Cara Mengembangkan Usaha Sembako ini Efektif dan Patut Dicoba
11Jul

Cara Mengembangkan Usaha Sembako ini Efektif dan Patut Dicoba

Bisnis sembako merupakan salah satu usaha yang menjanjikan bagi masyarakat dimana selain dapat dibangun dalam skala besar, usaha ini juga dapat dilakukan pada skala kecil. Bisnis sembako juga menjadi salah satu usaha yang tidak ada matinya karena merupakan kebutuhan pokok dan selalu dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal tersebut juga yang membuat jenis usaha ini sangat mudah untuk dibangun sehingga menjadi pilihan paling banyak di kalangan masyarakat. Lebih lanjut, para pengusaha yang menjalankan bisnis ini juga terpaksa harus bersaing dengan pengusaha lainnya. Apabila pengusaha sembako terutama dalam skala kecil tidak dapat bertahan dalam persaingan tersebut.

Maka kemungkinan terburuk yang akan terjadi yaitu harus menerima jika usahanya mengalami gulung tikar. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui tentang cara mengembangkan usaha sembako yang efektif agar tidak mengalami kerugian atau kebangkrutan. Dalam hal ini, beberapa cara yang dapat diterapkan agar usaha sembako mengalami peningkatan yaitu terdiri dari sebagai berikut ini.

Persiapan Sebelum Membangun Bisnis Sembako :

  • Membuat Daftar Barang yang Dijual
    Seperti yang diketahui bahwa sembako merupakan singkatan dari sembilan bahan pokok yang sangat dibutuhkan masyarakat. Adapun berbagai kebutuhan atau bahan pokok tersebut terdiri dari beras, gula pasir, jagung, sagu, berbagai jenis daging, susu, telur, garam, dan lain sebagainya. Beberapa dari kebutuhan pokok tersebut mungkin akan sulit untuk disediakan di toko sembako.

    Oleh karena itu, pilihlah daftar barang yang banyak dibutuhkan serta dapat bertahan cukup lama untuk disimpan. Selain itu, usaha sembako juga dapat ditambahkan produk kebutuhan sehari-hari lainnya. Seperti peralatan mencuci dan mandi, bumbu-bumbu dapur, berbagai jenis minuman seperti teh dan kopi, air minum dalam kemasan, serta kebutuhan sehari-hari lainnya.

    Dengan menyediakan berbagai macam kebutuhan yang selalu dicari oleh masyarakat tersebut. Maka usaha sembako akan tetap berjalan dengan lancar dan sedikit berkembang. Melalui kelengkapan daftar barang yang dijual maka orang-orang juga akan merasa terbantu dengan adanya ketersediaan dari barang yang dibutuhkan.

  • Memilih Agen atau Supplier Terpercaya
    Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa terdapat pengusaha sembako yang memiliki skala besar dan juga skala kecil. Dalam hal ini agen atau supplier merupakan pengusaha sembako berskala besar.
    Pengusaha sembako tersebut juga sangat banyak dijumpai di tengah masyarakat terutama daerah kota. Akan tetapi, tidak semua supplier memberikan penawaran harga yang murah dan pelayanan terpercaya kepada pelanggannya.

    Agar tidak salah dalam memilih supplier, maka hal yang harus dilakukan dalam hal ini adalah survei terlebih dahulu pada beberapa supplier. Berdasarkan hal tersebut, penawaran harga yang terjadi pada setiap supplier tentu akan berbeda sehingga dapat dibandingkan satu sama lain.

    Selain itu, terdapat juga supplier yang mematok harga mahal untuk barang tertentu namun terdapat juga produk yang dijual murah. Dalam hal ini, bersikaplah fleksibel dengan tidak hanya membeli semua barang dagangan pada satu supplier saja. Akan tetapi juga dapat membeli dari supplier lain untuk barang tertentu yang ditawarkan dengan harga murah.

  • Melakukan Promosi
    Setiap usaha perdagangan tidak pernah lepas dari suatu promosi untuk bisa mendapatkan pelanggan. Hal tersebut tentu juga berlaku bagi bisnis sembako baik dalam skala besar maupun skala kecil. Promosi yang dilakukan dapat berupa penyebaran iklan toko dengan cara membuat selebaran. Selain itu dapat juga memasang iklan spanduk depan toko atau melalui media sosial jika memungkinkan.

    Usaha Untuk Meningkatkan Bisnis Sembako

    Perlu melakukan beberapa hal dalam meningkatkan omset bisnis sembako. Jadi, bagaimana caranya pelaku usaha harus menarik pelanggan untuk berbelanja di toko sembako Anda. Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan dalam meningkatkan omset bisnis sembako :

  • Memberi Diskon atau Persenan Kepada Pelanggan
    Salah satu cara agar pelanggan dapat tetap mengunjungi toko serta tidak berpaling ke pengusaha lain adalah dengan memberikan diskon. Perlu diketahui bahwa sebagian orang lebih memilih berbelanja di supermarket adalah karena mendapatkan diskon.

    Tidak ada salahnya jika melakukan hal tersebut meskipun usaha sembako yang dijalankan termasuk usaha kecil. Tentu saja hal tersebut tidak perlu dilakukan terlalu sering. Dalam hal ini, memberikan diskon dapat dilakukan pada saat-saat tertentu saja seperti saat hari raya idul fitri.

    Selain itu bisa juga memberikan diskon kepada pelanggan tetap yang sering datang ke toko pada periode tertentu. Dengan demikian, pelanggan akan merasa senang dan enggan untuk beralih ke toko atau pengusaha lainnya. Hal ini juga dapat dianggap sebagai sebuah apresiasi kepada pelanggan tetap karena sudah meramaikan bisnis sembako yang dijalankan.

  • Memberikan Pelayanan Maksimal
    Selain memberikan diskon, pelanggan juga akan betah untuk mengunjungi serta membeli di toko sembako dengan pelayanan yang sangat baik. Sebaliknya, apabila merasa kecewa dengan pelayanan yang diberikan maka pelanggan akan merasa malas untuk kembali. Dalam berbisnis, kehilangan satu saja pelanggan sudah sudah menunjukkan suatu kerugian bagi pengusahanya.

    Salah satu cara yang dapat dilakukan dalam hal ini dapat berupa selalu menyediakan stok barang yang dipesan oleh pelanggan. Apabila terdapat satu saja stok barang yang kosong maka pelanggan akan merasa kecewa dan harus mencari stok tersebut di tempat lain. Oleh karena itu, jadikanlah toko sembako sebagai toko yang dapat diandalkan oleh pelanggan.

    Usaha Untuk Mempertahankan Bisnis Sembako

  • Bersikap Ramah dan Komunikatif
    Pelayanan terbaik juga tidak hanya ditunjukkan pada produk yang dijual. Akan tetapi, sikap pembeli kepada pelanggan juga termasuk salah satu dari pelayanan yang baik. Oleh karena itu, menjaga sikap kepada pelanggan juga merupakan hal yang penting dan harus diperhatikan dalam berbisnis sembako.

    Dalam hal ini, sikap ramah dalam melayani pelanggan akan memberikan rasa nyaman dalam berbelanja. Sebaliknya, apabila terdapat karyawan yang melayani dengan wajah masam dan ketus maka pelanggan akan kabur dan berniat untuk tidak kembali lagi nantinya.

    Sekalipun suasana hati sedang tidak enak atau gusar, jangan limpahkan keadaan tersebut kepada pelanggan dalam berbisnis.Sikap profesional tentu juga harus dapat diaplikasikan pada usaha berskala kecil.Dengan demikian, hubungan baik akan tetap terjalin dengan pelanggan serta masih dapat meramaikan toko sembako.

  • Disiplin Usaha
    Hal terakhir yang harus dilakukan dalam mengembangkan usaha sembako adalah dengan menerapkan etos kerja pada seorang pengusaha. Dalam hal ini, membangun suatu usaha berbeda dengan seorang karyawan dimana seorang pengusaha akan menjadi pemilik sekaligus sebagai seorang pekerja.

    Oleh karena itu, kesuksesan dari usaha sembako juga bergantung pada tingkat kedisiplinan dari pemilik sekaligus pekerjanya. Berdasarkan hal tersebut, penentuan jadwal toko untuk buka dan tutup harus dipersiapkan dengan sangat baik.

    Pastikan bahwa pada saat pelanggan membutuhkan, toko akan siap untuk buka setiap harinya dan siap melayani pelanggan. Dengan adanya jadwal yang konsisten tersebut, pelanggan juga akan mengerti kapan harus mengunjungi toko sembako nantinya.

    Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk bisa mengembangkan usaha sembako. Selain berbisnis sembako, dengan adanya perkembangan yang sangat canggih saat ini juga sudah tersedia bisnis lain dalam mendatangkan keuntungan. Bisnis yang dimaksud dalam hal ini adalah menjadi agen di marketplace KUDO.

    Usaha berbasis online ini mampu memberikan banyak peluang bagi calon pengusaha yang ingin memulai karirnya. Melalui aplikasi KUDO, semua orang akan dapat langsung menjadi pengusaha online dengan cara yang sangat mudah. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan tips mengenai cara menjalankan bisnis.

    Jadi, tidak perlu ragu lagi dan segera kunjungi website resmi KUDO atau menginstall aplikasinya sekarang juga. Anda dapat menjadi salah satu bagian dari agen KUDO atau sekedar mendapatkan informasi penting dan menarik dalam menjalankan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *