Paket Internet 3 Unlimited Android
19Jun

Bisnis UKM Yogyakarta yang Potensial

Jogja merupakan kota yang sangat terkenal kental akan budayanya, sehingga Jogja menjadi kota wisata terbesar kedua di Indonesia yang dikunjungi wisatawan lokal bahkan wisatawan mancanegara. Ada banyak kelebihan yang dimiliki kota ini dan menjadi tempat yang sangat potensial untuk lokasi usaha. Banyak juga Yogyakarta yang berkembang dan terkenal karena unik dan harga yang ditawarkan cukup murah, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh jika berwisata ke Jogja. Selain sebagai tempat tujuan wisata, jogja juga terkenal sebagai tempat tujuan pendidikan karena banyak sekolah dan perguruan tinggi yang berkualitas, sehingga banyak pendatang yang datang ke Jogja dan terjadi heterogenitas penduduk.

Usaha Keci Menengah (UKM) mampu memberikan kontribusi yang nyata sebagai roda penggerak perekonomian masyarakat di Jogja. Perkembangan bisnis tersebut tidak lepas dari upaya pemerintah yang mendukung perkembangan UKM dengan adanya kebijakan bunga kredit ringan agar kegiatan perekonomian masyarakat lebih mandiri dan menekan tingkat pengangguran serta meningkatkan pendapatan masyarakat. Selain itu, sektor industri rumahan juga telah memberikan kontribusi besar dalam kemajuan UKM (Usaha Kecil Menengah) di Jogja. Industri rumahan tersebut banyak yang memproduksi berbagai macam produk kerajinan tangan dengan kualitas yang bagus, sehingga daya saing yang tinggi dan menjadi perhitungan di tingkat lokal, nasional, bahkan tingkat internasional.

Berikut adalah beberapa peluang UKM di Jogja yang memiliki potensi bisnis yang menjanjikan, yaitu:

Usaha kuliner. Sebagai kota yang kaya akan budayanya yang masih kental, Jogja memiliki banyak makanan khas yang banyak disukai masyarakat dan membuat para wisatawan baik lokal maupun mancanegara penasaran dengan rasanya, misalnya mie jawa, mie lethek, mangut, gudeg manggar, bakpia, intip, dan sebagainya. Selain itu, tingginya jumlah wisatawan yang datang membuat ini sangat ramai dan banyak diminati. Ada banyak pula tempat yang menyajikan inovasi kuliner yang bisa ditemukan di kafe-kafe di Jogja. Tidak hanya makanan khas Jogja saja, banyaknya pendatang dari luar daerah bahkan dari luar negeri yang juga membuka membuat pilihan kuliner di Jogja semakin beragam. Oleh karena itu, berwisata kuliner di Jogja tidak akan ada matinya.

Usaha penginapan dan kos-kosan. Bisnis ini merupakan bisnis UKM Yogyakarta yang sangat menjanjikan, karena sebagai tempat wisata kedua terbesar di Indonesia, tentunya banyak wisatawan dari berbagai Negara dan berbagai daerah yang datang setiap harinya. Banyaknya tempat wisata yang ada membuat berwisata di Jogja tidak akan cuku jika hanya satu hari saja. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang membutuhkan penginapan. Sebagai kota pelajar, banyak juga pelajar yang datang dari luar daerah untuk melanjutkan studi di Jogja, sehingga kos-kosan banyak dicari pelajar dari luar daerah tersebut.

Usaha oleh-oleh dan souvenir. Oleh-oleh atau souvenir menjadi hal wajib yang harus dibawa wisatawan setelah berwisata ke mana pun sebagai kenang-kenangan, baik itu berupa makanan maupun souvenir khas. Oleh karena itu, bisnis ini menjadi bisnis yang menjanjikan.

Itulah beberapa UKM Yogyakarta yang menguntungkan dan terbukti mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Jogja. KUDO dapat menjadi wadah bagi Anda untuk memasarkan produk di mana pun dan kapan pun. Selain itu, KUDO merupakan marketplace terbaik dan terpercaya karena banyak jenis produk yang dapat dijual di sana dengan fasilitas transaksi yang mudah, aman dan terpercaya, sehingga usaha Anda akan semakin berkembang.