09Sep

Cara Mudah Berjualan Pulsa Listrik Online Pakai Aplikasi Online

Listrik adalah kebutuhan mutlak setiap manusia modern. Dengan listrik, kita bisa menyalakan lampu rumah, mengoperasikan peralatan elektronik seperti TV, lemari es, mesin cuci, kipas angin, radio, dan lainnya. Bagi banyak orang, listrik juga penting untuk menunjang pekerjaan mereka. Mengingat pentingnya listrik, PLN pun berinovasi dengan menyediakan meteran listrik prabayar.

Jika selama bertahun-tahun PLN menggunakan meteran tradisional di mana para petugas PLN rutin melakukan pengecekan pemakaian setiap bulan, maka kini sudah ada meteran digital prabayar. Dengan meteran prabayar, pengguna tidak perlu lagi pergi ke loket pembayaran PLN setiap bulan untuk melunasi tagihannya. Sebenarnya, apa saja kelebihan meteran prabayar dibanding meteran biasa?

  • Biaya pemasangan lebih murah

Bagi yang belum memasang meteran prabayar, PLN kini mendorong setiap rumah untuk beralih menggunakan listrik prabayar yang tidak disubsidi. Ada kekhawatiran bahwa biaya instalasi pertamanya akan mahal. Faktanya tidak, PLN hanya memungut biaya pemasangan biasa dan uang jaminan langganan yang sangat terjangkau.

Untuk pemasangan pertama, Anda perlu datang ke kantor PLN terdekat membawa fotokopi KTP untuk pengajuan pemasangan. Lalu Anda akan ditanyai peta lokasi rumah Anda untuk keperluan survey dan petugas akan meminta Anda untuk menelepon PLN 123 untuk registrasi permohonan pemasangan listrik baru.

Petugas kemudian akan melakukan survey ke lapangan dan mendatangi rumah Anda. Setelah itu, pembayaran pertama wajib Anda lakukan di kantor PLN atau di bank yang bekerjasama dengan PLN. Setelah itu, Anda perlu menandatangani Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL) dan PLN pun akan segera mengalirkan listrik ke rumah Anda.

Untuk selanjutnya, Anda bisa melakukan pembayaran tagihan listrik kapan pun di mana pun sesuai kondisi Anda.

  • Praktis dan fleksibel

Kelebihan meteran prabayar sangat jelas, yaitu praktis dan fleksibel. pemilik rumah bisa mengatur sendiri kebutuhan listrik harian dan bulanannya sehingga mereka bisa mengira-ngira sendiri berapa budget untuk listrik yang diperlukan untuk satu minggu atau satu bulan, misalnya. Jika tidak ada uang, pengguna bisa membeli pulsa listrik dengan harga murah 20 ribuan untuk sekitar 13 KWH. Semua voucher listrik tersedia dan ini sangat fleksibel.

  • Lebih ekonomis

Karena penggunaan listrik bisa dipantau setiap saat, pemilik rumah kini bisa mengendalikan pemakaian listriknya. Bila meteran listrik sudah berbunyi lagi padahal baru beberapa waktu lalu diisi, maka pasti ada beban pemakaian yang berlebihan. Nah, pengguna bisa belajar untuk berhemat dan lebih rajin mematikan listrik yang tidak dipakai. Penggunaan listrik sepenuhnya dikontrol oleh pengguna. Pengguna tak akan kaget lagi melihat tagihan listrik yang tiba-tiba meroket di akhir bulan.

  • Tidak perlu bayar bulanan

Seperti yang dijelaskan di atas, paket pulsa yang ditawarkan bervariasi sesuai kebutuhan dan kemampuan, dari 20 ribu hingga 500 ribu. Sebelum ada meteran listrik, orang akan antri ke loket PLN atau loket pembayaran lain untuk membayar tagihan listrik dan mereka biasanya tidak tahu berapa tagihan mereka bulan ini. Karena itulah mereka harus membawa uang ekstra sebagai jaga-jaga. Kini dengan meteran prabayar, orang bisa membayar listrik mereka dari rumah hanya dengan membeli pulsa listrik seperti membeli pulsa telepon.

  • Tidak ada denda

Dulu orang sering telat membayar listrik karena belum punya uang atau memang lupa. Tapi dengan listrik prabayar, semua itu takkan terjadi. Meteran akan berbunyi ketika daya listrik Anda hanya tersisa 5 KWH yang biasanya akan bertahan selama 1-2 hari saja. Meteran berbunyi untuk mengingatkan pemilik rumah untuk mengisi ulang pulsa. Karena prabayar, maka tidak ada denda keterlambatan atau biaya admin apapun seperti pascabayar. Ini bisa menghemat pengeluaran Anda.

  • Pembelian pulsa mudah

Membeli pulsa sendiri tidak susah kok. Anda bisa membelinya di warung sebelah rumah yang bisanya juga menjual pulsa. Atau bila tidak, Anda bisa membeli pulsa listrik di konter-konter handphone, toko ritel seperti Ind*m*rt dan Alf*m*rt, atau bahkan menggunakan aplikasi smartphone. Membeli pulsa listrik bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda cukup memberikan nomor pelanggan Anda, melakukan pembayaran, dan sistem akan mengirimkan SMS kode pulsa yang harus Anda input ke meteran.

  • Aman

Kelebihan meteran listrik prabayar dibanding sebelumnya adalah lebih aman karena instalasinya sudah lebih canggih. Sistem dalam meteran prabayar akan memunculkan indikator bila ada kerusakan. Ini akan membantu Anda tetap aman dan bebas dari ancaman kebakaran. Di samping itu, kode listrik yang terdiri atas 20 digit unik tidak bisa dibobol atau dicuri orang dan hanya bisa diisikan pada meteran Anda di rumah.

Segala keunggulan di atas telah diakui oleh para pengguna listrik prabayar. Sistem ini bahkan dijuluki sebagai listrik pintar karena bisa memberikan banyak manfaat bagi penggunanya.

  • Membeli pulsa listrik secara online

Bila Anda mager alias malas keluar untuk membeli pulsa listrik di konter, ambil saja smartphone Anda dan pilih berbagai aplikasi pembayaran terpercaya atau aplikasi e-commerce yang menyediakan fasilitas pembayaran berbagai tagihan (listrik, air, telepon, internet). Anda hanya perlu mendaftarkan diri, menginput nomor ID pelanggan, dan memilih nominal pulsa yang Anda inginkan, lalu lakukan pembayaran melalui smartphone.

Untuk melakukan pembayaran melalui smartphone, Anda harus memiliki rekening bank sendiri yang aktif dan bisa melakukan transaksi tunai secara online menggunakan i-banking atau mobile banking. Anda perlu mengurusnya di bank terlebih dahulu, nggak sampai 30 menit kok. Melalui aplikasi atau website bank Anda, Anda bisa melakukan pembayaran langsung secara cepat dan pastinya aman.

Banyak sekali aplikasi yang menyediakan layanan pembayaran tagihan. Pilihlah yang brandnya paling terkenal atau yang memiliki rating tinggi. Baca ulasan para penggunanya sebelum memutuskan memilih aplikasi tertentu. Kini tak hanya aplikasi e-commerce, aplikasi e-wallet pun hampir semuanya juga sudah memiliki fasilitas pembayaran ini.

Jika Anda sulit menemukan aplikasi yang terpercaya, maka pilihan terbaik yang bisa Anda percayai adalah Kudo. Kudo adalah perusahaan yang menawarkan berbagai layanan pembayaran online sejak didirikan pada tahun 2014 silam. Kudo, yang merupakan singkatan dari Kios Untuk Dagang Online, adalah platform yang sudah dipercaya oleh ratusan ribu orang yang memanfaatkan aplikasi ini untuk berbisnis.

Di Kudo, Anda bisa melakukan berbagai jenis pembayaran, mulai dari pembayaran tagihan air, listrik, kartu kredit, isi ulang pulsa, dan sebagainya. Kudo bahkan juga memudahkan Anda yang ingin bepergian menggunakan kereta api karena aplikasi ini juga menyediakan fitur pemesanan tiket kereta api.

Tak cuma itu, Kudo adalah pusatnya grosir nasional di mana para agen berbagai komoditas dari seluruh wilayah berbisnis dan bertransaksi setiap harinya melalui aplikasi ini. Kudo menjadi pilihan terpercaya karena mampu menghadirkan layanan yang gratis dan memuaskan serta menjaga keamanan setiap transaksi. Bersama Kudo, Anda tak hanya bisa membeli pulsa listrik, tapi Anda bahkan juga bisa berjualan pulsa listrik secara online! Jadi jangan ragu lagi, segera unduh Kudo di PlayStore dan jadilah anggotanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *