Cara Mengecek Tagihan Speedy Tanpa Ribet
22Jul

3 Cara Cek Tagihan Telkom Tanpa Ribet

Siapa yang tidak mengenal Telkom? Perusahaan ini sudah berdiri sejak lama, mulai dari jaman kita masih memakai telepon koin hingga sampai detik ini. Telkom terus berinovasi seiring perkembangan zaman, menyesuaikan dengan kemajuan teknologi agar tidak kehilangan para pelanggan setianya.

Jika dulu telkom hanya menawarkan sebatas telepon koin, kini telkom berinovasi lebih. Mulai dari telepon rumah hingga layanan jaringan internet dengan kecepatan yang cukup cepat. Hal ini membuat para pelanggan masih betah dengan layanan yang diberikan oleh telkom.

Pada dasarnya, setiap layanan akan dikenakan tagihan. Hal yang mungkin menjadi sedikit kelemahan dari telkom adalah sistem pasca bayarnya. Anda memakai dahulu layanan dari telkom, dan kemudian di akhir bulan atau awal bulan berikutnya, Anda diharuskan membayar tagihan tersebut.

Karena kita tidak tahu berapa banyak yang telah kita habiskan selama satu bulan, tidak sedikit yang merasa kaget saat melihat tagihan di akhir bulan. Tagihan telkom bisa membengkak parah apabila Anda tidak berhati-hati dan menggunakan layanan telkom semena-mena.

Untuk itu, Anda harus mengontrol dengan baik pemakaian serta intensitas Anda dalam penggunaan layanan telkom ini. Jika tidak, maka siap-siap untuk merogoh kocek yang lebih dalam untuk biaya yang menjulang tinggi.

Bagaimana Cara Agar Tagihan Telkom Tidak Membengkak?

Dalam artikel berikut ini akan kami sarankan kepada Anda tips-tips praktis agar Anda tidak kaget dengan tagihan telkom Anda nantinya. Berikut adalah saran-saran tersebut:

  • Tentukan Budget dari Awal

Sebelum memutuskan untuk melakukan pemasangan telepon rumah, sebaiknya Anda sudah mencari tahu terlebih dahulu mengenai biaya abonemen panggilan, yaitu biaya minimal tagihan yang dikenakan setiap bulan baik telepon itu dipakai atau tidak.

Dengan mengetahui standar tarif abonemen, Anda dapat memberi batasan anggaran yang harus dikeluarkan untuk pembiayaan tagihan telepon rumah. Cek kembali log panggilan bulan lalu, sehingga Anda bisa menghitung kembali kira-kira berapa biaya yang berlebih dan kemungkinan akan terjadi di bulan-bulan berikutnya.

  • Memakai Sesuai Kebutuhan

Pemakaian telepon itu memang tidak terasa biayanya di awal. Namun meskipun begitu bukan berarti Anda dapat menggunakannya secara bebas seperti menghubungi banyak orang hanya untuk hal-hal sepele, bahkan tidak terlalu jelas maksudnya.

Ketika tagihan mulai dirasa membengkak, Anda dapat mengatur panggilan mana saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Penggunaan telepon hanya untuk kepentingan bersama atau hal-hal mendesak. Jika memang diharuskan adanya panggilan ke luar negeri, dapat diatasi dengan memanfaatkan jam-jam pagi ketika orang belum sibuk.

  • Menggunakan Sistem PABX untuk Kantor

Bagi sebuah perusahaan, menggunakan telepon kantor dapat menambah pengeluaran. Pasalnya, panggilan akan sering terjadi, terlebih jika itu merupakan perusahaan besar. Maka, untuk mengatasinya Anda dapat memasang sistem PABX (Private Automatic Branch eXchange).

Pada sistem PABX, terdapat banyak sambungan yang dapat menghubungkan pada bagian internal kantor sehingga Anda tidak memerlukan banyak nomor untuk setiap divisi dalam perusahaan. Biasanya, untuk melakukan sambungan internal, dibutuhkan sebuah nomor ekstensi.

Nomor ekstensi inilah yang nantinya akan diarahkan ke divisi tujuan. Jadi, satu nomor perusahaan dapat dipakai untuk seluruh karyawan dalam kantor.

  • ¬†Memasang Batas Waktu

Sering kali ketika melakukan panggilan, baik pada sahabat atau keluarga, Anda lupa waktu jika sudah menemukan topik menarik. Di saat seperti itu, tanpa terasa tarif terus berjalan setiap menitnya. Kemudian pada saat pembayaran, Anda menerima tagihan yang membengkak terlalu banyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memasang pembatas waktu panggilan. Semisal, pada sistem diatur maksimal panggilan adalah 15 menit, setelahnya akan memutus sendiri. Dengan begitu, biaya dapat dikontrol sehingga beban tagihan tidak terlalu besar.

  • Memberikan Kata Sandi atau Password

Tidak jarang anak-anak suka memainkan telepon rumah bersama teman. Hal ini dapat berakibat pada tagihan yang bertambah. Jika tidak dikendalikan, setiap bulan biayanya akan semakin besar.

Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda dapat memasang password pengaman. Hanya orang dewasa yang mengetahuinya sebagai tanda jika telepon tersebut hanya dipakai untuk kepentingan mendesak atau berhubungan dengan sesuatu yang penting.

  • Periksa Tagihan Secara Berkala

Anda pun dapat melakukan pemeriksaan secara berkala sebelum tagihan diterima secara total pada akhir bulan. Hal ini agar memudahkan Anda untuk mengontrol biaya-biaya yang sudah dikeluarkan setiap kali panggilan dilakukan.

Terkadang, pihak operator memberikan biaya tambahan tanpa pemberitahuan. Anda dapat mengetahuinya lebih cepat dan melakukan komplain pada pihak operator saat itu juga sebelum tagihan semakin bertambah banyak.

Cara Cek Tagihan Telkom Tanpa Ribet

Yang namanya tagihan pasca bayar, ada satu kerugiannya. Yaitu kita tidak tahu berapa banyak yang kita keluarkan selama satu bulan. Tagihan pasca bayar juga membuat sebagian orang lupa untuk membayar karena kesibukan masing-masing.

Namun jangan khawatir, kini Anda bisa menggunakan beberapa cara untuk melihat tagihan Telkom secara mudah dan cepat. Hal ini dikembangkan agar para pelanggan terhindar dari denda akibat jatuh tempo. Cara-cara itu di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Melalui SMS dan Call Center

Cara pertama untuk memeriksa berapa jumlah tagihan Telkom yang harus dibayarkan selama satu bulan adalah dengan menggunakan SMS dan Call Center. Cukup dengan bermodalkan pulsa, Anda sudah bisa tahu jumlah tagihan telkom Anda.

Untuk cara Call Center, Anda dapat menghubungi Call Center resmi dari Telkom di nomor (021) 147. Apabila Anda menghubungi nomor tersebut, Anda akan tersambung dengan layanan Customer Service yang akan mengawal Anda dalam pemeriksaan tagihan Telkom Anda.

Selain cara Call Center, Anda juga bisa menghubungi lewat SMS untuk mengetahui tagihan Anda. Caranya adalah dengan mengirim SMS ke nomor 02170757147 dengan format sebagai berikut: eBS (spasi) email Anda yang telah terdaftar (spasi) nomor telepon Anda. Beberapa saat kemudian akan terdapat balasan dari Telkom.

  • Melalui Website Resmi¬†

Telkom juga mempunyai website resmi, yang dinamai dengan mytelkom (titik) co (titik) id. Website resmi ini memberikan informasi mengenai penawaran terbaru dari Telkom dan tentunya beragam tagihan yang Anda perlukan.

Yang Anda harus lakukan hanyalah dengan mendaftarkan akun baru untuk masuk ke dalam situs mytelkom. Setelah itu log in dan di situlah Anda bisa mengakses keterangan lengkap dari akun Anda. Tentu saja termasuk tagihan telkom bulanan yang Anda inginkan.

  • Melalui Website KUDO

Cara yang satu ini merupakan cara yang paling mudah bagi para pelanggan yang ingin memeriksa tagihan sementara layanan telkom. Anda bisa memeriksa tagihan telkom baik telepon rumah atau kantor. Dengan KUDO, Anda bisa melihat tagihan telkom Anda di manapun dan kapanpun Anda mau.

Selain memeriksa informasi tagihan, Anda juga bisa membayar tagihan tersebut melalui KUDO. Tidak hanya tagihan telkom, namun juga pembayaran lainnya seperti PLN, transaksi-transaksi PPOB dan lain sebagainya. KUDO adalah yang solusi terbaik dan efektif bagi Anda yang ingin memeriksa sekaligus membayar tagihan telkom.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *