19Jun

Cara Daftar Grabbike Online yang Mudah dan Cepat

Saat ini memang dunia sudah tak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Semakin hari, perkembangan dunia online semakin pesat. Bahkan saat ini Anda dapat membeli apa saja dengan mudah tanpa perlu repot lagi karena adanya . Tak hanya itu, yang lebih hebat lagi kini saat Anda hendak pergi kemana saja, Anda dapat memesan kendaraan dari rumah tanpa perlu repot keluar rumah dengan menggunakan transportasi online, seperti maupun taxi online.

Transportasi online sendiri merupakan sebuah teknologi terbaru yang berperan dalam jasa transportasi bagi beberapa daerah di Indonesia. Transportasi online menggunakan sistem aplikasi dengan para pelanggannya memesan melalui aplikasi yang ada di handphone. Dengan menggunakan sistem aplikasi tentu transportasi online memiliki berbagai keuntungan. Seluruh pihak baik perusahaan, pengemudi, maupun konsumen mengetahui secara pasti jarak, lama pemesanan, serta harga yang harus dibayarkan. Selain itu, identitas pengemudi juga dapat Anda lihat dengan jelas, karena perusahaan pengelola sudah melakukan verifikasi data terlebih dahulu. Keuntungan lain transportasi online yaitu pemesanan dapat Anda lakukan kapan saja dan dimana saja.

Ada beberapa nama perusahaan transportasi online yang terkenal di indonesia seperti Grab. Nama-nama tersebut tentunya sangat familiar dan banyak dikenal masyarakat khususnya di daerah perkotaan. Salah satu perusahaan transportasi yang mengalami perkembangan sangat cepat yaitu Grab. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya pengguna Grab yang menjamur hampir di seluruh kota yang ada di Indonesia. Semakin banyaknya jumlah Grab yang beroperasi di kota-kota yang ada di Indonesia, tentu saja akan semakin banyak pula kebutuhan akan mitra pengemudinya atau yang biasa disebut juga Grab. Nah, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka pihak Grab melakukan recruitment calon Mitra Pengemudi Grab.

Menjadi Mitra Pengemudi Grab menjadi salah satu solusi bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan. Pasalnya, terlalu lama menganggur juga tidak menyenangkan. Selain menjadi buah bibir orang-orang, menganggur tentu tidak akan mendapatkan penghasilan. Sedangkan kebutuhan tiap hari membutuhkan uang. Maka dari itu, daripada bingung mencari kerja atau menunggu panggilan kerja, lebih baik jika Anda bekerja secara mandiri. Anda bisa usaha kecil-kecilan dengan keahlian yang Anda miliki. Namun, jika Anda masih bingung hendak usaha apa, Anda dapat mencoba untuk mendaftar sebagai driver Grab.

Keuntungan Menjadi Driver Grab
Meskipun pekerjaan menjadi driver Grab tergolong baru, namun siapa sangka ternyata profesi ini cukup memberikan keuntungan yang lumayan, bahkan hingga jutaan rupiah tiap bulannya. Tak hanya itu, perusahaan Grab juga menawarkan profesi pekerjaan sebagai rider secara online sehingga mempermudah proses perekrutannya. Pendaftaran driver Grab yang cepat dan mudah tentunya membuat pendaftar nyaman karena tidak perlu repot-repot melakukan pendaftaran secara langsung di kantor. Dengan segala keuntungan tersebut, maka pekerjaan sebagai rider GrabBike ini menjadi sangat diminati masyarakat.
Adapun keuntungan-keuntungan lainnya yang dapat Anda peroleh sebagai rider GrabBike adalah sebagai berikut.

  • Cara pendaftaran yang mudah, cepat, dan tanpa pungutan biaya.
    Jika Anda memiliki kendaraan pribadi yang sesuai dengan kriteria, serta kelengkapan dokumen seperti KTP, pas foto, SKCK, STNK, dan SIM, maka proses pendaftaran bisa lebih cepat hanya dalam hitungan menit saja. Selepas itu, Anda sudah mulai dapat menerima order.
  • Rider GrabBike memperoleh asuransi kecelakaan gratis dari perusahaan.
    Sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan terhadap para Mitra Pengemudinya, perusahaan Grab juga menyediakan asuransi kecelakaan, baik untuk rider GrabBike maupun driver GrabCar.
  • Penghasilan yang menjanjikan.
    Saat ini rider GrabBike dapat dikatakan sebagai salah satu profesi yang menjanjikan. Pasalnya, penghasilan yang dapat diperoleh dari rider GrabBike bahkan bisa mencapai jutaan Rupiah.
  • Waktu kerja fleksibel dan dapat disesuaikan sendiri.
    Bekerja sebagai rider GrabBike tentu tidak membuat Anda terikat dengan jam kerja layaknya pekerja kantoran. Dengan jam kerja yang fleksibel, maka tak heran jika profesi ini banyak digeluti oleh orang-orang yang sudah memiliki pekerjaan, namun memerlukan pendapatan tambahan.

Cara Mendaftar sebagai Rider GrabBike
Lalu, bagaimana caranya untuk dapat tergabung menjadi driver GrabBike? Salah satu cara mudah mendaftar sebagai rider GrabBike yaitu bisa dengan datang langsung ke kantor Grab, atau bisa juga mendaftar secara online. Mendaftar melalui media online tentu saja lebih mudah, cepat, efektif, dan efisien. Bahkan hanya dalam hitungan menit saja calon mitra driver GrabBike bisa langsung mengambil orderan. Namun tentu saja pendaftar GrabBike harus menyiapkan persyaratan pendaftaran, seperti berkas administrasi secara lengkap.
Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus dipenuhi saat mendaftar sebagai rider GrabBike secara online.

  1. Kartu identitas diri seperti KTP
  2. Memiliki SIM C pribadi
  3. Memiliki SKCK
  4. Memiliki STNK yang sesuai dengan kendaraan Anda
  5. Menyiapkan Polis Asuransi ( dokumen ini bisa menyusul )
  6. Memiliki alamat email. Pastikan bahwa email yang Anda gunakan merupakan email aktif dan sering Anda gunakan. Hal ini dikarenakan konfirmasi pendaftaran akan dikirimkan melalui email tersebut. Alamat email ini juga akan Anda gunakan untuk login pada akun GrabBike Anda.

Dokumen-dokumen yang nantinya akan diupload merupakan dokumen asli bukan salinan maupun fotokopi. Jadi, dokumen-dokumen tersebut harus difoto atau di-scan terlebih dahulu. Pastikan bahwa hasil foto atau scan terlihat jelas, untuk memudahkan pendataan. Setelah dokumen persyaratan sudah disiapkan, maka Anda dapat langsung melakukan pendaftaran GrabBike secara online. Adapun langkah-langkah pendaftaran rider GrabBike secara online adalah sebagai berikut.

  1. Buka dan kunjungi website Grab. Website tersebut akan mengarahkan Anda ke halaman yang berisi formulir pendaftaran.
  2. Isi formulir sesuai dengan data diri Anda. Mulai dari nama lengkap, alamat lengkap, no telepon hingga kode referal. Kode referal ini boleh dikosongkan.
  3. Sebelum mengklik tombol “mendaftar”, pastikan bahwa Anda telah mencentang kotak captcha “saya bukan robot”.
  4. Ikuti alur pengisian pada petunjuk selanjutnya. pastikan data yang diisi benar dan sesuai dengan diri Anda.
  5. Cek kembali bahwa data yang Anda isi telah benar dan valid. Setelah data terisi dengan benar, maka secara resmi Anda sudah bergabung sebagai Mitra Grab.

Satu hal lagi yang tak kalah penting untuk Anda persiapkan sebelum mendaftar sebagai rider GrabBike yaitu smartphone. Semua akses yang digunakan dalam layanan ini akan dilakukan secara online. Pastikan spesifikasi minimal smartphone yang dibutuhkan untuk aplikasi ini yaitu Android dengan ruang memori 16 GB dan RAM 1 GB.
Selain mendaftar melalui website, Anda juga dapat mendaftar melalui agen GrabBike. Cara melakukan pendaftaran melalui agen GrabBike juga tergolong mudah. Beberapa orang yang tidak mau ribet dan merasa bingung saat melalui proses pendaftaran rider GrabBike akhirnya memutuskan untuk melakukan pendaftaran menggunakan cara ini. Untuk pendaftaran rider GrabBike melalui agen resmi Grab, Anda hanya perlu berkomunikasi melalui WhatsApp serta mengirimkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu aktivasi dan konfirmasi untuk menjalani test. Pendaftaran rider GrabBike melalui agen resmi ini tidak dipungut biaya sepeser pun.

Proses Pendaftaran Rider GrabBike
Proses pendaftaran rider GrabBike secara online hingga aktif tidak dapat dipastikan secara tepat waktunya. Hal ini dikarenakan terdapat perbedaan antara pendaftar satu dengan yang lainnya. Namun biasanya setelah melakukan registrasi online, Anda akan menerima SMS pemberitahuan perihal waktu dan tempat seleksi berlangsung. SMS tersebut biasanya diterima dalam kurun waktu 1-2 hari. Namun, apabila Anda sudah menunggu selama dua hari dan belum memperoleh SMS pemberitahuan, sangat disarankan Anda mendaftar kembali dengan isi data sama persis dengan data sebelumnya. Hal ini dilakukan agar permohonan Anda segera diproses. Jika Anda hanya mengirim satu kali saja kemungkinan besar untuk di interview sangat kecil karena saat ini pendaftar GrabBike sudah lebih dari ribuan orang.

Namun, jika Anda sudah mengirim formulir pendaftaran secara online sebanyak dua kali, alangkah lebih baik jika Anda diamkan terlebih dahulu selama satu minggu. Hal ini dikarenakan apabila Anda mengirimkan pendaftaran secara terus menerus, maka akun Anda akan dianggap spam dan kemungkinan besar tidak akan diterima. Pastikan jika Anda sudah 2 kali mengirim dan menunggu kurang lebih 7 hari jam kerja namun belum mendapatkan panggilan silahkan kirim ulang formulir pendaftaran Anda.

Apabila Anda memperoleh SMS pemberitahuan, maka Anda dapat melanjutkan ke proses selanjutnya. Proses-proses tersebut diantaranya cek fisik kendaraan, tes safety riding, dan aktivasi akun sekaligus pengambilan atribut (helm + jaket). Cek fisik kendaraan dan tes safety riding bisa dikatakan menjadi tahapan yang paling krusial dan sangat menentukan. Pasalnya, jika Anda berhasil lolos pada 2 tahap tersebut, maka dapat dikatakan Anda sudah berhasil bergabung menjadi Mitra GrabBike. Anda hanya tinggal menunggu proses aktivasi akun dan pembagian atribut. Begitu pula sebaliknya, jika Anda gagal pada salah satu tahap tersebut, maka Anda belum dapat lanjut ke tahap selanjutnya.

Oleh karena itu, sebelum Anda datang ke lokasi training, cek kembali kendaraan Anda. Pastikan semua komponen kendaraan Anda berfungsi secara normal dan lengkap. Starter harus hidup, lampu rem, klakson, lampu sein, dan knalpot harus sesuai standar. Selain itu, ban yang digunakan juga tidak boleh gundul. Jika Anda sudah lolos pada tahap cek fisik kendaraan, usahakan Anda tidak mengalami kegagalan pada tahap safety riding. Anda hanya memiliki 2 kali kesempatan untuk mengikuti tes safety riding. Apabila Anda gagal dua kali pada tahap ini, maka Anda tidak bisa lanjut ke tahap aktivasi akun.

Sebenarnya Anda bisa saja mengulang untuk mengikuti tes safety riding lagi, namun Anda harus kembali mengeluarkan uang sebesar 100 ribu. Agar Anda tidak perlu mengulang dan keluar biaya lebih, usahakan semaksimal mungkin Anda tidak gagal pada tahap ini. Usahakan jangan grogi dan tetap tenang. Anggap saja tidak ada yang melihat Anda di sana. Jangan lupa pula untuk berdoa agar diberi kemudahan dalam menyelesaikan semua proses yang Anda selama mendaftar menjadi rider GrabBike.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *