Cari Kerja Sampingan di Bali di Objek Wisata Bali
12Nov

Cari Kerja Sampingan di Bali di Objek Wisata Bali

Bali adalah provinsi sekaligus pulau yang menjadi destinasi terfavorit wisatawan domestik dan mancanegara. Pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Jawa memiliki banyak destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam khas yang tidak ditemukan di tempat lain. Pulau Bali juga terdiri dari beberapa gugusan pulau kecil seperti Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida. Ada banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di Bali mulai dari Pantai Kuta, Pantai Sanur, GWK atau Garuda Wisnu Kencana, Tanah Lot dan masih banyak lagi. Kehadiran objek wisata tersebut menguntung juga menguntungkan masyarakat lokal karena mereka bisa cari di Bali yang bisa ditemukan di objek wisata yang ada di Bali. Dan, berikut ada beberapa pilihan sampingan yang bisa ditemukan dengan mudah di objek wisata di Bali.

Menjadi Pemandu Wisata

Kehadiran pemandu wisata atau tour guide menjadi aspek yang tidak terlepaskan dari dunia pariwisata. Pemandu wisata menurut KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia didefinisikan sebagai orang yang bertugas memberikan informasi dan petunjuk yang diperlukan oleh wisatawan. Informasi atau petunjuk yang biasanya dibutuhkan para wisatawan adalah informasi mengenai objek wisata, penginapan, restoran atau tempat makan, moda transportasi, fasilitas , ATM dan jalur alternatif ke objek wisata. Pemandu wisata harus senantiasa up to date terhadap informasi-informasi tersebut. Mereka biasa membekali diri mereka dengan gadget untuk mencari informasi-informasi tersebut dengan praktis tanpa perlu membawa buku panduan wisata. Aneka gadget canggih bisa didapatkan dengan mudah lewat atau Kios Untuk yang menyediakan beragam produk seperti gadget, perabotan , peralatan , pakaian sampai .

Selain itu, seorang pemandu wisata harus memiliki kemampuan bahasa asing seperti bahasa Inggris yang menjadi bahasa internasional. Sehingga, pemandu wisata bisa menjadi part time untuk di Bali khususnya mereka yang mengambil jurusan yang berkaitan dengan bahasa Inggris seperti Sastra Inggris atau Pendidikan Bahasa Inggris. Dengan bekal bahasa Inggris yang mumpuni, para mahasiswa bisa sebagai pemandu wisata ketika akhir pekan atau pada hari libur. Namun, ada baiknya jika pemandu wisata menguasai bahasa asli dari wisatawan seperti bahasa Mandarin untuk wisatawan dari China, bahasa Jepang untuk wisatawan dari Jepang dan lain-lain. Tujuan dari penguasaan bahasa asing adalah untuk memperlancar komunikasi antara pemandu wisata dengan wisatawan dan juga memberikan kenyamanan kepada wisatawan.

Menjual Cendera Mata Khas Bali

Adanya banyak destinasi wisata di Bali tidak hanya memberikan keuntungan untuk Pemda atau Pemerintah Daerah Bali tetapi juga masyarakat lokal. Jika mahasiswa memanfaatkan destinasi wisata tersebut dengan menjadi pemandu wisata, maka bisa memanfaatkannya dengan menjual cendera mata khas Bali. Cendera mata menjadi salah satu aspek yang tidak boleh dilewatkan setiap berwisata. Wisatawan bisa mendapatkan cendera mata secara langsung di objek wisata atau di toko oleh-oleh. Untuk Bali sendiri ada beberapa cendera mata yang bisa dijadikan oleh-oleh mulai dari seperti pia legong, pie susu, kerupuk kulit babi, atau produk lain seperti lulur khas Bali, kerajinan manik-manik dan kain batik khas Bali. ini bisa menjadi sampingan ibu rumah tangga di Bali yang menguntungkan. Produk-produk ini juga bisa dipasarkan secara lewat situs berjualan seperti KUDO yang menjadi tempat paling pas untuk memasarkan produk-produk tersebut secara online.

Sumber gambar: https://www.agoda.com