Cara Cek Tagihan Listrik yang Sudah Dibayar dengan Mudah
28Jan

Cara Hitung Tagihan Listrik dengan Benar

Listrik merupakan tenaga yang dibutuhkan oleh sebagian besar dari kita. Tanpa maka banyak sekali kegiatan yang tidak dapat dilakukan apa lagi pada zaman yang serba canggih dan serba mengandalkan tenaga listrik. Setiap bulannya masyarakat yang mengkonsumsi tenaga listrik wajib melakukan pembayaran pada pihak PLN. Agar pemakaiannya sesuai dan pembayarannya ikut sesuai dengan pemakaian tersebut, ada baiknya kalau Anda tahu bagaimana cara hitung setiap bulannya. Pastinya Anda tidak mau melakukan pembayaran pemakaian listrik yang berlebihan dan tidak sesuai dengan tenaga lustrik yang digunakan oleh Anda. Sebelum menghitung , coba hitunglah berapa lama kira-kira dalam setiap harinya Anda memakai listrik. 5 jam? 12 jam? Atau bahkan 24 jam tanpa henti?

Selain menghitung berapa lama Anda memakai listrik dalam sehari, hitung juga besar kapasitas listrik rumah Anda. Misalnya Tarif /Daya R1T/1300 VA. Ini berarti Anda juga harus tahu berapa biaya beban listrik 1300 watt 2016 atau yang terbaru seperti untuk tahun ini mana bisa dibayar melalui yang mempermudah pemabayaran tagihan listrik. Selain itu, perhatikan besar watt pada setiap barang yang digunakan. Contohnya setiap hari Anda menyalakan televisi sebesar 800 watt, mesin cuci sebesar 150 watt, setrika listrik 300 watt, dan magic jar 200 watt. Jumlahkan pemakaian semua alat elektronik tersebut, berarti jumlahnya 1.450 watt. Nah, jumlah ini adalah jumlah pemakaian tenaga listrik setiap hari jadi untuk menghitung bulanan, Anda harus mengalikan sebanyak 30 hari yaitu 1.450 watt x 30 hari, jumlahnya 43.500 kWh atau 43,5 kWH.

Setelah itu barulah kalikan dengan tarif tagihan listrik untuk R1T/1300 VA, misalnya saja tarif bulan Januari 2017 yaitu sebesar Rp1.467,28/kWh. Rinciannya 43,5 x Rp1.467,28. Terhitunglah biaya tagihan listrik yang harus Anda bayar perbulan sebesar Rp68.826,68 atau dibulatkan menjadi Rp68.900. Tentu sangat disarankan untuk memakai tenaga listrik secara hemat dalam keseharian. Karena selain meringankan biaya tagihan listrik, dengan menghemat pemakaian listrik, itu berarti membantu wilayah-wilayah lain di yang belum mendapatkan listrik. Tidak hanya itu, dengan menghemat pemakaian listrik juga mampu memperpanjang usia alat-alat elektronik yang digunakan.

Seperti halnya lampu. Semakin jarang kita nyalakan, maka usia lampu itu semakin panjang. Sehingga Anda juga akan menghemat membeli lampu. Begitu juga dengan alat penggunaan elektronik lainnya. Perhatikan juga alat elektronik yang terlihat sepele seperti charger ponsel yang biasanya didiamkan begitu saja di colokan. Manfaat menghemat listrik lainnya ialah kita mendukung yang . Sebab di negara kita sendiri, mesin pembangkit listrik masih menggunakan bahan bakar berupa fosil di mana bahan bakar ini cenderung merusak lapisan ozon terbesar dan beresiko pemanasan global. Pada intinya, menghemat listrik juga merupakan gerakan untuk melestarikan lingkungan dan menciptakan lingkungan yang lebih ramah.

Bagaimana? Sudah paham mengenai pada listrik rumah setiap bulannya dan manfaat dari menghemat pemakaian listrik pada keseharian? Cara menghitung kWh listrik tidaklah sulit. Ingin melakukan pembayaran tagihan listrik lebih mudah atau bahkan menjadi tempat pembayaran listrik orang-orang yang tinggal di sekitar lingkungan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan? Bergabunglah dengan KUDO sebagai rekan yang aman, efisien, dan praktis. Informasi lebih lengkap dapat kunjungi situsnya di Kudo.co.id atau download aplikasinya melalui gadget Anda. Semoga ulasan mengenai ini bermanfaat.