25Jun

Daftar Bisnis Online Yang Cocok Bagi Pemula

Teknologi terbukti sangat berguna dalam berbagai bidang kehidupan. Salah satunya adalah pekerjaan. Banyak bisnis yang bisa dilakoni secara online di era digital ini. Bahkan, bisnis online telah jadi tren karena dapat dilakukan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja selama memiliki perangkat yang terhubung ke internet. Bisnis online kecil dan sederhana bisa menjadi awal dari bisnis online dengan omzet miliaran rupiah. Sudah banyak contoh pebisnis kecil yang akhirnya sukses dan karirnya melejit, semuanya berawal dari usaha kecil-kecilan yang dilakoni dari internet. Daftar bisnis online yang bisa dijalani juga cukup beragam. Kita bahkan bisa menyesuaikannya dengan bakat dan kemampuan masing-masing.

Selain keuntungan seperti tersebut di atas, menjadi pebisnis akan turut memberi dampak pada kemajuan bangsa dari segi perekonomian. Menurut para ahli, bangsa yang maju ialah yang penduduknya memiliki profesi pengusaha minimal 3 persen. Sementara di Indonesia, baru 1.65 persen penduduknya yang menjadi pengusaha. Ini artinya masih jauh dari angka ideal tersebut. Siapapun yang sering berselancar di dunia maya harus menjadikannya sebagai lahan bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan. Jika kita hendak membangun bisnis online sendiri, maka berikut adalah daftar bisnis online yang bisa dijalankan mulai dari sekarang juga.

Daftar Bisnis Online Bagi Pemula

  1. Jasa Web Development

Daftar bisnis online ini diawali dengan menjadi seorang web development. Di era teknologi seperti sekarang ini, jasa web development sangat dibutuhkan. Bisa dibilang, ini adalah jenis bisnis online terbaru yang populer belakangan. Bisnis online ini juga merupakan bisnis yang banyak dicari baik oleh perusahaan, lembaga maupun instansi. Tujuannya adalah agar dapat mempermudah menayangkan profil, aktivitas atau kegiatan perusahaan maupun lembaga yang bersangkutan. Karena itulah banyak permintaan untuk membuatkan sebuah situs website. Hal ini bisa jadi lahan bisnis tersendiri yang terbilang cukup menjanjikan. Promosi jasa ini bia lewat media sosial ataupun website resmi yang akan menghubungkan kita dengan klien. Pendapatan yang dijanjikan terbilang fantastis, yaitu berkisar di angka Rp1 juta hingga Rp200 juta.

  1. Jasa Konsultasi Online

Jasa konsultasi di luar negeri sudah mulai banyak dicari serta menjadi profesi yang cukup menjanjikan. Sementara di negara-negara berkembang seperti Indonesia, jasa ini juga sudah mulai digemari. Jasa konsultasi yang paling umum diberikan adalah terkait bidang kesehatan, ekonomi, politik hingga hukum. Jasa ini telah mengalami perubahan signifikan, di mana sebelumnya hanya seseorang yang berprofesi sebagai seorang konsultan yang dapat membuka usaha dengan memasarkan diri lewat iklan di koran maupun melalui kerabat terdekat. Namun kini, jasa konsultan telah termasuk dalam daftar bisnis online sehingga dapat pula dikerjakan secara online. Teknologi telah mempermudah seorang konsultan dalam mengerjakan tugasnya dan bertemu klien.

Kini, seorang konsultan akan dapat melakukan pertemuan secara tidak langsung bersama kliennya melalui aplikasi Skype, video call maupun peranti lainnya. Bisnis ini bahkan termasuk dalam daftar bisnis online syariah karena banyak pula konsultan yang membahas tentang investasi syariah, zakat dan lain sebagainya. Pendapatan seorang konsultan jasa terbilang beragam, tergantung tingkat kesulitan yang diterima. Pelaku bisnis biasanya dapat memperoleh keuntungan sampai dengan puluhan juta rupiah. Supaya klien tertarik menggunakan jasa kita, buat website khusus yang memuat diri dan rekam jejak klien yang telah bekerjasama dengan kita. Berikan juga edukasi terkait apa itu konsultan jasa yang digeluti. 

  1. Jasa Desain Grafis

Dewasa ini ada banyak perusahaan, instansi serta lembaga yang memerlukan jasa desain grafis dalam pengembangan bisnis maupun program yang dijalankan. Bisnis jasa desain grafis sendiri mencakup pembuatan logo perusahaan, kartu nama, spanduk, banner dan masih banyak lagi. Sama halnya seperti daftar bisnis online lain, pemasaran akan sangat dibutuhkan sebagai penghubung antara kita dan klien. Buatlah blog atau situs website khusus yang menampilkan portofolio hasil karya desain kita. Jika ditekuni secara serius dan penuh kesabaran, pendapatan dari daftar bisnis online ini dapat mencapai miliaran rupiah. Ada beberapa hal yang penting jadi perhatian kita saat menjalankan bisnis ini, yaitu:

  • Terus update informasi seputar tren yang tengah berkembang saat ini, terlebih jika klien adalah anak muda yang butuh sesuatu yang unik serta kekinian
  • Dengarkan dan penuhi tiap keinginan klien. Kepuasan klien seharusnya¬† jadi tolak ukur saat kita bekerjasama. Penting untuk memenuhi tiap keinginan klien selama masih berkaitan dengan pekerjaan dan dalam hal kebaikan
  • Tujukkan prestasi yang sebelumnya pernah kita raih. Terutama saat kita mengikuti kompetisi terkait dunia desain grafis, maka jadikan hal tersebut sebagai nilai jual bagi klien. Hal ini juga akan berguna ketika kita memasang tarif kerjasama.
  1. Penjualan Artwork

Bisnis penjualan artwork terbilang sebagai daftar bisnis online baru dan jarang dilakukan. Bisnis ini dilakukan dengan cara menjual stok gambar seperti foto, sketsa, lukisan dan lain sebagainya. Di negara-negara maju, bisnis ini telah mulai berkembang. Kita bisa melihatnya dari banyaknya situs website yang secara khusus memfasilitasi penjual artwork dalam menjual karya-karyanya, seperti Society6, Redbubble dan Etsy. Harga yang dibanderol cukup bervariasi mulai dari USD 1 hingga USD 1000 tergantung kualitas gambar. Tidak jarang pula gambar dijual dalam bentuk aneka pernak-pernik seperti tshirt, totebag, mug, pembatas buku dan lain-lain.

  1. Jual Beli Foto

Apabila bisnis artwork lebih kepada hasil karya lukisan maupun sketsa, maka jual beli foto ialah transaksi jual beli karya fotografi. Pembeli biasanya berasal dari kalangan blogger maupun pemilik situs website yang membutuhkan foto untuk mendukung konten di laman situsnya. Penjualan karya-karya fotografi ini juga telah didukung situs website khusus. Ini tentu membuat bisnis ini masuk dalam daftar bisnis online yang terpercaya serta cukup menjanjikan. Beberapa situs website yang secara khusus memfasilitasi jual beli foto ialah Shutter Stock dan iStock Photo. Harga foto jepretan kamera profesional di sana berkisar antara USD 12 sampai dengan USD 100. Besar kecilnya harga akan tergantung kualitas hasil fotografi tersebut.

Itulah daftar bisnis online yang bisa dijalani oleh pemula. Kita bahkan bisa memilih pekerjaan apa yang dirasa paling sesuai dengan kemampuan masing-masing. Selain aneka pekerjaan yang disebutkan di atas, kita juga bisa menjalani pekerjaan sampingan sebagai agen KUDO. KUDO ialah singkatan dari Kios Untuk Dagang Online, sebuah marketplace populer yang mengutamakan keamanan transaksi. Kita dapat bergabung menjadi agen dan mengikuti program Majuin Warung. Caranya sangat mudah, cukup download aplikasi KUDO di PlayStore dan daftarkan diri di sana. Kemudian kunjungi warung terdekat dan daftarkan pemilik warung di KUDO. Program ini akan memberi keuntungan tidak hanya untuk kita namun juga pemilik warung. Kita bisa bergabung sekarang juga dan nikmati semua keuntungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *