11Oct

Cara Cek Pulsa Kartu Smartfren 4G LTE Andromax

Smartfren merupakan operator seluler yang berada di bawah naungan PT. Smart Telecom, Tbk yang bekerja sama dengan Sinar Mas Group sejak bulan November 2015. merupakan operator seluler di Indonesia yang memiliki banyak pengguna. Hal ini dikarenakan Smartfren menyediakan layanan komunikasi yang cepat. Smartfren menyediakan layanan CDMA berbasis EVDO yang setara dengan jaringan 3,5 G yang setara dengan jaringan 3,5 G pada layanan GSM. Dengan teknologi tersebut, kartu Smartfren mampu melakukan upload dan download kecepatan mencapai 15 Mbps. Kemudian pada bulan Agustus 2015, Smartfren meluncurkan jaringan 4G pertama di Indonesia yaitu Smartfren 4G LTE Advanced yang setara dengan jaringan 4.5 G pada layanan GSM. Melalui layanan Smartfren 4G LTE Advanced, proses upload dan download bisa dilakukan dengan kecepatan mencapai 300 Mbps. Layanan 4G LTE dari Smartfren yang cepat bisa diakses di lebih dari 80 kota yang ada di Indonesia.

Smartfren telah mengeluarkan berbagai macam produk yang mendukung layanan telekomunikasi di Indonesia seperti kartu perdana Smartfren, modem Smartfren, dan smartphone. Untuk kartu perdana Smartfren terdiri dari lima jenis yaitu Smartfren IHateSlow, Smartfren Social, Smartfren LokalPlus, Smartfren Extra, dan Smartfren 4G LTE Advanced. Untuk modem Smartfren terdiri dari modem Smartfren Connex dan MiFi Andromax 4G. Dan untuk smartphone Smartphone terdiri dari Smartphone Andro, Smartfren Andromax, dan Smartfren Andromax 4G LTE yang sudah menggunakan sistem operasi Android dan didukung jaringan 4G LTE.

Keunggulan Smartfren dibandingkan operator seluler yang lain adalah adanya aplikasi My Smartfren yang memudahnya pengguna Smartfren dalam menggunakan layanan dari Smartfren. Aplikasi My Smartfren ini awalnya bernama Smartfren Costumer Info. Aplikasi ini memiliki sebagai one stop application atau aplikasi multifungsi yang bisa digunakan untuk mengakses semua layanan yang disediakan oleh Smartfren. Di dalam aplikasi My Smartfren terdapat menu untuk melihat informasi paket Smartfren yang sedang dipakai, masa aktif kartu Smartfren, dan jumlah dan kuota Smartfren yang tersedia. Pengguna Smartfren bisa melakukan pengisian pulsa, pembelian kuota internet, mengetahui promo terbaru, dan cek pulsa Smartfren yang bisa dilakukan dengan aplikasi My Smartfren.

Aplikasi My Smartfren sendiri hanya tersedia untuk smartphone dari Smartfren yang menggunakan sistem operasi Android, seperti Smartfren Andro, Smartfren Andromax, dan Smartfren Andromax 4G LTE. Aplikasi tersebut sudah tertanam secara otomatis pada smartphone Smartfren atau bisa di-download secara gratis melalui Google Play Store. Ukuran aplikasi My Smartfren hanya 3,8 MB sehingga bisa didapatkan dalam hitungan detik jika menggunakan jaringan Smartfren 4G LTE. Aplikasi My Smartfren bisa diakses setelah pengguna Smartfren melakukan log in dengan memasukkan nomor telepon Smartfren yang dipakai. Kemudian, pengguna Smartfren akan mendapatkan SMS berupa kode verifikasi yang akan dimasukkan ke dalam aplikasi tersebut.

Cara Cek Pulsa Kartu Smartfren 4G LTE Andromax

Aplikasi My Smartfren hadir dengan beragam fitur yang memudahkan pengguna dan tampilan yang informatif dan mudah untuk dipahami. Hal ini dikarenakan informasi mengenai seluruh layanan yang disediakan oleh Smartfren ditampilkan dengan bentuk infografis yang mudah dipahami. Untuk memudahkan pengguna Smartfren dalam melakukan berbagai layanan, aplikasi My Smartfren memiliki menu-menu seperti di bawah ini.

  • Home
    Menu pertama yang akan ditampilkan pada aplikasi My Smartfren adalah menu Home. Di dalam menu Home terdapat informasi dasar mengenai layanan Smartfren yang digunakan, termasuk cek pulsa Smartfren 4G LTE. Informasi dasar tersebut menyangkut nomor Smartfren yang digunakan, jenis kartu Smartfren yang digunakan dan jumlah pulsa yang tersisa. Selain itu, pada tampilan menu Home di aplikasi My Smartfren terdapat informasi mengenai jenis paket internet yang digunakan, jumlah kuota data yang tersisa, dan jumlah Smart Point. Smart Point adalah poin khusus dari Smartfren yang diberikan kepada pengguna Smartfren yang telah melakukan transaksi seperti pengisian pulsa dan pembelian kuota internet. Jika Smart Point dikumpulkan, maka bisa ditukar dengan berbagai promosi menarik seperti potongan harga setiap pembelian di merchant yang telah bermitra dengan Smartfren hingga pulsa gratis.Pada tampilan menu Home tersedia pilihan “Info Lengkap” atau “More Information” untuk mengakses informasi yang lebih lengkap dan detail tentang layanan Smartfren yang digunakan. Pilihan tersebut akan menampilkan sisa bonus dari layanan Smartfren. Bonus yang diberikan oleh Smartfren kepada penggunanya meliputi bonus SMS ke sesama pengguna kartu Smartfren, bonus telepon ke sesama pengguna kartu Smartfren, bonus SMS ke operator seluler yang lain, bonus telepon ke operator seluler yang lain, dan bonus internet yang tersisa. Di dalam pilihan “Info Lengkap” atau “More Information” juga terdapat tombol “Off” yang berfungsi untuk menonaktifkan paket internet dari Smartfren. Tombol tersebut biasanya ditekan jika pengguna Smartfren akan melakukan pembelian paket internet, sementara paket internet yang lama masih memiliki kuota data yang banyak atau masa aktif yang masih lama. Fitur lain yang ada di dalam menu Home adalah “Top Up”. Fitur tersebut digunakan untuk melakukan pembelian pulsa serta membuat rancangan simulasi penggunaan kuota internet. Melalui simulasi tersebut, pengguna layanan Smartfren bisa memperkirakan paket internet apa yang sesuai dengan kebutuhan pemakai.
  • Konten
    Menu selanjutnya yang ada di dalam aplikasi My Smartfren adalah menu Konten. Menu ini berisi konten penawaran yang menarik dari Smartfren. Salah satu konten yang ditawarkan oleh Smartfren adalah Smart Musik. Konten ini memberikan layanan download dan streaming musik dengan kualitas suara terbaik. Ada pula konten Smart Cloud yang memberikan kemudahan bagi pengguna Smartfren dalam menyimpan data secara online melalui cloud yang berkapasitas mencapai 2 GB. Agar pengguna Smartfren mendapatkan pelayanan yang berkualitas, Smartfren selalu memperbarui konten yang ditawarkan. Baru-baru ini Smartfren meluncurkan konten bernama Smartcall. Konten Smartcall membantu pengguna Smartfren untuk melakukan panggilan lokal maupun internasional dengan mudah, murah, dan kualitas suara yang jernih.
  • Promo
    Smartfren merupakan operator seluler yang selalu memberikan promo menarik kepada penggunanya. Oleh karena itu, di dalam aplikasi My Smartfren terdapat menu Promo. Menu Promo memberikan update secara berkala mengenai promo apa saja yang sedang diberikan oleh Smartfren. Smartfren membagi promo tersebut menjadi dua jenis, yaitu Promo Konten dan Promo Spesial. Promo Konten berisi promo menarik dan menguntungkan kepada pengguna Smartfren. Beberapa jenis promo yang ada di dalam Promo Konten antara lain promo pulsa gratis, Fun Comic untuk menikmati comic strip yang lucu, Mufi Star untuk menikmati film-film terbaru dengan mudah, dan Trip ke Belitung untuk mendapatkan liburan menyenangkan ke Pulau Belitung. Sedangkan, Promo Spesial meliputi diskon untuk pembelian produk atau layanan dari Smartfren seperti potongan harga untuk pembelian Smartfren Andromax 4G LTE dan model Smartfren MiFi 4G LTE.
  • Fitur
    Menu Fitur adalah menu di dalam aplikasi My Smartfren yang memuat layanan dasar dan informasi terkait dengan layanan Smartfren yang sedang digunakan. Di dalam menu tersebut terdapat layanan cek pulsa Smartfren 4G, isi ulang pulsa Smartfren melalui kode voucher dan , dan informasi mengenai bonus dari Smartfren yang masih bisa digunakan. Selain itu, ada pula pilihan Riwayat Pembelian yang memuat transaksi pembelian apa saja yang pernah dilakukan oleh nomor Smartfren tersebut, seperti riwayat pembelian kuota internet dan riwayat pengisian pulsa melalui kode voucher atau kartu kredit. Ada juga fitur menarik yang bisa diakses oleh pengguna Smartfren pada menu ini seperti layanan penerusan panggilan (call forwarding), layanan panggilan tunggu (call waiting), layanan penerusan SMS (message forwarding), dan SMS panjang (long message). Layanan aplikasi My Smartfren yang terdapat pada smartphone Smartfren Andromax 4G memiliki fitur tambahan yaitu LTE Setting. Fitur tersebut memudahkan pengguna Smartfren dalam menggunakan layanan 4G LTE dari Smartfen secara optimal.
  • Beli Paket
    Sesuai dengan namanya, menu Beli Paket yang ada di dalam aplikasi My Smartfren menyediakan layanan pembelian paket internet Smartfren. Smartfren memiliki tiga jenis paket internet yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengguna internet, yaitu Internet Unlimited, Internet Volume, dan Smartplan Limitless. Paket Internet Unlimited adalah paket internet yang menyediakan layanan internet tanpa batas kuota internet yang bisa dilakukan sepuasnya. Paket internet ini bisa dinikmati dalam bentuk harian, mingguan, dan bulanan. Sebagian besar pengguna paket Internet Unlimited memilik paket bulanan seharga Rp 60.000,- dengan kecepatan akses mencapai 512 Kbps. Paket Internet Volume adalah paket internet dari Smartfren yang dengan batasan kuota internet. Walau memiliki batasan kuota internet, paket internet ini memberikan akses internet 4G LTE dengan kecepatan mencapai 2 Mbps. Paket internet ini hadir dalam beragam pilihan mulai dari 250 MB, 1 GB, 2 GB, sampai dengan 15 GB dengan harga yang bervariasi. Sedangkan, paket Smartplan Limitless adalah layanan internet dari Smartfren yang tidak terbatas dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna Smartfren. Jika ingin menggunakan paket internet Smartplan Limitless, maka sistem akan melakukan analisa mengenai penggunaan internet, durasi telepon, dan intensitas SMS. Kemudian, sistem akan memberikan saran tentang paket yang lengkap, meliputi kuota internet, menit telepon gratis, dan SMS gratis.

Selain itu, keunggulan dari paket internet Smartplan Limitless adalah pengguna Smartfren bisa mengatur sendiri berapa banyak kuota internet, panggilan telepon, dan SMS yang akan digunakan. Cara mengatur kebutuhan paket internet Smartplan Limitless sangatlah mudah karena ada “slider” atau penggeser di bagian tengah pilihan paket tersebut. Sama seperti paket internet yang lain, paket internet Smartplan Limitless hadir dalam jangka waktu harian, mingguan, dan bulanan. Paket internet Smartplan Limitless bisa dikatakan paket internet yang paling komplit dan praktis.

Selain tiga paket internet di atas, Smartfren menyediakan paket internet komplit dengan berbasis volume kuota data yang disebut dengan paket internet Volume Based. Di dalam paket internet Volume Based terdapat dua jenis pilihan untuk paket internet satu bulan yang dijual dengan harga yang sama yaitu Rp 30.000.-. Untuk paket internet Volume Based All in One terdiri dari kuota internet sebesar 500 MB dan dilengkapi dengan paket telepon dan SMS gratis. Sedangkan, paket internet Volume Based Basic terdiri dari kuota internet sebesar 1 GB, bonus kuota internet sebesar 500 MB, dan gratis chatting di BBM, Line, dan WhatsApp. Kedua pilihan di dalam paket internet Volume Based memiliki masa aktif selama 30 hari dengan harga sebesar Rp 30.000,-.

Di dalam menu Beli Paket juga terdapat menu Add-On yang berfungsi untuk pembelian tambahan. Menu ini bisa digunakan untuk melakukan pembelian tambahan kuota internet yang habis, tetapi masa aktifnya masih lama. Begitu pula dengan tambahan menit untuk telepon dan tambahan untuk paket SMS. Jumlah tambahan kuota internet, menit telepon, dan SMS akan disesuaikan dengan berapa banyak pulsa yang tersisa pada kartu Smartfren.

Secara keseluruhan, tampilan pada aplikasi My Smartfren sangat interaktif dan mudah dipahami oleh pengguna Smartfren. Hal ini dikarenakan warna tampilan aplikasi ini adalah perpaduan antara merah dan putih. Selain menu-menu yang sudah dijelaskan di atas, aplikasi My Smartfren memuat beragam informasi penting yang berkaitan dengan produk dari Smartfren. Misalnya, pada opsi Product Info akan memuat produk smartphone yang telah dikeluarkan dan akan dikeluarkan oleh Smartfren Andromax Series. Ada pula opsi Smartcare Contact yang memberikan kemudahan bagi pengguna Smartfren yang memiliki masalah terkait dengan layanan Smartfren. Di dalam opsi Smartcare Contact terdapat informasi mengenai pusat layanan Smartfren terdekat dan call center Smartfren yang bisa dihubungi melalui nomor telepon, email, chatting secara langsung, dan media sosial seperti Facebook dan Twitter. Kemudian, ada juga pilihan Setting yang berfungsi untuk mengatur aplikasi My Smartfren sesuai dengan keinginan. Pengguna Smartfren bisa mengatur bahasa yang digunakan di dalam menu My Smartfren seperti Inggris atau Indonesia, pengaturan untuk mengaktifkan atau menonaktfikan tampilan promo, dan pengaturan penghapusan notifikasi dari Smartfren.

Cara Mengecek Pulsa Smartfren 4G LTE

Cek pulsa Smartfren Andromax adalah layanan yang paling sering digunakan oleh pengguna Smartfren ketika pertama kali menggunakan kartu Samrtfren. Cek pulsa kartu Smartfren harus dilakukan secara berkala untuk mengetahui sisa pulsa yang dimiliki dan masa aktif kartu Smartfren. Sehingga, pengguna kartu Smartfren bisa memprediksi kapan akan melakukan isi ulang pulsa Smartfren atau memilih paket internet Smartfren yang disesuaikan dengan jumlah pulsa yang dimiliki.

Cara cek pulsa Smartfren 4G berbeda dengan cara cek pulsa dari operator seluler yang lain. Namun, cara cek pulsa Smartfren tidaklah sulit karena pada pembungkus kartu perdana Smartfren sudah dijelaskan dengan detail tata cara cek pulsa Smartfren Andromax. Ada beragam cara cek pulsa kartu Smartfren yang bisa dilakukan. Sehingga, jika satu cara mengecek pulsa Smartfren tidak berhasil, maka bisa dilakukan cara pengecekan pulsa yang lain. Smartfren telah memberikan lima cara cek pulsa Smartfren 4G LTE yang bisa dilakukan dengan mudah, cepat, dan akurat, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

  • Cara Mengecek Pulsa Smartfren 4G LTE via SMS
    Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek sisa pulsa dan kuota internet Smartfren adalah dengan menggunakan SMS. Cek pulsa Smartfren melalui SMS merupakan cara mengecek pulsa Smartfren yang paling mudah dilakukan. Pengguna Smartfren cukup mengirim SMS sesuai format yang sudah ditentukan ke operator Smartfren. Format SMS yang digunakan untuk mengecek pulsa Smartfren melalui SMS adalah mengetik kata CHECK atau CEK. Kemudian, pesan tersebut dikirimkan ke operator Smartfren yang menangani pengecekan pulsa, yaitu di nomor 999. Tidak butuh waktu lama, pengguna Smartfren akan mendapatkan SMS balasan dari operator Smartfren. Isi dari SMS balasan tersebut adalah jumlah pulsa Smartfren yang tersisa serta sisa masa aktif kartu Smartfren. Selain cepat, cek pulsa Smartfren 4G melalui SMS tidak dipungut biaya satu Rupiah pun.
  • Cara Mengecek Pulsa Smartfren 4G LTE via Aplikasi My Smartfren
    Aplikasi My Smartfren adalah aplikasi khusus yang diberikan kepada pengguna Smartfren untuk memudahkan akses berbagai layanan yang telah disediakan oleh Smartfren. Salah satu layanan yang bisa dilakukan melalui aplikasi My Smartfren adalah layanan pengecekan pulsa dan kuota internet yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Cara untuk mengecek pulsa melalui My Smartfren adalah dengan membuka aplikasi tersebut. Kemudian, pada tampilan awal atau menu Home pada aplikasi My Smartfren terdapat informasi dasar kartu Smartfren yang digunakan. Informasi dasar tersebut mencakup sisa pulsa dan kuota internet yang dimiliki, bonus kuota internet, telepon, dan SMS yang dimiliki, dan masa aktif dari kartu Smartfren. Sayangnya, untuk mengecek pulsa melalui aplikasi My Smartfren, smartphone harus terhubung dengan jaringan internet terlebih dulu.
  • Cara Mengecek Pulsa Smartfren 4G LTE via Panggilan Telepon
    Mengecek pulsa Smartfren tidak dilakukan melalui aplikasi My Smartfren dan SMS saja. Jika ingin mendengarkan suara merdu dari operator Smartfren, maka lakukan cek pulsa kartu Smartfren dengan panggilan telepon. Cara cek pulsa Smartfren Andromax bisa dilakukan dengan melakukan panggilan ke nomor telepon khusus untuk mengecek pulsa Smartfren yaitu di nomor 999. Setelah panggilan dengan nomor 999 tersambung, maka dengarkan baik-baik operator Smartfren yang sedang memberikan instruksi untuk mengetahui berapa banyak pulsa yang dimiliki. Suara tersebut akan menyuruh pengguna Smartfren untuk menekan tombol angka yang diperintahkan oleh operator Smartfren. Sebenarnya, cara mengecek pulsa Smartfren yang satu ini tidaklah praktis. Dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengetahui berapa banyak pulsa yang tersisa. Belum lagi dengan suara operator Smartfren yang terlalu cepat atau terlalu pelan dalam menyebutkan sisa pulsa dan sisa masa aktif yang dimiliki. Namun, cara ini adalah cara mengecek pulsa Smartfren yang bisa dilakukan jika mengecek pulsa melalui SMS, dial up, atau aplikasi My Samrtfren susah dilakukan karena sedang ada gangguan.
  • Cara Mengecek Pulsa Smartfren 4G LTE via Dial Up
    Smartfren selalu memberikan kemudahan layanan kepada penggunanya, termasuk dalam mengecek pulsa. Pengguna Smartfren bisa mengetahui berapa banyak pulsa yang tersisa dengan melalui dial up atau menekan tombol angka yang ada di ponsel sesuai dengan kode cek pulsa Smartfren. Untuk mengecek pulsa Smartfren dengan cara ini sangatlah mudah. Pengguna Smartfren hanya perlu menekan angka *999 dan menekan tanda telepon atau call. Dalam hitungan detik, informasi lengkap mengenai jumlah pulsa yang dimiliki akan terpampang di layar telepon genggam. Cara ini memang mudah untuk dilakukan. Namun, ketika sinyal Smartfren sedang lemah atau server Smartfren sedang mengalami gangguan, cara mengecek pulsa yang satu ini membutuhkan waktu yang lama.
  • Cara Mengecek Pulsa Smartfren 4G LTE via Internet
    Satu lagi cara mengecek pulsa Smartfren yang bisa dilakukan dengan mudah untuk seluruh pengguna Smartfren yaitu melalui internet. Cara mengecek pulsa Smartfren yang satu ini bisa dilakukan jika tidak memiliki telepon genggam atau smartphone. Informasi lengkap mengenai sisa pulsa dan masa aktif bisa diketahui melalui modem Andromax 4G model M2Y dan M3Y yang sudah terhubung dengan jaringan internet. Kemudian, pengguna Smartfren akan mengunjungi website resmi dari Samrtfren di www.my.Smartfren.com.

Jika sudah melakukan pendaftaran nomor Smartfren, maka langsung sama masukkan email dan kata sandi pada kolom log in yang telah disediakan. Selang beberapa detik, di layar komputer akan terpampang informasi mengenai nominal sisa pulsa Smartfren, masa aktif, dan informasi lain seperti sisa kuota internet dan bonus layanan Smartfren. Namun, jika belum memiliki akun di website My Smartfren, maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan cara mengklik menu Daftar.

Setelah mengklik menu Daftar, maka akan muncul kolom kosong yang harus diisi dengan identitas pengguna Smartfren. Kolom tersebut terdiri dari kolom untuk nomor Smartfren, nama pengguna Smartfren, user ID yang diisi dengan alamat email pengguna Smartfren yang masih aktif, kata sandi yang memuat kombinasi angka dan huruf dan bersifat rahasia, dan mengonfirmasi ulang kata sandi. Langkah terakhir dari pendaftaran akun My Smartfren adalah memasukkan kode captcha dan mengklik tanda “Saya Setuju”. Begitu pendaftaran akun My Smartfren selesai dilakukan, maka informasi dasar terkait kartu Smartfren yang digunakan akan ditampilkan, termasuk sisa pulsa yang dimiliki dan batas masa aktif.

Cara Isi Ulang Pulsa Smartfren 4G LTE via Agen KUDO

Jika sudah mengetahui sisa pulsa dan masa aktif dan ternyata sisa pulsa sudah menipis atau masa aktif hampir habis, maka segera lakukan pengisian pulsa. Pengisian pulsa Smartfren yang dilakukan secepat mungkin akan membuat kartu Smartfren selamat dari pemblokiran atau nomor hangus.

Pengisian pulsa Smartfren yang cepat bisa dilakukan melalui (Kios Untuk Dagang Online). Agen KUDO merupakan bagian dari KUDO yang bertugas melakukan pelayanan KUDO di seluruh Indonesia. Pada awalnya, agen KUDO hanya bisa melakukan transaksi pembayaran belanja di KUDO secara offline. Hal ini dikarenakan KUDO pada awalnya adalah website penyedia lapak untuk jual beli online dengan gratis.

KUDO yang semakin berkembang, membuat pekerjaan agen KUDO juga berkembang. Agen KUDO menerima pembelian pulsa untuk telepon genggam serta pembelian kuota internet dengan harga yang terjangkau. Selain pulsa untuk telepon genggam, pulsa untuk listrik berjenis prabayar bisa juga dilakukan di agen KUDO. Beragam layanan yang bisa dilakukan dengan agen KUDO adalah pembelian tiket pesawat terbang dan kereta api serta pembayaran macam-macam tagihan seperti air, listrik, telepon rumah, internet, cicilan KPR, cicilan motor, dan cicilan kredit di bank.

Karena memiliki beragam pekerjaan, agen KUDO memiliki penghasilan dengan jumlah yang fantastis. Agen KUDO bisa menghasilkan uang hingga jutaan Rupiah di dalam sebulan jika melakukan banyak transaksi. Untuk bergabung dengan agen KUDO bisa dilakukan dengan men-download secara gratis di Play Store. Kemudian, lakukan registrasi sebagai agen KUDO dengan mengisi formulir yang telah disediakan. Formulir tersebut memuat informasi mengenai nama, nomor telepon, email, alamat, nomor rekening bank, dan kata sandi.

Jika registrasi akun KUDO sudah selesai dilakukan, maka lakukan investasi saldo agen KUDO. Jumlah dari saldo yang diinvestasikan tidak ada batasan. Agen KUDO bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan Rupiah hanya dengan menginvestasikan saldo sebesar Rp 10.000,-. Tetapi, semakin banyak saldo semakin baik. Karena semakin banyak saldo, semakin banyak pulsa transaksi yang bisa dilakukan oleh agen KUDO. Alhasil, peluang untuk mendapatkan penghasilan hingga jutaan Rupiah terbuka lebar.