11Sep

Daftar Pertanyaan Wawancara Kerja yang Sering Ditanyakan

Meniti karir yang bagus adalah harapan bagi setiap insan setelah tamat dari perguruan tinggi maupun sekolah kejuruan. Akan tetapi, setiap orang yang ingin mulai meniti karir di sebuah tempat kerja yang baru, biasanya akan dihadapkan dengan tahap tes ataupun tahap wawancara. Maka dari itu, banyak orang ingin tahu soal kisi-kisi dan daftar pertanyaan wawancara kerja.

Di sebuah perusahaan, daftar pertanyaan wawancara kerja biasanya dibuat oleh HRD. Jika ada tahapan berikutnya seperti tahap wawancara user, maka manajer akan langsung membuat daftar pertanyaannya. Fungsi dari tahap wawancara ini sebenarnya cukup krusial dalam sebuah proses perekrutan karyawan. Dalam tahap wawancara, HRD atau manajer bisa mengetahui karakter dan kemampuan dari para pelamar.

Oleh karena itu, jika Anda merupakan salah satu diantara para pelamar pekerjaan, maka Anda sebaiknya tidak mengabaikan tahapan wawancara. Bisa jadi, tahap tersebut adalah tahapan kunci dimana kelolosan Anda akan ditentukan. Anda pun sebaiknya mempersiapkan diri untuk daftar pertanyaan wawancara kerja yang akan diberikan dan Anda juga sebaiknya menyiapkan jawabannya agar proses ini terencana dengan baik.

Berikut ini adalah sederet daftar pertanyaan yang biasa diajukan oleh para HRD perusahaan untuk mengetahui karakter dan kemampuan Anda sebagai pelamar kerja. Pertanyaan-pertanyaan ini kami himpun dari Kudo.co.id dengan jumlah enam pertanyaan. Pastikan Anda menyimak dan mempelajari setiap pertanyaan yang kami sajikan di bawah ini.

  1. Bagaimana Anda mendeskripsikan diri Anda?

Kalimat tersebut merupakan salah satu daftar pertanyaan wawancara kerja yang paling sering diberikan kepada para pelamar kerja. Tujuan dari ditanyakannya pertanyaan itu adalah untuk mengetahui sejauh mana Anda bisa menceritakan tentang diri Anda. Di sisi lain, melalui pertanyaan tersebut, Anda juga diminta menilai diri Anda sendiri. Oleh karena itu, Anda sebaiknya berhati-hati menjawabnya.

Di sisi lain, melalui pertanyaan tersebut, HRD juga secara tidak langsung ingin mengukur kepercayaan diri yang Anda miliki. HRD ingin mengetahui sebesar apa rasa percaya diri yang Anda miliki saat melamar di perusahaan tersebut dan bersaing dengan para pelamar kerja lainnya. Dalam menjawab pertanyaan tersebut, kami memiliki trik khusus yang bisa Anda gunakan saat berada dalam tahap wawancara atau interview.

Sebaiknya, Anda mulai membicarakan soal data diri Anda seperti nama lengkap, alamat, tingkat pendidikan, keahlian, dan bila perlu Anda juga menyebutkan soal hobi. Jangan sebutkan sederet kelemahan Anda pada saat pertanyaan ini diajukan kepada Anda. Anda juga bisa menyebutkan soal pengalaman kerja yang Anda miliki sebelumnya. Hal tersebut cukup membantu Anda melalui tahapan wawancara.

  1. Apa kelebihan dan kekurangan Anda?

Pertanyaan ini cukup sering dilontarkan oleh HRD di tahap interview. Tujuan HRD menanyakan kelebihan Anda adalah agar bisa menilai bahwa Anda merasa bangga dengan kelebihan yang Anda miliki. HRD ingin mengetahui skill dan sifat apa yang Anda miliki yang mungkin bisa cocok dengan posisi apa Anda lamar. Selain itu, HRD juga sedang menguji kejujuran Anda saat menanyakan pertanyaan ini.

HRD menanyakan kekurangan yang Anda miliki karena mereka ingin tahu sejauh mana Anda bisa memahami kelemahan pada diri Anda. Melalui pertanyaan ini, HRD juga bisa menebak kepercayaan diri Anda dalam mengatasi sebuah masalah. HRD biasanya akan menanyakan lebih detail setiap jawaban soal kelemahan Anda tersebut. Maka dari itu, siapkan jawaban terbaik untuk pertanyaan lanjutan.

Sebaiknya, saat Anda memberikan jawaban tentang kelebihan Anda, jawablah dengan tegas dan lancar. Hal tersebut bisa menjadi isyarat bahwa Anda memiliki kepercayaan diri yang besar. Sementara itu, ketika Anda menjelaskan soal kelemahan Anda, jangan lupa memberikan solusi atau penanganan untuk setiap kelemahan yang Anda miliki.

  1. Apa makna pekerjaan untuk Anda?

Kendati pertanyaan ini tak sering dilontarkan oleh HRD, tetapi pertanyaan ini cukup vital dan penting. Fungsi dari pertanyaan ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara Anda menghargai pekerjaan yang Anda miliki. Perusahaan pasti tidak ingin memiliki karyawan yang hanya memikirkan soal uang tanpa adanya niat menjaga dan membesarkan nama baik perusahaan.

Jadi, Anda jangan menjawab pertanyaan ini dengan mengatakan bahwa bekerja adalah hanya untuk mencari uang semata. Anda juga sebaiknya tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan inti mencari pengalaman saja. Perusahaan tidak akan membutuhkan karyawan yang hanya ingin memiliki pengalaman kerja. Tetapi perusahaan ingin memiliki karyawan yang sungguh-sungguh dalam bekerja.

  1. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?

Pertanyaan ini sering ditanyakan ketika pelamar masuk ke tahap wawancara. Tujuannya adalah pelamar diharapkan mengetahui beberapa karakteristik dan budaya dari perusahaan yang sedang dia lamar. Maka dari itu, sebelum Anda ditanya oleh HRD dengan pertanyaan tersebut, Anda sebaiknya mempersiapkan diri dengan melakukan beberapa riset soal perusahaan yang sedang Anda lamar.

Menurut Kudo, Anda sebaiknya menjawab pertanyaan tersebut dengan menyebutkan profil perusahaan, sejarah perusahaan, filosofi perusahaan, visi dan misi perusahaan, nilai yang dijunjung perusahaan, dan pencapaian dari perusahaan tersebut. Itulah mengapa kami sebutkan di atas bahwa Anda sebaiknya melakukan riset. Carilah di website resmi perusahaan tersebut yang mana biasanya tertera soal data informasi perusahaan.

  1. Mengapa Anda tertarik bekerja di perusahaan ini?

Masuk ke dalam daftar pertanyaan wawancara kerja yang sering ditanyakan, kebanyakan pelamar tidak bisa menjawab soal ini. Tujuan dari diajukannya pertanyaan ini adalah untuk melihat sejauh mana pelamar bisa mengetahui pencapaian dan daya tarik perusahaan terhadap konsumennya atau khalayak umum. Maka dari itu, jawablah pertanyaan tersebut dengan tepat.

Kudo menyarankan bahwa para pelamar sebaiknya tidak membicarakan gaji yang akan diterima jika bekerja di perusahaan tersebut. Meskipun nyatanya memang gaji menjadi daya tarik tersendiri dalam melamar pekerjaan. Akan tetapi, alangkah baiknya Anda mulai membicarakan soal minat dan bakat Anda. Anda juga bisa mengatakan bahwa kontribusi Anda mungkin bisa membantu perusahaan berkembang dengan pesat.

  1. Bisakah Anda bekerja di bawah tekanan?

HRD biasanya menanyakan hal ini untuk mengetahui apakah para pelamar siap untuk bekerja secara sungguh-sungguh demi perusahaan yang mereka lamar. Selain itu, HRD juga ingin mengetahui apakah pelamar sangat berniat untuk menempati posisi yang dilamar oleh para pelamar pekerjaan tersebut. HRD biasanya akan mulai menuturkan budaya sibuk karyawan di perusahaannya dimana hal tersebut bertujuan untuk menakuti pelamar yang malas.

Demikianlah enam pembahasan soal daftar pertanyaan wawancara kerja yang dihimpun dari kudo.co.id. Kudo juga menawarkan beberapa informasi tambahan tentang cara melamar pekerjaan secara baik dan benar sehingga nantinya para pelamar bisa diterima di posisi yang sedang dia lamar. Selain itu, Kudo menawarkan aplikasi sistem pembayaran secara online untuk tagihan, pulsa, kuota internet, cicilan, asuransi, dan lain-lain yang bisa Anda gunakan melalui aplikasi di smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *