22Jul

4 Langkah Buka Usaha Sendiri Terbaru dengan Modal Kecil Menguntungkan & Menjanjikan

Perencanaan dalam menjalankan usaha dapat mempengaruhi keuntungan yang diperoleh nantinya. Apabila pelaku usaha atau bisnis memiliki pengetahuan yang kurang dalam memulai maka usaha akan berjalan kurang optimal. 

Selain itu jika usaha dilakukan secara sembarangan tentu juga akan menyebabkan kerugian bagi pelaku bisnisnya. Oleh karena itu, beberapa calon pengusaha bahkan sampai menggunakan jasa konsultan bisnis untuk menghindari salah langkah. Namun, tidak semua usaha yang ingin dibangun harus menggunakan jasa konsultan bisnis. 

Dalam hal ini, terdapat usaha kecil namun tetap memberikan keuntungan dan bersifat menjanjikan yang dapat dijalankan sendiri. Adapun cara untuk memulai usaha kecil tersebut dapat dipelajari sendiri dari nol dengan mudah. Berdasarkan hal tersebut, langkah-langkah dalam membuka usaha sendiri yang menguntungkan tanpa modal besar yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

Menentukan Jenis Usaha

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memulai usaha sendiri yaitu menentukan jenis usaha. Bagi sebagian bisnis pemula mungkin hal ini akan menjadi sebuah pertanyaan besar. Menentukan jenis usaha yang akan dipilih dapat dilakukan dengan membaca peluang bisnis dengan prospek cerah ke depannya. 

Tidak hanya itu, pastikan juga jenis usaha yang akan dijalankan sudah sesuai dengan minat dan keahlian. Jika tidak, maka usaha yang dijalankan mungkin tidak dapat memberikan semangat dan kemungkinan akan berhenti di tengah jalan. 

Oleh karena itu, penentuan jenis usaha yang akan dijalankan harus benar-benar dipertimbangkan dengan baik. Cobalah untuk menulis beberapa jenis usaha yang ingin dibangun. Adapun beberapa jenis usaha yang dapat dijadikan sebagai contoh serta pilihan yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

  • Usaha Jasa Jahit 

Kebutuhan sandang atau pakaian merupakan hal yang selalu dicari sampai kapan pun. Dalam hal ini juga terdapat orang-orang tertentu yang ingin membuat seragam atau pakaian khusus dengan menyesuaikan ukuran tubuhnya. 

Kebutuhan sandang tersebut tentu harus dipenuhi dengan adanya jasa penjahit pakaian. Peluang bisnis ini tentu dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai usaha. Terlebih jika pelaku bisnis memiliki keahlian dalam menjahit atau bahkan minat dalam dunia fashion. 

  • Bisnis Kuliner 

Bakat dan minat lainnya yang dapat dijadikan sebagai usaha sendiri serta dengan modal kecil adalah masak-memasak. Saat ini sudah muncul berbagai macam jenis makanan dan minuman dengan inovasi tertentu. Apabila memiliki atau senang membuat resep makanan yang unik dan menarik. Maka hal tersebut tentu bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang dapat menarik perhatian masyarakat. 

  • Jual Pulsa Elektrik 

Apabila bingung dalam menentukan bakat apa yang dimiliki. Maka memilih jenis bisnis dapat berupa sesuatu yang umum dibutuhkan masyarakat. Salah satu usaha dengan modal kecil yang cukup menjanjikan yaitu jual pulsa elektrik. Seperti yang diketahui kebutuhan akan pulsa untuk dapat menunjang fungsi smartphone memberikan peluang yang cukup besar dalam menjalankan usaha ini. 

Selain beberapa jenis usaha diatas, tentu masih banyak lagi usaha lainnya yang dapat dipilih. Terlebih saat ini juga sudah hadir teknologi jaringan internet yang memberikan peluang untuk membangun berbagai jenis usaha kecil lainnya. 

Melakukan Survei

Setelah mantap menentukan jenis usaha yang akan dijalankan maka langkah selanjutnya adalah melakukan survei di lapangan. Sebagian besar calon pelaku usaha sering mengabaikan atau bahkan menganggap remeh hal ini. Padahal melakukan survei di lapangan merupakan suatu hal penting.Terlebih dalam mengetahui apakah jenis usaha terkait memiliki tingkat keberhasilan tinggi atau sebaliknya. Adapun hal apa saja yang harus survei yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

  • Tingkat Persaingan 

Salah satu tujuan dari survei adalah untuk melihat tingkat persaingan usaha yang sama dengan jenis usaha pilihan. Dapat berupa seberapa banyak yang sudah menjalankan jenis usaha beserta kualitas pelayanan yang diberikan oleh para pesaing. Selain itu juga terkait dengan harga yang ditawarkan di pasaran terkait produk sejenis. 

  • Penentuan Lokasi Strategis 

Hal lain yang tidak kalah penting untuk disurvei adalah penempatan usaha atau lokasi. Dalam hal ini, lokasi yang disurvei setidaknya harus sesuai dengan usaha yang dijalankan nantinya. 

Selain itu, pastikan juga bahwa lokasi yang akan dipilih merupakan tempat yang strategis atau ramai oleh khalayak umum. Dengan demikian, orang-orang akan dengan mudah menemukan usaha yang dijalankan nantinya. 

Mempersiapkan Modal Usaha

Setelah menentukan jenis usaha serta lokasi yang akan digunakan. Hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah modal usaha. Tentunya dengan kedua penentuan tersebut akan dapat diperkirakan berapa modal yang dibutuhkan. 

Meskipun merupakan usaha kecil, peraturan dalam menentukan modal usaha dalam hal ini juga hampir sama dengan usaha besar. Berdasarkan hal tersebut pelaku usaha harus mengetahui berapa modal yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha. 

Pada saat menentukan jumlahnya, pastikan juga untuk memberikan sedikit kelebihan setidaknya 40% dari total yang dibutuhkan. Kelebihan dana modal tersebut berfungsi sebagai dana cadangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Apabila sekiranya uang pribadi belum mencukupi untuk memulai usaha, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan. Pelaku usaha dapat melakukan pinjaman bank atau kepada orang-orang terdekatnya. Namun pertimbangkan dengan baik terlebih dahulu jika ingin melakukan pinjaman. 

Terlebih dalam membayar cicilan untuk kedepannya apakah sebanding dengan hasil usaha yang diperoleh. Selain itu, modal juga dapat diperoleh dari investor jika memungkinkan hal tersebut untuk dilakukan. 

Perencanaan yang Matang 

Meskipun usaha yang dijalankan merupakan bisnis kecil, bukan berarti hal tersebut dapat dianggap remeh. Usaha kecil juga memerlukan persiapan serta perencanaan yang matang agar berjalan sesuai dengan harapan. 

Selain itu, memantapkan rencana dalam membangun usaha juga bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kegagalan. Hal tersebut dikarenakan kurangnya persiapan serta perencanaan yang baik dalam berusaha sering menjadi faktor dari gagalnya usaha. 

Jika terjadi kegagalan maka modal yang telah digunakan tentu akan menjadi sia-sia. Terlebih jika modal yang digunakan merupakan hasil dari uang pinjaman. Dengan demikian, tujuan dari usaha yang seharusnya mampu menghasilkan keuntungan akan berbalik menjadi suatu kerugian. 

Adapun perencanaan usaha yang umumnya ditentukan dalam hal ini yaitu terdiri dari beberapa hal. Diantaranya yaitu terdiri dari visi dan misi usaha, strategi bisnis, tujuan, serta anggaran yang dibutuhkan. Dengan merencanakan hal tersebut, maka usaha yang dijalankan akan bisa mendapatkan hasil sesuai harapan nantinya. 

Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan pada usaha dengan modal kecil serta menjanjikan untuk mendapatkan keuntungan. Selain langkah-langkah diatas, terdapat satu lagi cara yang dapat dilakukan untuk membangun usaha kecil menjanjikan. Cara tersebut adalah dengan bergabung menjadi salah satu dari agen KUDO. 

KUDO merupakan salah satu marketplace berbasis online yang membuka lapangan pekerjaan bagi siapa saja. Melalui KUDO, agennya akan dapat berjualan produk apa saja baik berupa barang maupun jasa. 

Selain itu, terdapat hal lain yang tidak kalah menarik lagi adalah jika Anda bergabung menjadi agen KUDO. Hal yang dimaksud yaitu bisnis apa saja dapat  dimulai dengan modal yang sangat minim melalui KUDO. Dengan demikian, tidak perlu pusing-pusing dalam menyiapkan modal untuk dapat menjalankan usaha yang diinginkan. Jadi, segera install aplikasi KUDO dan jadilah agennya untuk dapat memulai usaha sendiri sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *