Cara Transfer Bagi Kirim Pulsa Dari XL Ke Operator Kartu 3
15Jul

Daftar Barang Minimarket yang Perlu Disiapkan untuk Upgrade Toko Kelontong Agar Lebih Modern

Seiring perkembangan zaman, teknologi juga semakin maju. Kini, berbagai aspek dalam kehidupan manusia sudah sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi. Mulai dari cara berkomunikasi, cara bekerja, hingga cara berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Sebelum mulai munculnya sebuah minimarket atau supermarket, masih ingatkah Anda dengan toko kelontong? Ya, toko kelontong adalah sebuah toko tradisional yang menyediakan berbagai macam barang, umumnya barang sehari-hari. Anda datang ke toko kelontong tersebut, menanyakan barang tertentu dan penjual akan melayani Anda.

Belanja Lebih nyaman di Minimarket

Kini, lambat laun toko-toko kelontong tersebut mulai terkikis oleh zaman. Bagaimana tidak, minimarket dan supermarket mulai bermunculan di mana-mana, kota bahkan desa. Minimarket memberikan beragam manfaat dan kelebihan dari yang biasanya diberi oleh toko kelontong biasa, oleh sebab itu banyak orang yang berpindah hati ke minimarket.

Ragam dari kelebihan tersebut salah satunya seperti lingkungan yang lebih luas dan nyaman dengan AC, adanya harga di setiap barang sehingga tidak perlu bertanya kepada penjual, dan adanya troli atau keranjang belanja. Masyarakat bisa memilih-milih barang sendiri tanpa harus ‘ditemani’ penjual yang terkadang membuat risih.

Tidak hanya itu, minimarket dan supermarket kini memiliki berbagai macam variasi promo dan diskon untuk para pelanggannya. Tentu saja hal ini menjadi daya tarik kuat bagi masyarakat untuk semakin mengganti kebiasaan membeli barang-barang di toko kelontong menjadi di minimarket.

Di saat minimarket terus maju dan berkembang demi memanjakan para pelanggannya, toko-toko kelontong kini mulai mengalami kemunduran. Dengan segala kelemahan yang membuat para pelanggan beralih ke minimarket, mau tidak mau toko kelontong pun harus berubah untuk mempertahankan bisnis usaha tersebut.

Apabila Anda adalah salah satu orang yang memiliki usaha toko kelontong, jangan berkecil hati terlebih dahulu. Ada berbagai macam tips dan cara untuk membuat toko Anda tidak kalah dengan minimarket yang sedang menjamur saat ini.

Upgrade Toko Kelontong Anda Agar Lebih Modern

Ya, Anda hanya perlu untuk meng-upgrade toko kelontong Anda untuk menjadi lebih modern dan nyaman bagi para pelanggan Anda. Bagaimana caranya? Berikut ini kami akan mengulas beberapa hal yang perlu Anda lakukan apabila Anda ingin usaha toko kelontong Anda menjadi lebih modern dan tidak kalah dengan ritel minimarket besar.

  • Mencari Supplier

Supplier atau agen memang menjamur dimana-mana. Namun Anda perlu cermat dalam memilih supplier, mulai dari harga, pelayanan, dan kelengkapan barang. Hal ini perlu diperhatikan dengan cermat karena nantinya supplier tersebut akan Anda jadikan langganan.

  • Keragaman Barang

Kebutuhan pelanggan semakin beragam, hal ini harus Anda perhatikan dengan menyediakan barang yang lengkap. Hal ini juga akan membuat pelanggan setia untuk menjadi langganan di toko Anda. Jadi dengan menjual produk yang beraneka ragam akan menjadi nilai plus untuk toko kelontong Anda.

  • Layanan kantin mini

Apabila Anda memiliki toko kelontong yang cukup luas, maka Anda bisa menambahkan beberapa layanan tambahan. Jangan ragu untuk menambahkan mini-pantry alias kantin mini di dalam toko Anda. Seperti misalnya termos air hangat serta kopi sachet berbagai merek lengkap, gelas plastik, serta mie cup instan

Para pelanggan yang berkunjung bisa langsung menyeduh produk-produk yang mereka beli di tempat Anda. Konsep ini sangat dibutuhkan khususnya bagi mereka yang sedang dalam perjalanan jauh dan ingin singgah sebentar.

  • Jadikan toko kelontong Anda menjadi toko serba ada yang modern

Jika sebelumnya toko kelontong Anda mungkin hanya menjual barang sehari-hari, maka mulailah beralih untuk menyediakan layanan pembelian dengan konsep one-stop store atau yang lebih akrab disebut dengan Toko Serba Ada atau toserba.

 Walaupun hanya berlabel toko kelontong, konsep one-stop store tidak ada salahnya Anda terapkan. Efisiensi waktu dan tenaga merupakan alasan yang kuat bagi para pelanggan untuk kembali berbelanja lagi di tempat usaha Anda.

Tenang saja, Anda tidak perlu menyediakan stok barang terlalu banyak, cukup pastikan jenis dan varian barang yang ada sudah dilengkapi. Mulai dari kebutuhan pembersih, peralatan rumah tangga, alat tulis kantor, makanan segar, minuman ringan, hingga mainan anak.

  • Pesan online

Mendengar kata pesan online, bukan berarti Anda harus membayar seorang tenaga IT untuk membangun website atau aplikasi berbelanja online di toko kelontong Anda. Cukup sediakan layanan pembelian via telepon, SMS, atau bahkan Whatsapp.

Pastinya cara ini lebih memudahkan pelanggan untuk mendapatkan barang kebutuhannya dengan cepat dan tepat. Jangan ragu untuk memberikan nomor telepon yang aktif sehingga mereka dapat menghubungi Anda.

  • Layanan antar

Apabila usaha toko kelontong Anda berada di kawasan perumahan yang dihuni para karyawan, menyediakan layanan antar pastinya dapat meningkatkan angka penjualan. Mereka yang sehari-harinya sibuk bekerja dan tidak sempat berbelanja tentu akan tertolong berkat layanan antar yang disediakan oleh toko Anda.

  • Sediakan pembayaran via kartu gesek

Toko kelontong modern juga perlu dilengkapi dengan fitur pembayaran canggih melalui mesin EDC alias kartu gesek. Pelanggan yang datang tidak perlu membawa banyak uang tunai, cukup menggesek kartu debit mereka pada mesin pembayaran canggih yang dikeluarkan oleh pihak bank ini.

Dengan demikian, penjualan di dalam usaha toko kelontong Anda dapat mengalami peningkatan yang cukup signifikan karena kemudahan pembayaran yang disediakan.

  • Layanan pembayaran online

Dewasa ini, pembayaran via online menjadi semakin marak, dan Anda harus mengikuti perkembangan tersebut. Pembayaran yang dapat dilakukan melalui sistem online ini cukup beragam, mulai dari PLN, BPJS, PDAM, telepon, pulsa, internet, paket data, asuransi, kartu kredit, multi finance, hingga voucher game.

Upgrade Toko Kelontong Anda Bersama KUDO

Itulah tadi beberapa hal yang kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin mengubah toko kelontong menjadi toko yang lebih modern dan mengikuti jaman. Dengan berbagai upgrade sana-sini, kini Anda tidak perlu takut untuk bersaing dengan retail minimarket yang sudah mempunyai nama besar.

Seperti yang kami rekomendasikan di atas, mencari supplier adalah hal yang penting. Kami merekomendasikan Anda untuk bekerja sama dengan KUDO dalam hal ini. Dengan bergabung bersama KUDO, Anda dapat menikmati berbagai manfaat yang tidak akan Anda temukan di tempat lainnya.

Cara mendaftar di KUDO juga sangat mudah. Anda tidak memerlukan modal banyak, hanya dengan deposit 10 ribu rupiah saja Anda bisa bergabung dengan KUDO. Selain menyediakan toko online, KUDO juga memfasilitasi Anda untuk menjadi agen dan mempromosikan secara konvensional. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan bonus yang menguntungkan.

KUDO memiliki beragam produk e-commerce yang lengkap. Anda bisa melakukan pembelian pulsa, pembelian token listrik, barang-barang fashion dan elektronik hingga cicilan motor pun bisa Anda lakukan di KUDO. Jadi tunggu apa lagi, segera bergabung dengan KUDO dan rasakan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *