Cari Uang Tambahan Buat Ibu Rumah Tangga
07Mar

Cara Mengecek Tagihan Listrik melalui SMS dan Online

Penggunaan saat ini sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia meskipun beberapa daerah terpencil masih belum terjangkau listrik. Dengan menggunakan listrik berarti Anda siap membayar tagihannya setiap bulan di mana jumlahnya antara satu rumah dengan lainnya bisa berbeda tergantung dari seberapa banyak Anda menggunakannya. Seringkali Anda mendapatkan diluar ekspektasi karena tidak melakukan pengemengecekan sebelumnya. Cara mengecek listrik sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, agar Anda tahu berapa banyak biaya yang harus dibayarkan untuk tagihan listrik. Dengan begitu, Anda bisa mengantisipasi jumlah uang yang harus disisihkan untuk pembayaran tersebut.

Mengecek tagihan listrik bisa dilakukan menggunakan dua cara, yaitu sms dan online. PLN sebagai perusahaan yang menyediakan listrik memberikan dua pilihan tersebut agar masyarakat bisa mengecek listrik yang sudah dipakai. Tidak hanya mengecek tagihan listrik saja, Anda bahkan bisa membeli token atau membayar tagihan listrik secara online tanpa harus pergi ke loket PPOB. Melalui KUDO, membayar listrik atau membeli token menjadi lebih mudah. Cukup gunakan smartphone, laptop atau tablet Anda dan dari dalam rumah pun Anda masih bisa mengakses pembayaran listrik. Mengecek tagihan listrik lewat hp serta membayarnya sekaligus menjadi lebih mudah dengan kemajuan teknologi saat ini.

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek tagihan listrik adalah melalui sms. Anda bisa memutuskan apakah Anda ingin mengecek secara berkala saja atau Anda ingin mendapatkan sms pemberitahuan setiap bulannya mengenai penggunaan listrik Anda. Jika hanya sekedar mengecek sesekali saja, kirimlah sms dengan format REK No ID ke 8123. Bagi yang ingin berlangganan, gantilah format smsnya dengan PLN ON No ID dan kirim ke nomor yang sama. Berlangganan terbilang lebih praktis karena setiap bulan Anda akan mendapat pemberitahuan mengenai penggunaan listrik tanpa harus mengirim sms. Otomatis Anda bisa mengetahui berapa banyak listrik yang sudah digunakan dengan cara berlangganan.

Mengecek tunggakan listrik pln juga bisa dilakukan dengan membuka website resmi pln di pln.co.id. Carilah form layanan online di website tersebut yang letaknya ada di kanan bagian tengah. Cara pengecekannya sangatlah mudah, tinggal mengisikan nomor id pelanggan dan klik cek. Biasanya setelah cek di klik akan muncul informasi mengenai besarnya tagihan listrik bulan ini. Menariknya, listrik bulan-bulan lalu pun masih bisa dicek totalnya karena semua informasi tersebut ada di sana. Dengan adanya layanan yang mudah ini, Anda bisa menyiapkan dana untuk membayar tagihan sebelum jatuh tempo pembayaran.

Mengecek tagihan listrik sangat berguna karena dengan mengetahui besarnya tagihan listrik Anda, selanjutnya Anda bisa lebih menghemat listrik agar tagihan tidak bertambah. Seringkali banyak masyarakat yang tidak peduli dengan penggunaan listrik dan mereka cenderung memakai listrik sesukanya karena belum mengetahui jumlah tagihan listrik mereka. Setelah mengecek tagihan dan masa pembayaran listrik telah datang, Anda pun bisa membayarnya secara online. Sistem teknologi yang semakin maju tidak hanya mampu membuat Anda mengetahui total tagihan listrik. Terlebih lagi membayar listrik menjadi lebih mudah dengan menggunakan . Kini di mana saja dan kapan saja saat Anda butuh membeli token atau membayar tagihan melalui ponsel android. Menariknya Anda bahkan bisa menjadi agen KUDO sehingga setiap transaksi yang Anda lakukan di sana akan mendapatkan komisi yang bisa dicek. Semakin sering transaksi dilakukan, maka akan semakin banyak pula komisi yang Anda dapatkan, jadi sambil belanja Anda juga bisa .

Sumber gambar: http://freepik.com