21Jul

Bisnis Waralaba Modal Kecil Murah Meriah Menguntungkan & Menjanjikan 2017

Sekarang ini, menjadi jenis yang cukup . Warabala adalah hak dalam menjual produk atau orang lain. Dalam bisnis ini juga terdapat sebuah imbalan yang didapat oleh pemberi serta penerima sesuai dengan syarat yang diajukan oleh penyedia barang dan jasa. Waralaba sendiri terbagi menjadi dua yaitu:

  • Pemberi waralaba atau yang sering disebut dengan franchisor. Pemberi waralaba adalah badan atau juga perorangan yang memberikan hal kepada penerima waralaba untuk memanfaatkan produk atau jasa yang dihasilkannya.
  • Penerima waralaba atau disebut dengan franchisee merupakan badan usaha atau perseorangan yang menerima hak untuk memanfaatkan produk atau jasa dari pemberi waralaba.

Model bisnis seperti waralaba sendiri merupakan jenis bisnis yang cukup digemari sekarang ini. Bisnis ini dapat dijalankan oleh atau mereka yang sudah memiliki pengalaman dalam melakukan bisnis. Bisnis ini tentunya menjadi jenis bisnis yang cukup menjanjikan jika dijalankan. Layaknya jenis bisnis lainnya, waralaba membutuhkan untuk memulainya. Waralaba menjadi jenis bisnis yang dapat dilakukan oleh perseorangan ataupun badan usaha. Jenis bisnis ini tentunya menjadi jenis bisnis yang cukup menguntungkan. Jika pebisnis menggunakan merek yang sudah ternama, maka usaha waralaba akan menjadi semakin menguntungkan. Ini disebabkan karena merek yang ternama lebih dapat dipercaya oleh konsumen.

Potensi bisnis dari waralaba cukup menguntungkan dan besar. Sementara jenis dari bisnis ini cukup bergantung dari orang yang menjalankan. Waralaba memiliki jenis yang cukup beragam. Beragamnya jenis usaha ini dapat disesuaikan dengan kecocokan masing-masing orang. Tidak semua jenis dari usaha waralaba cocok untuk semua orang.

Modal

Modal bagi seorang pebisnis adalah hal yang wajib ada. Jenis modal sendiri tidak selalu berupa . Modal juga dapat memiliki jenis lainnya. Jumlah modal yang dibutuhkan oleh calon waralaba cukup beragam. Jika umumnya usaha ini membutuhkan modal dengan jumlah yang cukup besar, maka bisnis ini juga dapat dilakukan dengan modal yang terbatas. Modal untuk ini juga dapat dipengaruhi oleh waktu usaha. Waralaba termasuk pada jenis usaha yang memiliki waktu jangka panjang.  Beberapa jenis usaha waralaba sendiri dapat dijalankan meski dengan modal yang kecil.

Berikut beberapa jenis usaha waralaba yang dapat dilakukan oleh semua orang karena membutuhkan modal yang kecil:

  1. Bisnis dan Minuman
    Waralaba dalam bentuk makanan serta minuman menjadi jenis bisnis yang cukup menguntungkan. Baik makanan maupun minuman merupakan jenis kebutuhan pokok manusia. Pastinya banyak orang yang akan mencari makanan serta minuman. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa dan minuman dapat menjadi jenis bisnis yang menguntungkan.Waralaba makanan dan minuman dapat menjadi salah satu jenis usaha franchise terlaris. Jika dapat memiliki usaha dari franchise makanan yang sudah memiliki nama, maka usaha akan lebih mudah dijalankan. Terlebih sekarang ini sudah banyak pengusaha makanan serta minuman yang menawarkan franchise mereka. Harga yang ditawarkan juga banyak yang cukup terjangkau. Meski banyak badan usaha yang menawarkan franchise dengan harga yang , namun pemilihan franchise yang tepat untuk usaha tetap harus dilakukan. Hal ini akan sangat mempengaruhi atau tidaknya bisnis dari waralaba. Jenis franchise yang dipilih juga sebaiknya makanan dan minuman yang memiliki keunikan. Harga dai franchise tetap harus yang terjangkau, agar konsumen memiliki minat yang tinggi terhadap produk yang ditawarkan.
  2. Bisnis franchise pada bidang retail
    Retail sendiri merupakan usaha yang dijalankan dengan menjual produk serta jasa. Produk atau jasa ini berasal dari orang atau badan usaha lainnya. Sekarang ini, sudah banyak pemberi waralaba yang menawarkan franchise produk mereka untuk usaha seperti retail. seperti ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendatangkan keuntungan.
  3. Usaha waralaba bidang jasa
    Usaha warabala di bidang jasa dapat menjadi jenis usaha yang cukup menguntungkan lainnya. Jenis usaha di bidang jasa yang cukup menguntungkan sekarang ini yaitu jasa laundry dan jasa kebersihan. Peluang usaha di bidang jasa tersebut akan semakin berkembang jika dikelola dengan baik dan tepat. Lokasi untuk jenis seperti ini juga menjadi faktor yang menentukan keberhasilan. Jenis usaha ini lebih cocok jika dilakukan di perkotaan, atau tempat yang dekat dengan kos-kosan. Karena usaha ini merupakan usaha waralaba, maka penerima waralaba dapat meminta bantuan pemberi waralaba untuk menentukan lokasi usaha yang strategis. Usaha seperti ini sangat dibutuhkan oleh orang yang cukup sibuk sehingga tidak bisa mengurus kebersihan serta tempat tinggal. Di sini peluang usaha ini dapat dimanfaatkan.

Bisnis Waralaba Modal Kecil Murah Meriah Menguntungkan & Menjanjikan 2017

Banyak alasan yang membuat banyak orang lebih memilih jasa seperti ini daripada membersihkan sendiri. Untuk orang yang sibuk keberadaan jasa dapat sangat membantu. Dengan adanya usaha ini, bersih-bersih akan lebih cepat selesai. Hasil kerjanya juga lebih rapi dengan harga yang cukup terjangkau.

Pelaksanaan usaha waralaba ini harus dijalankan dengan pemberi waralaba yang memiliki reputasi baik. Selain itu, sebaiknya memilih pemberi waralaba yang dapat memberikan solusi jika nantinya ada masalah.

Demikian beberapa jenis usaha waralaba yang dapat dicoba sebagai bentuk usaha yang dapat memberikan keuntungan. Selain beberapa jenis usaha waralaba tersebut, ada banyak jenis waralaba lainnya yang dapat memberikan keuntungan yang cukup besar. Pemilihan jenis usaha dapat dengan berbagai hal termasuk modal. Sebelum memutuskan untuk memilih jenis usaha waralaba yang akan dijadikan usaha, ketahui juga beberapa dalam memilih jenis usaha warabala. Berikut beberapa tips yang harus diketahui sebelum waralaba:

  1. Pilih waralaba yang disesuaikan dengan modal
    Seperti yang telah diketahui, modal merupakan hal yang terpenting dalam memulai usaha tidak terkecuali usaha waralaba. Maka dari itu, cocokkan jenis usaha waralaba yang akan dijalankan dengan modal yang dimiliki.
  2. Produk atau jasa dengan harga terjangkau
    Jika yang dimiliki terbatas, maka pilihan yang tepat untuk memulai usaha yaitu dengan memilih produk dengan harga terjangkau. Selain menguntungkan bagi penerima waralaba atau pengusaha waralaba. Produk atau jasa dengan harga terjangkau juga akan banyak dicari oleh konsumen. Harga tentunya menjadi faktor yang sangat berpengaruh untuk keberhasilan usaha.
  3. Waralaba yang mudah
    Dalam menjalankan usaha waralaba, pemilihan waralaba juga harus disesuaikan dengan kemampuan pengusaha. Jika masih dalam tahapan ada baiknya untuk memilih usaha waralaba yang tergolong mudah. Selain mudah untuk dijalankan, ada baiknya jika usaha waralaba tersebut juga tidak menyita banyak waktu serta praktis untuk dijalankan. Lokasi usaha yang strategis juga mempengaruhi kemudahan usaha.Lokasi yang strategis mencakup akses yang mudah serta dapat dengan mudah dijangkau oleh konsumen. Dengan akses yang mudah, maka usaha waralaba jauh lebih akan diminati.
  4. Waralaba yang banyak diminati
    Peran konsumen dalam usaha tentunya tidak dapat diabaikan begitu saja. Pemilihan waralaba juga sebaiknya berdasarkan kebutuhan dari konsumen. Jika banyak konsumen membutuhkan sebuah produk atau jasa maka bisa dipastikan jika usaha waralaba memberikan keuntungan yang besar. Untuk target konsumen jadi usaha waralaba sebaiknya tidak terbatas. Seperti misalnya waralaba makanan, usaha ini dibutuhkan oleh semua orang dan berbagai kalangan. Pemilihan usaha waralaba yang memiliki sedikit konsumen dapat menimbulkan resiko kerugian. Usaha franchise makanan yang banyak diminati oleh konsumen jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan jenis usaha lainnya.
  5. Waralaba dengan pelayanan yang baik
    Sebuah usaha yang menawarkan pelayanan yang baik selalu disukai oleh konsumennya. Baik atau tidaknya pelayanan yang ditawarkan oleh pengusaha dapat meningkatkan tingkat kepercayaan konsumen terhadap usaha tersebut. Maka dari itu, sebaiknya memilih pemberi waralaba yang menawarkan pelayanan yang baik. Pelayanan yang baik dari pemberi waralaba dapat berupa kualitas produk, garansi dan lain sebagainya. Dengan pelayanan usaha yang baik, akan sangat membantu dalam pengembangan bisnis. Pemilihan franchise atau jenis usaha waralaba juga dapat didasarkan pada beberapa hal lainnya.

Sementara itu, berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum memulai usaha waralaba.

  • Memikirkan ide
    Ide dalam memulai usaha tidak hanya berupa memikirkan jenis usaha waralaba yang dapat dilakukan. Usaha waralaba juga membutuhkan perencanaan yang matang ketika mulai dijalankan. Ide juga dibutuhkan untuk menarik konsumen agar tertarik pada produk dan jasa yang ditawarkan. Jika usaha waralaba yang dijalankan memiliki konsep yang unik, maka usaha tersebut akan lebih mudah dikenal oleh masyarakat. Ide dari sebuah usaha waralaba juga dapat menjadi penentu berhasil atau tidaknya usaha tersebut.Pemilihan nama dari usaha juga dapat memberikan pengaruh terhadap kelangsungan usaha. Usaha dengan ide yang menarik dapat meminimalkan tingkat persaingan. Sementara itu, penggunaan nama yang menarik akan membuat masyarakat lebih mudah mengingat usaha waralaba. Nama serta konsep yang menarik menjadi dua hal yang tidak dapat pisahkan. Nama yang menarik tentunya mempengaruhi konsep dari usaha tersebut. Semakin unik serta menarik nama serta konsep yang digunakan maka akan semakin banyak yang mengingat usaha tersebut. Namun, ada baiknya penggunaan nama serta konsep tidak terlalu berlebihan agar tidak membingungkan konsumen. Konsumen juga akan merasa takut jika konsep atau nama usaha terlalu dianggap aneh.
  • Target pasar
    Hal yang harus diperhatikan dalam dunia usaha terutama usaha waralaba yaitu pemasaran. Pemasaran menjadi penentu berhasil atau tidaknya sebuah usaha. Usaha dapat memberikan keuntungan yang besar jika banyak dicari oleh konsumen. Untuk memperbesar target pemasaran produk, pengusaha waralaba dapat melakukan penelitian pada pasar. Dengan riset ini para pengusaha akan sasaran konsumen yang tepat untuk produk serta jasa mereka. Mengetahui sasaran utama dari usaha yang telah dijalankan akan memberikan peluang usaha yang cukup menguntungkan. Tingkat keberhasilan usaha waralaba dapat diperoleh jika pengusaha mengetahui target konsumen.Riset mengenai pasar tidak hanya mengenai konsumen. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum waralaba. Keadaan seperti iklim dan tren masyarakat juga harus menjadi pertimbangan dalam melakukan usaha. Secara tidak langsung, minat atau daya tarik dari konsumen sangat dipengaruhi oleh keadaan lingkungan yang sedang terjadi. Seperti misalnya, ketika musim hujan usaha berjualan minuman dingin mungkin tidak akan memberikan keuntungan yang lebih besar ketika musim panas. Maka dari itu, pengusaha waralaba harus melakukan riset pada pasar untuk mengetahui strategis bisnis yang tepat untuk mereka jalankan. Seorang pengusaha waralaba juga harus lebih jeli dalam melihat peluang usaha yang ada untuk dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.Selain itu, riset pada pasar juga penting untuk mengetahui tingkat persaingan usaha pada franchise yang sama. Meski usaha yang dilakukan memiliki banyak konsumen dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Namun, jika tingkat persaingan usaha juga tinggi maka peluang usaha waralaba menjadi sukses akan menjadi semakin rendah.
  • Tampilan yang menarik
    Salah satu alasan mengapa sebuah produk atau jasa menarik minat banyak orang yaitu karena tampilannya. Tampilan sebuah produk menjadi hal yang patut untuk diprioritaskan oleh pengusaha waralaba. Keuntungan jauh akan lebih besar jika produk dijual dalam kemasan yang menarik. Tampilan atau desain dari produk merupakan media promosi yang harus dibuat menarik. Selain itu, tampilan juga mewakili si pemberi produk. Tampilan produk yang elegan dan juga menarik memberi kesempatan jika usaha dapat memberikan keuntungan.

Usaha yang tepat untuk pemula

Usaha waralaba dapat menjadi jenis usaha franchise yang sangat cocok dijalankan oleh para pemula. Banyak jenis waralaba yang dapat dijadikan pilihan oleh para pengusaha. Para pengusaha yang baru mulai melakukan usaha dapat memilih jenis usaha yang dianggap cocok.

Seperti yang telah diketahui, dalam memulai usaha termasuk usaha waralaba banyak persiapan yang harus disiapkan. Baik persiapan secara fisik maupun mental. Calon pengusaha membutuhkan mental yang kuat dalam memulai usaha.

Berikut beberapa persiapan secara mental yang juga dibutuhkan oleh para calon pengusaha.

  • Sikap tidak mudah menyerah
    Sikap ini sangat penting untuk dimiliki oleh setiap calon pengusaha. Usaha yang dijalankan tidak mungkin dapat berjalan mulus dari awal hingga usaha tersebut sukses. Untuk menjadi usaha waralaba yang sukses pastinya akan ada kendala yang datang. Kendala itu dapat berasal darimana saja. Untuk menghadapi semua kendala tersebut, sikap tidak mudah menyerah sangat dibutuhkan agar usaha dapat sukses meski tidak dalam waktu yang singkat.Melakukan usaha bukan hal yang mudah, namun jika usaha dijalankan dengan sungguh-sungguh kemungkinan usaha memberikan keuntungan akan sangat tinggi.
  • Tekun dan sabar
    Melakukan usaha seperti usaha waralaba bukanlah hal yang dapat mendatangkan keuntungan secara tiba-tiba dan instan. Banyak proses yang harus dialami oleh para pengusaha agar usaha mereka menjadi sukses dan menguntungkan. Dibutuhkan ketekunan serta kesabaran dalam melakukan usaha. Jika seorang pengusaha tidak memiliki sikap tekun serta sabar peluang usaha menjadi sukses akan menjadi kecil bahkan bisa jadi tidak ada.
  • Mau belajar
    Usaha ataupun bisnis bukan hal yang dapat dipelajari dalam semalam. Butuh proses agar seorang pengusaha dapat memiliki pengetahuan mengenai usaha yang dijalankannya. Waktu yang tepat untuk belajar mengenai usaha dapat dilakukan sambil melakukan usaha.

Sementara itu, usaha waralaba menjadi jenis usaha yang cukup menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh dengan menjalankan usaha waralaba:

  • Memiliki manajemen yang baik
    Melakukan bisnis pada produk yang telah memiliki merek dagang tentunya banyak keuntungan. Sebuah badan usaha atau perorangan yang menghasilkan produk atau jasa biasanya sudah memiliki manajemen yang baik. Manajemen usaha yang sudah baik ini kemudian digunakan untuk lokasi penjualan yang baru. Dengan ini bisnis atau usaha waralaba akan menjadi usaha yang menguntungkan. Konsep dari usaha tentunya sudah teruji dan terbukti keberhasilannya.
  • Kerja sama yang kuat
    Salah satu keuntungan yang diperoleh dengan menjadi seorang pengusaha waralaba yaitu dapat memiliki sistem yang baik. sama yang kuat ini tentunya dapat menguntungkan kedua belah pihak. Baik untuk penerima waralaba maupun pemberi waralaba terbentuknya kerja sama yang kuat dapat saling menguntungkan.
  • Produk sudah dikenal oleh masyarakat
    Keuntungan atau kelebihan dari usaha waralaba yaitu produk atau jasa yang ditawarkan sudah memiliki nama dan dikenal oleh masyarakat. Hal ini tentunya jauh akan lebih memudahkan dalam pemasaran usaha. Para pelaku usaha waralaba sudah tidak perlu lagi bersusah payah dalam mengenalkan produk dan jasa kepada masyarakat. Jika dibandingkan, memperkenalkan produk baru kepada masyarakat jauh lebih sulit dan juga rumit daripada produk yang sudah dikenal masyarakat. Tentunya hal ini menjadi salah satu keuntungan bagi para pengusaha waralaba. Para pelaku usaha juga tidak perlu repot agar produk dikenal oleh masyarakat.
  • Mendapatkan dukungan yang kuat
    Usaha waralaba yang dilakukan oleh pemberi waralaba yang sudah kuat dan tidak dalam hal mengembangkan bisnis dapat memberikan dorongan yang kuat bagi penerima waralaba. Dukungan tersebut dapat berupa periklanan, pemasaran dan hal lainnya. Dukungan seperti itu dapat membantu dalam proses usaha. Pengusaha waralaba atau penerima waralaba tidak perlu lagi melakukan itu semua.
  • Produk lebih bervariasi
    Bisnis atau usaha waralaba yang telah kuat dan memiliki nama terkadang memiliki produk yang cukup bervariasi. Perusahaan pemberi waralaba dapat memberikan macam-macam usaha franchise yang dapat dijalankan.
  • Finansial yang mudah
    Usaha waralaba yang sudah memiliki reputasi serta nama baik biasanya juga sudah memiliki finansial yang baik. Selain itu, pemberi modal jauh akan lebih mudah memberikan modal jika usaha yang dilakukan sudah memiliki nama serta reputasi yang baik. Finansial dari segi pemasaran juga lebih baik dan mudah.
  • Keuntungan lebih besar
    Keuntungan atau kelebihan yang diperoleh dengan melakukan usaha waralaba dari pemberi waralaba yang sudah ternama yaitu keuntungan yang diberikan jauh lebih menjanjikan. Salah satu alasan mengapa usaha waralaba yang sudah memiliki nama dapat menjadi usaha yang menguntungkan yaitu kepercayaan konsumen yang cukup besar dari produk atau jasa tersebut.Dalam melakukan usaha, penerima waralaba tidak perlu khawatir jika usaha yang dijalankan akan menjadi tergantung pada pemberi waralaba. Atau penerima waralaba tidak dapat mereka sendiri. Sama seperti jenis usaha lainnya, usaha waralaba juga memiliki batas waktu tertentu. Jika batas waktu tersebut habis, dan penerima bisnis sudah dapat mengembangkan bisnisnya sendiri, maka penerima waralaba dapat melakukan usahanya sendiri.

Namun, tidak sedikit juga yang lebih suka melakukan usaha waralaba dengan pemberi waralaba yang sama secara terus menerus. Alasannya dapat berupa jika pemberi waralaba tersebut memberikan banyak keuntungan serta kemudahan. Pemberi waralaba yang banyak membantu dalam proses usaha atau pemasaran juga akan lebih membuat penerima waralaba nyaman dalam melakukan usaha bersama.

Usaha waralaba biasanya tidak hanya terikat oleh waktu kerja sama namun juga area pemasaran juga biasanya sudah ditentukan. Hal ini jika terjadi jika pengusaha waralaba tersebut memiliki penerima waralaba dengan jumlah yang banyak sehingga area pemasaran harus ditentukan.

Salah satu bisnis dalam bidang waralaba yang memiliki area pemasaran yang luas yaitu dengan menjadi dari . KUDO sendiri yaitu situs dagang yang ada secara . Karena merupakan situs , maka tentunya usaha ini dapat dilakukan secara online. Tidak dapat dihindari lagi, dengan perkembangan yang semakin maju seperti sekarang ini, usaha yang dilakukan melalui online juga akan lebih mudah.

Cara untuk menjadi untuk memulai usaha cukup mudah untuk dilakukan. Tahap atau cara yang dilakukan untuk menjadi agen KUDO di antaranya yaitu:

  • Membuka KUDO
    Pendaftaran KUDO sendiri dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui situs KUDO atau menggunakan . Aplikasi KUDO sendiri dapat diinstal memulai Playstore.
  • Mengisi form pendaftaran
    Jika aplikasi atau situs KUDO sudah dapat dibuka maka langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan pendaftaran. Pada situs atau aplikasi KUDO biasanya calon pendaftar akan diminta untuk mengisi form pendaftaran yang tersedia.
  • Mendapat pemberitahuan
    Jika pendaftaran sudah selesai dilakukan, pendaftar akan mendapat pesan pemberitahuan. Daftar usaha waralaba di KUDO cukup mudah dilakukan. Selain itu, pendaftar dibebaskan dari biaya pendaftaran menjadi agen KUDO. Hal ini tentunya akan semakin memberi keuntungan bagi para pelaku usaha KUDO.
  • Mengisi deposit
    Deposit yang dimaksud yaitu sejumlah uang yang digunakan untuk memulai usaha. Atau dengan kata lain, deposit juga dikenal dengan modal usaha. Besarnya nilai modal yang dikeluarkan tergantung pada pelaku usaha. Pengisian deposit sendiri dilakukan melalui transfer bank.

Kemudahan serta kelebihan yang didapat dengan menjadi pengusaha waralaba KUDO di antaranya yaitu:

  • Produk bervariasi dan berkualitas
    Salah satu keuntungan yang diperoleh dengan menjadi agen KUDO yaitu dapat melakukan usaha waralaba dengan produk yang bervariasi dan berkualitas. Variasi produk dimulai dari produk , kecantikan, dan lain sebagainya. Kualitas dari produk yang dijual juga dijamin oleh KUDO sebagai salah satu situs dagang online terbesar di . Tentunya KUDO sudah memiliki reputasi yang baik dan terpercaya.
  • Jaringan pemasaran yang tidak terbatas
    Tidak seperti jenis usaha waralaba lainnya, KUDO menawarkan usaha dengan jaringan pemasaran yang tidak terbatas. Pelaku usaha KUDO dapat menjual produk mereka di mana dan kapan saja. Selain itu, penggunaan produk juga akan membuat usaha waralaba dengan menjadi agen KUDO akan semakin mudah. Pemasaran online yang sekarang ini tengah sangat diminati menjadi pemasaran yang mudah untuk dilakukan. Pelaku usaha KUDO tidak perlu repot-repot memasarkan produk mereka secara langsung, mereka dapat menggunakan sebagai gantinya. Kemudahan penggunaan media sosial atau internet untuk melakukan pemasaran yaitu para pelaku usaha dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja. Tidak ada batasan waktu serta tempat dalam menjalankan usaha secara online.Para pelaku usaha waralaba juga dapat melakukan pekerjaan mereka yang lain sambil melakukan usaha waralaba. Dengan demikian, usaha waralaba yang dilakukan secara online juga cocok dijadikan sebagai .
  • Keuntungan yang besar
    Kelebihan lainnya yang ditawarkan dengan menjadi agen KUDO yaitu keuntungan yang didapat cukup besar dan menggiurkan. Jika usaha waralaba yang dilakukan mudah serta menguntungkan maka usaha waralaba dengan menjadi agen KUDO menjadi hal yang sangat harus dilakukan.