Desa Wisata di Jogja yang Menarik untuk Dijadikan Tujuan Wisata
21Oct

Desa Wisata di Jogja yang Menarik untuk Dijadikan Tujuan Wisata

Sebagai tempat yang terkenal dengan kawasan pariwisatanya yang berkembang pesat, tidak hanya memiliki tempat modern yang letaknya jantung kota. Terlebih Jogja merupakan daerah yang masih menjaga dan melestarikan kebudayaan Jawa dengan baik sehingga nuansa budaya Jawa di Jogja masih terasa sangat kental. Karena itulah tidak sedikit desa unik di Jogja yang bisa dijadikan tempat tujuan selama berwisata. Pasalnya, desa-desa tersebut memiliki daya tarik yang unik dan menarik sehingga cukup pantas untuk dijadikan tempat tujuan wisata. Desa yang ditujukan untuk tujuan wisata di Jogja cukup , meskipun tidak semuanya terkenal. Namun, beberapa diantaranya merupakan desa wisata di Jogja yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Desa-desa tersebut antara lain Desa Wisata Tanjung, Pentingsari, Rumah Domes, Karangtengah, Nglinggo, Glagah, Candran, Kembang Arum, Tembi dan Manding.

Desa wisata alam Jogja umumnya menyuguhkan nuansa pedesaan yang kental dengan kesan tradisional. Selain itu, Anda juga bisa menikmati kesenian khas Jawa seperti karawitan serta belajar seni membatik. Beberapa desa wisata yang memiliki panorama indah di Jogja adalah Desa Wisata Pentingsari, Desa Wisata Karangtengah, dan Desa Wisata Nglinggo. Desa Wisata Pentingsari terletak di Cangkringan, . Desa wisata ini menawarkan nuansa tradisional yang sangat kental karena perumahan penduduknya masih menggunakan kayu. Karena itulah di desa ini Anda akan merasa menyatu dengan alam. Selain panorama alamnya yang indah, Desa Wisata Pentingsari juga memiliki objek wisata seperti Pancuran Suci Sendangsari dan lain-lain. Desa wisata ini juga memiliki jalur tracking karena diapit oleh Sungai Kuning dan Sungai Pawon. Jika Pentingsari memiliki panorama yang indah karena diapit oleh sungai, maka Nglinggo memiliki hamparan kebun yang hijau dan menyegarkan serta hutan pinus. Berbeda lagi dengan Karangtengah yang terkenal sebagai area budidaya jambu mete, sutra liar dan tanaman indighovera untuk pewarna batik.

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, beberapa desa memiliki daya tarik lain yang unik misalnya Desa Wisata Glagah dan Desa wisata Candran. Desa wisata Glagah terkenal sebagai desa Wisata yang memiliki agrowisata buah naga. Desa wisata ini letaknya dekat dengan Pantai Glagah sehingga di desa ini Anda dapat menikmati semilir angin yang berhembus ke laut. Selain terkenal dengan agrowisata buah naganya, desa wisata ini juga mengadakan event tahunan khusus seperti motorcross dan festival layang-layang. Tidak hanya itu, sama seperti desa wisata lain yang ada di Jogja, wisatawan juga dapat menikmati pertunjukkan kesenian khas seperti gamelan serta karawitan.

Berbeda dengan Desa Wisata Glagah, Desa Wisata Candran adalah desa wisata di Yogyakarta yang unik yang mengembangkan pertanian sebagai daya tarik utamanya. Desa wisata ini terletak di Kelurahan Kebonagung, tepatnya di Dusun Mandingan. Desa Wisata ini memiliki Museum Tani Jawa . Selain itu, desa ini juga memiliki kampung tani internasional. Di desa wisata ini, wisatawan akan menjumpai aktivitas meniti sawah yang memang merupakan aktivitas keseharian masyarakat sekitar. Karena itulah segala aktivitas di desa wisata ini akan memberikan kesan natural kepada pengunjung. Selain melihat penduduk meniti sawah, wisatawan juga dapat belajar membatik di desa wisata ini. Selain atraksi wisata yang telah disebutkan, Desa Wisata Candran ini menggelar event tahunan yang berupa festival orang-orangan sawah. Festival ini umumnya dilaksanakan pada bulan September.

Sumber gambar: http://sosmed.visitingjogja.com/