09Sep

Daftar Obat dan Penyakit yang Ditanggung BPJS, Apa Saja?

Obat dan penyakit yang ditanggung BPJS sebenarnya tidak sedikit. Hampir segala penyakit yang mungkin diderita, biaya pengobatannya semua tercover oleh BPJS jika anda sudah bergabung dengan BPJS. Jenis penyakit yang tercover juga cukup menyeluruh, mulai dari yang membutuhkan penanganan preventif, promotif, serta rehabilitative.

Berbicara soal obat dan penyakit yang ditanggung BPJS, hampir semua akan mendapatkan penanganan dan pembiayaan oleh BPJS. Even penyakit berat seperti kanker, tumor dan lain-lain. Tidak hanya penyakit yang berat, penyakit ringan macam flu pun tercover lho. Jadi sangat menguntungkan sebenarnya mengikuti program BPJS ini.

Lalu apa sih yang membedakan kelas 1,2 dan 3 dalam pelayanan BPJS? Basically, yang membedakan hanyalah kelasnya saja. Jadi ada beberapa kelas yang tersedia mulai dari kelas 3, 2, hingga kelas 1. Walaupun berbeda, sebenarnya semuanya sama-sama tercover dan terjamin, yang membedakan hanyalah ruang perawatannya saja. 

Berbicara soal obat dan penyakit yang ditanggung BPJS, banyak yang belum mengetahui penyakit apa saja yang dapat ditanggung oleh BPJS. Jadi begini, obat dan penanganan penyakit yang diberikan tidak melihat tingkatan kelas kepesertaan. Jadi mau anda bergabung dengan kelas 1,2 ataupun 3, semuanya mendapat perlindungan yang sama.

Sebagai informasi, berikut adalah beberapa daftar penyakit yang ditanggung oleh BPJS; HIV/AIDS, Lepra, hepatitis A/B, Herpes, dan masih banyak lainnya. List obat dan penyakit yang tercover BPJS dapat dilihat pada Perpres 82 tahun 2018 pasal 52. Tidak hanya penyakit yang ringan saja lho, tapi beberapa penyakit berat juga tercover oleh BPJS. 

Jadi anda tidak perlu khawatir karena semua penyakit di cover oleh BPJS. Semua kecuali yang tertera di Perpres 82 tahun 2018 pasal 52. Beberapa yang disebutkan pada Perpres tersebut di antaranya seperti: untuk estetika, pengobatan terkait infertilitas, kecelakaan kerja (yang mana sudah menjadi ranah BPJS Ketenagakerjaan), dll.

Kepentingan estetika seperti perawatan kecantikan hingga pemasangan behel atau kawat gigi memang tidak tercover oleh BPJS. Kemudian di Perpres juga menyebutkan tentang infertilitas atau gangguan kesuburan. Hal tersebut juga tidak termasuk ke dalam obat dan penyakit yang ditanggung BPJS. Dan sedikit lainnya. (Dapat dilihat pada Pasal 52 Perpres 82 Tahun 2018).

Obat dan penyakit yang ditanggung BPJS ini jangka waktu masa berlakunya adalah seumur hidup, asalkan, anda rutin membayar iuran keanggotaan sesuai kelas yang sudah anda sepakati di awal. Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan mengikuti BPJS ini. Salah satunya terkait pembiayaan berat macam operasi yang kita tahu sendiri, butuh biaya yang cukup tinggi.

Nah bagi anggota BPJS yang butuh penanganan berat seperti operasi, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit bukan? Hal ini akan sangat terbantu dengan adanya BPJS. Misalnya, untuk operasi jantung yang diperkirakan dapat mencapai puluhan juta atau lebih, dapat tercover oleh BPJS. 

Selain biaya penanganan penyakit berat, BPJS juga mengcover pembiayaan obat-obatannya juga lho. Tidak hanya obat-obatan generik tetapi obat-obat yang mahal juga dapat tercover oleh BPJS, asalkan anda sudah bergabung dan rutin membayarkan iuran keanggotaan setiap bulannya. Lalu bagaimana sistematika pembiayaan, obat dan penyakit yang ditanggung BPJS? 

Jadi begini, sistem penanganan dalam BPJS adalah berjenjang. Dimulai dari fasilitas kesehatan tingkat pertama. Anggota BPJS akan dirujuk ke klinik atau puskesmas yang telah tertera di keterangan kartu BPJS. Jika pasien membutuhkan penanganan yang lebih, maka sangat mungkin untuk dirujuk ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat lanjut (Rumah Sakit). 

Kemudian tidak hanya itu, jika keadaan tidak memungkinkan, dalam hal ini keadaan darurat atau emergency, pasien dapat langsung dilarikan ke faskes terdekat, tidak memerlukan rujukan berjenjang. Jadi, kalau dipikir-pikir, ikut BPJS sebenarnya tidak ada salahnya bukan? Justru keuntungan yang akan anda dapatkan. 

Sama halnya dengan obat BPJS, obat dan ketentuan lain yang ditanggung oleh BPJS sudah tertera di perpres 82 tahun 2018 pasal 52 secara jelas. Beberapa obat mungkin tidak tercover BPJS seiring dengan perubahan yang ada, namun sebagian besar obat masih tercover oleh BPJS. Jadi anda tidak perlu ragu untuk segera mendaftarkan diri ke BPJS ya. 

Banyak orang mengaku “malas” ikut BPJS karena ribet atau kesulitan membayarkan bea keanggotaan setiap bulannya. Alasan macam jauh dari ATM dan lain-lain juga sering dikemukakan. Nah, sebenarnya, anda tidak perlu keluar rumah untuk dapat membayarkan iuran BPJS. Bagaimana bisa?

Bisa saja. Jadi begini, untuk membayar bea keanggotaan BPJS anda, Anda hanya perlu menjadi anggota Kudo. Kudo adalah platform serba guna yang dapat memudahkan segala urusan anda. Mulai dari menyediakan segala kebutuhan rumah tangga, hingga bayar BPJS pun bisa. 

Lalu bagaimana caranya? Anda hanya perlu mendaftarkan diri menjadi agen Kudo. Itu yang pertama. Langkah selanjutnya, anda dapat menggunakan fasilitas keanggotaan anda untuk membayar iuran BPJS setiap bulannya. Jadi dimanapun anda berada, anda tinggal swipe smartphone anda, buka aplikasi Kudo dan langsung deh, bayar tagihan. Mudah bukan?

Menariknya lagi, ada banyak sekali manfaat lain yang bisa anda peroleh dengan bergabung menjadi anggota Kudo. Selain untuk diri sendiri, anda juga dapat menjadi agen pembayaran iuran BPJS yang tentu akan sangat membantu anggota keluarga anda maupun tetangga dan sanak saudara yang membutuhkan. 

Satu hal lagi, Kudo tidak hanya memberikan anda kemudahan dalam bertransaksi namun juga keuntungan dalam hal materi. Kudo memberikan keuntungan? Iya, benar. Kudo dapat memberikan anda komisi yang mungkin tidak anda duga sebelumnya. If I were you, satu hal yang saya lakukan saat ini adalah langsung mendaftar menjadi anggota Kudo.

Selain membayarkan iuran BPJS, Kudo juga menawarkan banyak sekali ragam bisnis atau peluang bisnis baru yang jika ditekuni, dapat menjadi sumber penghasilan baru yang tidak main-main. Anda tidak perlu lagi capek-capek keluar rumah karena dengan  layanan yang diberikan Kudo, anda dapat mengakses banyak kebutuhan Anda dari rumah saja. Menarik bukan? 

Ayo, jangan sampai anda lupa membayar tagihan BPJS yang berdampak pada tidak tercovernya obat dan penyakit yang harusnya dapat ditanggung oleh BPJS ya. Dengan Kudo, anda dapat dengan mudah dan cepat membayarkan iuran BPJS setiap bulannya. Jadi lebih aman, tenang dan nyaman bukan?

Ingat bahwa kesehatan mahal harganya, jangan tunggu sakit baru mencoba daftar. Kudo tidak hanya menawarkan kemudahan dalam bertransaksi BPJS namun juga transaksi lain seperti pembelian pulsa dan masih banyak lagi. 

Itu tadi informasi singkat mengenai obat dan penyakit yang ditanggung BPJS, semoga dapat memberikan gambaran singkat keuntungan yang akan anda dapatkan jika bergabung bersama BPJS. Jangan lupa juga untuk segera bergabung bersama Kudo karena akan ada banyak keuntungan dan kemudahan yang anda peroleh. Selamat bergabung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *