Usaha Mandiri Di Rumah Lebih Cocok Online Atau Offline?
12Aug

Cara Menghitung Tagihan Listrik 2200 Watt dengan Mudah

Listrik merupakan salah satu kebutuhan yang paling utama bagi setiap rumah tangga karena listrik ialah energi yang paling utama ketika menjalankan berbagai macam alat elektronik seperti setrika, mesin cuci, lampu, dan masih banyak lagi.

Bagi masyarakat yang menggunakan listrik pascabayar harus mengetahui bagaimana cara melakukan perhitungan tarif listriknya sehingga tidak akan ada kekeliruan. Di mana cara penghitungannya pun tidak boleh secara kira-kira akan tetapi terdapat rumusnya sendiri.

Pastinya jika membicarakan masalah rumus Anda pun akan merasa kesusahan ketika menghitungnya. namun sebetulnya hal tersebut tidak ribet yang ada di pikiran Anda, sebab terdapat beberapa langkah yang bisa memudahkan Anda untuk menghitung tarif listrik rumah Anda.

Ketika Anda telah mengetahui cara penghitungan tarif listrik maka Anda pun akan lebih berhati-hati ketika menggunakan perabotan rumah yang menggunakan listrik. Perlu mengeluarkan banyak uang dikarenakan bengkak nya tarif listrik yang digunakan.

Untuk itulah, perlunya menyimak langkah-langkah berikut ini sebelum Anda melakukan penghitungan tarif listrik:

Mengetahui terlebih dahulu golongan tarif listrik Anda

Untuk langkah yang pertama Anda harus mengetahui terlebih dahulu golongan tarif listrik seperti apa yang ada di rumah Anda. Dikarenakan golongan tarif nantinya akan disesuaikan dengan batas daya listrik. Dikarenakan tarif listrik rumah cukup bervariasi dimulai dari 900 VA, 1300 VA, 2200 VA, dan masih banyak lagi. Umumnya untuk tarif 900 VA berjumlah 1352 per kWH dan untuk 1300 VA hingga mencapai 5600 VA maka tarif yang dipatok mencapai 1.467,28 per kWh.

Mengecek perabotan rumah yang membutuhkan listrik

Ketika Anda telah mengetahui apa golongan listrik pada rumah Anda maka anda juga harus mengetahui peraturan mana saja yang sangat membutuhkan listrik. Bukan hanya kulkas saja namun lampu-lampu yang ada di setiap sudut rumah juga harus di data sehingga mengetahui seberapa banyak Anda menggunakan listrik.

Apabila seluruh perabotan telah dicatat maka anda pun sudah bisa mengilustrasikan berapa lama perangkat tersebut akan diaktifkan, karena memang untuk lampu dan juga AC pastinya tidak akan dinyalakan setiap jam.

Melakukan estimasi konsumsi listrik

Estimasi dari penggunaan tarif listrik memang sangat penting di mana Anda bisa mengetahui seberapa banyak listrik yang digunakan dari perabotan rumah Anda sehari-hari. Dengan menggunakan cara ini Anda juga bisa lebih mengontrol penggunaan listrik sehingga pembayaran dari tarif listrik pun bisa lebih ditekan.

Cara penghitungan tarif listrik yang benar

Ketika Anda ingin menghitung tarif listrik maka anda perlu mengingat jika tarif listrik akan memakai satuan KWH yakni kilowatt jamnya. Ketika Anda telah memperoleh angka dari pemakaian listrik rumah dengan satuan kWh, kemudian angka tersebut dikalikan dengan tarif dasar dengan per golongan.

Misalnya saja ketika Anda memakai lampu dengan daya 40 watt selama 8 jam perhari maka Anda harus menghitung dengan dikali daya perangkat 40 watt dengan pemakaian 8 jam maka biaya pemakaian listrik pun ialah 320 wh. Sehingga jika Anda mengalikan dengan 30 hari maka selama 1 bulan Anda menggunakan listrik kurang lebih sebanyak 9,6 KWH.

Setelah mengetahui bagaimana cara penghitungan tarif listrik maka pembahasan yang berikutnya ialah mengenai cara agar jauh lebih hemat dalam penggunaan listrik. Cara ini perlu untuk Anda yang tidak ingin terjadi pembengkakan dalam pembayaran pada listrik.

Memakai listrik dengan sistem pulsa

Dengan semakin modern pemerintah sendiri telah membolehkan pemakaian meteran listrik dengan menggunakan sistem politik pada setiap rumah. Meteran listrik yang menggunakan pulsa dengan memakai sistem prabayar memang penggunaan listriknya terbilang cukup kecil karena akan ditentukan sendiri oleh para pemuda di awal pembayaran. 

Pemakaian daya listrik yang menggunakan sistem pulsa secara tidak langsung dapat memaksa para pengguna agar jauh lebih hemat dan bijak ketika menggunakan listrik yang ada di rumah.

Mencabut kabel serat peralatan ketika tidak dipakai

Tak dapat dipungkiri jika banyak orang yang sering kali tidak mencabut kabel pada stop kontak ketika alat tersebut tidak digunakan lagi. Namun rupanya kebiasaan yang seperti itu juga harus segera dihilangkan meskipun tidak dipakai namun arus listrik akan terus mengalir pada kabel kabel yang masih terhubung dengan stop kontak tersebut. Sehingga secara otomatis listrik pun akan mengalir secara sia-sia.

Menyalakan lampu saat butuh saja

Kebiasaan ketika menyalakan lampu ketika siang hari ataupun pada saat meninggalkan rumah adalah salah satu kebiasaan yang sangat buruk karena hal itulah yang menjadikan tarif listrik Anda membengkak. Apabila memang lampu tidak dibutuhkan akan jauh lebih baik jika lampu lampu yang ada di rumah dimatikan saja.

Terlebih lagi pada siang hari Anda tidak perlu menggunakan lampu karena bisa memanfaatkan cahaya matahari sebagai pencahayaan alami. 

Menggunakan AC secara bijak

Perlu untuk Anda ketahui pemakaian dari AC memang sangat memerlukan konsumsi listrik yang jauh lebih besar dibandingkan dengan alat elektronik yang lainnya. Cara dalam menghemat listrik kulkas sebenarnya cukup mudah di mana Anda perlu membatasi pemakaian sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda pun dapat meminimalisir udara panas tersebut dengan selalu membuka jendela sehingga udara segar dapat masuk ke dalam rumah meskipun tidak menggunakan AC.

Meminimalisir pemakaian dispenser

Mesin dispenser juga menjadi salah satu mesin pemanas dan pendingin air yang cukup diminati oleh kebanyakan orang namun rupanya dispenser ini juga sangat membutuhkan daya listrik yang sangat besar seperti halnya AC dan kulkas. 

Untuk itulah anda perlu menghindari pemakaian dari mesin pemanas dan pendingin air dan solusi yang paling tepat ialah dengan memasak air di kompor saja.

Pemakaian kulkas yang perlu disiasati

Nah, sama dengan AC kulkas juga membutuhkan konsumsi listrik yang jauh lebih besar itulah mengapa banyak orang yang kebingungan untuk menyiasati penghematan listrik. Untuk menyiasati listrik yang digunakan pada kulkas yang cukup mudah di mana Anda perlu menurunkan suhu kulkas hingga yang paling kecil jika memang kulkas drum terisi bahan-bahan makanan yang mudah busuk. Dan ketika Anda sudah memasukkan beberapa bahan makanan yang mudah busuk baru Anda bisa menaikkan suhu dingin pada kulkas.

Ketika Anda telah mengetahui bagaimana cara penghitungan serta cara dalam menghemat listrik. Maka ketika anda ingin membayar tagihan listrik bisa melalui aplikasi Kudo. Dimana aplikasi ini memang mempunyai fitur pembayaran tagihan seperti halnya pembelian token listrik ataupun bahan listrik yang pastinya akan lebih memudahkan Anda.

Aplikasi Kudo menjadi salah satu aplikasi yang cukup terkenal di mana aplikasi ini merupakan produk dari anak Indonesia yang kelebihannya hampir sama dengan aplikasi marketplace lain di mana Anda juga bisa memiliki toko online dengan cara mendaftarkan diri sebagai agen Kudo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *