Cara Berjualan Online Tanpa Modal Besar
18Oct

Cara Berjualan Online Tanpa Modal Besar

Berjualan online merupakan salah satu cara yang umum digunakan untuk memulai bisnis secara online. Metode ini banyak dipakai terutama karena besarnya pengguna internet di Indonesia serta belanja online sendiri yang banyak disukai belakangan ini sebagai salah satu cara dalam mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari hingga barang koleksi untuk memenuhi hobi. Kita bisa dengan mudah menemukan toko online di internet yang menyediakan aneka barang. Dari peluang inilah kita bisa memanfaatkan situasi dengan turut berjualan online. Cara berjualan online tanpa modal besar yang bisa kita coba adalah dengan menjadi dropshipper. Cara ini sudah banyak dilakukan karena memang terbukti mampu mendatangkan penghasilan serta prosesnya mudah.

Berjualan online juga bisa kita lakukan lewat Kudo atau Kios Untuk Dagang Online. Akan tetapi sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai sistem dropship. Dalam dropship, kita tidak perlu menyetok barang ataupun melakukan pengiriman. Yang perlu dilakukan adalah meneruskan pesanan dari pembeli pada supplier kita. Ketika seseorang hendak membeli barang pada kita, maka kita akan meneruskan pesanan dan juga pembayaran pada supplier. Supplier lah yang akan mengurus pengiriman barang pada pembeli. Sehingga kita tidak akan perlu melakukan stok barang ataupun pengiriman. Dalam melakukan usaha jual beli online dengan cara dropship, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan.

Pertama, carilah supplier terpercaya untuk cara bisnis online tanpa modal ini. Tentukan terlebih dahulu barang yang akan dijual dan pilih supplier yang menjual barang dengan harga murah serta cepat tanggap dalam melayani pertanyaan pembeli. Kedua, pilih tempat di mana kita akan berjualan. Umumnya jualan online sekarang ini dilakukan melalui website ataupun media sosial, salah satunya adalah Instagram. Unggah foto produk dengan jelas dan sertakan caption berisi keterangan produk serta harganya. Kita sebagai penjual juga harus cepat tanggap dalam melayani pembeli, misalnya ketika ada pembeli yang menanyakan ketersediaan stok, ongkos kirim, dan lain sebagainya. Pelayanan yang prima adalah salah satu kunci sukses dalam berjualan online di samping produk yang berkualitas serta harga yang bersaing.

Namun, cara bisnis online tanpa modal uang banyak ini juga memiliki beberapa kelemahan. Di antaranya adalah karena kita tidak menyetok barang maka kita tidak bisa memastikan ketersediaan stok. Penting untuk selalu bertanya pada supplier mengenai jumlah stok yang masih tersisa. Kita juga tidak bisa melakukan quality control karena tidak langsung melihat barangnya terutama pada saat proses pengemasan dan pengiriman. Disarankan untuk membeli terlebih dahulu barang yang akan dijual sehingga kita tahu bagaimana kualitas dari barang tersebut. Terakhir, walaupun supplier yang mengurus pengiriman barang dan juga stok barang, namun kepuasan pelanggan tetap ada di tangan kita.

Dalam sistem dropship, kita tetap berperan sebagai penjual sehingga komplain dari pelanggan tetap harus dilayani dengan baik dan cepat. Selain cara berjualan online shop di Instagram tersebut, kita juga bisa melakukan transaksi jual beli online sekaligus berbisnis di Kudo. Dalam sistem Kudo, terlebih dahulu kita mendownload aplikasinya dan mendaftar menjadi agen. Apabila telah terdaftar sebagai agen, kita dapat langsung berjualan barang dan akan mendapat komisi dari tiap barang yang terjual. Sistem ini telah terbukti dapat menguntungkan dan bisa dijalani sebagai usaha sampingan sehari-hari. Demikian adalah informasi terkait bisnis rumahan online yang bisa dijalani mulai sekarang juga.

Sumber gambar: http://www.freepik.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *