5 Cara Mudah Jualan Pulsa bagi Pemula
17Jul

5 Cara Mudah Jualan Pulsa bagi Pemula

Pulsa menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang masa kini. Adanya smartphone tidak hanya dapat dijadikan sebagai telepon dan mengirim pesan. Akan tetapi munculnya teknologi internet pada smartphone semakin membuat masyarakat semakin kecanduan akan hal tersebut. Untuk dapat menggunakan fungsi dari smartphone tersebut harus didukung dengan adanya pulsa.

Kondisi tersebut membuang usaha jualan pulsa juga menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. Namun, besarnya peluang untuk mendapatkan keuntungan tersebut juga membuat usaha jualan pulsa banyak diminati oleh masyarakat. 

Meskipun cukup banyak pedagang pulsa yang hadir ditengah masyarakat.Bukan berarti hal tersebut menjadi penghalang untuk membangun bisnis pulsa bagi pemula. Melalui beberapa cara tertentu, bisnis pulsa yang baru dimulai akan tetap dapat meraih kesuksesan. Adapun cara-cara untuk dapat membangun bisnis pulsa serta hal yang perlu diketahui bagi pemula yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

Peluang Usaha Jualan Pulsa

Seperti yang diketahui bahwa usaha jualan pulsa merupakan salah satu bisnis cukup menjanjikan. Berdasarkan hal tersebut, usaha jualan pulsa dapat menghasilkan keuntungan cukup besar. Namun hal tersebut dapat terjadi jika usaha jualan pulsa dilakukan dengan tidak asal-asalan. Dengan demikian, usaha jualan pulsa akan bisa memberikan keuntungan yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

  • Tidak Perlu Modal Besar 

Tentu tidak semua usaha harus dibangun dengan menyediakan modal yang cukup besar. Salah satu usaha yang tidak membutuhkan modal besar adalah usaha jualan pulsa. Hal tersebut dikarenakan usaha jualan pulsa tidak membutuhkan barang-barang dagangan yang mahal untuk dijual. 

Dalam hal ini, barang yang diperlukan untuk dapat menjalankan bisnis juga hanyalah sebuah handphone saja. Handphone tersebut nantinya akan digunakan dalam melakukan transfer pulsa elektrik kepada pelanggan. 

  • Dapat Dipelajari dengan Sangat Mudah 

Keuntungan lain dari usaha jualan pulsa adalah bukan merupakan bisnis yang sangat rumit seperti kebanyakan bisnis pada umumnya. Hal yang dibutuhkan dalam menjalankan usaha jualan pulsa hanyalah sebuah ketekunan. 

Selain itu, memulai usaha jualan pulsa juga tidak membutuhkan suatu keahlian atau ilmu khusus. Dalam hal ini, cara kerja dari usaha jualan pulsa merupakan suatu hal yang sangat mudah sehingga dapat dipelajari oleh siapa saja. 

  • Memiliki Risiko yang Sangat Rendah 

Pelaku bisnis dari usaha jualan pulsa merupakan seorang middleman atau penengah dalam menjalankan usahanya. Hal tersebut dikarenakan penjual pulsa merupakan penghubung antara pembeli konsumen dengan dealer pulsa. Dengan demikian, modal usaha yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar. 

Hal tersebut membuat usaha ini memiliki risiko yang sangat rendah dibandingkan dengan jenis usaha lainnya. Oleh karena itu, apabila sewaktu-waktu pelaku bisnis diharuskan untuk menutup bisnis. Maka hal tersebut tidak akan menimbulkan kerugian yang bisa dianggap kecil atau tidak seberapa. 

  • Target Konsumen dari Semua Kelas Ekonomi Sosial

Pada zaman dimana smart phone seakan menjadi kebutuhan penting, pulsa juga merupakan suatu hal yang banyak dicari oleh masyarakat. Dalam hal ini, smartphone tidak hanya dimiliki oleh kalangan menengah keatas saja. Akan tetapi kelas ekonomi menengah kebawah juga menjadikan smartphone sebagian barang yang wajib dimiliki. 

Hal tersebut tentu juga berdampak pada pemenuhan kebutuhan pulsa sebagai penunjang penggunaan smartphone. Oleh karena itu, usaha jualan pulsa dapat digolongkan sebagai bisnis yang memiliki target pasar paling luas di antara bisnis lainnya. 

Cara Memulai Usaha Jualan Pulsa

Setelah mengetahui peluang besar dalam menjalankan usaha jualan pulsa. Maka tidak ada salahnya untuk mencoba membangun usaha jualan pulsa terutama jika sangat membutuhkan pemasukan tambahan. Dalam hal ini, terdapat lima cara yang dapat dilakukan untuk memulai usaha jualan pulsa yaitu terdiri dari sebagai berikut ini. 

  • Mencari Distributor Pulsa Terpercaya 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa usaha jualan pulsa merupakan suatu penengah antara konsumen dengan dealer pulsa. Berdasarkan hal tersebut, seseorang yang ingin memulai usaha jualan pulsa membutuhkan distributor pulsa sebagai penyedia pulsa elektrik. Perlu diketahui bahwa tidak semua distributor pulsa memberikan layanan terbaik kepada agennya. 

Berdasarkan hal tersebut, memilih distributor pulsa yang berkualitas dapat dilakukan dengan melakukan survey terlebih dahulu. Melalui survey ke beberapa distributor pulsa maka akan dapat diketahui mana yang mampu memberikan layanan terbaik sehingga tepat untuk dipilih. 

Distributor pulsa yang berkualitas sendiri dapat dicari dengan mempertimbangkan beberapa hal. Salah satunya yaitu pastikan bahwa layanan distributor pulsa tidak sering mengalami gangguan server. Gangguan tersebut tentu juga akan mempengaruhi pelayanan kepada pelanggan yang membuat pulsa sering terlambat masuk dan bahkan bisa gagal untuk terkirim. 

Dalam hal ini, kualitas pelayanan dari distributor pulsa akan dapat mempengaruhi kelangsungan usaha jualan pulsa kedepannya. Jika layanan seperti gangguan server buruk, maka yang terkena dampak akan hal tersebut bukanlah distributor pulsa terkait. Akan tetapi pelaku bisnis pulsa yang tentu saja bisa mendapatkan komplain langsung dari konsumen. 

Namun bagi pelaku usaha jualan pulsa yang baru ingin memulai bisnis ini tentu akan merasa bingung dalam memilih distributor pulsa. Adapun cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mencari informasi melalui konter-konter pulsa besar. 

Selain itu, saat ini juga sudah tersedia aplikasi pengisi pulsa yang dapat dilakukan dengan lebih mudah melalui smartphone. Dengan demikian, distributor pulsa yang memiliki kualitas kurang baik dalam pelayanannya akan dapat dihindari nantinya. 

  • Penentuan Harga Wajar 

Penetapan harga jual pulsa dapat didasarkan pada harga yang berlaku di pasaran serta harga beli dari distributor pulsa. Selain itu, hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan dalam menentukan harga jual pulsa adalah keuntungan bisnis. 

Dalam hal ini, harga jual pulsa memang menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menetapkan harga murah asal tetap dapat memberikan keuntungan dalam berbisnis. 

  • Melakukan Promosi 

Setiap usaha dagang yang baru saja dibangun harus dipublikasikan untuk bisa mendapatkan pelanggan. Hal tersebut tentu juga berlaku bagi usaha jualan pulsa. Dalam memperkenalkan usaha jualan pulsa kepada masyarakat, terdapat berbagai macam cara yang dapat dipilih oleh pelaku bisnis pemula. 

Salah satu diantaranya yang cukup efektif adalah melalui jaringan internet seperti media sosial. Dengan demikian, usaha jualan pulsa akan dapat cepat menyebar baik kepada orang yang dikenal maupun tidak. 

  • Melakukan Pengembangan dengan Membuat Konter Pulsa Kecil-Kecilan 

Langkah ini merupakan opsi yang dapat dijalankan atau tidak. Namun jika usaha jualan pulsa ingin lebih serius untuk dijalankan maka langkah ini wajib untuk dilakukan. Melalui pengembangan dengan membangun konter kecil-kecilan maka usaha jualan pulsa akan lebih efektif dalam meningkatkan penjualan. 

Adanya konter pulsa kecil-kecilan tersebut akan dapat menambah produk yang dijual nantinya seperti token listrik, kartu perdana, voucher fisik, aksesoris handphone, dan lain sebagainya. 

Namun, untuk bisa mengembangkan usaha jualan pulsa menjadi konter kecil-kecilan tentu akan membutuhkan modal yang cukup. Apabila belum mencukupi, kekurangan modal dapat diperoleh melalui hasil usaha jualan pulsa yang dikumpulkan sedikit demi sedikit. 

  • Hati-Hati dalam Menghutangkan Pulsa 

Ketika memulai usaha jualan pulsa, promosi juga pasti dilakukan kepada orang-orang terdekat. Biasanya karena kedekatan tersebut rasa sungkan dalam menghutang pulsa tidak akan muncul kepada orang-orang yang sudah sangat dikenal. 

Dalam hal ini, perhatikan terlebih dahulu orang yang dihadapi apakah dapat dipercaya atau sebaliknya. Apabila orang tersebut dapat membayar cepat maka menghutangkan pulsa bukan menjadi suatu masalah. Namun jika orang tersebut tidak dapat dipercaya maka sebaiknya tidak menghutangkan pulsa agar usaha tidak mengalami kerugian. 

Itulah hal-hal yang perlu diketahui seputar usaha jualan pulsa bagi pelaku bisnis pemula. Selain melalui cara di atas, membangun usaha jualan pulsa dapat dilakukan dengan sangat mudah. Cara tersebut adalah dengan menjadi salah satu agen dari KUDO, yaitu suatu marketplace berbasis online yang terpercaya. 

Melakukan usaha jualan pulsa melalui KUDO tidak hanya dapat dilakukan dengan sentuhan jari saja. Akan tetapi KUDO juga memberikan penawaran harga yang sangat murah sehingga keuntungan diperoleh dengan jumlah cukup besar. 

Adapun cara untuk menjadi salah satu agen KUDO sangatlah mudah serta tidak memerlukan modal besar. Jika penasaran langsung saja install aplikasi KUDO sekarang juga dan jadilah salah satu dari agennya untuk dapat memulai usaha jualan pulsa sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *