Cara Mengembangkan Usaha Kecil yang Menjanjikan
06Sep

Cara Mengembangkan Usaha Kecil yang Menjanjikan

Setiap bisnis membutuhkan proses, baik itu maupun besar. Bisnis besar pun membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit sebelum bisa berkembang menjadi besar. Dimulai dari bisnis dengan modal dan skala kecil, suatu usaha diperlukan kesabaran dan keuletan agar bisa sukses menjadi usaha yang besar. Tidak ada hasil dan keuntungan besar yang instan dalam menjalankan suatu bisnis. Nah, bagaimana sih cara kecil supaya bisa menjadi sukses? Inilah salah satu pertanyaan yang selalu ingin dicari tahu oleh mereka yang hendak memulai bisnis. Jangan khawatir, ada beberapa tips yang bisa Anda pelajari untuk membantu mengembangkan usaha kecil Anda sebagai berikut.

Menganalisa Potensi Usaha Kecil yang Menjanjikan

Nah, faktor ini penting untuk diperhatikan sejak awal. Jangan kira Anda bisa secara asal memulai suatu usaha tanpa melakukan survei pasar terlebih dahulu. Riset pasar penting untuk dilakukan untuk mengetahui barang atau jasa apa yang tengah digandrungi masyarakat atau menjadi produk unggulan di lokasi tertentu. Perlu dicatat, setiap jenis usaha memiliki peluang dan nilai lebih di masing-masing tempat dan waktu. Sebagai contoh, jika Anda berjualan toko kelontong di dekat supermarket besar, maka hal tersebut bisa dibilang mencari rugi. Ya, walaupun mungkin Anda tetap bisa mendapatkan pelanggan, namun lebih banyak pelanggan lebih tertarik belanja di supermarket dibandingkan ke toko Anda. Atau, Anda memutuskan untuk berjualan minuman panas di pinggir pantai yang tengah terik. Ya, bukankah membeli es kelapa muda yang dingin lebih menggiurkan?

Apabila Anda masih kebingungan menentukan apa yang hendak dikembangkan, ada alternatif yang bisa dipilih yaitu KUDO atau Kios Untuk Dagang Online. Ya, sesuai dengan namanya, KUDO merupakan wadah bagi para pebisnis yang ingin berdagang secara online. Barang apa saja yang dijual? Apapun. Mulai dari barang fisik seperti sembako, pakaian, produk kosmetik, makanan, minuman, bahkan barang otomotif. Selain itu, ada juga barang non-fisik seperti pulsa handphone, pulsa listrik, dan tiket perjalanan. Bahkan, Anda yang bekerja sebagai supir Grab bisa memanfaatkan KUDO untuk melakukan top-up saldo. Yang perlu Anda lakukan di sini adalah menawarkan produk tersebut kepada calon pelanggan baik secara langsung maupun online.

Lalu untungnya dari mana? Di sini, KUDO menawarkan komisi sebesar 3 hingga 15 persen sesuai dengan jenis produk yang berhasil dijual. Jadi, cara mengembangkan Anda di KUDO sangatlah mudah. Tinggal mencari sebanyak mungkin pelanggan yang membeli produk dari Anda, maka semakin besar pula komisi yang masuk ke rekening KUDO milik Anda. Cara bergabungnya hanya dengan mengunduh dan menginstal aplikasi KUDO di smartphone. Lalu, daftarkan akun Anda dan jadilah agen di KUDO. Setelah melakukan konfirmasi akun, jangan lupa isi saldo rekening KUDO Anda minimal sebesar 10 ribu Rupiah. Setiap pembelian produk akan dipotong dari saldo Anda. Namun, uang yang dibayarkan oleh pembeli akan masuk ke rekening Anda disertai dengan komisinya.

Jadi, tunggu apa lagi? Cari produk, tawarkan, dan dapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Di sini, Anda hanya perlu pintar-pintar dalam mempromosikan produk Anda. Contohnya menggunakan media sosial yang sedang digandrungi oleh masyarakat saat ini seperti Instagram. Anda juga bisa menarget calon pelanggan yang jauh dari koneksi internet atau tidak bisa menggunakan sistem penjualan online untuk membeli produk. Apabila usaha Anda ini sudah dikenal banyak orang, maka semakin banyak pula pelanggan potensial yang akan membeli produk lewat Anda. Dari modal yang kecil, Anda bisa menjadi pengusaha besar di kemudian hari. Nah, mudah bukan cara mengembangkan usaha dengan Anda lewat KUDO?