18Jun

Cara Cepat Dapat Uang yang Mudah dan Halal

Saat ada keadaan atau kondisi darurat seringkali membuat bingung bagaimana cara cepat dapat uang untuk kebutuhan darurat tersebut. Sakit mendadak, kendaraan tiba-tiba harus diservis, rumah bocor, handphone jatuh, dan lain sebagainya adalah kondisi butuh uang yang sering dialami oleh banyak orang. Saat mengalami hal tersebut yang dipikirkan biasanya adalah bagaimana caranya untuk bisa mendapat uang tunai hari itu juga. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang langsung, seperti beberapa cara berikut.

Cara Mendapatkan Uang Mudah dan Cepat  

Beberapa ide berikut mungkin bisa menjadi jawaban untuk Anda yang sedang membutuhkan dana darurat secepatnya.

  • Jual ponsel lama

Hampir semua orang sekarang sudah memiliki telephone genggam atau ponsel. Apabila Anda memiliki ponsel lebih dari satu, mengapa tidak menjual ponsel yang lama saat Anda butuh uang cepat. Barang elektronik ini sangat mudah untuk dijual dan bisa menjadi cara cepat dapat uang. Untuk yang ingin cepat-cepat memperoleh uang, bisa menjual ponsel langsung ke konter hp atau tempat jual beli hp bekas. Penurunan harganya memang cukup besar jika menjual hp bekas terutama hp asal Cina, penurunan harga 40% sampai 50% masih dianggap wajar. Namun untuk beberapa hp bermerek harga second atau bekasnya biasanya tidak terlalu jatuh, asalkan kondisi barangnya masih cukup bagus. Jika ingin harga jualnya lebih, Anda bisa jual langsung ke orang yang membutuhkan atau melalui situs e-commerce. Menjual hp bekas ke konter biasanya terlalu murah sehingga pilihannya adalah menjual langsung ke konsumen.

  • Menjual pakaian yang tidak terpakai

Sekarang ada pilihan lain untuk dapat uang dengan cepat yaitu menjual pakaian yang tidak terpakai. Apabila di lemari sudah banyak pakaian dan jarang atau sudah lama tidak terpakai, Anda bisa membuatnya jadi uang dengan menjual pakaian bekas tersebut. Ada beberapa marketplace yang menyediakan tempat untuk masyarakat menjual barang-barang bekas seperti pakaian yang tidak terpakai. Selama pakaiannya masih terlihat bagus dan layak pakai, maka bisa dijual sebagai cara cepat dapat uang yang menguntungkan. Lebih baik dijual dari pada pakaiannya dibiarkan di lemari yang mungkin nanti bisa rusak karena debu atau tikus.

  • Menyewakan kendaraan

Mungkin Anda punya mobil yang diam saja di garasi rumah karena Anda lebih suka naik kereta atau kendaraan umum? Mobil yang menganggur tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan uang cepat. Anda bisa coba dengan menawarkan mobil ke tempat rental untuk disewa. Cara cepat dapat uang ini akan lebih menguntungkan ketimbang aset yang Anda miliki hanya diam di garasi rumah. Mobil atau motor yang jarang Anda pakai juga bisa disewakan kepada pengemudi transportasi online, seperti ojek online dan taxi online. Banyak pengemudi online yang mencari kendaraan untuk disewa. Anda hanya perlu memastikan driver yang menyewa kendaraan Anda adalah orang tepat yang bisa dipercaya.

  • Menjadi tour guide

Ada banyak cara cepat dapat uang dan salah satunya adalah dengan menyediakan jasa pemandu wisata. Menjadi tour guide adalah peluang usaha yang ada di kawasan wisata. Modalnya adalah kemampuan bahasa asing dan Anda akan dibayar langsung di hari yang sama Anda menjadi pemandu wisata. Dekati turis asing yang potensial untuk menjadi klien Anda.

  • Menggadaikan barang berharga

Cara yang satu ini mungkin yang paling banyak dilakukan orang karena terbilang mudah untuk dilakukan. Menggadaikan barang-barang berharga seperti emas, sepeda motor, peralatan elektronik, atau barang berharga lainnya adalah cara cepat dapat uang yang pasti. Anda hanya perlu membawa barang yang akan digadaikan dan mendaftarkan ke kantor pegadaian. Jika dihitung biayanya ternyata mahal, sebaiknya Anda menggadaikan barang tersebut ke kerabat dekat yang mampu. Walaupun Anda menggadaikan ke orang dekat atau yang Anda kenal, menggadaikan barang harus tetap hati-hati. Bisa gunakan perjanjian tertulis, apabila barang yang digadaikan nilainya lebih dari 5 juta.

  • Meminjam uang ke kerabat atau teman

Mendapatkan uang dalam waktu yang cepat dapat dilakukan dengan meminjam uang ke teman atau saudara. Cara cepat dapat uang ini sebaiknya dilakukan hanya jika Anda benar-benar membutuhkan dana darurat untuk keperluan yang penting. Jangan meminjam untuk sesuatu yang sifatnya hura-hura, apalagi nanti pelunasannya bermasalah. Sebagai peminjam, Anda harus berkomitmen untuk melunasi pinjaman dalam waktu yang sudah disepakati bersama. Jika nilainya jutaan, buat utang piutang tersebut layaknya meminjam ke bank yaitu dengan perjanjian tertulis sehingga semua pihak merasa enak dan nyaman.

  • Menawarkan jasa antar jemput

Cara cepat dapat uang yang bisa dicoba adalah jasa antar jemput maupun jasa sopir. Anda akan mendapatkan uang langsung untuk tarif jasa yang diberikan. Cara ini juga bisa dilakukan oleh Anda yang sering naik kendaraan sendiri sepulang kerja. Kendaraan tanpa penumpang dapat dimanfaatkan untuk sumber penghasilan atau istilahnya memberi tebengan. Tidak perlu mendaftar jadi driver online, Anda hanya perlu menawarkannya ke teman kerja yang pulangnya satu arah. Jangan pasang tarif khusus agar teman tertarik untuk ikut dan menjadi penumpang dadakan Anda. Teman Anda pasti akan paham dan biasanya memberi uang untuk sekedar ganti bensin atau bayar tarif tol. Jika butuh uang cepat, Anda bisa mempertimbangkan cara ini.

  • Menjual hadiah yang belum digunakan

Hadiah dari acara doorprize ternyata bisa digunakan untuk mendapatkan uang. Walaupun namanya hadiah, tidak ada salahnya jika Anda menjualnya lagi terlebih kalau barangnya tidak terpakai. Misalnya Anda mendapatkan hadiah mesin cuci dan di rumah sudah punya sendiri, maka yang hadiah bisa dijual dari pada menumpuk di rumah dan tidak digunakan. Hadiah lain yang mungkin tidak terlalu disukai dan nilainya lumayan juga bisa dijual untuk tambahan isi dompet. Barang yang diperoleh cuma-cuma seperti hadiah dapat dijual dengan harga yang lebih murah dari pasar sehingga dapat terjual dengan lebih cepat.

  • Mengambil uang tabungan

Cara cepat dapat uang yang paling mudah adalah dengan menggunakan dana sendiri. Maksudnya adalah menggunakan dana tabungan yang setiap bulan Anda sisihkan, jika ada kondisi darurat yang mengharuskan uang cepat. Pilihan lain selain tabungan adalah dengan melakukan tarik tunai kartu kredit. Mungkin cara ini perlu dipertimbangkan dengan matang karena biayanya cukup mahal. Transaksi ini akan menimbulkan biaya tarik tunai yang nanti akan masuk ke tagihan. Jika Anda tidak terlalu memerlukannya atau tidak ingin terkenal biaya dan bunga kartu kredit yang tinggi, Anda bisa mendaftarkan diri ke Kudo. Marketplace ini menyediakan saldo OVO cash dengan nilai 65 ribu bagi Anda yang mendaftarkan diri sebagai agen dan mengikuti kampanye Majuin Warung. Kampanye sosial untuk memajukan warung-warung tradisional di tanah air. Anda bisa mendaftarkan warung yang ingin dibantu dan setelah pemilik warung melakukan transaksi di Kudo, Anda berkesempatan mendapatkan saldo OVO dari Kudo.

Demikian beberapa pilihan cara cepat dapat uang  yang bisa Anda coba saat ada kondisi yang membutuhkan dana darurat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *