Cara Dagang Sembako Online dengan Tips Jitu
15Jul

4 Cara Dagang Sembako Online dengan Tips Jitu

Dalam membangun sebuah bisnis memang tidak akan mudah karena dalam urusan bisnis tidak boleh dilakukan dengan main- main jadi memang harus benar- benar dilakukan dengan serius. Dalam membangun sebuah bisnis pasti nanti akan mengalami kegagalan karena bisnis tidak berjalan mulus dan tentu hal ini bisa menjadi pelajaran untuk semakin berhati-hati dalam menjalankan sebuah bisnis. 

Apalagi saat ini  banyak kebutuhan pokok yang harganya melonjak tinggi jadi akan sangat dibutuhkan usaha sampingan yang bisa menopang kebutuhan lainnya. Dalam membangun sebuah usaha memang akan dibutuhkan sebuah tekad dan juga kesabaran yang cukup besar agar bisnis yang dijalankan semakin berkembang. 

Salah satu pilihan yang paling sesuai karena memiliki peluang usaha yang cukup besar. Iyalah bahan-bahan pokok yang selalu dibutuhkan setiap orang di negara Indonesia sehingga bisnis sembako ini memiliki peluang yang sangat baik. Dikarenakan memberikan keuntungan yang cukup besar maka tak heran jika banyak orang yang membuka bisnis sembako. Untuk itulah Anda pun perlu menyimak beberapa trik di bawah ini untuk bisa memasarkan sembako yang Anda jual.

Menjual Secara Grosir

Apabila Anda ingin memulai usaha dagang sembako adapun dapat memulainya dengan cara bisnis sembako grosir. Agar bisa membuka bisnis sembako grosir adapun memerlukan modal yang tidak sedikit, namun untuk bisa mengakali modal tersebut Anda pun tidak perlu menjual seluruh produk sembako yang artinya anda hanya perlu menjual beberapa bahan pokok tertentu. Dan yang paling mudah ialah menjadi grosir yang bersifat kering contohnya saja seperti gula pasir, beras, minyak goreng dan masih banyak lagi.

Barang mentah merupakan pilihan yang paling tepat, sebab Anda tidak perlu lagi cemas karena barang mentah tidak mudah busuk. Tempat grosir sayur dan buah memang sangat sulit jika lokasi dari penjualan tidak strategis sehingga sayur dan buah pun cepat busuk karena tidak adanya calon konsumen.

Berdagang Sembako Secara Eceran

Ketika bisnis sembako secara grosir sangat sulit untuk dilakukan maka hal itu bukan menjadi masalah karena peluang untuk membuka toko eceran pun juga sangat besar. Terlebih lagi apabila anda bisa menciptakan suasana yang cukup menyenangkan di dalam tubuh sehingga para konsumen pun merasa nyaman ketika berbelanja di toko Anda.

Dengan berjualan sembako eceran modal yang diperlukan tidak sebesar ketika membuka sembako grosir dimana Anda hanya perlu memanfaatkan rumah menjadi lokasi Anda berjualan yang mana warga sekitar lah yang menjadi target pasar Anda. Dengan cara seperti ini adapun dapat menghemat uang sewa toko. Untuk mengenai masalah stok barang maka anda bisa melakukan pembelian di toko grosir menawarkan barang dengan harga yang cukup terjangkau.

Cara Untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Sembako

Nah, untuk Anda yang telah mengerti bagaimana cara dagang dari bisnis sembako maka yang selanjutnya ialah beberapa trik yang bisa Anda gunakan agar dapat menarik para konsumen sehingga menjadikan para konsumen pun loyal terhadap tokoh yang Anda miliki.

  • Selalu ramah kepada konsumen

Ketika menjalankan sebuah usaha sikap menjadi salah satu hal yang sangat penting. Konsumen ialah penentu kesuksesan jika membicarakan usaha yang tengah Anda geluti. Itulah sebabnya melayani konsumen dengan baik adalah salah satu prioritas yang perlu Anda perhatikan. Ketika konsumen masuk ke dalam toko, Anda pun perlu menyapa dan menanyakan barang apa yang dibutuhkan oleh konsumen tersebut. Jangan sampai anda membawa suasana hati yang tengah buruk pada saat menjual barang di toko sembako yang anda miliki.

Hanya seperti ini tentunya dapat mengganggu para konsumen serta membuat konsumen pun tidak nyaman. Akan lebih baik jika Anda membuat suasana yang menyenangkan di dalam toko lalu kemudian selalu mengucapkan terima kasih sudah konsumen membeli barang.

  • Selalu memperhatikan para pelanggan

Untuk bisa menjaga kalau yang lain dari para pelanggan Anda, salah satu kunci utamanya ialah perhatian. Usahakan Anda selalu memperhatikan secara detail pada setiap pelanggan anda serta mengingatnya sebagai pelanggan pun akan merasa dihargai ketika Anda mengingat hal mengenai diri mereka ataupun barang-barang yang selalu dibeli. 

Beberapa pelanggan tentunya sering menceritakan beberapa masalah ringan yang terjadi pada kehidupan sehari-hari ketika membeli barang di toko anda. Misalnya saja menceritakan tentang masalah sekolah dari anaknya serta berbagai macam topik obrolan lain. Anda pun harus selalu berusaha memperhatikan apa saja obrolan yang Anda lakukan bersama konsumen, sebab itu bisa menjadi salah satu penghargaan pada konsumen yang setia.

  • Memenuhi barang yang sesuai kebutuhan konsumen

Terdapat beberapa pelanggan yang kerap kali mempunyai kebiasaan tertentu yang mana sangat menyukai produk dengan merek tertentu sehingga mereka pun tidak akan membeli merek lain jika produk yang mereka inginkan belum restock. Dengan memperhatikan hal yang seperti itu Anda pun bisa mempelajari produk apa saja yang sebaiknya ada di toko Anda. 

Anda pun bisa melengkapi barang-barang yang Anda jual dengan beragam macam merk sesuai dengan permintaan pelanggan. Sehingga pelanggan pun bisa dengan mudah menemukan produk yang dibutuhkan, sehingga mereka akan menjadi pelanggan setia di toko sembako Anda.

  • Pada event tertentu selalu memberikan hadiah ataupun diskon

Memberikan hadiah kepada para konsumen yang menjadi bentuk wujud terima kasih adalah salah satu hal yang bisa meningkatkan penjualan serta menambah pelanggan. Hadiah kecil pun tentunya akan sangat berarti kepada para pelanggan dan pelanggan pun merasa diperhitungkan. Contohnya saja pada hari tertentu seperti hari raya ataupun tahun baru Anda pun bisa memberikan diskon ataupun hadiah yang menjadi salah satu bentuk wujud syukur.

  • Selalu menjaga kebersihan serta tata letak barang yang mudah dijangkau

Kebersihan menjadi salah satu faktor yang tidak boleh disepelekan yang artinya anda pun juga harus menjaga toko serta merawat barang yang Anda jual. Jangan sampai toko sembako yang anda miliki didiami oleh adanya kecoa dan tikus sehingga barang-barang seperti bahan makanan yang ada jual pun sudah tidak dalam kondisi yang higienis. 

Selain itu, jika tak ingin konsumen lari maka Anda juga perlu memastikan jika barang yang Anda jual aman dan tidak rusak hingga sampai ke tangan pelanggan. Bukan hanya kebersihan saja anda pun juga harus melihat bagaimana tata letak barang yang baik karena tata letak barang akan memudahkan para pelanggan menemukan barang yang mereka cari.

Selain cara diatas Anda bisa menggunakan cara lain yakni berjualan sembako secara online seperti melalui KUDO. Dengan adanya situs KUDO tersebut akan melebarkan sayap bisnis Anda dikarenakan konsumen yang Anda miliki pun berasal dari berbagai daerah. Itulah sekilas info yang diberikan kepada anda, semoga ulasan di atas berguna bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *