Cara Perhitungan Tagihan Listrik dan Mengurangi Resiko Tagihan Membengkak
22Jun

Cara Bisnis Travel untuk Pemula

Bisnis travel dinilai cukup menjanjikan akhir-akhir karena dengan travel perjalanan dinilai lebih cepat sampai dan juga penawaran jasa antar hingga tujuan dirasa memudahkan penumpang. Semakin banyaknya ketertarikan terhadap jasa ini, tentu membuka yang cukup menjanjikan. Oleh karena alat utama dari ini cukup membutuhkan modal yang besar, maka pengelolaan manajemen pun diharuskan tepat agar tidak terjadi kerugian. travel yang paling utama adalah memberikan pelayanan pelanggan dengan sebaik mungkin. Karena bisnis ini memiliki konsep pelayanan pelanggan dengan cara mengantar dan menjemput penumpang hingga tujuan.

Salah satu hal yang membuat bisnis travel cukup diminati yakni karena memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan mengantar atau menjemput sampai tujuan. Hal ini yang tidak banyak ditawarkan oleh pelayanan transportasi darat lain. Nah oleh karena itu tidak ada salahnya bagi Anda yang ingin transportasi untuk mencoba melihat peluang dari bisnis ini. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memulai cara bisnis travel untuk pemula.

  1. Modal
    Modal utama bisnis ini dinilai cukup besar karena menggunakan mobil sebagai alat utamanya. Anda diharapkan memiliki cukup persediaan biaya untuk membeli 2 hingga 3 unit mobil yang nantinya akan digunakan untuk melayani penumpang. Selain itu, dibutuhkan pula informasi yang berkaitan dengan bisnis travel. Anda perlu menelusuri kekurangan dan kelebihan dari bisnis ini. Lakukan diskusi dengan calon team Anda dan gali informasi dengan wawancara pengusaha-pengusaha yang telah sukses di bidang ini.
  2. Mobil
    Mobil yang dibutuhkan untuk bisnis travel yakni mobil yang memiliki kapasitas cukup banyak untuk mengantarkan penumpang. Biasanya mobil yang banyak digunakan yakni MPV, Innova, Xenia, Avanza, Mini Bus, dan lainnya. Selain kapasitas yang besar, mobil dengan fasilitas AC dan jok nyaman juga penting karena nantinya kita akan membawa duduk penumpang dalam jarak jauh dan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam perjalanan.
  3. Karyawan
    Dalam menjalankan bisnis ini Anda tentu tidak sendirian. Dibutuhkan kerjasama antara pemilik dan calon karyawan. Terdapat 2 jenis karyawan, sang sopir yang akan mengantarkan penumpang dan seorang karyawan yang akan membantu Anda melakukan perawatan terhadap mobil-mobil travel Anda. Pilihlah orang-orang yang berkompeten dan memiliki loyalitas tinggi terhadap bisnis dan Anda. Biasanya untuk urusan pengelolaan, orang-orang akan memilih kerabat atau orang yang sudah dikenal.
  4. Marketing
    Dalam bisnis Anda perlu melakukan pemasaran untuk mendapatkan konsumen. Gunakanlah strategi pasar seperti pemasaran melalui iklan baris di koran, majalah, spanduk, dan membuat kartu nama khusus untuk bisnis travel Anda. Selain itu, pemasaran melalui dan internet juga sangat efektif akhir-akhir ini mengingat banyaknya pengguna sosial media seperti Facebook, Instagram, atau Anda dapat membuat website resmi perusahaan Anda. Cukup unggah foto-foto mobil Anda dan cantumkan beberapa informasi mengenai bisnis Anda seperti contact person dan alamat kantor.
  5. Resiko
    Setiap Anda hendak memulai bisnis perhatikan resiko yang akan terjadi. Perhatikan cara-cara agar Anda bisa meminimalisir resiko bisnis Anda. Karena akan ada saatnya bisnis tidak berjalan seperti yang kita inginkan. Kerusakan, penipuan, hilangnya kendaraan, dan resiko lainnya. Dibutuhkan cara bisnis travel dengan keuntungan maksimal.

Demikian tips dan cara bisnis travel untuk pemula yang perlu Anda ketahui. Anda tidak akan mengerti bagaimana rasanya berbisnis jika Anda tidak memulainya. Nah, bagi Anda yang tertarik memulai bisnis travel, bisnis travel pun dapat dilakukan secara online dengan bergabung sebagai agen KUDO hanya dengan modal Rp 10.000,-.