06Sep

Daftar Biaya Melahirkan di Bidan dan Rumah Sakit, Normal dan Caesar

Melahirkan buah hati adalah momen yang paling ditunggu sekaligus mendebarkan bagi seorang wanita, khususnya wanita yang baru pertama hamil. Momen yang tak terlupakan ini harus dipersiapkan secara matang jauh-jauh hari agar ketika hari H tiba, calon ibu bisa melahirkan dengan tenang dan sang bayi pun terlahir sempurna.

Membesarkan bayi di dalam kandungan butuh kesabaran dan perjuangan. Semenjak baru berumur beberapa hari, sang calon ibu akan merasakan mual dan pusing. Ketika dinyatakan positif hamil, perubahan demi perubahan fisik mulai dirasakan ibu. Pola makan mulai berubah dan bentuk tubuh juga membesar. Pada titik ini persiapan untuk merawat jabang bayi selama sembilan bulan ke depan mesti dimulai.

  • Mempersiapkan kelahiran

Ada banyak sekali hal yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan menjelang kelahiran. Tentu saja ibu harus selalu dibantu suami dari awal sampai akhir. Jangan sampai ibu merasa kelelahan dan stres hingga berakibat buruk pada kandungan.

Mulai dari menjaga kesehatan, kontrol rutin, menjaga makanan, menjaga aktivitas fisik, perencanaan persalinan, persiapan mental, biaya-biaya, dan lain sebagainya harus selalu diperhatikan. Ibu yang hamil juga butuh pakaian baru karena sebagian besar pakaian lamanya tidak akan muat karena perut ibu sudah membuncit. Kini ada banyak baju khusus ibu hamil yang dirancang sedemikian rupa agar selalu nyaman dipakai ibu.

  • Menjaga kesehatan

Ibu yang hamil harus menjaga segala aspek kesehatannya, mulai dari kesehatan fisik hingga mental. Ibu yang hamil boleh melakukan olahraga ringan yang tidak berlebihan, seperti jalan-jalan atau membersihkan rumah. Namun harus diingat bahwa ibu tidak boleh melakukan aktivitas fisik yang terlalu berat dan melelahkan.

  • Kontrol rutin

Semenjak memeriksakan kehamilan untuk pertama kalinya, ibu harus tetap memeriksakan kandungannya dari bulan ke bulan. Dokter akan mencatat setiap perkembangan buah hati di dalam perut dan memastikan tidak ada masalah yang berbahaya. Dokter akan meresepkan obat-obat tertentu jika ada keluhan dari ibu.

  • Menjaga makanan dan aktivitas

Ini penting sekali bagi ibu hamil. Tumbuh kembang bayi dalam kandungan bergantung sepenuhnya pada makanan dan minuman yang dikonsumsi ibu. Wanita yang sedang mengandung disarankan untuk menghindari junk food, minuman bersoda, kafein, minuman beralkohol, dan lainnya. Sebaliknya, mereka disarankan mengonsumsi berbagai makanan kaya gizi seperti sayuran, buah, telur, susu, daging, dan lainnya.

  • Menjelang persalinan

Di bulan-bulan terakhir menjelang persalinan, ibu harus sudah memiliki rencana untuk melahirkan di mana, siapa yang menangani (bidan atau dokter kandungan), dan berapa perkiraan biayanya. Untuk mengetahui apakah bayi bisa dilahirkan normal atau harus melalui jalan Caesar, dokter akan memeriksa melalui USG. Bila sang bayi ternyata sungsang atau ibu mengalami kesulitan luar biasa dalam melahirkan, maka opsi Caesar bisa diambil.

Bila selama kehamilan bayi selalu aktif dan sehat dan posisinya normal, maka ibu bisa mengambil opsi melahirkan normal saja. Dan bila ingin lebih menghemat lagi, pilihlah melahirkan di bidan, bukan di klinik persalinan. Jangan khawatir, bidan adalah orang yang kompeten dan profesional dalam membantu persalinan.

Melahirkan normal lebih jauh murah karena tidak membutuhkan alat-alat canggih dan dokter ahli. Dengan dibantu bidan dan didampingi keluarga, proses melahirkan secara perlahan akan berjalan lancar. Bidan yang profesional akan dengan sabar menemani dan membantu proses persalinan dari awal sampai akhir hingga bayi lahir dan ibu siap untuk pulang.

Berapa perkiraan biayanya?

Biaya melahirkan relatif seragam di semua kota. Sebagai perkiraan, biaya melahirkan normal di bidang terdekat adalah sekitar 1 juta hingga 3 juta rupiah. Melahirkan normal di klinik bersalin atau rumah sakit biasanya membutuhkan dana antara 3-5 juta, tergantung dari fasilitas rumah sakit dan kamar yang diberikan. Rumah sakit yang elit bisa mematok harga di atas 10 juta untuk kelas 1 dan lebih mahal lagi untuk kelas VIP.

Sedangkan untuk operasi Caesar, bidan tidak bisa melakukannya dan ibu harus dirujuk ke rumah sakit atau klinik bersalin. Prosedur ini harus dilakukan oleh dokter spesialis yang dibantu oleh beberapa asistennya. Operasi Caesar standar biasanya membutuhkan dana paling murah 7-9 juta, dan di rumah sakit berkelas Caesar bisa menghabiskan uang hingga 30 juta rupiah.

Pilihlah tempat dan metode melahirkan yang sesuai kemampuan. Jangan memaksakan diri untuk melahirkan di rumah sakit mahal bila Anda belum mampu. Klinik kecil pun sudah cukup untuk membantu proses melahirkan. Bidan juga akan siaga 24 jam untuk melayani ibu yang hendak melahirkan darurat. Carilah bidan terdekat yang paling Anda percaya. Usahakan bidan Anda adalah orang yang sama yang memeriksa kandungan Anda selama sembilan bulan mengandung.

Biaya-biaya lain

Bukan hanya biaya pakaian, makanan, kontrol rutin, obat-obatan, dan bersalin yang harus diperhatikan, keluarga yang akan memiliki bayi baru harus sudah mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi yang cukup banyak.

Bayi yang baru lahir membutuhkan pakaian, selimut, gurita, kain popok, susu, dan botolnya. Selain itu, untuk perawatan sehari-hari bayi butuh peralatan mandi lengkap yang terdiri atas bak mandi, sabun, sampo, dan lainnya. Ada pula perlengkapan lainnya seperti minyak telon, bedak, dan minyak rambut. Dan bila bayi sudah berusia beberapa minggu, popok celana bisa dipakai.

Bila ASI lancar, ibu tak perlu mengkhawatirkan biaya susu formula. Ibu hanya perlu mengonsumsi makanan-makanan bergizi untuk melancarkan aliran ASI-nya. Ibu juga bisa menyimpan susu yang terus mengalir dalam botol-botol dan disimpan di lemari es. Namun bila ASI tidak lancar, ibu bisa mencoba menggunakan pompa ASI untuk merangsang ASI keluar. Dan bila ASI benar-benar tidak mau keluar, maka terpaksa bayi harus diberi susu formula sesuai umur bayi.

Mari belajar hemat mulai sekarang

Mengingat begitu banyaknya biaya-biaya yang diperlukan untuk melahirkan dan merawat bayi, maka jauh-jauh hari Anda harus mempersiapkan diri. Mulailah rajin menabung dan cobalah mencari peluang bisnis baru untuk menambah pemasukan. Dan untungnya, berbisnis di era digital ini sudah jauh lebih mudah karena hadirnya aplikasi-aplikasi bisnis yang hebat, seperti KUDO.

KUDO bisa membantu Anda mencari tambahan pemasukan karena di martketplace ini Anda bisa membuka usaha, mempromosikan bisnis Anda, menjadi agen, ataupun menjadi supplier. Semua transaksi yang dilakukan di KUDO dijamin aman dan memuaskan karena KUDO adalah platform terpercaya yang sudah memiliki puluhan ribu agen resmi.

Banyak sekali produk di KUDO yang bisa Anda bisniskan. Anda bisa membangun relasi dan jaringan bisnis di sini. Mulai dari bisnis skala kecil seperti menjadi loket pembayaran listrik prabayar dan pulsa hingga menjadi agen atau pengecer barang, semua bisa Anda lakukan. Bahkan Anda bisa menyetok barang dan kirim uang dari aplikasi. Nah tunggu apalagi, manfaatkan peluang bisnis dari rumah untuk menambah penghasilan dengan mendaftar menjadi anggota KUDO.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *