02Dec

Cara Mengatur Keuangan Jelang Akhir Tahun

Wuidiiih. Gak kerasa nih udah bulan Desember aja, rasanya waktu berjalan cepet banget yah gak masbro & mbasist? Kurang dari sebulan lagi kita akan melewati sebuah tahun yang baru.

Ngomong-ngomong bulan Desember, bulan ini tuh emang spesial banget! Selain banyak hari liburnya, bulan ini juga banyak sekali yang namanya sale atau pesta diskon, mulai dari barang-barang biasa sampai yang bermerek, dari toko biasa sampai , semua diskon gila-gilaan. Aduuuh pusyiiing pala berbiiii….

Kalau masbro & mbasist ga bisa ngatur , wahhh bisa berabe! Bisa-bisa akhirnya ngutang sana-sini gara-gara yang bisa nahan nafsu lihat barang ini-itu. Mangkanyaaa, dari sekarang masbro & mbasist harus mengantisipasi hal ini, caranya? Lihat aja infonya dibawah;

Siapkan Budget

Di bulan Desember ada perayaan Natal, Maulid Nabi Muhammad SAW dan . Jadwal panjang kaya gini masbro & mbasist pasti ada yang berniat liburan atau beli-beli kado natal. Nah kalau kaya gini, masbro & mbasist harus udah nyiapin budgetnya di awal. Emang sih kadang ada aja pengeluaran tak tertuga, tapi setidaknya masbro & mbasist bisa memperkirakan seberapa besar yang akan dikeluarkan.

Buat Skala Prioritas

Dari segambreng yang akan dilalui, sebaiknya masbro & mbasist membuat skala prioritas. Tentuin sendiri kegiatan apa aja yang harus dilakukan serta barang apa aja yang harus dibeli lebih dulu. Kalau masbro & mbasist mau lebih mengirit, masbro & mbasist bisa memanfaatkan kembali barang-barang khas perayaan natal atau tahun baru dari tahun lalu. Juga barang-barang yang udah masbro & mbasist punya sebelumnya untuk dijadikan kado natal, jadi gak perlu lagi beli banyak barang-barang baru.

Hindari Hutang

Semepet apapun pengeluaran masbro & mbasist, sebaiknya hindari ngutang. Karena apa? Hal ini cuma akan merepotkan masbro & mbasist di bulan-bulan berikutnya. Apalagi menjelang awal tahun nanti, pasti persiapan pengeluaran akan lebih banyak. Jadi jangan tenggelam dalam semarak perayaan semata dan melupakan kebutuhan di bulan berikutnya yah masbro & mbasist!

Nah, udah tau kan cara jelang akhir tahunnya masbro & mbasist? Sekarang waktunya masbro & mbasist mempraktekannya langsung. Selamat mencoba!

 

 

Sumber gambar : http://be-mused.ca/01/better-business-finance-tips-and-tricks/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *