15Feb

Cara Bijaksana Mengatur Uang Agar Tidak Boros

Cara mengatur uang agar tidak boros. Anda termasuk orang suka makan di luar, di restauran atau di cafe? Nggak pernah berpikir dulu sebelum merogoh kocek hanya demi menikmati secangkir kopi mahal di kafe. Atau Anda termasuk orang yang hobi berbelanja tanpa memerhatikan barang-barang belanjaan itu penting atau tidak?

Ketika Anda melakukannya, mungkin tidak akan terasa seberapa besar uang yang Anda telah hamburkan. Tapi, cobalah buat catatan pengeluaran. Mungkin Anda akan syok berat dan tak percaya sebegitu banyaknya uang telah dihabiskan.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi masalah keuangan yang mungkin timbul di kemudia hari akibat pemborosan, berikut cara bijaksana mengatur uang agar tidak boros:

Membuat Anggaran Keuangan

Anggran keuangan diperlukan untuk mengatur tindakkan, sebelum menggunakan uang terhadap hal-hal yang tidak penting. Buatlah anggaran keuangan dengan tepat dan efektif, sehingga pengeluaran uang sesuai dengan kebutuhan, serta kondisi keuangan Anda. Mengatur pengeluaran secara ketat, dapat menekan jumlah pengeluaran.

Menjalankan Anggaran dan Cerdas Mengendalikan Keuangan

Bukan hanya membuat anggaran keuangan semenarik mungkin, lalu menyimpannya. Rencana Anggaran keuangan harus diterapkan dan dijalankan sebaik-baiknya. Beranilah bertindak tegas untuk segera menjalankan anggaran yang Anda.

Lakukan perubahan anggaran agar disesuaikan dengan tingkat kebutuhan. Anggaran tini akan memberi dampak positif pada keuangan Anda, jika dijalankan dengan baik.

Mengevaluasi Anggaran

Kegagalan ketika menjalankan anggaran keuangan memang sering terjadi pada penerapannya. Untuk itu, lakukan evuluasi secepatnya demi mencegah terjadinya kegagalan-kegagalan berikutnya. Anda bisa mempelajari dan memperhitungkan kembali anggaran mana yang wajib ada, dan nama yang perlu dikurangi atau dihilangkan.

Jika Anda memang memiliki catatan yang jelas mengenai pengeluaran keuangan, evaluasi anggaran dapat dilakukan dengan mudah. Cara evaluasi anggaran yaitu dengan menghitung kembali semua catatan pengeluaran. Dengan demikian, Aanda dapat melihat anggaran mana saja mengalami pemborosan.

Menabung

Anda suka berbelanja, mengeluarkan uang untuk barang-barang konsumtif, tapi tidak punya tabungan? Berpikirlah lebih bisak lagi. Perilaku semacam itu merupakan kesalahan fatal dalam urusan keuangan Anda. Kurangi pemborosan dan mulailah menabung.

Menabung tidak harus di bank dengan nilai yang besar. Menabung mulai dari nominal kecil bahkan recehan. Anda juga dapat menabung dengan cara yang menyenangkan menurut Anda. Mislanya, Anda senang berbelanja barang-barang? Belanjalah perhiasan seperti emas. Emas dapat disimpan dan dijual kembali dengan nilai jual yang tidak jauh berbeda saat membeli. Jika ada kebutuhan mendesak, Anda pun dapat menguangkannya.

Apapun cara menabung yang menurut Anda menyenangkan, lakukan secara teratur, maka dapat menghindari pemborosan.

Mengendalikan Nafsu Belanja

Berbelanja memang menyenangkan. Ambil ini, ambil itu, tanpa terasa uang habis. Maka dari itu, cobalah mengendalikan keinginan belanja, terutama barang-barang konsumtif yang sifatnya cepat habis, dan barang-barang yang tidak benar-benar diperlukan. Berbijaklah ketika berbelanja. Maka, Anda dapat menyisihkan uang lebih untuk tabungan.

Berinvestasi

Cara menyimpan uang agar tidak boros paling jitu adalah dengan berinvestasi. Langkah ini sangat tepat demi mencegah pemborosan. Berinvestasi tidak harus dengan modal besar, tapi pilihlah jenis investasi yang dianggap paling ringan dan tepat, misalnya: reksadana, tabungan emas, dan jenis investasi lain.

Dari semua cara mencegah pemborasan keuangan Anda di atas, cara menghemat dan memakai uang dengan bijaksana yang paling sederhana, yaitu membawa uang secukupnya ketika bepergian. Maka, dapat mencegah pengeluaaran di luar anggaran.

Dari pada Hidup Boros, Tambah Penghasilan Anda dengan Berbisnis

Bisnis ini sangat mudah dijalankan, dan sangat minim resiko. Iya, Anda hanya perlu menjadi agen KUDO dan jadilah reseller berbagai macam produk berkualitas.

KUDO dihadirkan bagi Anda yang bermimpi punya bisnis sendiri. Jangan salah, berbisnis di KUDO, tidak memerukan tempat berbisnis, karena semua dapat dilakukan menggunaka satu aplikasi. Selain menjual barang-barang seperti fashion, dan elektronik, bembayaran PPOB bank juga bisa Anda layani.

Banyak keuntungan dari promo-promo yang ditawarkan KUDO. Jual kartu perdana misalnya, Anda dapat diskon 30ribu untuk transaksi minimal 500rbu. Gratis voucher pulsa senilai 50ribu juga bisa didapatkan dengan menjual pulsa sebanyak-banyaknya. Ada juga potongan biaya admin untuk jual token PLN. Nominal potongan sebesar Rp 1000,00 untuk nominal Rp 20.000,00 dan Rp 1.500,00 untuk Rp 50.000,00 ke atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *