Daftar Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi
26Oct

Daftar Tempat Wisata di Jawa Barat yang Wajib Dikunjungi

Jawa Barat adalah salah satu Provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat Pulau Jawa. Sebagai provinsi dengan jajaran pegunungan, Jawa Barat memiliki banyak potensi alam yang bisa dikelola dan dimaksimalkan untuk tujuan pariwisata. Karena itulah sampai sekarang pariwisata di Jawa Barat cukup berkembang meskipun perkembangannya tidak sebaik Bali dan Lombok. Berbeda dengan Bali dan Lombok yang sebagian besar pengunjungnya adalah wisatawan asing, maka wisatawan yang mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat umumnya adalah wisatawan domestik. Meski begitu, tempat wisata di Jawa Barat tidak kalah menarik dan eksotik dibanding tempat wisata di Bali. Dibutuhkan daftar tempat wisata di Jawa Barat untuk mengetahui tempat-tempat mana saja yang menarik untuk dikunjungi.

Jawa Barat memiliki banyak sekali tempat wisata mulai dari tempat wisata alam sampai tempat wisata yang sifatnya buatan. Daftar wisata alam di Jawa Barat tidak sedikit karena Jawa Barat memang dianugerahi dengan panorama alam yang indah. Tidak hanya wisata pantai, wisata gunung juga dapat ditemui di Jawa Barat. Jika Anda ingin menikmati wisata pantai di Jawa Barat, maka Pantai Pelabuhan Ratu dan Pantai Pangandaran adalah pilihan yang tepat. Pantai Pelabuhan Ratu adalah pantai yang berombak besar karena merupakan daerah pesisir dari pantai selatan Jawa. Ombak yang besar di Pantai Pelabuhan Ratu sangat cocok untuk berselancar air. Berbeda dengan Pantai Pelabuhan Ratu, Pantai Pangandaran adalah pantai lain di Jawa Barat yang terkenal karena keindahan pasir putih dan airnya yang jernih. Selain itu, Pantai Pangandaran memiliki keistimewaan yag tidak dimiliki oleh sebagian besar pantai di Indonesia yaitu di pantai ini, Anda dapat melihat matahari terbit dan matahari terbenam sekaligus.

Selain objek wisata pantai, Jawa Barat juga menawarkan objek wisata yang menawarkan aktivitas outdoor yang menyenangkan. Sebut saja Green Canyon. Green Canyon sebenarnya merupakan tebing-tebing yang tinggi menjulang yang dapat dilihat dari atas perahu. Dengan kata lain, untuk dapat menikmati keindahan Green Canyon, Anda harus melakukan rafting terlebih dahulu dengan menyusuri sebuah sungai. Green canyon terletak di Cukang Taneuh, yaitu di daerah Pangandaran, Jawa Barat. Di Green Canyon, Anda dapat menikmati keindahan tebing batu berwarna hijau yang tinggi menjulang yang membatasi tepi sungai. Untuk bisa menikmati Green Canyon, Anda akan membutuhkan pemandu sehingga tiket masuknya agak mahal yaitu sekitar 200 ribu Rupiah. Namun, jika dibandingkan dengan paket rafting yang lain, harga tersebut termasuk terjangkau karena Anda juga telah mendapatkan paket makan. Keindahan Green Canyon disebut-sebut mirip dengan keindahan Grand Canyon di Arizona, Amerika sehingga Green Canyon menjadi salah satu tempat wisata yang termasuk dalam daftar tempat wisata yang ada di Jawa Barat yang patut untuk dikunjungi.

Selain wisata pantai dan sungai, Jawa Barat memiliki banyak gunung yang memiliki keindahan masing-masing. Gungung-gunung tersebut melengkapi daftar tempat wisata terbaik di Jawa Barat. Objek wisata gunung yang menarik di Jawa Barat di antaranya adalah Gunung Galunggung, Gunung Lembu dan Gunung Papandayan. Gunung Papandayan yang terletak di Garut disebut-sebut merupakan Gunung yang cocok untuk pemula yang masih belajar mendaki. Pasalnya, untuk mencapai area perkemahan di gunung ini, Anda hanya perlu mendaki selama dua jam. Di Gunung Papandayan, Anda bisa menikmati padang bunga edelweiss terluas dan hutan mati yang eksotis.

Sumber gambar: http://anekatempatwisata.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *