014 jumlah penumpang moda transportasi kereta api adalah 22.250 orang dengan jumlah komulatif pertahun 396.884 orang, dan dalam satu hari berkisar 175 ribu penumpang.

Pada empat tahun terakhir, setiap liburan akhir tahun tren penggunaan kereta api sebagai transportasi juga terlihat terus meningkat. Setidaknya hal itu bisa terlihat dari jumlah pemesanan tiket online yang dilakukan oleh penumpang. Hasil data yang didapatkan dari pegi-pegi yang dilansir di https://www.pegipegi.com, 12 Oktober 2016, tergambar pada grafik berikut.

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Pada masa promo periode 21 hingga 30 September 2016 lalu, bahkan menurut keterangan dari pegipegi sebagai mitra PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) kenaikan transaksi penjualan tiketnya naik hingga 1000% selama 10 hari. Selama periode tersebut, ditemukan tren menarik di kalangan traveler pengguna kereta api. Jika umumnya traveling terencana, berbeda dengan pengguna kereta api, ternyata lebih suka memesan dadakan. Hal ini didukung data booking yang menunjukkan bahwa dari 20 ribu pelanggan, 47% di antaranya lebih suka memesan tiket kereta api tiga hari sebelum tanggal keberangkatan, bahkan banyak yang membeli pada saat hari keberangkatan. Meski begitu, ternyata nggak sedikit juga yang memesan tiket untuk keberangkatan 2-3 bulan ke depan. Hal itu dipertegas dari adanya 18% pelanggan yang melakukan booking untuk liburan di akhir tahun lalu.

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Tak kalah dengan penjualan tiket kereta api, penjualan tiket pesat pun juga terus naik grafiknya. Data statistik dari Direktorat Jendral Perhubungan Udara Indonesia menunjukkan bahwa jumlah penumpang pesawat di tahun 2013-2014 berjumlah 67 juta orang lebih dengan rata-rata 171 ribu orang perhari yang diterbangkan dari 5 bandara terbesar di Indonesia (Polonia, Soekarno Hatta, Juanda, Ngurah Rai, Hasanudin dan bandara-bandara kecil yang aktif dan tersebar di seluruh Indonesia) . Ini baru penumpang dengan tujuan domestik belum termasuk penumpang dengan tujuan internasional.

Berdasarkan data internal pegipegi sebagaimana yang dikatakan oleh Deputy CEO pegipegi, Ryan Kartawidjaja dalam siaran persnya, bahwa terjadi peningkatan pemesanan jelang libur akhir tahun 2016 melalui smartphone di Indonesia. Data transaksi tiket pesawat sepanjang tahun 2016 meningkat sebesar 39.08% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tren ini diprediksi akan terus naik, mencapai 11.71% pada tahun 2017.

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Dari data booking tersebut dapat diketahui bahwa Android menjadi aplikasi favorit para traveler untuk melakukan pencarian dan pemesanan tiket pesawat, yaitu sebesar 64.37%, lalu mobile web (26.32%) dan aplikasi iOS (9.31%). Popularitas pemesanan tiket pesawat melalui smartphone juga didukung meningkatnya jumlah aplikasi mobile pegipegi yang diunduh hingga menembus 73.68%, sejak diluncurkan pertama kali pada akhir Juli 2015 lalu. Penggunaan aplikasi mobile ini diprediksi akan terus meningkat seiring dengan meningkatnya tren traveling masyarakat Indonesia. (https://www.pegipegi.com, 12 Oktober 2016).

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Pada umumnya untuk mendapatkan harga tiket pesawat termurah membutuhkan waktu pemesanan setidaknya 14 hari sebelum keberangkatan. Namun data booking total pemesanan tiket pesawat di pegipegi, 40.80% di antaranya lebih suka memesan pada tiga hari hingga pada hari H keberangkatan. Meski begitu, 11.32% pengguna pegipegi melakukan booking untuk keberangkatan 1-3 bulan ke depan.

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Berdasarkan data tersebut setidaknya membuktikan bahwa, terdapat ceruk pasar yang besar untuk bisnis penjualan tiket kereta api dan juga pesawat. Tentunya hal itu berbanding lurus dengan kesempatan yang besar juga untuk bisa sukses di bisnis penjualan tiket kereta api dan pesawat. Setiap hari 500.000 penumpang pesawat dan kereta api selalu membutuhkan tiket untuk melakukan perjalanan, setiap reservasi tiket kereta api umumnya komisi yang diberikan kurang lebih Rp 3.500 dan untuk setiap reservasi tiket pesawat rata-rata minimal Rp 15.000. Tentu milyaran komisi selalu dibagikan ke semua agen yang telah melakukan transakasi reservasi online tiket pesawat dan reservasi online tiket kereta api. Ini peluang bisnis yang tidak bisa dibilang tidak menjanjikan. Bahkan sangat menjanjikan.

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Bisnis Agen Tiket Pesawat dan Kereta Api

Ada pepatah mengatakan, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Dalam kontek bisnis, pepatah itu pun juga cukup relevan. Jika pepatah itu umumnya diartikan sebagai ‘setiap daerah memiliki adat istiadat yang berbeda’ dalam konteks bisnis, bisa diartikan sebagai ‘setiap bisnis memiliki aturan main yang berbeda’, termasuk di antaranya adalah bisnis tiket kereta dan juga pesawat.

Berikut ini ada beberapa tips bagi Anda yang tertarik untuk menjalankan usaha tiket kereta api.

  1. Bergabung dengan franchise
    Akan lebih baik jika Anda mencari perusahaan travel yang membuka sistem franchise, karena resikonya cukup kecil untuk gagal. Secara umum standar usaha yang bisa franchise sudah teruji, berjalan sudah 5 tahun. Selain itu, dengan gabung di franchise Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar, karena sebagian besar fasilitas dan produk telah disiapkan oleh pihak perusahaan.
    Adapun jika tidak ikut franchise dan ingin mejalani bisnis tiketing, dengan peluang sukses yang sama dan resiko kegagalan kecil, bisa ikut gabung menjadi agen di KUDO (Kios Usaha Dagang Online). Lebih lengkap penjelasannya akan dibahas di bagian khusus.
  2. Izin
    Penting untuk diperhatikan jika bergabung dengan franchise, selanjutnya adalah mengurus perizinannya, seperti perizinan usaha, aktenotaris cabang, dan SK domisili. Karena tanpa perizinan itu maka usaha Anda menjadi tidak terdaftar resmi di pemerintah. Tentunya juga mengurangi kepercayaan calon pelanggan.
  3. Fasilitas
    Siapkan beberapa fasilitas yang dibutuhkan, misalnya seperangkat komputer, jaringan internet dan ruang kerja yang nyaman. Bisa di sudut rumah agar tidak perlu membangun atau menyewa toko. Tapi kalau ada modal cukup bis ajuga menyewa toko.
  4. Promosi
    Promosi sangat penting dilakukan agar penjualan laris. Selain itu perbanyak relasi, jaringan, selain tawarkan juga kepada teman dan saudara. Usahakan promosi dikemas dengan unik dan kreatif agar menarik orang untuk membeli tiket di agen Anda.
  5. Pelayanan yang baik
    Pelayanan bisa menjadi penentu kesuksesan bisnis tiket Anda juga. Umumnya setiap pelanggan akan senang jika mendapatkan pelayanan yang baik dan memuaskan. Setiap pertanyaan dijawab dengan jelas dan prosedurnya dimudahkan.

KUDO Peluang Bisnis Agen Tiket Kereta Api Tanpa Modal

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Sejauh ini banyak orang mengenal KUDO sebagai salah satu marketplace di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya hanya menjual produk busana wanita, busana muslim dan hijab, baju-baju import, baju anak, pulsa online, tas dan sepatu wanita, makanan ringan, peralatan elektronik, dan mainan anak dengan jumlah jutaan produk berkualitas melalui seleksi yang ketat. Masih belum banyak yang tahu jika KUDO pun juga membuka peluang dan tiket kereta api.

KUDO sebagai marketplace di Indonesia memang terus mewujudkan slogan yang terus didengungkan oleh pendirinya Albert Lucius dan Agung Nugroho, yaitu “Semua Bisa Jadi Pengusaha”.

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Menariknya, bisnis tiketing yang ditawarkan oleh KUDO pun memiliki kelebihan dibandingkan dengan membuka agen sendiri atau bergabung dengan franchise. Di antara kelebihan yang dimiliki KUDO yaitu;

  1. Tanpa Modal
    Jika buka sendiri agen atau bergabung dengan franchise mengeluarkan uang modal untuk buka dan bayar ke pemilik franchise, di KUDO tanpa mengeluarkan biaya. Cukup dengan bergabung menjadi , maka bisa langsung menjual tiket yang di marketplace KUDO.
  2. Resiko Gagal Relatif Kecil
    Ini bukan sekadar memaniskan iklan KUDO. Namun faktanya memang demikian. Logikanya cukup sederhana. Jika bisnisnya sudah tanpa modal dan tinggal menjalankan saja, bagaimana bisa gagal? Asal dijalankan dengan baik laiknya menjalankan sebuah bisnis, penuh dedikasi, disiplin, promosi dengan maksimal, dan melakukan pelayanan dengan baik, tentunya akan membuahkan hasil yang maksimal. Ibarat kalaupun hasilnya belum maksimal, setidaknya tidak akan rugi besar karena tidak mengeluarkan modal.
  3. Tanpa mengeluarkan izin usaha
    Umumnya jika membuka agen baik mandiri maupun franchise maka akan mengeluarkan biaya untuk perizinan usaha juga, seperti berbadan CV atau PT, dan mengurus aktanotaris. Di KUDO tidak melakukan itu, karena sudah langsung menginduk ke KUDO saat bergabung menjadi agen.
  4. Cukup Bermodal HP
    Di KUDO untuk bisa menjalankan bisnis penjualan tiket tidak perlu mengeluarkan biaya tempat, dan fasilitas lainnya laiknya ketika membuka agen mandiri atau franchise. Bermodalkan HP atau telpon pintar saja sudah bisa menjalankan bisnis agen tiket KUDO dengan maksimal dan berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Jadi benar-benar minim budget untuk modal usaha di KUDO.
  5. Sumber Pendapatan Lain
    Cukup menjadi Agen KUDO bisa langsung menjalankan usaha tiket kereta api online yang bisa meraup keuntungan besar. Bahkan peluangnya lebih lebar dibandingkan ketika membuka agen sendiri atau franchise, pasalnya tidak hanya sekadar komisi dari penjualan tiket saja keuntungan yang bisa didapatkan. Ada komisi lain yang bisa didapatkan, misalnya dari komisi referral atau merekrut agen, bonus, cashback, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi dengan menjadi Agen KUDO serta merta juga bisa jualan semua produk KUDO. Jadi tidak hanya sekadar terbatas pada jualan tiket saja. Ada jutaan item yang dijual di KUDO. Tentu saja itu membuktikan bahwa terbentang luas untuk bisa mendapatkan penghasilan yang besar.

Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis

Cara Menjalankan dan Pesawat KUDO

Langkah menjalankan bisnis KUDO tidak rumit, bahkan sangat mudah. Siapa pun Anda dengan latar belakang apa pun bisa menjalankan bisnis tiket kereta online dengan menjadi Agen KUDO. Tahapan untuk bisa menjalankan bisnis KUDO, akan dijabarkan sebegai berikut.

  1. Menjadi Agen KUDO
    Pertama-tama, tentu Anda harus bergabung dahulu dengan menjadi agen KUDO. Bagaimana cara menjadi Agen KUDO?
    Ikuti langkah berikut:Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal GratisCara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal GratisBuka di website https://kudo.co.id/shop/registrasi?rpath=/online
    Lalu lakukan pengisian pendaftaran. Atau, download aplikasi KUDO di Google Play Store.Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal GratisKemudian lakukan pengisian data pendaftaran.
  2. Melakukan PenjualanCara jualan online sebagai agen KUDO sangat mudah. Berikut tahapannya.
    • Buka Aplikasi Kudo
      Temukan dan tawarkan produk kepada pelanggan secara langsung atau bagikan melalui media sosial.Cara Bisnis Agen Tiket Kereta Api Online Murah Tanpa Modal Gratis
    • Lakukan pemesanan
      Pilih dan pesan produk yang diinginkan pelanggan, masukkan data pembelian dan konfirmasi pembayaran.
    • Pelanggan bayar
      Terima pembayaran dari pelangganmu menggunakan cara yang disepakati.
    • Barang dikirim atau dalam hal ini jika yang dijual adalah tiket kereta api atau pesawat maka langsung dimasukkan data pembeliannya, lalu kirimkan bukti pembelian tiketnya ke pembeli, setelah proses pembelian berhasil.
      Tertarik bisnis agen tiket kereta api online? Yuk gabung segera di KUDO! (*)

Oleh Media Reputasi Indonesia