04Jan

17 Cara Berbisnis Dari Nol Hingga Sukses Terbaru

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Berbisnis merupakan impian semua orang.  Ini terjadi karena berbisnis merupakan pilihan karir yang dapat memberikan kebebasan kepada seseorang tersebut. Tentunya tanpa adanya tekanan dari atasan sehingga pekerjaan yang dilakukan mdapat dilakukan kapanpun dan dimanapun sesuai dengan keinginan kita. pastinya berbeda dengan mereka yang bekerja di sebuah perusahaan. Mereka harus mengerjakan pekerjaan denga tekanan dan target yang membuat kita merasa tidak bebas dan tidak dapat melakukan aktivitas seperti seseorang yang meniti karier dengan berbisnis.

Memulai bisnis dari nol hingga sukses dapat dimulai oleh Anda setelah kuliah, atau bahkan mengerjakannya di saat masih duduk di bangku kuliah. Karena bisnis tidak harus dimulai oleh mereka yang berpendidikan tinggi dengan modal yang banyak serta pegalaman. Namun perubahan teknologi membawa perubahan baru dimana bisnis dapat dilakukan oleh para pemula dengan tekad dan modal yang tinggi.

Cara berbisnis dari nol hingga sukses terbaru 2017 yaitu dengan memanfaatkan internet.  Di era globalisasi internet sudah  dimanfaatkan dalam semua bidang kehidupan,  Ini terjadi pula dalam komunikasi berbisins. Salah satunya yaitu bisnis via online atau lebih dikenal dengan .  Bebekal  tekad yang tinggi memberikan kesempatan kepada masyarakat menjadi media untuk melakukan bisnis. Ada beebrapa kelebihan yang ditawarkan oleh jual beli online yang membuat banyak sekali masyarakat melakukannya, anata lain:

  1. Menekan modal. Dengan berjualan via online kita dapat secepat mungkin melakukan bisnis. Tentunya bisnis yang dilakukan sesui dengan keinginan kita. Hal yang menarik di sini yaitu modal yang digunakan tidak terlalu banyak seperti untuk menyewa kios ataupun ruko. Hal utama yang digunakan yaitu berbekal handsphone android dan asks internet.
  2. Waktu fleksibel. Bisnis via online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan Anda. Berbeda dengan toko offline yang harus dijaga dalam beberapa jam sehari. Anda dapat melakukan bisnis ini sampai dengan melakukan aktifitas  lain seperti kuliah, dan pekerjaan lainnya.
  3. Jangkauan pembeli yang luas. Dengan berbisnis online pembeli yang akan membeli barang yang dijual dapat lintas kota, atau bahkan negara. Semua itu tergantung dari aplikasi yang Anda gunakan dalam berbisnis. Tentunya hal ini akan memberi peluang besar kepada Anda untuk dapat menjual barang.
  4. Menghemat waktu. Waktu adalah uang sehingga semua orang tidak mau menggunakan waktu luang mereka untuk kegiatan yang tidak bemanfaat. Melalui online pembeli akan menghemat waktu yang digunakan untuk mendapatkan barang yang diinginkan, karena pemesanan dan pembayaran bisa dilakukan dimana saja termasuk di rumah.
  5. Pilihan yang lebih lengkap.  Toko online akan menyediakan pilihan yang lengap dan beragam. Banhkan barang yang jumlahnya terbatas dan sedikit dalam produksinya akan anda temukan di ini.

Kelima manfaat tersebut jangan sampai menjadi tolak ukur Anda untuk mengikuti online shop dengan mudahnya. Ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh online shop. Hal ini digunakan untuk mempertimbangkan sbelum gabung didalamnya.

  1. Barang tidak nyata. Berjualan barang yang di toko online, akan berbeda dengan jualan secara offline. Hal ini disebabkan karena barang yang dilihat oleh pembeli tidak dapat di sentuh secara keseluruhan. Tentunya ini menyebabkan  berjualan secara online diibaratkan sperti kuncing dalam karung. Penting bagi Anda untuk menuliskan barang yang dijual dengan menuliskan keterangan lengkap dari barang tersebut.
  2. Perlu jasa pengiriman. Barang yang telah dipilih oleh pembeli tentunya membuthkan jasa pengiriman barang untuk sampai ke tangan pembeli. Menggunakan online shop dalam memenuhi kebutuhan yang mendada dan super cepat tidak dapat dijadikan pilihan utama karena akan membutuhkan waktu untuk pengiriman barang.
  3. Kendala dalam pengiriman. Resiko kerusakan dalam mengirim barang merupakan hal yang rawan dalam berjualan online shop. Walaupun jarang terjadi, namun resiko ini membuat penjual harus bertanggung jawab terhadap barang yang sudah di pesan.

Dari kelebihan dan kekurangan berbisnis via online shop, Anda dapat memutuskan untuk lanjut menggeluti bisnis ini atau tidak. Tentunya, bisnis ini sangat cocok bagi pemula karen kemudahan dan keuntungan yang akan ditawarkan.  Namun apabila modal masih menjadi hal utama yang dijdaikan alasn dalam berbisnis online ini, Anda bisa bergabung menjadi dropshipper.

Dropship merupakan cara berbisnis online yang dapat dilakukan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal sekali pun, Bisnis ini tidak harus melakukan stok barang dalam pengemasan dan pengiriman, karena ada pihak suplplier yang melakukannya, sedangkan kita hanya meneruskan pesanan dari pembeli ke . Ada beberapa cara berjualan dropship anatara lain:

  1. Menentukan barang yang akan di jual. Menentukan barang yang Anda akan jual merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mencari supplier yang tepat.
  2. Tanyakan terlebih dahulu kepada supplier apakah menerima dropship atau tidak. Tanyakan syarat-syarat menjadi dropshipper, karena ada beberapa supplier yang mengharuskan kita membayar uang atau melakukan transaksi terlebih dahulu.
  3. Memiliki foto barang yang akan Anda dagangkan dari supplier merupakan hal penting agar And adapat melakukan bisnis ini.
  4. Pormosi. Melakukan promosi tentuny akan sangat dibutuhkan agar barang dagangan kita mampu dikenal orang lain.  Apabila kita mendapat pembeli makan harus di catat pemesanannya dan alamat pembeli.
  5. Pembayaran yang dilakukan. Tentunya kita harus mempunyai patokan harga yang sudah ditentukan oleh supplier sehingga Anda pemdapatkan keuntungan. Seperti harga sepasang sepatu Rp.150.000,- maka Anda dapat menjualnya dengan tambahan Rp. 5000,-.
  6. Pihak supplier yang akan  akan melakukan pengemasan dan pengiriman pada pembeli atas nama dropship.
  7. Keuntungan yang didapatkan adalah Rp. 5.000,-  yang merupakan selisih antara harga barang dari supplier dengan harga jual kepada pembeli.

Ada beberapa kelemahan dan keuntungan dalam berbisnis dropship. Keuntungannya yaitu:

  1. Tanpa modal. Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang yang akan dijual.
  2. Dilakukan secara fleksibel
  3. Dapat dilakukan secara offline maupun online
  4. Cocok untuk bisnis pemula

Sedangkan kelemahan dari ini antara lain:

  1. Dropshipper tidak bisa memastikan ketersediaan barang yang ada
  2. Dropshipper tidak dapat memastikan barang yang dijual.
  3. Kerusakan akan menjadi tanggung jawab penjual
  4. Margin keuntungan relaif kecil

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan dengan berbisnis dropship antara lain:

  1. Memilih supplier terpercaya merupakan langkah yang paling utama karena usaha kita terganutung padanya.
  2. Pilihlah supplier yang tidak memberatkan Anda dalam memenuhi persyaratan untuk menjadi dropshipper.
  3. Tanyakan secara berkala stok barang yang dijual. Hal ini menghindari dari kegiatan yang tidak diinginkan.
  4. Belilah terlebih dahulu barang dari supplier. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui cara supplier mengemas dan membungkus barang.
  5. Lakukan promosi produk melalui media yang murah seperti media sosial group chat dan lainnya.

Setelah Anda mengetahui sistem dan keuntungan dari dropship, Anda dapat beralih profesi menjadi reseller. Bahkan Anda dapat beralih menjadi seorang  supplier. Namun semua itu butuh proses yang harus dilakukan. Reseller (menjual barang kembali) artinya membeli barang secara grosir kemudian menjualnya kembali secara eceran kepada pembeli. Berbeda dengan droppsiper, dengan reseller maka kita akan mengemas dan mengirim tanpa pelantara supplier.  Tentunya harus memiliki modal lebih banyak dari droppship, karena digunakan untuk membeli barang terlebih dahulu , namun keuntungan yang akan didapatkan lebih besar. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh kita untuk memulai menjadi reseller, tidak jauh beda dengan droppsiper.

Setelah mendapatkan kesuksesan dalam tidak menutup kemungkinan, Anda dapat menjadi supplier. Hal ini berasal dari pengalaman Anda sebagai dropshipper dan reseller. Tentunya kita akan mencoba mengetahui barang-barang yang bisa diperoleh. Seperti contoh kita sebagai reseller sepatu, dengan berbekal jaringan yang luas Anda dapat mengetahui produsen yang menghasilkan sepatu tersebut. Menjadi supplier merupakan salah satu buah manis dari perjuangan sejak usaha menjadi dropshipper.

Cara Berbisnis KUDO

Kios Untuk (KUDO) merupakan jenis usaha dibidang perdagangan yang berbasis online. Ketersediaan barang yang Anda perlukan akan selalu terpenuhi oleh . Jangan khawatir dengan kualitas barang yang diperlukan karena dalam pembuatannya KUDO telah mempercayakan produsen terkenal dan bekerja sama dengan perusahaan terkenal.

Sebelum Anda menjadikan KUDO sebagai agen pulsa anda untuk memenuhi ketersediaan Anda dan kelancaraan usaha grosir sembako, Anda harus registrasi menjadi  member KUDO. Cara mendaftar menjadi mempun yaitu dengan mengakses situs KUDO atau menginstal aplikasi di Google Playstore. Setelah resmi menjadi agen KUDO anda akan mendapatkan keuntungan yaitu dapat melakukan berbagai transaksi.
Caranya dengan menjadi agen resmi KUDO. Adapun cara yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Download Aplikasi
    Mendownload aplikasi merupakan langkah awal yang harus Anda lakukan untuk menjadi agen resmi KUDO. Anda dapat mengunduh aplikasi tersebut melalui Google Play Store dengan website KUDO.co.id.
  2. Registrasi
    Dalam proses registrasi anda di kolom ‘daftar jadi agen’. Ada beberapa poin yang harus Anda isi seperti mengisi data diri secara lengkap, mulai dari nama, alamat lengkap, hingga foto KTP anda. Data diri secara lengkap dan disertai foto KTP bertujuan untuk menjamin kebebasan akun dari hal yang tidak diinginkan sehingga target percaya dengan pelayanan yang ada.
  3. Isi Saldo
    Setelah Anda melakukan registrasi, tahap selanjutnya yaitu mengisi saldo sebagai modal awal anda bergabung di KUDO. Adapun biaya yang diperlukan untuk isi saldo yaitu Rp. 10.000,-
  4. Siap Berjualan
    Setelah melakukan tahapan-tahapan tersebut Anda sudah termasuk agen KUDO. Anda dapat menjadi distributor sembako tanpa menyetok barang tersebut di rumah karena jualan melalui online KUDO dengan sistem reseller dropship.

Setelah bergabung dan menjadi agen di KUDO, Anda tidak perlu khawatir kehabisan prodak yang Anda tawarkan kepada konsumen. Hal ini disebabkan karena KUDO telah menjalin kerja sama dengan perusahan ternama, sehingga stok produk akan selalu tersedia di KUDO. Keuntungan lainnya yang akan Anda rasakan yaitu kualitas barang terjamin karena telah diuji terlebih dahulu oleh perusahaan yang mbekerja sama dengan KUDO. Selain menjadi seorang distributor sembako, Anda pula berkesempatan untuk menjual berbagai produk/barang yang disediakan oleh KUDO.

  1. jual merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum mencari supplier yang tepat.
  2. Tanyakan terlebih dahulu kepada supplier apakah menerima dropship atau tidak. Tanyakan syarat-syarat menjadi dropshipper, karena ada beberapa supplier yang mengharuskan kita membayar uang atau melakukan transaksi terlebih dahulu.
  3. Memiliki foto barang yang akan Anda dagangkan dari supplier merupakan hal penting agar And adapat melakukan bisnis ini.
  4. Pormosi. Melakukan promosi tentuny akan sangat dibutuhkan agar barang dagangan kita mampu dikenal orang lain.  Apabila kita mendapat pembeli makan harus di catat pemesanannya dan alamat pembeli.
  5. Pembayaran yang dilakukan. Tentunya kita harus mempunyai patokan harga yang sudah ditentukan oleh supplier sehingga Anda pemdapatkan keuntungan. Seperti harga sepasang sepatu Rp.150.000,- maka Anda dapat menjualnya dengan tambahan Rp. 5000,-.
  6. Pihak supplier yang akan  akan melakukan pengemasan dan pengiriman pada pembeli atas nama dropship.
  7. Keuntungan yang didapatkan adalah Rp. 5.000,-  yang merupakan selisih antara harga barang dari supplier dengan harga jual kepada pembeli.

Ada beberapa kelemahan dan keuntungan dalam berbisnis dropship. Keuntungannya yaitu:

  1. Tanpa modal. Kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli barang yang akan dijual.
  2. Dilakukan secara fleksibel
  3. Dapat dilakukan secara offline maupun online
  4. Cocok untuk bisnis pemula

Sedangkan kelemahan dari bisnis dropship ini antara lain:

  1. Dropshipper tidak bisa memastikan ketersediaan barang yang ada
  2. Dropshipper tidak dapat memastikan barang yang dijual.
  3. Kerusakan akan menjadi tanggung jawab penjual
  4. Margin keuntungan relaif kecil

Ada beberapa tips yang dapat kita lakukan dengan berbisnis dropship antara lain:

  1. Memilih supplier terpercaya merupakan langkah yang paling utama karena usaha kita terganutung padanya.
  2. Pilihlah supplier yang tidak memberatkan Anda dalam memenuhi persyaratan untuk menjadi dropshipper.
  3. Tanyakan secara berkala stok barang yang dijual. Hal ini menghindari dari kegiatan yang tidak diinginkan.
  4. Belilah terlebih dahulu barang dari supplier. Hal ini dilakukan agar Anda dapat mengetahui cara supplier mengemas dan membungkus barang.
  5. Lakukan promosi produk melalui media yang murah seperti media sosial group chat dan lainnya.

Setelah Anda mengetahui sistem dan keuntungan dari dropship, Anda dapat beralih profesi menjadi reseller. Bahkan Anda dapat beralih menjadi seorang  supplier. Namun semua itu butuh proses yang harus dilakukan. Reseller (menjual barang kembali) artinya membeli barang secara grosir kemudian menjualnya kembali secara eceran kepada pembeli. Berbeda dengan droppsiper, dengan reseller maka kita akan mengemas dan mengirim tanpa pelantara supplier.  Tentunya harus memiliki modal lebih banyak dari droppship, karena digunakan untuk membeli barang terlebih dahulu , namun keuntungan yang akan didapatkan lebih besar. Hal-hal yang harus diperhatikan oleh kita untuk memulai menjadi reseller, tidak jauh beda dengan droppsiper.

Setelah mendapatkan kesuksesan dalam bisnis reseller tidak menutup kemungkinan, Anda dapat menjadi supplier. Hal ini berasal dari pengalaman Anda sebagai dropshipper dan reseller. Tentunya kita akan mencoba mengetahui barang-barang yang bisa diperoleh. Seperti contoh kita sebagai reseller sepatu, dengan berbekal jaringan yang luas Anda dapat mengetahui produsen yang menghasilkan sepatu tersebut. Menjadi supplier merupakan salah satu buah manis dari perjuangan sejak usaha menjadi dropshipper.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *