Bisnis Waralaba adalah Bisnis Menguntungkan
03Aug

Bisnis Waralaba adalah Bisnis Menguntungkan

Model bisnis yang dapat dijalankan kini sangat banyak. Salah satunya adalah bisnis waralaba yang sedang populer. Bisnis waralaba adalah bisnis yang dilakukan antara dua pihak. Bisnis yang dijalankan biasanya menggunakan produk atau brand yang sama namun dijalankan oleh pemilik yang berbeda. Jadi ada pemilik brand dan ada pula pemilik usaha. Waralaba sendiri menjadi salah satu bisnis yang kini populer dilakukan oleh pebisnis di tanah air. Ada begitu banyak model usaha seperti waralaba yang bisa dijumpai di sekitar tempat tinggal. Produk yang dipasarkan dalam bisnis waralaba juga beragam. Ada produk makanan, ada brand supermarket, minimarket, dan masih banyak lagi produk waralaba lainnya. Bisnis seperti ini begitu banyak diminati karena konsumennya yang lebih jelas dan besar. Berikut ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang bisnis waralaba.

Mengenal Lebih Mengenai Bisnis Waralaba
Bisnis waralaba dijalankan oleh dua pihak yakni franchisor dan franchisee. Masing-masing pihak mempunyai tanggung jawab sendiri sesuai dengan keputusan atau kesepakatan bersama. Anda bisa menemukan contoh waralaba di sekitar daerah tempat tinggal dengan mudah. Bisnis waralaba yang mudah diketahui dan banyak jumlahnya adalah waralaba sebuah brand minimarket. Anda pasti sering melihat pusat perbelanjaan modern dengan satu nama yang sangat populer. Biasanya tempat-tempat seperti itu merupakan contoh sebuah bisnis waralaba. Pihak franchisor sebagai pemilik brand yang mengizinkan orang lain membuka usaha menggunakan brand tersebut. Perusahaan yang juga memberikan izin orang lain untuk memanfaatkan satu brand adalah KUDO. Melalui KUDO, semua orang diberikan izin untuk menjual produknya. Perusahaan digital tersebut didirikan oleh tenaga ahli yang mempunyai kemampuan dan pengalaman di bidang teknologi atau bisnis digital. Orang yang diberi izin bisa menjual produk dari KUDO adalah hanya untuk orang yang menjadi agen KUDO.

Pihak lain yang terlibat dalam bisnis waralaba yaitu franchisee. Pihak tersebut mempunyai tanggung jawab untuk menjaga nama baik sebuah brand dari franchisor. Franchisee sendiri merupakan individu atau badan usaha yang mendapatkan izin untuk menggunakan brand atau sebuah konsep yang dimiliki franchisor. Cara kerja waralaba sendiri adalah pemilik sebuah brand mengizinkan sebuah perusahaan untuk menggunakan produk dari pemilik paten. Kerjasama bisnis ini dilakukan dengan sebuah perjanjian yang menjadi keputusan bersama. Ada beberapa hak dan kewajiban yang harus dipatuhi oleh pengguna brand atau franchisee. Dalam bisnis waralaba juga ada istilah hak kekayaan intelektual yang merupakan milik dari franchisor. Hak tersebut meliputi hak cipta, hak paten, desain atau logo usaha, merk dagang, nama dagang, hingga rahasia dagang. Semua hak kekayaan intelektual tersebut diizinkan oleh franchisor untuk digunakan franchisee, tentunya harus dengan bertanggung jawab.

Hampir sama seperti bisnis KUDO, semua produk yang dimiliki bisa digunakan oleh agen KUDO. Peraturannya adalah dengan mendaftar sebagai agen KUDO terlebih dahulu. Setelah terdaftar dan mempunyai saldo, agen KUDO bisa menggunakan produk atau layanan dari KUDO untuk dipromosikan. Seperti jenis jenis waralaba yang meliputi waralaba luar negeri dan dalam negeri, Anda bisa memperoleh berbagai produk atau brand. Di KUDO ada begitu banyak produk dari merchant-merchant ternama untuk menyediakan produk berkualitas. Agen KUDO hanya perlu menawarkan produk-produk kepada calon pembeli. Promosi dapat dilakukan dengan mudah melalui sebuah aplikasi KUDO yang kini bisa diakses dengan mudah. Agen KUDO hanya memerlukan gadget dan sambungan internet untuk mempromosikan. Jika ada transaksi, maka agen KUDO bisa langsung memperoleh keuntungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *