18Dec

Cara Baru Jualan Online dengan KUDO

Pada tanggal 15 November 2015 kemarin, saya berkesempatan berkunjung ke kantor untuk mengetahui lebih jauh tentang KUDO. Acara yang bertema Blogger Class ini dihadiri sekitar 30 blogger yang sebagian berasal dari Jakarta. Nah apa saja yang saya dapat dari acara blogger class kali ini, yuk simak ceritanya!

Apa itu KUDO?

Bagi sebagian orang mungkin terasa asing mendengar kata KUDO. Ya wajar saja, perusahaan yang didirikan bulan Juli 2014 ini adalah startup dibidang e-commerce atau toko online di Indonesia. KUDO sendiri merupakan singkatan dari Kios Untuk Dagang Online. Startup ini didirikan oleh dua orang yang masih bisa dibilang sangat muda usianya, yaitu Albert Lucius dan Agung Nugroho. Mereka ini asli orang Indonesia, jadi KUDO merupakan produk asli Indonesia.

KUDO sendiri memiliki slogan Now Everyone Can Shop Online, yang apabila dijabarkan maka startup ini memiliki tujuan untuk membuat lebih banyak orang terjangkau oleh e-commerce atau toko online. Produk pertama KUDO mulai dipasarkan sekitar bulan Januari 2015. Dalam menjalankan bisnisnya, KUDO sendiri dimotori oleh sekitar 120 orang tim yang solid. Mereka semua adalah putra-putri Indonesia yang masih berusia muda, jadi masih fresh banget nih.

Untuk masalah permodalan atau investasi, KUDO sendiri di support oleh banyak investor, baik lokal maupun investor global. Keren ya, baru startup udah didukung oleh investor global. Hal ini bisa jadi karena konsep bisnis KUDO yang unik dan merupakan terobosan baru di dunia e-commerce, sehingga menyedot perhatian para investor.

Bagaimana konsep bisnis KUDO?

Kalo menurut pandangan saya pribadi, konsep bisnis KUDO ini menggabungkan konsep bisnis konvensional dengan konsep . KUDO memang menjual barang secara online barang dari penjual atau seller lain, mungkin istilah kerennya marketplace ya hehehe. Akan tetapi KUDO sendiri tidak membuka website atau online shop yang bisa diakses oleh netizen. Jadi kalo ingin berbelanja, harus melalui agen. Nah si agen ini dalam mempresentasikan prosuk yang dijual menggunakan tab yang terkoneksi dengan sistem database KUDO. Dengan kata lain online shopnya KUDO in ada pada tab yang dipegang oleh si agen.

Mengenai sistem pembayaran juga berbeda dengan online shop pada umumnya yang menggunakan kartu kredit atau via transfer bank. KUDO mempunyai sintem pembayaran cash. So ini adalah poin penting yang membedakan online shop pada umumnya dengan startup yang didirikan oleh Agung dan Albert ini. Online shop tapi bayarnya cash.

Barang apa saja yang dijual?

Hampir semua produk e-commerce dijual disini. Mulai dari barang elekronik, gadget, fashion, kosmetik, alat rumah tangga, pulsa, tiket pesawat, multi payment seperti bayar listrik, cicilan motor atau PAM. Bahkan ada juga paket wisata yang ditawarkan oleh KUDO. Lengkap sekali, bukan?

Bagaimana cara kerjanya?

Transaksi jual beli di KUDO diperantarai oleh seorang agen. Nah peran pentingnya memang ada pada agen. Saat agen ini mendaftar menjadi member KUDO, dia mengisi deposit dan dipinjamkan tab sebagai media untuk berjualan. Nah saat terjadi transaksi, deposit si agen inilah yang di potong sesuai dengan jumlah nominal barang, kemudian si pembeli membayar cash kepada si agen. Mengenai barang yang dibeli akan dikirim ke alamat pembeli atau bisa juga ke alamat si agen dalam waktu 1-2 hari.

Apa keuntungan bisnis KUDO?

Bagi agen sendiri sudah pasti akan mendapat keuntungan. Misalnya saja pulsa harga 50.000, biasanya dijual dengan harga 52.000. sedangkan deposit yang dipotong adalah 48.500. dari transaksi diatas sudah ketahuan bahwa siagen memiliki keuntungan sekitar 3.500. Selain keuntungan ada pula komisi dan bonus tertentu yang diberikan kepada agen. Keuntungan lainnya adalah si agen bisa membuka usaha dengan modal yang relatif kecil. Bayangkan saja untuk membuka sebuah toko diperlukan modal yang besar, tapi dengan adanya KUDO, seseorang bisa memulai bisnis jualan dengan modal deposit 500.000 saja. Konsep bisnis ini juga sangat fleksibel, artinya dia bisa jualan dimana saja dan kapan saja. Berbeda dengan membuka toko, yang lokasinya hanya disitu saja. kan ada di tab yang bisa dibawa kemana-mana alias toko berjalan. So lebih simple, kan?

Bagi pembeli, keuntungan yang didapat adalah transaksi yang aman dan nyaman. Kenapa aman dan nyaman? Pertama karena pembayaran cash. Jadi pembeli yang tidak memiliki kartu kredit atau rekening bank masih bisa tetap melakukan transaksi online. Yang kedua, biasanya si agen ini akan memilih berjualan kepada kerabat atau temannya, jadi tingkat kepercayaan tinggi.

Siapa saja yang bisa menjalankan bisnis KUDO?

Konsep bisnis KUDO ini sangat cocok bagi ibu rumahtangga, pekerja kantoran, pelajar atau siapa saja yang mau mempunyai usaha sampingan. Pekerjaan utama kita tidak akan terganggu. So dengan bergabung menjadi , maka kita akan mempunyai sumber penghasilan lain.

Bagaimana? Anda tertarik menjadi agen KUDO? Gampang kok, buka aja website resmi KUDO di www.kudo.co.id, lalu anda registrasi sebagai agen. Atau anda juga bisa datang langsung ke di Jl. Yado 1 no.7, Radio Dalam, Jakarta Selatan, 12140.

 

Sumber :http://galau.id/cara-baru-jualan-online-dengan-kudo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *