20Dec

Bisnis UKM Usaha Kecil Menengah Terbaru Menguntungkan & Menjanjikan Bersama KUDO

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bisnis atau Usaha Kecil Menengah merupakan suatu usaha kecil yang dikelola oleh masyarakat berdasarkan inisiatifnya sendiri. Dewasa ini, usaha kecil menengah semakin marak dan banyak orang yang memilih untuk membuka ini. Meningkatnya minat masyarakat untuk / ini sangat membantu mengurangi pengangguran. Dengan adanya bisnis UKM, masyarakat juga bisa membantu pendapatan daerah dan juga pendapatan negara. Kini, masyarakat dan pelaku bisnis tidak bisa memandang rendah bisnis UKM. Sudah banyak bukti suksesnya pelaku bisnis UKM yang dengan telaten dan ulet menjalankan bisnisnya. Jika bisnis UKM ini ditekuni, tak akan menutup kemungkinan bahwa bisnisnya akan berkembang pesat. Beberapa ahli mengklasifikan bisnis UKM ke dalam beberapa kategori sebagai berikut.

  1. Livelihood Activities
    Livelihood Activities adalah bisnis UKM yang dijalankan oleh seseorang dengan tujuan untuk mencari nafkah. Bisnis UKM jenis ini lebih digolongkan sebagai sektor informal. Salah satu contoh bisnis UKM yang tergolong dalam Livelihood Activities ialah pedagang kaki lima. Pedagang kaki lima bekerja dengan modal yang dimiliki dan bertujuan untuk memenuhi nafkah keluarga. Tidak ada hubungan dengan pelaku bisnis yang lainnya.
  2. Micro Enterprise
    Micro Enterprise adalah bisnis UKM yang sudah menghasilkan produk sendiri tapi belum termasuk kewirausahaan. Menurut para ahli, Micro Enterprise memiliki sifat pengrajin, tetapi belum memiliki sifat kewirausahaan.
  3. Small Dynamic Enterprise
    Small Dynamic Enterprise adalah bisnis UKM yang dalam pengerjaannya telah memiliki sifat kewirausahaan. Dalam bisnis UKM jenis Small Dynamic Enterprise, pemilik bisnis ini dapat menerima pekerjaan yang diberikan subkontraktor. Terlebih lagi, mereka sudah bisa melakukan ekspor hasil pekerjaan mereka.
  4. Fast Moving Enterprise
    Fast Moving Enterprise adalah bisnis UKM yang sudah memiliki sifat kewirausahaan. Selain itu, bisnis UKM jenis ini sudah bisa bertransformasi menjadi usaha besar (UB). Bisinis UKM ini sudah tergolong besar dan mampu berkembang karena biasanya bisnis ini telah didirikan dalam waktu yang lama. Pemilik bisnis ini juga biasanya telah mengantongi omzet yang besar sehingga ia dapat mengembangkan usahanya menjadi usaha besar.

Berbagai macam bisnis UKM yang dijalankan, tetunya memiliki manfaat. Manfaat tersebut dapat dirasakan baik oleh pelaku/pemilik bisnis maupun orang lain. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dalam menjalankan bisnis UKM.

  1. Penyedia Lapangan Pekerjaan
    Tak heran jika banyak orang memilih untuk menjadi pelaku bisnis. Bisnis tidak hanya menguntungkan untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain. Dengan adanya bisnis UKM, kita bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang luas untuk masyarakat. Hal ini juga akan membantu pemerintah dalam mengatasi masalah pengangguran.
  2. Solusi Bagi Masyarakat Ekonomi Menengah
    Banyak penelitian yang membuktikan bahwa bisnis UKM mampu menjadi solusi perekonomian di negara berkembang. Bisnis UKM juga menjadi salah satu bukti bahwa negara tersebut mampu tumbuh dengan segala inovasi dan industri kreatif.
  3. Operasional yang Fleksibel
    Bisnis UKM tidak memiliki struktur kepemimpinan yang besar seperti di perusahaan. Dalam bisnis UKM setiap kepala/pemimpin memiliki tugas dan peran masing-masing. Bisnis UKM ini juga tidak terlalu kaku karena biasanya mengedepankan trend an juga selera konsumen.
  4. Penyumbang Produk Domestik Terbesar
    Salah satu manfaat dari bisnis UKM ialah bisnis ini berperan sangatpenting dalam menyumbangkan pertumbuhan pada pajak negara. Bisnis UKM sangat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan pembangunan di Indonesia. Hal ini dikarenakan produk-produk yang dihasilkan merupakan produk dalam negeri. Produk-produk ini juga tidak hanya merambah pasar lokal tapi juga internasional.

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari bisnis UKM. Jika kita memiliki bisnis yang kita kelola sendiri, kita bisa memberikan peluang untuk para pemuda/pemudi yang kesulitan mencari pekerjaan. Tidak hanya sekedar memberikan lapangan kerja, bisnis UKM juga membuka kesempatan untuk mengembangkan bakat dan keahlian seseorang. Dengan membangun bisnis UKM yang sesuai dengan keahlian, kita bisa lebih menikmati dalam menjalankan bisnis. Ada banyak jenis bisnis UKM yang bisa kita bangun dengan dasar keahlian dan bakat yang kita miliki. Beberapa contoh bisnis UKM yaitu bisnis UKM dalam bidang kuliner, jasa, penjualan perabotan rumah tangga, alat elektronik, atau sebagai penyedia pulsa seluler dan listrik. Bisnis UKM kuliner merupakan bisnis yang plaing banyak diminati. Semakin banyak peminat bisnis UKM di bidang kuliner karena telah terbukti memberikan banyak manfaat. Berikut akan dipaparkan beberapa contooh bisnis UKM yang bisa dijadikan referensi.

  1. Bisnis UKM Bidang Kuliner
    Bidang kuliner memang menjadi idola bagi para pelaku UKM. Selain tidak memerlukan modal yang besar, bisnis ini juga tidak menyita banyak watu. Jika Anda berminat untuk membuka bisnis UKM di bidang kuliner, Anda bisa mencoba dengan berjualan camilan, gorengan, atau membuka warung makan di rumah. Jika Anda memiliki modal, Anda bisa membuka restoran kecil ataupun kafe.
  2. Binis UKM Bidang Fashion
    Membuka bisnis UKM di bidang fashion juga cukup popular belakangan ini khususnya di kalangan wanita. Banyak peminat fashion yang ahirnya memutuskan untuk membuka . Nah, jika Anda memiliki minat dalam bidang fashion, Anda bisa mencoba membuka toko pakaian, distro kecil-kecilan yang khusus menjual pakaian anak muda, toko baju batik, baju muslim, dan yang lainnya. Tidak sulit untuk UKM di bidang fashion ini karena telah banyak supplier fashion yang menyediakan berbagai produk fashion. Anda akan lebih mudah untuk memulai bisnis dibidang fashion ini karena para supplier menyediakan sistem resller dan dropshipping.
  3. Bisnis UKM Bidang Pertanian
    Banyak pelaku bisnis UKM yang berasal dari kalangan ekonomi menengah ke bawah. Bisnis UKM dalam bidang pertanian tidak bisa dipandang sebelah mata karena bisnis ini memiliki prospek yang baik. Mayoritas penduduk Indonesia adalah petani, sehingga bisnis di bidang pertanian memang menjanjikan. Untuk Anda yang ingin memulai bisnis UKM bidang pertanian bisa mencoba membuka usaha pertanian jagung, padi, sayuran, tanaman hias, dan sebagainya.

Selain bisnis UKM dalam bidang-bidang yang telah disebutkan di atas, Anda juga bisa memulai bisnis UKM online yang sedang marak digalakkan di Indonesia. Kini telah banyak pemuda yang memilih untuk berkarir dalam . Bisnis UKM online merupakan bisnin UKM yang mudah dijalankan. Anda dapat dengan mudah melakukan bisnis ini hanya dengan bermodal gadget dan internet. Dibandingkan dengan bisnis UKM konvensional, bisnis UKM online kini lebih menjanjikan dalam segi keuntungan. Seiring dengan perkembangan teknologi, bisnis online telah merambah seluruh lapisan masyarakat. Pengguna internet juga telah bertambah setiap tahunnya baik kaum muda maupun dewasa. Jika Anda ingin mendapat penghasilan yang lebih menguntungkan, Anda bisa memulai bisnis UKM online. Dengan cara pemasaran yang mudah, Anda bisa menjangkau konsumen yang berada di kota atau bahkan negara yang berbeda. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis UKM, salah satunya Anda bisa bergabung dengan KUDO.

KUDO merupakan salah satu platform berjualan yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. KUDO memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin memulai bisnis UKM namun tidak memiliki waktu untuk membuat produk Anda. Anda tidak perlu menyita waktu untuk membuat produk Anda sendiri karena KUDO telah menyediakan jutaan produk yang bisa langsung Anda jual. Jika Anda bermitra dengan KUDO, Anda bisa memilih sendiri produk untuk memulai bisnis UKM Anda. Anda dapat memilih beragam produk yang disediakan KUDO yang sesuai dengan minat dan kemampuan Anda. KUDO tidak hanya menyediakan produk fisik seperti produk fashion, baju, tas, sepatu, , produk kuliner, furniture, otomotif, produk elektronik, dan lain sebagainya. Tapi KUDO juga menyediakan produk non fisik seperti pulsa seluler, pulsa listrik, pembayaran asuransi, pembayaran rekening listrik, hingga pembelian tiket baik kereta maupun pesawat. Anda bisa memilih produk yang Anda inginkan. Anda bisa mengkombinasikan atau memilih satu produk saja untuk memulai bisnis UKM online.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin bergabung menjadi . Salah satu hal yang harus Anda lakukan untuk menjadi agen KUDO ialah mendaftar sebagai agen. Silahkan pelajari langkah-langkah berikut untuk mendaftar menjadi agen KUDO dengan mudah.

  1. Unduh Aplikasi KUDOHal pertama yang harus Anda lakukan ialah mengunduh . Anda dapat mengunduhnya secara gratis melaui playstore atau appstore.
  2. Daftar Menjadi Agen KUDOSetelah memiliki aplikasi KUDO di handphone, Anda bisa langsung mendaftar sebagai agen KUDO. Silahkan buka aplikasi KUDO di handphone Anda, lalu ikuti petunjuk pendaftaran sebagai agen KUDO yang sudah tertera. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk dalam aplikasi KUDO. Anda akan mendapatkan SMS konfirmasi jika Anda telah berhasil melakukan pendaftaran.
  3. Pengisian SaldoHal selanjutnya yang harus Anda lakukan ialah mengisi saldo. KUDO tidak memberikan batasan saldo yang harus Anda isi. Anda bisa memulai bisnis dengan saldo awal Rp 10.000,-. Saldo inilah yang kemudian Anda gunakan untuk mulai bertransaksi.
  4. Memulai BisnisSetelah Anda mengisi saldo, Anda bisa langsung melakukan penjualan. Bisnis UKM online dengan KUDO akan menjadi lebih mudah karena semua layanan telah disediakan. Anda akan mendapatkan katalog online untuk melihat produk apa saja yang bisa Anda jual. KUDO memberikan segala kemudahan untuk Anda dalam melakukan bisnis online.

Tidak seperti platform online yang hanya menyediakan metode pembayarn online, KUDO memiliki dua metode pembayaran. Konsumen bisa melakukan pembayaran secara online dan offline sehingga akan memudahkan Anda untuk mendapat konsumen. Karena banyaknya konsumen di luar sana yang masih bingung dengan sistem pembayaran online. Dengan metode pembayaran yang disediakan KUDO, Anda akan dengan mudah mendapatkan pelanggan. Tidak hanya kemudahan dalam menjadi agen dan metode pembayaran, KUDO juga akan memberikan komisi untuk setiap produk yang Anda jual. Komisi yang akan Anda dapatkan dari KUDO berbanding lurus dengan banyaknya produk ynag berhasil Anda jual. Semakin banyak produk dari KUDO yang Anda jual, semakin banyak pula keuntungan yang akan Anda dapatkan. Nah, bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis UKM online bersama KUDO? Silahkan mecoba dan buktikan manfaat dari bisnis online yang mudah ini bersama KUDO.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *